Curug Lojahan, Bocil Minggir Dulu Karena Ini Full Adventure Di Batang

|

Curug Lojahan adalah salah-satu wisata air terjun kebanggaan masyarakat Baldo, Batang. Hal tersebut dikarenakan view yang disajikan begitu dramatis, dan dikelilingi oleh suasana alam yang masih asri.

Curug Lojahan juga menyajikan sensasi full adventure, karena untuk bisa sampai ke lokasi utama harus melewati jalur yang terjal, ekstrim, dan berbahaya.

Oleh karena itu para bocil dilarang keras untuk saat ini datang ke objek wisata tersebut. Dan bagi anda yang sudah dewasa juga ada baiknya ditemani orang yang pernah berkunjung ke sana.

curug tertinggi
curug tertinggi. google maps. sumber: Musthafa Azzam

simak juga: curug putri

Tetapi saat anda sudah sampai di lokasi utama, maka perjuangan menjadi tidak sia-sia menemukan surga yang tersembunyi di Baldo, Batang.

Lokasi Curug Lojahan

  • Lokasi Curug Lojahan terletak di tengah-tengah hutan Kluwung.
  • Alamat Curug Lojahan berada di Desa kalitengah, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Curug Lojahan

Rute menuju Curug Lojahan dari Alun – Alun Batang ke area pemukiman penduduk yang dekat dengan Curug Lojahan sekitar 32 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

Para pengunjung nantinya bisa menitipkan kendaraan di dekat pemukiman. Dan untuk memangkas jarak trekking ada baiknya menngunakan kendaraan roda dua saja.

jalur trekking yang harus dilalui
jalur trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Andri Firmans

simak juga: curug gombong

Trekking Curug Lojahan

Perlu diketahui bahwa untuk berkunjung ke lokasi utama Curug Lojahan harus benar-benar mempersiapkan beberapa kebutuhan penting sebelumnya.

Karena di sepanjang jalur trekking, dan di lokasi utama tidak ada fasilitas publik, seperti warung, maupun toilet. Inimah benar-benar petualangan mencari surga yang tersembunyi.

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan adalah:

  • Tambang,
  • Makanan, dan minuman,
  • Alas kaki yang tepat untuk berjalan di tanah, dan bebatuan,

Selain itu, pertimbangkan juga faktor cuaca. Karena sangat berbahaya jika kunjungan ke Curug Lojahan Batang di saat musim hujan.

Adapun tambang sebagai antisipasi jika tali tambang yang ada di sana sudah tidak ada. Karena jalurnya akan menuruni bebatuan, tanah yang sangat miring.

perjuangan menuju curug
perjuangan menuju curug. google maps. sumber: Alghofur Arrohmahi

simak juga: waykambang edupark

Jika di kebanyakan air terjun suara sungai menjadi pertanda bahwa lokasi utama sudah dekat. Maka hal tersebut tidak menjadi tolak ukur di wisata Curug Lojahan.

Para pengunjung juga sangat direkomendasikan ditemani oleh orang yang pernah berkunjung ke sana, dan memiliki peralatan adventure di hutan.

Hal tersebut dikarenakan alamnya yang masih asri, sehingga dikhawatirkan menutup jalur trekking. Otomatis bagi yang belum pernah akan sangat rentan tersesat.

Trekkingnya sangat jauh, dan bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam perjalanan. Oleh karena itu para bocil dilarang keras berkunjung ke sana. Tetapi nanti setelah sampai di lokasi utama tersaji sebuah view yang spektakuler.

Harga Tiket Masuk Curug Lojahan

  • Tiket masuk Curug Lojahan gratis.
  • Para pengunjung hanya membayar biaya parkir seikhlasnya.

Jam Buka Curug Lojahan

Curug Lojahan belum dikelola secara resmi layaknya sebuah objek wisata pada umumnya. Sehingga hal tersebut berdampak terhadap keputusan jam operasionalnya.

menikmati keindahan alam
menikmati keindahan alam. google maps. sumber: Fadli Muna

simak juga: curug genting

Fasilitas Curug Lojahan

Begitupun dengan fasilitas wisata yang tersaji di objek wisata Curug Lojahan sangat minim. Bahkan saat dimulai trekking sudah dipastikan tidak ada fasilitas publik.

Di beberapa titik biasanya ada tali tambang, dan tangga kayu untuk turun saat mendekati lokasi utama yang menempel di tebing batu.

Daya Tarik Curug Lojahan

1. Air Terjun Tertinggi Di Jawa Tengah

Curug Lojahan menyandang status sebagai salah-satu curug, coban, atau air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Hal tersebut berdampak terhadap arus air yang turun ke kolam utama sangat deras.

Curug Lojahan terlihat sangat spektakuler, gagah menempel pada tebing batu yang menjulang tinggi. Sebagian tebing batu tersebut juga sudah tertutupi oleh tumbuhan.

Meskipun kolam utamanya tidak terlalu dalam, hanya saja debit air yang turun begitu deras menuntut ekstra hati-hati kepada setiap pengunjung yang datang.

santuy di depan curug
santuy di depan curug. google maps. sumber: NDA PU

simak juga: batang dolphin center

2. Hutan Yang Masih Asri

Pesona keindahan yang tersaji selanjutnya adalah view di sekeliling Curug Lojahan Batang yang dikelilingi oleh pohon, dan tumbuhan khas hutan yang masih perawan.

Selain itu, di area dekat kolam utama didominasi oleh bebatuan sekaligus menjadi tempat untuk menikmati keindahan curg tersebut sambil menikmati secangkir kopi panas.

Awas jangan sampai merusak atau membuang sampah sembarangan ya….