Curug Pulosari Bantul, Trekking, Tiket, Ragam Wisata, Dan Pesona Keindahan Alam Lengkap

Yogyakarta selalu dikunjungi oleh wisatawan bukan hanya dari Indonesia bahkan banyak yang datang dari berbagai belahan dunia, selain karena alamnya yang asri, Yogyakarta juga memiliki kebudayaan yang sangat kental dan kuat.

Banyak tempat menarik yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta, salah satunya ialah Curug Pulosari atau biasa juga disebut Jurang Pulosari.

Curug Pulosari merupakan sebuah tempat wisata air yang sangat menakjubkan, kamu seperti sedang berada di surga yang tersembunyi.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Pulosari, chek this out!

Trekking Menuju Curug Pulosari

Ketika kamu sudah memarkirkan kendaraan yang kamu bawa, untuk menuju Curug Pulosari kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Trekking diawali dengan menyusuri jalan setapak, kemudian kamu akan menuruni beberapa anak tangga yang cukup curam serta licin, berhati-hatilah ketika melangkah. Tangganya masih berupa bebatuan dengan terdapat pegangan disebelah kanan jalan.

Setelah menuruni tangga trekking kamu akan dilanjutkan dengan menyebrangi sebuah jembatan diatas sebuah aliran sungai.

Melewati Jembatan
Melewati Jembatan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Suasana trekking yang kamu lalui masih sangat asri dan alami, jalur trekkingnya teduh karena dinaungi oleh banyak pepohonan.

Tak berapa lama kemudian kamu sudah berada diatas Curug Pulosari, dari sini kamu dapat melihat jernihnya air yang dialirkan dari ketinggian.

Bagian Atas Curug
Bagian Atas Curug. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk menuju curugnya kamu harus menuruni tangga ditengah tebing batu yang tak terlalu tinggi, kemudian dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak.

Sampailah kamu di area bawah Curug Pulosari atau Jurang Pulosari. Untuk menuju Curug Pulosari ini terdapat dua jalur yang dapat kamu lalui.

Ketika menemukan jalan persimpangan ada jalur di sebelah kiri ada pula jalur disebelah kanan. Jalur disebelah kiri adalah jalur trekking yang tadi sudah diulas. Sedangkan jalur sebelah kanan bisa dilalui oleh sepedah dan tiba di area bawah curug.

Pesona Keindahan Curug Pulosari

Curug Pulosari memiliki tinggi yang tak terlalu, hanya sekitar 5-7 meter ketinggiannya. Airnya mengalir melalui tebing batu yang sangat cantik.

Jika musim hujan tiba aliran airnya banyak dan cukup deras, namun jika musim kemarau air yang dialirkannya sangat sedikit.

Keadaan Curug Ketika Kemarau
Keadaan Curug Ketika Kemarau. Sumber: www.kompasiana.com

Air yang jatuh dari Curug Pulosari langsung ditampung oleh kolam yang berada di bawahnya. Kolam alaminya terdiri dari dua undakan, kolamnya berwarna hijau toska sungguh indah sekali.

Curug Pulosari
Curug Pulosari. Sumber: www.alodiatour.com

Curug Pulosari disebut juga Jurang Pulosari karena lokasinya yang berada di dasar jurang atau lembah yang cukup dalam. Sehingga jika kamu berada disini hawa sejuk akan kamu rasakan.

Ragam Wisata Di Curug Pulosari
Ragam Wisata Di Curug Pulosari. Sumber: www.pegipegi.com

Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung, namun sempat ditutup karena pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia.

Ragam Wisata di Curug Pulosari

Ragam wisata yang bisa kamu lakukan ketika berada di Curug Pulosari, yakni:

1. Menikmati Keindahan Alam

Suara aliran air yang sangat merdu ternyata dapat menenangkan hati dan fikiran. Menikmati keindahan alam yang tersaji di Curug Pulosari dapat kamu rasakan pula.

Dengan duduk disebuah batu besar sembari melihat ke sekeliling area Curug Pulosari, merasakan sejuknya udara, serta mendengarkan dengan seksama suara air yang dijatuhkan dari atas curug.

Hal tersebut merupakan sebuah cara untuk menghilangkan rasa penat dan lelah yang menggelayut dalam diri, selain untuk menambah rasa syukur kepada Tuhan Sang Pencipta alam semesta.

2. Berenang

Ngga lengkap rasanya jika pergi ke tempat wisata air jika tidak berenang, jika keadaanya sepi kamu dapat merasakan sensasi berenang di kolam alami pribadi.

Jika musim kemarau kedalaman kolamnya hanya sekitar 1 meter saja, namun jika musim penghujan kedalaman kolamnya bisa lebih dari itu.

Berenang Seru
Berenang Seru. Sumber: widyalokawisata.com

Kamu harus berenang mendekati aliran air curugnya kemudian naik ke tebing batunya, duduklah disana dan biarkan aliran airnya mengenai badanmu.

3. Bermain Air

Untuk kamu yang tak pandai berenang, kamu masih bisa merasakan segarnya air Curug Pulosari dengan bermain-main air di sekitar aliran airnya yang hendak menuju ke sungai.

Bermain Air Curug Pulosari
Bermain Air Curug Pulosari. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan duduk-duduk diatas batu yang banyak terdapat di sekitar kolam, sembari melihat betapa beningnya air yang dialirkan Curug Pulosari.

4. Berfoto

Satu lagi yang ngga boleh kamu lewatkan yakni, mengabadikan keindahan alam Curug Pulosari. Biarkan keindahan alam dan curugnya dinikmati juga oleh orang lain, meskipun lewat sebuah foto atau video.

Befoto Bersama Indahnya Curug Pulosari
Befoto Bersama Indahnya Curug Pulosari. Sumber: www.alodiatour.com

Lokasi Dan Alamat Curug Pulosari

Lokasi dan alamat Curug Pulosari terletak di Njurug, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Pulosari

Rute menuju Curug Pulosari jika kamu bergerak dari pusat Kota Yogyakarta, kamu tinggal lajukan kendaraanmu ke Jl. KH.Ahmad Dahlan – Jl.Wates – Jl.Ringroad Barat – Jl.Nasional III – Jl. Rindang – Jl. Bibis Raya – Jl. Bangunjiwo – Jl.Gua Selarong – Jl.Pandu Dewonto – Curug Pulosari.

Jarak yang akan kamu tempuh sekitar 15,7 Km dengan waktu tempuh kira-kira 35 menit.

Tiket Masuk Curug Pulosari

Tiket masuk menuju Curug Pulosari sangat murah, jika dibandingkan dengan keindahan yang akan kamu dapatkan. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Untuk tiket masuk       : Rp. 2.000,- per orang
  • Parkir motor                : Rp. 2.000,- per unit
  • Parkir mobil                 : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Pulosari

Jam operasional Curug Pulosari dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Waktu yang tepat untuk datang menikmati Curug Pulosari ialah ketika pagi hari, karena udaranya sangat segar sekali.

Fasilitas Curug Pulosari

Fasilitas yang tersedia di Curug Pulosari sudah cukup lengkap, hal itu ditunjukkan dengan tersedianya:

  • Area parkir
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi umum
  • Penyewaan ban
  • Gazebo

Penginapan Terdekat Curug Pulosari

Penginapan terdekat dari Curug Pulosari yakni hanya berjarak sekitar 280 meter saja, harga yang ditawarkannya pun cukup murah yakni per malamnya hanya Rp. 216.904.

Nama penginapan tersebut ialah Homestay Sidodadi. Jadi untuk kamu yang ingin berada lebih dekat dengan wana wisata Curug Pulosari kamu bisa menginap di tempat tersebut.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Pulosari, diantaranya yakni:

  • Karena jalur trekking cukup licin, maka perhatikan cuaca ketika kamu hendak mengunjungi Curug Pulosari.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki tangga.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Selalu waspada dan berhati-hati ketika berenang di kolam alaminya.
  • Bawalah baju ganti atau perlengkapan lainnya, jika kamu berniat berenang atau bermain air.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Pulosari ialah ketika musim hujan.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Pulosari.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Pulosari.

Penutup

Bantul memang memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya ialah Curug Pulosari ini. Lokasinya yang berada di lembah membuatnya dijuluki “Surga Yang Tersembunyi”.

Hal tersebut bukanlah hal yang berlebihan, mengingat keadaan alam yang masih asri serta curugnya yang sangat menakjubkan ditambah dengan kolamnya yang berwarna hijau.

Hal tersebut merupakan pepaduan yang luar biasa. Jika kamu mengunjungi Curug Pulosari, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!


Leave a Comment