Laguna Dodo, Kolam Alami Dengan Segala Keindahannya

Laguna Dodo atau Laguna Gayau merupakan salah satu objek wisata air di Lampung yang lain dari biasanya, karena berbentuk kolam renang indah yang terbuat dari batu karang.

Laguna Dodo berada di Pantai Laguna Kiluan Lampung, yang menyimpan keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Kamu akan melihat beberapa kolam alami yang terbuat dari batu karang.

Jika biasanya ketika berada di pantai kita langsung dapat bermain pasir dan berenang di lautan ombaknya, hal tersebut tak dapat dilakukan ketika berada di pantai ini.

laguna dodo atau laguna gayau
laguna dodo atau laguna gayau. google maps. sumber: sabda adjie

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Pemandangan utama dan pertama yang kamu saksikan ialah hamparan batu karang yang membentuk beberapa kolam, sehingga terciptanya laguna seperti kolam renang.

Laguna ialah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang, atau lain sebagainya.

Batuan karang yang ada di pantai ini membentuk laguna yang seakan menghalangi deburan ombak yang selalu datang silih berganti, pokoknya indah dan pastinya menyenangkan sekali.

Dapat kita jadikan sebagai tempat untuk merefresh sejenak jiwa dan raga akan hal-hal yang terjadi pada diri kamu selama ini.

Berikut gambaran lengkap mengenai Laguna Dodo atau Laguna Gayau:

Lokasi & Alamat Laguna Dodo

Lokasi dan alamat Laguna Dodo berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

keseruan ketika ombak menerjang
keseruan ketika ombak menerjang. google maps. sumber: Anna Isnantika

Rute Menuju Laguna Dodo

Rute menuju Laguna Dodo jika berangkat dari Bandar Lampung akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 80 km, dengan estimasi waktu sekitar 3 hingga 4 jam lamanya.

Dengan mengarahkan kendaraan menuju Desa Kiluan, akses jalan yang dilalui cukup beragam namun masih mudah dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor.

Trekking Ke Laguna Dodo

Setelah memakirkan kendaraan ditempat yang sudah disediakan, untuk menuju Laguna Dodo harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang sudah tersedia.

Jalan setapak yang ada beralaskan semen sehingga tak terlalu sulit untuk dilalui, tantangan lain yang datang saat trekking menuju Laguna Dodo ialah jalannya yang curam serta terdiri dari tanjakan dan turunan tajam dengan di sebelah kanan jalan berupa jurang.

trekking ke laguna dodo
trekking ke laguna dodo. google maps. sumber: Kunto Widiarto

Trekking yang dilakukan kira-kira sejauh 3 km, melewati hutan dan pepohonan yang cukup rindang. Sebelum tiba di Pantai Gayau atau Pantai Laguna, kamu harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama trekking.

Rasa lelah dan penat trekking yang dilalui terbayar sudah dengan keindahan pantai biru dengan deburan ombak yang cukup kencang serta hiasan batu karang yang melengkapi semuanya.

Jam Buka Laguna Dodo

Jam operasional Laguna Dodo tidak ada batasan waktu tertentu, artinya terbuka untuk umum selama 7 hari seminggu dan 24 jam nonstop.

Namun, mengingat kamu harus melakukan trekking yang cukup jauh maka sebaiknya hindari datang terlalu sore. Waktu yang tepat ialah ketika pagi hari dan matahari masih bersinar terang.

hadiah tuhan yang sangat indah
hadiah tuhan yang sangat indah. google maps. sumber: Indra Susandi

Tiket Laguna Dodo

Tiket masuk Laguna Dodo pun gratis, biaya yang perlu kamu keluarkan mungkin hanya untuk membayar parkir kendaraan yang kamu bawa.

Fasilitas Laguna Dodo

Fasilitas yang ada di sekitar Laguna Dodo belum tersedia apa-apa, karena kondisinya yang masih asri dan alami. Fasilitas seperti kamar mandi, warung makanan dan lain sebagainya dapat ditemui di area parkir.

Maka sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu selama di Laguna Dodo atau Laguna Gayau.

Daya Tarik Laguna Dodo

1. Pantai Yang Cantik

pantai yang cantik
pantai yang cantik. google maps. sumber: Bayo Harahap

Simak juga: Pantai Pangi Blitar.

Laguna Dodo atau disebut juga Laguna Gayau berada di sebuah pantai yang memiliki warna air laut yang sangat biru serta deburan ombak yang cukup kencang.

Tak ada hamparan pasir disini, yang ada hanyalah batuan karang yang seakan menjadi pelindung dari terjangan ombak lautan.

Angin sepoi-sepoi seakan meninabobokan raga dan jiwa yang sedang lelah, dengan duduk di atas batu karang sambil memandangi alam sungguh sangat menenangkan.

Pantai ini terbilang sepi, karena hanya ada beberapa pengunjung yang datang menikmati alam disini. Mungkin karena lokasinya yang tersembunyi.

2. Kolam Renang Alami

kolamnya bening
kolamnya bening. google maps. sumber: sri hidayati

Simak juga: Teluk Kiluan lampung.

Daya tarik utama dan pertama dari Laguna Dodo atau Laguna Gayau ialah kehadiran kolam renang yang terbuat dari batu karang yang terlihat sangat kokoh.

Kolam renang alami tersebut sangat jernih, saking jernihnya kita sampai bisa melihat batuan karang yang ada di dasar kolam.

Kedalaman kolam yang ada beragam, ada yang dangkal ada pula yang dalam. Airnya asin karena berasal dari air laut, sesekali kamu akan melihat air laut yang datang dari balik batu karang.

Kolam atau laguna yang tidak terlalu dalam biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain air, tentu saja dengan pantauan dari orang tua atau orang dewasa lainnya.

berenang di laguna dodo
berenang di laguna dodo. google maps. sumber: sayf bsy

Kapan lagi kamu berenang di kolam alami yang cantik ditemani deburan ombak yang datang silih bersahutan? Apalagi kondisinya yang tidak terlalu ramai, membuat kamu serasa berenang di kolam alami pribadi.

Selain berenang dan bermain air, kamu juga harus mencoba untuk meloncat dari tebing batunya. Harus sangat berhati-hati jika ingin melakukannya, jangan sampai keseruan berubah menjadi keharuan.

3. Spot Foto Yang Instagramable

bermain air seru
bermain air seru. google maps. sumber: Fanny Wijaya

Dengan berada di alam yang sangat indah, tak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan keindahan alam yang tersaji dalam sebuah foto maupun video.

Keindahan Laguna Dodo yang sangat jernih banyak diabadikan oleh pengunjung yang datang, apalagi ketika air laut berdatangan melalui tebing batunya.


Tinggalkan komentar