Surabi Bandung, Makanan Tradisional Indonesia yang Populer di Bandung

Surabi merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah melegenda dan terkenal sejak zaman dulu. Meskipun bentuk kuliner ini pada umunya berbentuk bulat dan kecil namun siapa sangka ternyata jika dilihat dari namanya surabi ini berasal dari bahasa sunda yang bermakna besar.

Surabi merupakan camilan tradisional Indonesia yang melegenda dan sudah terkenal sejak zaman dulu. Nama surabi sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu “sura” yang berarti besar.
Surabi Bandung. Image via: reddoorz.com

Surabi memang cukup identik dengan kota Bandung namun olahan makanan ini pun juga terkenal di daerah lainnya terutama di pulau jawa. Salah satunya adalah surabi Solo. Yang menjadi pembeda dari kedua surabi ini adlah dari segi bentuknya dimana surabi Bandung lebih tebal sedangkan Surabi Solo tipis dan bahkan bisa digulung.

Pembuatan Surabi

Surabi bandung merupakan olahan makanan yang terdiri dari tepung beras yang terkadang dicampur dengan tepung terigu serta santan kental. Nah, santan kendatal inilah yang membuat makanan yang satu ini terasa gurih serta sedikit manis.

Kemudian, parutan kelapa pun tak lupa ditambahkan pada proses pembuatannya. Setelah adonan siap, maka tinggal dimasak pada sebuah cetakan bulat kecil berupa tungku dari tanah liat. Biasanya, agar cita rasa tradisional tetap terjaga, proses memasak Surabi Bandung ini dilakukan menggunakan katu bakar atau arang.

Cetakan dari Tanah untuk surabi bandung tetap dipertahankan karena diyakini mempengaruhi citarasa.
Cetakan dari Tanah. Image via: joglopark.com

SImak juga: 11 lokasi kuliner keren di Bandung

Surabi Bandung biasa disajikan dengan kinca yakni semacam kuah yang berasal dari gula jawa. Ada juga yang dihidangkan dengan potongan kecil dari oncom yang cocok bagi penyuka makanan asin pedas. Namun kini, surabi telah berevolusi dan memiliki aneka macam rasa yang bervariatif.

Dengan rasa yang lebih variatif tentu saja membuat makanan yang satu ini lebih menarik. Toping yang akan dipakai pun bisa sesuai dengan selera lidah masing-masih seperti cokelat, keju, strawberry, durian, hingga ayam.

Sejarah Surabi

Bila diperhatikan dari bentuknya, surabi memang menyerupai pancake. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang menganggap surabi berasal dari pancake. Hal ini pun didukung dengan sejarah negara Indonesia yang lama dijajah oleh Belanda, dimana pancake itu berasal.

Suurabi bandung penampilannya mirip Pancake, sehingga bnayk yang menduga surabi adalah adaptasi lokal dari pancake.
Mirip Pancake Belanda. Image via: panganlanngombe

Yang menjadi pembeda antara surabi dengan pancake tentusaja terletak pada bahannya dimana pancake menggunakan bahan berupa terigu, telur dan susu. Sedangkan Surabi menggunakan bahan asli Indonesia yaitu tepung beras dan santan kelapa.

Selanjutnya da juga anggapan jika surabi ini berasal dari India karena kemiripannya dengan kue apem. Hal ini diperkuat dengan fakta yang menyebutkan di Jawa juga ada kue apem yang mirip dengan kue serabi. Namun, kue apem ini didominasi dengan rasa manis dari gula merah sehingga warnanya pun menjadi kecoklatan.

Dari segi sejarahnya juga bisa dilihat jika dahulu bangsa India memang banyak yang datang untuk berdagang. Sambil berdagang, mereka juga menyebarkan kebudayaan kulinernya. Selanjutnya, kuliner tersebut disesuaikan rasa serta bahan dasar pembuatannya seperti halnya kuliner asing lainnya.

Rekomendasi Lokasi Surabi Bandung

  1. Surabi Imut

Warung Surabi Bandung Imut terkenal juga sebagai pelopor modifikasi surabi, menjadikan makanan tradisional ini punya citarasa yang lebih terasa modern.
Surabi Imut. Image via: traveloka.com

Simak juga: Mie Aceh yang kaya rasa

Surabi Imut sering juga disebut Surabi Enhai, karena tempatnya yang berlokasi di depan National Hotel Institute (NHI atau lebih dikenal dengan eNHaI). Selain itu, warung Surabi Imut juga terkenal sebagai pelopor surabi modifikasi, dimana mereka menjadikan makanan tradisional ini punya citarasa yang lebih modern.

Kini sekurangnya surabi imut telah menyediakan 23 rasa surabi Bandung. Maka dari itu, tak heran jika surabi imut disukai banyak orang bahkan hingga wisatawan asing sekali pun.

Alamat: Jl. Setiabudhi No.194, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung
Jam Buka
Sabtu – Kamis: 13.00 – 22.30 WIB
Jumat: 14.00 – 22.30 WIB

  1. Surabi Cihapit

Surabi Cihapit Bandung memang sudah sangat dikenal akan rasanya yang sangat enak, bahkan hingga saat ini pun Surabi Cihapit ini belum ada tandingannya. Tidak hanya menyediakan rasa Surabi yang tradisional, tapi ada juga rasa Surabi yang kekinian. seperti surarabi dengan topping susu, keju, coklat, keju, vla vanilla dan masih ada pilihan topping lainya.

Namun tetap saja yang menjadi andalan di Surabi Cihapit adalah Surabi dengan rasa oncom. Rasa surab oncom di sini memang sangat enak dengan rasa pedas yang pas tercampur dengan oncom yang membuatnya semakin sedap, bahkan kita bisa menambahkan telur pada Surabi oncom ini. Tidak ketinggalan juga Surabi polos nya jika d tambah dengan siraman kuah santan dan kinca akan membuat rasa Surabi yang enak manis gurih dan lembut tercampur di mulut, luar biasa.

Yang paling jempolan dari Surabi Bandung Cihapit ini adalah surabi oncomnya. Tingkat kepedasannya pas, dengan bahan dasar oncom yang sudah enak dari asalnya.
Surabi Cihapit. Image via: travelndate.com

Alamat: Jl. Cihapit No.36, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka
Senin – Sabtu: 06.00 -11.00 dan 15.00 – 21.00 WIB
Minggu: 06.00 – 11.00

  1. Serabi Kinca Suji – Eka Rasa

Surabi Eka Rasa cukup terkenal akan wangi pandannya yang khas. Bahkan bisa dikatakan jika surabi eka merupakan surabi dengan aroma pandan yang paling kuat. Selain itu surabi ini memiliki cita rasa yang mantap. Dan yang paling istimewa surabi ini memiliki tekstur yang kenyal serta lembut.

Sebagi informasi, perpaduan tekstur yang dimiliki surabi eka rasa memang cukup sulit dicari di warung surabi lainnya yang ada di Bandung. Maka dari itu, pengunjung takkan cukup dengan satu porsi surabi Bandung di sini.

Serabi bandung dengan kuah Kinca Suji – di warung Eka Rasa.
Serabi Kinca Suji – Eka Rasa. Image via: @SerabiKincaSuji

Simak juga: Pempek Palembang, Icon Kota Plembang

Alamat: Jl. Burangrang No.45, Malabar, Lengkong, Kota Bandung
Jam Buka
Senin – Sabtu: 07.00 – 18.00 WIB
Minggu: 09.00 – 17.00 WIB

  1. Tenda Surabi Durian

Tenda Surabi Durian, sudah terbayang kan manis nya vla durian yang di sajikan di atas Surabi lembut nan kenyal tak ketinggalan taburan parutan keju diatasnya, legitnya seperti apa? Inilah menu yang primadona dari Tenda Surabi Durian.

Dan tidak hanya itu saja walaupun mengunggulkan sensasi manis nikmat dari surabi durian, disini juga menyediakan Surabi dengan cita rasa tradisional yaitu apa lagi kalau bukan Surabi oncom dan polos kinca. Juga tak ketinggalan khas Surabi Bandung dengan berbagai macam topping lainya coklat, keju, dan telur.

Alamat: Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung
Jam Buka: 06.00 – 23.00 WIB

  1. Pondok Surabi

Menu andalan yang dimiliki pondok Surabi adalah surabi kismis kejunya. Kombinasi inilah yang akan sulit dijumpai di kedai-kedai penjual surabi yang lainnya. Sementara itu, kombinasi rasa kismis dan susu kental dari surabi ini mampu membuat para penikmatnya ketagihan sehingga membuat mereka datang lagi dan lagi.

Surabi bandung dengan toping cucu coklat dan keju adlaah varian baru yang dibuat untuk menarik minat generasi muda
Surabi Coklat Keju. Image via: @sandrawidyapurwani

Meskipun tampilan dari surabi kismis di tempat ini nampak biasa saja namun ternyata dibalik kesederhanannya itu tersimpan sebuah cita rasa yang dapat menggugah selera. Tak hanya itu saja, di sini juga tersedia varian surabi bandung laninnya yang menarik untuk dicoba.

Alamat: Jl. Terusan Jakarta No.79A, Cicaheum, Kiaracondong, Kota Bandung
Jam Buka: 16.00 – 23.00 WIB

  1. Surabi Radja

Surabi Radja memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut yang membuatnya tak mudah dilupakan siapapun yang sempat mencicipi. Hal ini membuatnya hampir selalu ramai pembeli bahkan surabi radja sudah cukup populer hingga ke luar kota.

Sementara itu, Surabi Radja tersedia dalam tiga varian rasa yakni, surabi biasa, surabi Bandung dengan satu jenis topping, serta surabi dengan dua jenis topping dan masih ada telur.

Alamat : Jl. Margahayu Raya Bar. No.16, Margasari, Buahbatu, Kota Bandung
Jam Buka: 06.30 – 9.30 WIB dan 16.30 – 21.00 WIB (Senin – Minggu)

  1. Surabi Ternate

Menu Milenial, Surabi Bandung toping Oreo di Surabi Ternate
Menu Milenial, Surabi Oreo. Image via: @surabiternate

Simak juga: Ukuran Raksasa Sate klatak Jogja

Surabi Ternate ternyata memiliki nama lain yang cukup unik yakni, Surabi Arab. Surabi Arab merupakan singkatan dari Surabi Ala Remaja Bandung. Pada saat berkunjung ke tempat ini pengunjung akan mendapati menu surabi dengan ukuran yang jumbo.

Ukuran jumbo ini lah yang menjadi ciri khas tempat ini. Selain soal ukuran, Surabi Ternate juga punya varian rasa tradisional dan campuran. Yakni untuk yang tradisional surabi oncom atau surabi kinca. Sedangkan yang campuran bisa berupa perpaduan mayonaise pedas manis dengan oncom dan masih banyak lainnya.

Alamat: Jl. Ternate No.10, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam Buka: 15.00 – 22.00 WIB

  1. Surabi Braga

Warung surabi ini diberi nama sesuai dengan jalan tempat dimana surabi ini dijual. Ada berbagai varian surabi yang bermacam-macam. Para pengunjung tinggal menyesuaikan surabi mana yang menjadi paforitnya, seperti surabi spesial manis, surabi oncom, surabi manis, surabi asin, dan lainnya.

Bagi pengunjung yang suka dengan aneka rasa yang modern, surabi Braga dapat menjadi pilihan yang tepat. Terlebih pilihan toppingnya juga seakan tak habis-habis.

Alamat: Jl. Suniaraja, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka: 18.00 – 02.00 WIB

  1. Surabi Durian Geboy

Yang khas, dari surabi bandung di warung Durian Geboy adalah manisnya disajikan dengan kinca, sedangkan surabi asinnya dengan topping oncom
Surabi Durian Geboy. Image via: klikhotel.com

Surabi Durian Geboy sudah cukup terkenal serta memiliki cabang di beberapa wilayah. Tempat ini pun kini sudah menjadi tempat nongkrong yang asik. Bahkan siapa sangka jika pengunjung pun akan mendapati menu bakso di warung Surabi Durian Geboy.

Sesuai namanya, surabi di tempat ini sangat populer akan sensasi rasa duriannya yang dapat membuat penikmatnya ketagihan. Maka dari itu, pengunjung akan dapat rasa surabi yang beda di warung surabi ini.

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.66, Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung
Jam Buka: 11.00 – 02.00 WIB

Itulah beberapa rekomendasi surabi Bandung yang enak di Bandung.  Yang pas untuk dijadikan kudapan malam. Jika sedang berkunjung ke Bandung, pastikan lengkapi pengalaman wisata dengan mencoba kuliner Surabi ini.

Baca juga:

Leave a Comment