9 Tempat Kuliner Seblak di Bandung, Yang Bikin Ngiler

Bandung memang tak pernah habis menjadi buah bibir, selalu aja ada hal seru dan baru yang berasal dari Kota Paris Van Java ini. Setelah dikenal sebagai trendsetter dari segi fashion dan memiliki destinasi wisata yang cakep banget, ternyata jajanan khas Bandung pun terkenal hingga ke seluruh Indonesia.

Salah satu jajanan khas Bandung yang viral beberapa tahun ke belakang ialah seblak. Seblak merupakan olahan makanan yang berasal dari kerupuk yang dicampur dengan beberapa bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kencur, garam, biar lebih mantap ditambah dengan cabe rawit.

Bahan-bahan tersebut kemudian diulek hingga halus, setelah itu digoreng. Kemudian tambahkan air masukkan kerupuk yang sudah direndam air sebelumnya, ditambah dengan beberapa sayuran. Boleh juga ditambah dengan makarani, baso, ataupun tulang ayam.

Artikel kali ini akan membahas lengkap dan tuntas mengenai asal mula atau sejarah seblak, serta beberapa rekomendasi tempat kuliner yang menghadirkan sajian seblak.

Asal Muasal Seblak

Pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa seblak merupakan kerupuk yang diolah sedemikian rupa dengan cita rasa yang pedas. Namun sebenarnya seblak merupakan bumbu yang terbuat dari kencur atau dalam bahasa sunda disebut cikur.

Pada awalnya seblak merupakan salah satu cara memanfaatkan sisa kerupuk yang tidak digoreng menjadi makanan yang lebih nikmat. Kemudian ditambahkanlah bumbu halus yang terdiri dari kencur, bawang merah, bawang putih, dan garam.

Seblak pada awalnya hanya dijual di pinggir jalan dengan menu seadanya, namun saat ini seblak sudah mulai merambah hingga sampai di restoran-restoran yang modern.

Variannya pun mulai bermacam-macam, ada seblak tulang, seblak bakso, seblak basreng, seblak kwetiau, dan masih banyak lagi varian yang lainnya.

Makanan yang sejenis dengan seblak diantaranya kerupuk godog yang berasal dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah. Kerupuk Godog berbahan dasar kerupuk udang yang digodog atau direbus, sehingga kenyal-kenyal seperti seblak. Yang sudah ada sejak tahun 1940-an.

Selanjutnya ialah makanan alternatif yang tercipta di daerah Cianjur yang telah ada seak zaman kemerdekaan silam. Makanan ini merupakan makanan alternatif bagi masyarakat dengan ekonomi lemah.

9 Tempat Kuliner Seblak Di Bandung

Jika kamu ingin mencoba sajian seblak di tempat yang kece, berikut beberapa rekomendasi restoran di Bandung yang menyediakan menu seblak. Diantaranya yakni:

1. Seblak Mahda

selalu ramai pengunjung
selalu ramai pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seblak Mahda berada di Jl. Bbk. H. Tamim Gg. Kretek I No. 73/208 c, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cibeunying Kidul, Bandung. Lokasi Seblak Mahda berada di dalam gang diantara rumah-rumah warga.

Toping yang ada di Seblak Mahda terdiri dari beragam jenis kerupuk serta ditambah dengan tulang, makaroni, baso, sosis dan yang lainnya. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 15.000 hingga diatas Rp. 30.000 tergantung pada toping yang kamu inginkan.

Seblak yang satu ini termasuk salah satu seblak terenak yang ada di Bandung, dengan memiliki tingkatan pedas mulai level satu hingga level sepuluh.

2. Seblak Syahrini

varian seblak syahrini
varian seblak syahrini. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Nikmatnya Surabi Bandung Aneka Toping

Seblak yang satu ini bernama Seblak Syahrini, namun yang jualan bukan artis Indonesia Syahrini ya. Hanya saja Bu Yuyun sang pemilik warung memberi nama Syahrini karena beliau salah satu fans berat dari Syahrini.

Seblak Syahrini sudah berdiri sejak 11 tahun yang lalu, dulunya bernama Seblak Wow kemudian sekitar 6 tahun yang lalu berganti nama menjadi sekarang ini.

Harga yang ditawarkan di Seblak Syahrini ini sangat terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 per porsi hingga Rp. 26.000 per porsi, harga tersebut tergantung pada toping yang kamu inginkan.

Seblak Syahrini terletak di Jl. Pasundan No. 120, Pungkur, Kecamatan Regol, Bandung. Setiap hari Selasa tutup dan buka selain hari tersebut mulai Pukul 11.00 sampai dengan pukul 21.00 malam.

3. Seblak Basah Deu’ Tjenghar

Untuk kamu yang tinggal di daerah Cibiru pastinya tidak asing lagi mendengar Seblak Deu’ Tjenghar, karena lokasinya memang berada di Jl. Pandanwangi No.45, Perum Permata Biru Blok. A. Untuk Seblak Deu’ Tjenghar yang di Antapani sudah tutup permanen ya.

Toping Seblak Deu’ Tjenghar banyak sekali, harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 20.000 per porsinya. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 7 malam.

4. Seblak Jebred

tempatnya yang asik untuk nongkrong
tempatnya yang asik untuk nongkrong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mau menikmati seblak dengan cara yang berbeda? Datanglah ke Seblak Premium yang terletak di Jl. Buah Batu No. 163, Bandung. Buka Setiap hari mulai pukul 12 siang hingga pukul 10 malam.

Tempat Seblak Jebred ini pas banget untuk nongkrong sambil bercengkrama dengan kawan atau pasangan. Katanya Seblak Jebred merupakan seblak premuim pertama yang ada di Bandung.

Bukan hanya tempatnya yang enak, kuah seblaknya pun berbeda dari seblak pada umumnya. Harga yang coba ditawarkan di Seblak Jebred per toping, dengan kisaran harga Rp. 3.000 hingga Rp. 6.000.

Konsepnya seperti sebuah cafe dimana kamu dapat duduk-duduk santai sambil menikmati makanan yang kamu pesan. Disini tersedia juga Free Wifi dan fasilitas charger Hp juga loh.

5. Seblak Sultan

seblak sultan yang bikin ngiler
seblak sultan yang bikin ngiler. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pempek palembang, sang Legenda Kuliner

Seblak Sultan sudah memiliki 3 cabang yang tersebar di Kota Bandung. Menu yang ditawarkan Seblak Sultan banyak sekali diantaranya ada Seblak Ceker, Seblak Tulang, Seblak Kikil, Seblak Sayur, Seblak Batagor, dan juga yang lainnya.

Tingkatan pedas yang ada di Seblak Sultan terdiri dari level satu hingga level lima. Harga yang ditawarkan tergantung pada toping yang kamu inginkan, untuk paket komplit sekitar Rp. 18.000 per porsinya.

Seblak Sultan yang paling terkenal berada di Jl. Sultan Agung No. 10, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung. Beroprasi setiap hari mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 18.00 wib. Sedangkan Seblak Sultan yang lainnya berada di Jl. Sultan Tirtayasa No. 27 Citarum, Bandung.

6. Seblak Cobek Teh Ida

seblak cobek teh ida
seblak cobek teh ida. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seblak Cobek Teh Ida terletak di Jl. Braga tepatnya berada di Gg. Apandi No. 30 RT 04 RW 08, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung.

Lokasinya berada di dalam gang diantara rumah-rumah warga, namun untuk menemukan warungnya tak begitu sulit. Karena selain terdapat papan petunjuk, warga sekitar akan mengarahkanmu menuju ke lokasi.

Toping untuk seblaknya banyak sekali, mulai dari sayuran, beragam mie, cireng, basreng dan masih banyak lagi. Yang menjadi ciri khas dari seblak yang satu ini ialah proses pengadukan semua toping tersebut dilakukan di sebuah cobek.

Terdapat dua varian rasa dari seblak cobek ini, yakni rasa manis dan rasa gurih. Harga seporsi seblak cobek sangat murah, yakni hanya Rp. 15.000 saja per porsinya. Seblak Cobek Teh Ida tutup setiap hari Senin.

7. Seblak Janda

toping di seblak janda
toping di seblak janda. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Sate Klatak Jogja

Seblak yang satu ini bernama Seblak Janda, kata Janda merupakan akronim dari kata Jajanan Sunda. Seblak Janda terletak di Jl. A.H. Nasution, Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Bandung. Lokasinya berada di pinggir jalan, mulai buka pada pukul 12.00 hingga pukul 23.00 wib.

Seblak Janda mulai beroperasi sekitar tahun 2017, toping yang tersedia ada sekitar 40 macam diantaranya beragam jenis kerupuk, makaroni, sosis, baso, dan masih banyak lagi.

Penamaan levelnya pun sangat unik yakni dari mulai level harmonis, pisang ranjang, talak 1, talak 2 hingga paling pedas yakni talak 3.

Harga yang ditawarkan murah sekali mulai dari Rp. 10.000 per porsi hingga Rp. 20.000 saja. Selain seblak kamu juga dapat mencoba varian lainnya seperti cibay goreng, suki janda, spageti tulang, mie tulang dan bakso.

8. Seblak Bunda

lokasi seblak bunda
lokasi seblak bunda. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Kenyal dan nendangnya Mie Aceh

Lokasi Seblak Bunda berada di dalam gang perkampungan warga, untuk menemukannya kamu dapat bertanya pada warga sekitar. Tepatnya berada di Jl. H. Kurdi II No. 4 , Karasak, Kecamatan Astanaanyar, Bandung.

Meskipun berada di tengah perkampungan warga Seblak Bunda selalu ramai dikunjungi para pecinta seblak. Tempat kuliner yang satu ini buka mulai hari Senin hingga Sabtu, sedangkan untuk hari Minggu tutup. Mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Seblak Bunda sudah berdiri sejak tahun 2007, dan digadang-gadang menjadi pelopor seblak yang di Bandung. Perporsinya dihargai Rp. 10.000 saja dengan berisikan 4 toping, sedangkan untuk paket lengkap sekitar Rp. 20.000.

9. Seblak Oces

seblak oces
seblak oces. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seblak Oces merupakan seblak kuah pertama yang ada di Bandung, yakni sejak tahun 2012. Berlokasi di Jl. Purnawarman No. 22 Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur, Bandung. Tepatnya berada di depan Alfamart Purnawarman.

Jam Operasional Seblak Oces dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingg pukul 18.45 petang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp 15.000 per porsinya tergantung pada toping yang kamu inginkan.

Penutup

Demikian beberapa tempat recomended untuk kamu yang ingin menikmati seblak Bandung yang menggugah selera. Semuanya mempunyai ciri khas masing-masing dan pastinya enak banget.


Tinggalkan komentar