5 Tempat Wisata di Belanda, Klasik, Instagramable, Dan Romantis

Tempat wisata di Belanda  mempunyai ciri khusus, terutama dengan keberadaan kincir anginnya. Selain sebagai alat penting untuk kebutuhan masyarakat, tetapi di sisi lain mampu menjadi ikon yang melekat sampai sekarang.

Selain itu, bangunan-bangunan yang artistik, nan klasik menjadi view akan membuat mata wisatawan terpesona. Tidak berhenti sampai di situ saja, ada juga tempat wisata Belanda yang klasik, namun instagramable.

pesona wisata belanda
pesona wisata belanda. google maps. sumber: Freddy Salembier

Belanda merupakan negeri yang unik. Mayoritas daratannya berada tidak lebih dari 1 meter di atas permukaan laut. Bahkan 20 % nya berada di bawah permukaan laut.

Maka, kita mengenal nama lain untuk Belanda, yaitu Nederland yang bermakna negeri berdaratan rendah. Selain itu, Belanda juga terkenal sebagai negeri reklamasi.

Proses reklamasi sudah dilakukan sejak akhir abad ke 16. Terus apa hubungannya dengan wisata di Belanda? Justru itu, sistem reklamasi yang dilakukan mengelaborasi juga sistem tanggul, serta drainase, hingga sistem pompa, telah bertranspormasi menjadi sebuah destinasi wisata.

Negeri kincir angin, sebutan lain untuk negeri Belanda sebagai sebuah penegasan bahwa sistem kincir, atau pompa air mampu menjadi sebuah destinasi yang mampu menarik perhatian para wisatawan.

Dan inilah info tempat wisata di Belanda yang recommended untuk dikunjungi, dari mulai Amsterdam, hingga tempat wisata Belanda yang romantis, klasik, dan instagramable.

5 Tempat Wisata Di Belanda

1. Amsterdam

wisata di amsterdam belanda
wisata di amsterdam belanda. google maps. sumber: Cristiane Kinha

Tempat wisata di Belanda yang pertama, kita mulai saja dari Amsterdam. Sebuah kota yang menyandang status sebagai satu-satunya kota yang berada di bawah permukaan laut.

Kondisi tersebut berdampak terhadap penataan kota yang didominasi oleh kanal yang panjang, lebih dari 100 kilometer, serta banyaknya bangunan jembatan.

3 kanal utama di kota Amsterdam mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Kondisi tersebut pada akhirnya berpadu dengan arsitektur bangunan klasik yang berada di tepian kanal menjadi sebuah pemandangan yang eksotis, nan romantis.

Rasakan sensasi menaiki perahu menyusuri kanal yang panjang tersebut, mengitari kota Amsterdam yang indah bersama orang-orang tercinta. So, abadikan momen indah tersebut ya…

2. Desa Kinderdijk

desa kinderdijk belanda
desa kinderdijk belanda. google maps. sumber: Nikolaos Tsorlianos

Tempat wisata di Belanda selanjutnya adalah sebuah tempat yang menjadikan Belanda mendapatkan julukan sebagai negeri kincir angin. Nama tempat wisata tersebut Desa Kinderdijk.

Di Desa Kinderdijk inilah terdapat kincir angin tertua di Belanda yang dibangun pada tahun 1740. Sistem kincir angin yang ada di Desa Kinderdijk befungsi untuk menguras air laut, sehingga pada akhirnya menjadi sebuah daratan.

Suasana nyaman saat berada di Desa Kinderdijk adalah daya tarik lainnya. Para wisatawan bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling Desa Kinderdijk. Selain itu, Desa Kinderdijk juga mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

  • Lokasi Desa Kinderdijk: Holland Selatan, Belanda.
  • Harga tiket masuk Desa Kinderdijk: Gratis. Kecuali untuk masuk ke area museum.

3. Taman Bunga Keukenhof

taman bunga keukenhof belanda
taman bunga keukenhof belanda. google maps. sumber: Randolfo Santos

Tempat wisata di Belanda yang romantis, dan instagramable salah-satunya adalah Taman Bunga Keukenhof. Sebuah tempat yang menyajikan perpaduan taman bunga yang luas, serta pesona kincir angin khas Belanda.

Taman Bunga Keukenhof dibangun pada tahun 1949, serta memiliki luas sekitar 32 ha. Taman Bunga Keukenhof menjadi salah-satu taman bunga terbesar di dunia.

Di Taman Bunga Keukenhof terdapat 7 juta bunga yang berwarna – warni, tertata secara baik. Terdapat juga sekitar 800 varietas bunga tulip.

Tidak berhenti sampai di situ saja, di Keukenhof juga tredapat sebuah kastil yang sangat megah, dengan gaya arsitektur klasik.

  • Lokasi Taman Bunga Keukenhof: Lisse, Holland Selatan, Belanda.

4. Bloemenmarkt

bloemenmarkt belanda
bloemenmarkt belanda. google maps. sumber: Andrey Petukhov

Kunjungan wisata ke Belanda dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, bahkan masuk ke dalam kategori overtourism. Terdapat sisi negatif dari overtorism di Belanda, yaitu tutupnya sementara sebuah tempat yang sangat cantik yang bernama Bloemenmarkt.

Tetapi di sisi lain hal tersebut menyiratkan bahwa Bloemenmarkt memiliki daya tarik yang luar biasa untuk mendatangkan para wisatawan. Penutupan Bloemenmarkt, karena banyaknya turis yang bergumul, dan ingin berfoto di Bloemenmarkt, sehingga menutupi akses para pembeli yang ingin datang ke toko.

Bloemenmarkt merupakan kawasan pasar bunga, dan pasar pernak pernik yang sudah ada sejak tahun 1962. Perpaduan bangunan di samping sungai, serta keindahan bunga-bunga di Bloemenmarkt sangat menggoda sekali untuk dikunjungi.

Bloemenmarkt juga mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO, serta sebagai satu-satunya pasar bunga terapung yang ada di dunia.

  • Lokasi Bloemenmarkt: Singel, 1012 DH Amsterdam, Belanda.
  • Harga tiket masuk Bloemenmarkt: gratis. Para pengunjung hanya direkomendasikan untuk berbelanja saja.

5. Dam Square

dam square amsterdam belanda
dam square amsterdam belanda. google maps. sumber: Alvaro Fernandez Rubio

Dam Square adalah tempat wisata di Amsterdam yang menyajikan beragam tema wisata yang dibutuhkan oleh wisatawan, tersaji dalam satu kawasan.

Dam Square adalah alun-alun yang dikelilingi oleh cafe, resto, sekaligus menjadi tempat bagi festival, dan atraksi wisata. Ada juga bangunan – bangunan megah dan klasik, serta bersejarah yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

  • Lokasi Dam Square: Alun-alun Kota Amsterdam, Belanda.

Sebetulnya masih banyak tempat wisata lainnya di Belanda yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, seperti:

  • Leiden,
  • De Waag,
  • Peace Palace, atau Mahkamah Internasional PBB,
  • West Frisian Island.
wisata leiden belanda
wisata leiden belanda. google maps. sumber: Thomas Stuhmer

Beda tempat, ya beda juga tawaran pesona keindahannya. Jangan lupa untuk mengabadaikan keindahan perjalanan wisata anda ya…., selamat berlibur.


Tinggalkan komentar