11 Tempat Wisata di Inggris, Pesona Wisata Negeri Raja

Ada berbagai keindahan dan keunikan di berbagai tempat wisata di inggris. Hal ini tidak terlepas dari sejarah panjang negara ini. Negeri Kerajaan yang hampir tidak pernah mengalami kerusakan parah oleh serangan negara luar ataupun pergolakan pergantian dinasti.


berbagai keindahan dan keunikan di berbagai tempat wisata di inggris. Hal in tidak terlepas dari sejarah panjang negara
Tempat Wisata di Inggris. Image via: visitbritain.com

Sekilas Soal Inggris

Salah satu negara paling berpengaruh, kuat, dan terkaya di dunia, United Kingdom adalah tanah yang luar biasa dengan sejarah mengesankan. Inggris adalah negara terpadat di Britania Raya. Negara-negara lain yang membentuk Kerajaan Inggris adalah Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Inggris mencakup banyak pulau kecil seperti Isle of Wight dan Hayling Island. Inggris hanya berjarak 34 kilometer dengan Perancis. Dua negara ini dihubungkan oleh Terowongan Channel yang dibuka pada tahun 1994.

Populasi Inggris mencakup berbagai kelompok etnis yang berbeda. Di Inggris terdapat banyak kota dan desa, tetapi juga gunung-gunung terjal dan banyak pulau. Di Skotlandia saja terdapat sekitar 800 pulau.

Bagian Selatan Inggris sebagian besar merupakan pedesaan yang berbukit-bukit. Di Inggris barat laut dan dataran tinggi Skotlandia ada puluhan danau, yang disebut lochs. Legenda mengatakan monster raksasa bernama Nessie tinggal di Loch Ness di Skotlandia.

11 Tempat Wisata di Inggris

  1. Windsor Castle

bangunan tempat wisata di Inggris ini terbuat dari batu, dan benteng ini bertahan selama pengepungan berkepanjangan pada saat perang Baron pada awal abad ke-13.
Windsor Castle. Image via: express.co.uk

Simak juga: tempat wisata di Jerman

Windsor adalah kastil abad pertengahan dan kediaman resmi Kerajaan Britania Raya tepatnya di daerah Windsor, Berkshire, Inggris. Kastil ini terkenal karena sudah lama dihuni oleh keluarga kerajaan Inggris dan juga karena arsitekturnya yang megah.

Struktur bangunan tempat wisata di Inggris ini terbuat dari batu, dan benteng ini bertahan selama pengepungan berkepanjangan pada saat perang Baron pada awal abad ke-13. Henry III kemudian membangun istana megah di dalam kastil selama abad pertengahan.

Kapel St. George di area tempat wisata di Inggris ini, dianggap sebagai contoh terbaik dari  Gaya Gothic di Inggris. Fasad Kapel dihiasi dengan lambang-lambang resmi dari Klan bangsawan yang berkuasa di Lancaster dan York, di utara adalah rusa, banteng, elang, dan naga hitam dari York, dan di selatan adalah unicorn , singa, angsa, dan naga merah dari Lancasters.

Untuk berkunjung tiket masuknya seharga £ 17.75 untuk pengunjung dewasa dan £ 16.15 untuk orang tua di atas 60 tahun. Sedangkan untuk mahasiswa atau pelajar yang menunjukkan ID membayar tiket seharga £ 16.15, anak-anak di bawah 17 tahun £10.60.

  1. Big Ben

Pengunjung akan terpesona dengan pemandangan menara setinggi 96,3 meter itu. Tempat ini semakin indah di malam hari karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster.
Big Ben. Image via: morarnainglaterra.com

Big Ben sudah menjadi ikon kota London sejak lama. Menara jam ini berada di ujung utara Istana Westminster di London yang merupakan menara jam tertinggi ketiga di dunia. Pengunjung akan terpesona dengan pemandangan menara setinggi 96,3 meter itu. Tempat ini semakin indah di malam hari karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster.

Pada bangunan jam tempat wisata di Inggris yang elegan ini terdapat lempengan jam sepanjang 7 Meter. Jarum penunjuk menitnya sepanjang 4,2 Meter dan berat sekitar 100 kilogram. Panjang dari setiap angka yang menunjukkan waktu itu kurang lebih sekitar 60 Senti Meter.

Selain itu juga ada sekitar 312 jenis kaca yang digunakan pada setiap lempengan jam. Di atas jam ada lampu yang bersinar jika Perdana Menteri ada di rumah.Big Ben ini sangat jarang mati, bahkan ketika ada serangan bom ketika Perang Dunia kedua masih membuat Menara Jam ini bertahan dan tetap menunjukkan waktu.

Tempat wisata di Inggris ini buka sepanjang hari. Sehingga bisa kapanpun mengelilingi wilayah perumahan dan Tower Jam Lonceng ini. Akan tetapi paket tour yang tersedia dengan tour guide biasanya tersedia pada setiap hari Sabtu. Jasa tour guide seharga 7.5 Pounsterling.

  1. Canterbury Cathedral

Katedral tempat wisata di Inggris ini sendiri dipandang sebagai sebuah mahakarya dan contoh yang bagus dari arsitektur Gotik dan Romawi. Jendela-jendela kaca patri yang dikenal sebagai Katedral telah ada sejak abad ke-12
Canterbury Cathedral. Image via: en.wikipedia.org

Simak juga: tempat wisata di Paris

Katedral Canterbury terletak di Kent dan merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia  di Canterbury. Tempat wisata di Inggris ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat bangunan yang signifikan dan bersejarah dan yang terkenal dengan arsitektur dan seni yang luar biasa.

Katedral itu sendiri dipandang sebagai sebuah mahakarya dan contoh yang bagus dari arsitektur Gotik dan Romawi. Jendela-jendela kaca patri yang dikenal sebagai Katedral telah ada sejak abad ke-12 dan ada makam abad pertengahan di sini termasuk milik Raja Henry IV dan sejumlah uskup agung.

Taman di sekitar Katedral yang meliputi taman Kent Memorial, herbarium baru dan yang lainnya, berisi sejumlah pohon, tanaman, bumbu dan bunga. Taman-taman yang mengelilingi Katedral memberikan pemandangan indah bersama dengan lingkungan yang tenang.

Jendela-jendela Stained Glass menceritakan sejumlah kisah agama dan orang-orang lokal. Ada studio konservasi kaca patri di Katedral.Studio ini telah mendapatkan reputasi yang baik dalam konservasi dan pemulihan kaca patri dan juga membantu gereja dan Katedral lainnya di seluruh Inggris.

Tempat wisata di Inggris ini buka Senin hingga Sabtu: 09: 00-17: 30, Minggu: 12:30 hingga 16:30. Tiket masuknya Dewasa: £ 7,50 dan Anak-anak £ 6,50.

  1. Katedral Westminster

Bangunan tempat wisata di Inggris ini menampilkan gaya gothik yang sangat kental. Katedral Westminster memiliki apsis bundar dengan kapel pancar, jendela mawar, dan butres  yang berada di tengah ruangan.
Katedral Westminster. Image via: leedstrinity.ac.uk

Westminster Abbey atau Katedral Westminster adalah salah satu gereja terbesar di Inggris. Konon di sana Willian Sang Penakluk dinobatkan sebagai raja. Oleh karena itu hingga sekarang Westminster Abbey menjadi tempat penobatan semua raja dan ratu Inggris.

Bangunan tempat wisata di Inggris ini menampilkan gaya gothik yang sangat kental. Katedral Westminster memiliki apsis bundar dengan kapel pancar, jendela mawar, dan butres  yang berada di tengah ruangan. Juga terdapat melihat dua menara tinggi yang dibangun pada tahun 1700-an.

Di bagian dalam Katedral Westminster, pengunjung dapat melihat satu lengkungan besar pada bagian bawah langit-langit katedral, sebuah galeri dan jendela kaca mozaik besar sebagai sumber cahaya. Colonnette tipis juga terpasang pada dinding yang menggantung dari lantai hingga langit-langit.

Kubah atap tempat wisata di Inggris ini jelas menunjukkan bahwa nave Katedral ini dibangun pada 1300-an. Kubah itu tampak mewah dengan banyak rusuk tambahan yang menambah kesan gothik. Di belakang altar terdapat tiang batu yang menopang tembok.

Pengunjung juga dapat melihat butres layang, yaitu lengkungan batu yang menopang dinding. Pada bagian bawah butres layang terdapat butres non-layang yang juga digunakan untuk menopang atap.

  1. London Eye

Saat menaiki fasilitas tempat wisata di Inggris ini, pengunjung bisa menikmati London dari ketinggian.
London Eye. Image via: smartsave.com

Simak juga: tempat wisata di Perancis

The London Eye terletak di tepian Sungai Thames, tepatnya berada di samping Gedung Parlemen dan menara jam Big Ben yang legendaris. Kincir setinggi 133 meter ini terdiri dari 32 buah kapsul. Saat menaiki fasilitas di tempat wisata di Inggris ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota London.

Saat memasuki area permainan dan datang ke tempat penjualan tiket, maka mata pengunjung akan melihat landmark London yang terkenal yakni Gedung Parlemen dan Big Ben. Ada banyak loket yang melayani para pengunjung sehingga antrean tidak akan lebih dari 10 menit.

Saat menaiki fasilitas tempat wisata di Inggris ini, pengunjung bisa menikmati London dari ketinggian. Pengunjung dapat melihat Stasiun Waterloo di sisi timur. Di sisi barat, akan melihat Istana Buckingham dan Katedral Wesminster dari kejauhan.

Di sisi utara akan terlihat Royal Opera House, Alexandra Palace dan British Museum. Sedangkan pada bagian selatan tampak Westminster Brigde, Big Ben, Wesminster Abbey, House of Common dan beberapa bangunan penting lainnya.

Biaya tiket untuk mengguankan fasilitas ini seharga £ 9,5 per orang.

  1. Stonehenge

Monumen tempat wisata di Inggris ini diselaraskan timur laut - barat daya dengn fokus pada titik balik matahari dan equinox.
Stonehenge. Image via: en.wikipedia.org

Stonehenge terdiri dari tiga puluh batu tegak yang biasa di sebut sarsens dengan ukuran yang sangat besar. Tinggi batu bervariasi sekitar empat sampai sepuluh meter dengan berat kira-kira 26 ton. Semua batu tersebut disusun tegak melingkar yang disebut megalithikum.

Di dalam 30 lingkaran batu besar tersebut, juga masih terdapat sekitar 30 batu dengan ukuran yang lebih kecil yang dinamakan lintels, yang disusun dengan bentuk melingkar.Tapi pada saat ini kebanyakan batu-batu tegak tadi telah terkikis dan jatuh.

Monumen tempat wisata di Inggris ini diselaraskan timur laut – barat daya dengn fokus pada titik balik matahari dan equinox. Pada pertengahan pagi musim panas, matahari akan muncul tepat di puncak heel stone, dan cahaya pertama matahari akan menuju ke bagian tengah Stonehenge.

Beberapa peneliti lain berpendapat bahwa Stonehenge merupakan observatorium kuno. Stonehenge didesain untuk memprediksi gerhana, titik balik matahari, waktu untuk matahari melewati khatulistiwa dan kejadian penting lainnya.

Untuk mengunjungi tempat wisata di Inggris Stonehenge harga tiket sbesar £8.00 untuk dewasa , anak-anak (5-15 tahun) £4.80, siswa sekolah £7.20 dan paket keluarga sebesar £20.80. Tempat ini buka dari jam 09:30 sampai 16:00

  1. Roman Bath

Situs pemandian Bath terdiri dari empat fitur utama yaitu mata air suci, Kuil Sulis Minerva, rumah pemandian Romawi, dan museum pemandian Romawi.
Roman Bath. Image via: befreetour.com

Simak juga: tempat wisata di Swiss

Bath merupakan kota di provinsi Somerset, South west England dan masuk ke dalam kategori world Heritage site. Kotanya tidak terlalu besar, menuju pusat kota kita hanya perlu berjalan kurang dari 15 menit. Salah satu tempat wisata di Inggris yang terkenal di kota ini adalah Roman Bath.

Situs pemandian Bath terdiri dari empat fitur utama yaitu mata air suci, Kuil Sulis Minerva, rumah pemandian Romawi, dan museum pemandian Romawi. Mata air suci, di sudut barat laut pemandian, sekarang merupakan sebuah kolam yang dikenal sebagai pemandian raja.

Kolam dibangun pada abad ke-12 dan dikelilingi oleh sebuah bangunan Georgia dua tingkat yang berasal dari abad ke-18. Bila berkunjung ke museum pemandian Romawi, pengunjung akan melihat banyak objek menarik, termasuk ribuan benda sebagai persembahan kepada dewi.

Air panas disini bisa mencapai suhu 46°C panasnya. Di masa lalu fenomena alam ini berada di luar pemahaman manusia dan diyakini sebagai karya dari dewa-dewa kuno. Pada zaman Romawi, kuil besar dibangun di sebelah Spring didedikasikan untuk Dewi Sulis Minerva, dewa dengan kekuatan penyembuhan.

Tak jarang kadang terlihat orang-orang yang berpakaian Romawi berkeliling di sekitar area hot spring. Mereka tidak keberatan untuk diajak berfoto bareng.

  1. Leeds Castle

Istana tempat wisata di Inggris ini dihiasi engan 500 hektar taman yang indah dan taman formal, kegiatan sehari-hari, pertunjukan elang terbang
Leeds Castle. Image via: theenglishhome.co.uk

Leeds Castle dibangun di danau yang terbentuk oleh Sungai Len. Elizabeth I sempat dipenjara di kastil ini dalam beberapa waktu sebelum penobatan sebagai Ratu. Pemilik terakhir kastil ini adalah Lady Baillie yang menempatinya hingga meninggal.

Istana tempat wisata di Inggris ini dihiasi engan 500 hektar taman yang indah dan taman formal, kegiatan sehari-hari, pertunjukan elang terbang gratis, acara spektakuler, tur khusus, dan atraksi sepanjang tahun, Kastil Leeds adalah salah satu hari terbaik di Kent.

Olive Lady Baillie menjadi pemilik pribadi terakhir Kastil Leeds pada tahun 1926. Pengaruhnya tertinggal di kamar-kamar dan interior art deco. Dia mewariskan kastil dan warisan kepada bangsa pada kematiannya pada tahun 1974.

Buka sepanjang tahun, ada sesuatu yang baru untuk ditemukan setiap orang setiap hari. Tiket masuk memungkinkan untuk mengunjungi sebanyak yang Anda suka selama 12 bulan, termasuk banyak acara kami sepanjang tahun.

Untuk mengunjungi tempat wisata di Inggris ini harga tiket sebesar £26.00 untuk dewasa , anak-anak (5-15 tahun) £17.50, siswa sekolah £24.00 dan paket keluarga sebesar £74.00. Tempat ini buka dari jam 09:30 sampai 16:00

  1. Bodleian Library

tempat wisata di Inggris Bodleian Library adalah perpustakaan riset utama Universitas Oxford. Tempat wisata di Inggris ini adalah salah satu perpustakaan tertua di Eropa dan di Britania Raya
Bodleian Library. Image via: reidsengland.com

SImak juga: tempat wisata di Amsterdam

Bodleian Library (Perpustakaan Bodleian) adalah perpustakaan riset utama Universitas Oxford. Tempat wisata di Inggris ini adalah salah satu perpustakaan tertua di Eropa dan di Britania Raya. Juga termasuk terbesar kedua dengan koleksi lebih dari 11 juta barang.

Dikenal oleh para ilmuwan di Oxford sebagai “Bodley” atau hanya “the Bod”, di bawah perundangan “Legal Deposit Libraries Act 2003” merupakan salah satu dari enam perpustakaan “legal deposit” untuk karya-karya yang diterbitkan di Britania Raya dan di bawah Hukum Irlandia.

The New Bodleian dirancang oleh arsitek Sir Giles Gilbert Scott. Konstruksi selesai pada tahun 1940. Bangunan itu dari desain ziggurat yang inovatif, dengan 60% dari rak buku di bawah permukaan tanah. Sebuah terowongan di bawah Broad Street menghubungkan gedung-gedung Bodleian Lama dan Baru.

Sistem tabung Lamson terus digunakan oleh pembaca yang meminta naskah untuk dikirim ke Perpustakaan Duke Humfrey sampai dimatikan pada Juli 2009. Pada 2010, diumumkan bahwa konveyor, yang telah mengangkut buku di bawah Broad Street sejak 1940-an, akan ditutup dan dibongkar.

Setiap kolese di Oxford mempunyai perpustakaan masing-masing, di antaranya sudah didirikan sebelum pendirian perpustakaan Bodleian. Namun, saat ini semua perpustakaan ini dibawa ke dalam satu payung “Oxford University Library Services” .

  1. Pedesaan Hebden

Pengunjung tempat wisata di Inggris ini bisa melihat keindahan wisata alam dan peninggalan sejarah di pedesaan Hebden
Pedesaan Hebden. Image via: theculturetrip.com

Tempat wisata di Inggris Pedesaan Hebden semacam Desa Tradisional kalau di Indonesia. Keontetikan suasana lingkungan di desa Hebden juga seimbang dengan upaya penduduk melestarikan kegiatan tradisional budaya desa. Juga tercermin dalam sifat komunitas penduduk yang begitu harmonis.

Ketika masuk ke pedalaman pedesaan Hebden, pengunjung bisa merasakan budaya tradisional yang tinggi. Ini bukan berarti penduduk dan desanya bergaya hidup tradisional kolot, hanya tradisinya saja yang masih tetap dihidupkan.

Generasi lama dan generasi baru yang datang dan bermukim di desa Hebden adalah rata-rata mempunyai latar belakang profesional tinggi atau hidup berkecukupan. Penduduk yang lainnya adalah para seniman dan penulis.

Pengunjung tempat wisata di Inggris ini bisa melihat keindahan wisata alam dan peninggalan sejarah di pedesaan Hebden. Sebelum masuk ke wilayah pusat desa, pengunjung bisa menikmati pemandangan perbukitan, hutan kayu dan danau asri yang begitu harmonis.

Letak pedesaan Hebden berada di lokasi pedalaman yang kaya akan peninggalan bersejarah bangunan-bangunan kuno dari zaman bangsa Romawi Inggris.  Keunikan lain adalah keramahan penduduk kepada siapapun yang datang. Mereka biasa menyapa dengan sopan mengatakan “hello” atau  “how are you”.

  1. Picadilly Circus

Tempat wisata di Inggris ini merupakan surga bagi para penggemar high street fashion yang stylish tapi terjangkau harganya
Picadilly Circus. Image via: art.com

SImak juga: tempat wisata di Belanda

Adalah sebuah ruang terbuka untuk publik yang ada di persimpangan jalan di kota Westminster, pusat kota london. Di perkirakan lebih dari 100 juta orang berjalan melewati persimpangan ini setiap tahunnya.

Di piccadilly Circus terkenal dengan terdapat patung dewa Eros. Eros adalah dewa love dari yunani. Di sekitar patung Eros, sering di gunakan orang sebagai tempat pertemuan karena lokasinya yang  populer dan dekat dengan stasiun underground Piccadilly Circus sendiri.

Tempat wisata di Inggris ini merupakan surga bagi para penggemar high street fashion yang stylish tapi terjangkau harganya, di sini juga terdapat department store terkenal bernama Fortnum and Mason yang memiliki koleksi teh dan segala piranti terlengkap di dunia.

Di daerah yang sama terdapat hotel Ritz Carlton tertua dan termewah di dunia. Di sekeliling banyak butik penjahit baju laki-laki yang sangat private dan personal. Tidak tertinggal brand-brand yang sudah dikenal di kacamata International ikut berjejer seperti Top Shop, MoonSoon, Antik Batik, Diesel, River Island, Muji dan Vivienne Westwood.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment