5 Tempat Wisata di Brunei Darussalam, Negeri The Real Sultan

Tempat wisata di Brunei Darussalam mungkin bagi beberapa pembaca masih asing di telinga. Perlu diketahui bahwa wisata Brunei Darussalam didominasi dengan jenis kegiatan pariwisata yang dikembangkan bertemakan wisata religi, dan wisata sejarah.

pesona wisata brunei darussalam
pesona wisata brunei darussalam. google maps. sumber: Fakhri Marzuki

Tetapi, ada juga wisata pantai Brunei Darussalam, serta wisata alam lainnya yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Bahkan ada tempat wisata religi yang dipadukan dengan sajian wisata alam.

Ada satu hal yang membuat saya sebagai penulis kagum dengan wisata yang ada di Brunei. Selalu saja ada sentuhan kemegahan dalam setiap arsitektur wisatanya, khususnya emas.

Sebagai contoh, di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, yang notabene sebagai Istana Sultan Brunei, pegangan pintu WC nya saja, semuanya berlapiskan emas. Kandang untuk kuda Sultan juga memiliki AC.

Jika gagang pintu WC nya saja sudah berlapiskan emas, apalagi bangunan-bangunan lainnya yang dianggap sangat penting. Inilah Brunei, negeri The Real Sultan.

Sekilas Tentang Brunei Darussalam

Lokasi Brunei Darussalam terletak di pantai utara Pulau Kalimantan, Indonesia. Brunei Darussalam meskipun negeri yang mempunyai teritori yang kecil, namun memiliki segudang prestasi di dunia. Di antaranya:

  • Termasuk kategori negara maju,
  • Salah-satu negara dengan IPM tertinggi di Asia Tenggara.
  • Salah-satu negara dengan PDB per kapita tertinggi di dunia.
  • Salah-satu negara terkaya di dunia.

Jika kita cermati secara seksama, sangat wajar jika prestasi tersebut disematkan untuk negeri Brunei Darussalam. Teritorinya kecil, jumlah penduduknya juga tidak banyak, namun potensi alamnya berupa minyak, dan gas sangat melimpah.

5 Tempat Wisata Di Brunei Darussalam

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

masjid sultan omar ali saifuddin
masjid sultan omar ali saifuddin. google maps. sumber: Randolfo Santos

Tempat wisata di Brunei, kita mulai dari ikon Brunei Darussalam, sekaligus menjadi destinasi wisata religi, dan wisata alam. Nama tempatnya adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin.

Daya tarik Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin selain sebagai land mark Brunei Darussalam adalah sebagai salah-satu masjid yang megah, dan mengagumkan yang ada di Asia Fasifik.

Hal tersebut dipertegas dengan arsitekturnya ala Mughal, serta memiliki kubah yang berlapiskan emas, dan menara yang terbuat dari marmer.

Selain itu, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin dibangun di atas laguna, serta menyajikan view alam yang sangat menawan. Karena lokasinya dekat dengan objek wisata lainnya, yaitu Kampong Ayer.

  • Alamat Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien berada di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalama.

2. Istana Nurul Iman

istana nurul iman brunei
istana nurul iman brunei. google maps. sumber: Randolfo Santos

Istana Nurul Iman bukan hanya saja sebagai tempat kediaman resmi Sultan Brunei, dan pusat pemerintahan Brunei. Di sisi lain menjadi tempat wisata Brunei yang megah, dan mengagumkan.

Seperti yang sudah diulas di paragraf sebelumnya, bahwa Istana Nurul Iman menggambarkan kediaman The Real Sultan. Gagang pintu WC nya saja berlapiskan emas, serta kandang kuda Sultannya juga ber AC.

Selain itu, Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam memiliki status sebagai salah-satu tempat keediaman terbesar di dunia. Kamarnya saja berjumlah 1.788 kamar, serta istana tersebut berdiri di atas lahan dengan luas 200.000 meter persegi.

Di Istana Nurul Iman juga tedapat garasi yang bisa menampung ratusan mobil. Sedikitnya terdapat 165 mobil Rolls Royces, dan 200 kuda poni.

  • Lokasi dan alamat Istana Nurul Iman berada di Jl. Menteri Besar, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

3. Kampong Ayer

kampong ayer
kampong ayer. google maps. sumber: Shahariar Emon

Setelah mereview tempat wisata di Brunei Darussalam berupa bangunan penting, nan megah. Kita lanjutkan ke sebuah destinasi wisata Brunei yang menyajikan tema wisata alam, sejarah, dan budaya dalam satu kawasan.

Nama tempat wisata tersebut adalah Kampong Ayer, yang berarti kampung air. Pesona keindahannya sering juga disebut sebagai Venesia dari timur.

Deretan pemukiman yang berdiri di atas Sungai Brunei, terbuat dari kayu, alat transportasinya berupa perahu, sekaligus menjadi pemukiman yang bersejarah, yang pernah menjadi pusat ekonomi Brunei.

  • Lokasi Kampong Ayer terletak dekat dengan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.
  • Alamat Kampong Ayer berada di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

4. Billionth Barrel Monument

billionth barrel monument
billionth barrel monument. google maps. sumber:  BRUCE 【法諄】 TM

Tak lengkap rasanya jika membahas wisata di Brunei tanpa mereview lambang negeri penghasil minyak tersebut. Billionth Barel Monument adalah monumen yag menegaskan bahwa Brunei menjadi salah-satu negara penghasil minyak terbesar di dunia.

Billionth Barrel Monument diresmikan pada tangal 18 Juli 1991, sekaligus sebagai sebuah tanda bahwa Brunei Darussalam telah menghasilkan satu miliar barel minyak.

5. Wisata Pantai Brunei Darussalam

penanjong beach brunei
penanjong beach brunei. google maps. sumber: Poulami Karmakar

Brunei Darussalam juga memiliki wisata pantai yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Di antaranya:

  • Pantai Jerudong,
  • Pantai Meragang,
  • Pantai Berakas,
  • Pantai Tanjong Batu,
  • Pantai Tungku,
  • Pantai Penanjong,
  • Pantai Seri Kenangan.

Setiap pantai-pantai tersebut memiliki karakteristik, pesona keindahan yang berbeda-beda. Beda lokasi, sudah pasti beda juga sensasi wisatanya.


Tinggalkan komentar