11 Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

Ada beragam pilihan tempat wisata di Thailand yang bisa didatangi pengunjung dari Indonesia. Hal ini karena negeri ini memang termasuk negara yang giat memoles lokasi wisata. Selain itu juga giat melakukan promosi besar-besaran untuk mengenalkan tempat wisata mereka.


tempat wisata di thailand hadir denagn berbagai pilihan, mulai dari wisata alam,s eharaj, kebudayaan, hingga hiburan malam
Tempat Wisata di Thailand. Image via: traveloka.com

11 Tempat Wisata di Thailand

Kerajaan Thai  yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa aslinya namanya adalah Mueang Thai, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat.

Kota di Thailand terkenal sebagai pusat perdagangan dan perbelanjaan. Namun  selain ntuk berbelanja Thailand juga memiliki banyak kawasan menarik lainnya untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu saja, beragam kuliner Thailand yang terkenal lezat juga tentu sangat menarik untuk dicicipi. Pengunjung  bisa menikmati beragam kuliner terbaik dan juga destinasi menarik yang populer dan telah banyak dikunjungi di negara ini.

Sebagai bahan refrensi, berikut kami tampilkan 11 tempat wisata di Thailand yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi.

  1. The grand Palace

The-grand-palace, tempat wisata di thailand yang emrupakan istana kediaman raja pada masa lalu
The grand Palace. Image via: amicimieiphukettravelagency.com

Simak juga: tempat wisata di Phuket

Royal Grand Palace Bangkok merupakan bangunan bersejarah yang menjadi ikon negara Thailand. Tempat wisata di Thailand ini dibangun tahun 1782. Selama 150 tahun menjadi kediaman raja, sekaligus gedung administratif pemerintahan.

Istana di dekat Sungai Chao Phraya ini memiliki luas 218.400 meter persegi dengan dikelilingi tembok tinggi sepanjang 1,9 kilometer. Royal Grand Palace terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian depan, tengah, dan dalam.

Bagian depan diperuntukkan sebagai kantor bagi beberapa kementerian. Bagian tengah terdiri dari tiga gedung yang digunakan oleh raja untuk mengerjakan tugas-tugas negara. Dari ketiga gedung tersebut, hanya dua yang dibuka untuk umum.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berbahasa Thailand, pengelola menyediakan tour guide yang bisa berbahasa Inggris dan tidak dikenakan biaya. Tour guide disediakan pada pukul 10.00, 10.30, 13.30, dan 14.00. Tersedia juga audio guide yang bisa disewa dengan harga 100 baht atau sekitar Rp 40.000.

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata di Thailand pada Setiap hari, pukul 08.30-15.30.  Harga Tiket Masuk Istana Grand Palace Bangkok 500 baht atau sekitar Rp 200.000.

  1. Wat Arun

tempat wisata di thailand ini merupakan kuil ternegah di thailand
Wat Arun. Image via: sepositif.com

Wat Arun, bagi warga lokal dikenal sebagai Wat Chaeng, terletak di sebelah barat Sungai Chao Phraya. Tempat wisata di Thailnad ini diklasifikasikan sebagai candi Kerajaan kelas utama. Tempat ini adalah sebuah kuil tua, dibangun pada zaman kuno pada saat ibukota Thailand masih di Ayutthaya dan awalnya dikenal sebagai “Wat Makok”.

Keindahan arsitektur dan pengerjaan yang halus menyatakan status nya sebagai candi kelas pertama dan salah satu candi paling menonjol di Thailand. Puncak menara dari Wat Arun yang terefleksi di tepi Sungai Chao Phraya adalah salah satu pemandangan yang terkenal di Bangkok.

Candi ini memiliki menara megah  lebih dari 70 meter tinggi, indah dan dihiasi dengan potongan-potongan kecil dari kaca berwarna dan porselen Cina. Periasan itu ditempatkan secara hati-hati dan teliti ke dalam pola-pola rumit.

Seperti julukan kuil  yang dikenal sebagai Temple of Dawn, tempat wisata di Thailand ini benar-benar menakjubkan jika dilihat saat matahari terbenam, terutama ketika menyala di malam hari.

Jam Buka: 08:00 -17:30. Untuk memasuki kuil tidak kena biaya, namun perlu biaya untuk menyeberangi sungai sebesar 3,50 baht.

  1. Wat Pho

wat pho merupakan tempatw isata di thailand yang iconik dengan adany apatung emas budhha tidur sepanjang 43 m
Wat Pho. Image via: obamawhitehouse.archives.gov

SImak juga: tempat wisata di Kuching.

Wat pho atau yang biasa di kenal dengan kuil budha berbaring adalah merupakan kuil yang paling besar di antara kuil budha lainnya yang terletak di negara Thailand. Tempat wisata di Thailand ini terletak di ibu kota negara tersebut, yakni Bangkok.

Tempat ini menjadi salah satu atraksi utama yang paling menarik bagi para wisatawan domestik maupun juga bagi para wisatawan yang datang dari berbagai negara.  Pengunjung yang mengunjungi tempat wisata di Thailand bisa melihat ini bisa melihat Budha berbaring yang memiliki panjang 150 kaki atau sepanjang 46 meter.

Ada tradisi pengunjung untuk menjatuhkan koin anda ke dalam salah satu mangkuk berbahan perunggu yang sudah tersedia di dalam kuil tersebut. Tujuan dari menjatuhkan koin ini konon agar supaya mendapatkan keberuntungan di kemudian hari.

Tempat wisata di Thailand ini buka setiap hari, mulai pagi sekitar pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00. Untuk harga tiketnya sendiri yaitu sebesar kurang lebih 100 Bath.

  1. Phanom Rung

tempat wisata di thailand yang unik, karena merupakan candi hindu, dari sedikit candi kuno agama yang ada.
Phanom Rung. Image via: thailandtravel.co

Phanom Rung dengan nama lengkap, Prasat Hin Phanom Rung adalah kuil Khmer yang ada di tepi gunung berapi punah yang berada pada 1.320 meter di atas permukaan laut. Gunung ini ada di provinsi Buriram di wilayah Isan Thailand. Tempat wisata di Thailand ini dibangun dengan batu pasir dan laterit pada abad ke 10 hingga abad ke-13.

Tempat wisata di Thailand yang terletak di desa Nang Rong ini menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Phanom Rung adalah kuil Hindu yang mempunyai desain yang bagus dan menarik untuk dikunjungi.

Candi dari kebudayaan Khmer ini mampu membuat pengunjung mendapatkan gambar yang cukup bagus dan tak terlupakan. Jika pengunjung baru pertama kali berkunjung ke Thailand, tempat bersejarah Phanom Rung adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi.

  1. Sung Nong Nooch

nong nooch, tempat wisata di thailand yang ebrupa pertamanan yang luas dan juga ada pertunjukan kebudayaan
Sung Nong Nooch. Image via: adventuretravel.co.id

Simak juga: tempat wisata di Melaka.

Taman Nong Nooch Thailand ini Lebih dekat dari Pattaya, kurang lebih cuma 23 Km, sekitar 25 menit ride dari Pattaya. Di tempat wisata di Thailand ini pengunjung bisa melihat taman yang luas. Banyak dekorasi-dekorasi menarik untuk tempat foto-foto.

Bernama lengkap Nong Nooch Tropical Garden & Cultural Village, taman ini berdiri di atas tanas seluas 2.4 km persegi dengan lanskap yang tertata rapi. Tempatnya lebih seperti theme park, dengan pertunjukan budaya, restoran dan akomodasi, dan tak ketinggalan area taman yang luas.

Di sini merupakan salah satu show gajah di Thailand. Di tempat wisata di Thailand ini pengunjung dapat melihat gajah-gajah terlatih untuk melakukan atraksi-atraksi memukau. Misalnya Main Bola, Langkahin Manusia, menyusun formasi dan lain-lain. Gajah-gajah ini banyak jumlahnya, kemudian mereka beratraksi bersama-sama. Dengar suara, gemuruh, rasanya pasti beda.

Jam buka Nong Nooch Village Pattaya setiap hari 8 pagi sampai jam 6 sore. Harga Tiket Nong Nooch Village, untuk dewasa Dewasa 650 Bath dan anak-anak Anak 550 bath.

  1. Phuket Fantasea

fantasea, tempat wisata di thailand yangmenunjukkan berbagai ertunjukan spectakuler, termasuk parade gajah
Phuket Fantasea. Image via: lets-tour-bangkok.com

Phuket Fantasea adalah satu-satunya night time cultural theme park yang berlokasi di Phuket. Saat memasuki tempat wisata di Thailand ini, pengunjung akan disuguhi berbagai macam keseruan. Di pintu masuk pengunjung akan disambut oleh para petugas berkostum hantu kas Provinsi Loei Thailand Timur Laut.

Saat mulai masuk, pengunjung akan menjumpai Carnival Village. Yakni spot yang menawarkan beragam kerajinan unik khas Thailand. Ada juga Tiger Adventure Safari dan Similan Entertainment Center.

Dari luar, bangunan-bangunan ini hanya terlihat seperti toko boneka dan baju. Namun semakin ke dalam pengunjung bisa menyaksikan hutan buatan yang diciptakan dalam 12 tema. Hutan-hutan tersebut makin keren karena dilengkapi dengan pencahayaan dan audio yang canggih.

Di tempat wisata di Thailand ini pengunjung juga bisa coba menunggang gajah. Cukup membayar 400 baht, pengunjung akan diajak berkeliling bersama seekor gajah dipandu seorang Mahout.

Harga Tiket Phuket Fantasea untuk menonton pertunjukan 1,800 Bath. Sedangkan jika ingin ikut makan malam ada biaya tambahan 400 bath. Pertunjukan dimulai pukul 21.00.

  1. Krabi Island

krabi sebuah area tempat wisata di thailand yang bertumpu pada keindahan alam dan pantainya
Krabi. Image via: yuktravel.com

Simak juga: wisata di Johor Bahru.

Krabi memiliki alam yang indah, termasuk pantai berpasir putih, pulau-pulau besar dan kecil, serta hamparan hutan, bahkan beberapa gua alami. Alamnya subur sehingga daerah ini kaya dengan hasil pertanian seperti kelapa sawit, kopi, pohon karet, kelapa, dan tentu saja durian.

Ada satu objek menarik yang dapat pengunjung temukan di tempat wisata di thailnad ini, yakni Ao Nang, di pinggir jalan utama, yaitu Wat Sai Thai. Patung Buddha yang berukuran besar ini, dalam posisi berbaring dan berada di bawah ceruk tebing.

Mirip seperti di Bali, ada pula sebuah tempat sembahyang kecil di tepi pantai. Tidak hanya di tepi pantai, di setiap rumah atau bangunan di Thailand biasanya memiliki areal khusus untuk tempat sembahyang ini.

Dari sekian banyak pulau menarik yang dapat dikunjungi di tempat wisata di thailnad ini, ada satu pulau yang cukup unik, yaitu Koh Gai atau Chicken Island. Pulau ini dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai kepala dan leher ayam atau burung unta.

  1. Teluk Phang Nga

teluk Phang Nga,s ebuah tempat wisata di thailand yang mendunia berkat kecantikannya yang bagai di negeri imajinasi
Teluk Phang Nga. Image via: thailand-trip.org

Phang Nga Bay popular di seluruh dunia dengan keindahan alamnya. Tempat wisata di Thailand ini merupakan kepulauan dengan tebing-tebing karang atau batu kapur menjulang tinggi berserakan di atas hamparan air laut yang berwarna hijau jamrud.

Setidaknya ada dua buah pulau yang sangat terkenal yakni Koh Panyee dan James Bond. Pada tahun 1974, pulau yang kedua dipakai untuk tempat shooting film James Bond “The Man With The Golden Gun” yang dibintangi oleh Roger Moore. Semenjak itu, pulau ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia.

Kepulauan di teluk tempat wisata di Thailand ini kebanyakan tidak berpenghuni. Gua-gua indah  banyak ditemukan di sini dan bisa ditempuh dengan menggunakan perahu kayak. Koh Hong adalah gua yang paling populer.

Sementara itu, Khao Khien yang berada tak jauh dari Koh Panyee adalah salah satu gua yang dindingnya dihiasi dengan lukisan kuno perahu dan binatang.

  1. Railay

tempat wisata di thailand Pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis
Railay. Image via: azwisata.com

Simak juga: tempat wisata di Penang

Salah satu wisata di Thailand yang wajib dikunjungi adalah Pantai Railay. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis. Dalam Bahasa Thailand, Pantai Railay terkenal dengan nama Rai Leh.

Railay Beach dikelilingi oleh lautan. Sehingga tidak ada transportasi lain yang dapat mengantarkan pengunjung menuju lokasi. Kecuali dengan menggunakan kapal menuju Railay Beach.

Pada bagian timur tempat wisata di Thailand ini terdapat daerah mangrove. Dan dapat anda kunjungi menggunakan kapal. Di Rai Leh Timur terdapat banyak bar dan restoran yang dapat dikunjungi. Di Rai Leh Timur ini anda akan terhindar dari suara bising perkotaan.

Ada juga area Phra Nang yang merupakan pantai pasir putih yang memiliki batuan tinggi. Dan menjadi spot favorit para pemanjat tebing seluruh dunia. Phra Nang adalah ikon dari Pantai Railay. Dan merupakan pantai yang mampu memanjakan mata wisatawan. Saat berada di pantai ini anda akan merasa lebih tenang.

  1. Khao San Road

tempat wisata di thailand ini bertabur semua yang dicari oleh wisatawan, khususnya backpacker dan budget traveller.
Khao San Road. Image via: hotel.jalan2.com

Khao San Road sendiri merupakan nama jalan yang terletak di Distrik Phra Nakhon di Banglamphu. Sejarah Khao San Road dimulai sejak tahun 1892, saat jalan itu mulai dibangun pada masa kekuasaan Rama V. Nama ‘Khaosan’ sendiri dapat diterjemahkan sebagai ‘penggilingan padi’.

Di jalan ini bertabur semua yang dicari oleh wisatawan, khususnya backpacker dan budget traveller. Ada aneka penginapan murah, penginapan kelas menengah, bermacam restoran, tempat pijat, toko buku, toko tato, toko souvenir, dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, kawasan ini bertabur aneka fasilitas yang dibutuhkan oleh backpacker dan budget traveller. Menariknya, aneka fasilitas tersebut umumnya bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat, sangat bersahabat dengan kantong, alias murah meriah.

Di tempat wisata di Thailand ini juga ada berbagai agen travel yang bisa membantu merencanakan agenda wisata pengunjung  selama berada di Bangkok maupun kota lainnya di Thailand.

  1. The Platinum Dashion Mall

Tempat wisata di Thailand di Bangkok ini sangat terkenal dengan harganya yang murah dan barangnya yang bagus.
The Platinum Dashion Mall. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: tempat wisata di Kuala Lumpur

Ketika pengunjung ingin menikmati wisata belanja yang bisa bikin puas banget, silakan pergi ke Platinum Fashion Mall. Tempat wisata di Thailand di Bangkok ini sangat terkenal dengan harganya yang murah dan barangnya yang bagus.

Ketika berbelanja di Platinum Fashion Mall, waktu pastinya akan sangat cepat berlalu. Dengan tempat yang juga terbilang besar, waktu yang singkat tidak akan bisa memuaskan wisata belanja di sini. Oleh karena itu, luangkan waktu seharian penuh jika ingin berbelanja di tempat wisata di Thailand ini.

Mall ini terlalu besar untuk dijelajahi tanpa istirahat. Meskipun sangat bersemangat untuk mengunjungi berbagai toko yang ada, tetapi istirahat sangat diperlukan. Untungnya, di Platinum Fashion Mall ini memiliki food court yang dapat terbilang memiliki banyak pilihan. Tidak hanya wisata belanja, wisata kuliner pun bisa Anda nikmati di sini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment