6 Tempat Wisata Di Melaka, Instagramable, Dan Bersejarah

Tempat wisata di Melaka, atau Malaka, adalah tempat wisata yang mencakup salah-satu negara bagian di Malaysia, yaitu Melaka Bandaraya Bersejarah.

Karena secara garis besar, pembagian zona administratif negara Malaysia, dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu:

  • Wilayah persekutuan
  • Wilayah Negara Bagian.

Tempat wisata di Melaka, atau Malaka, banyak didominsasi oleh arsitektur yang sangat bersejarah. Sehingga menyajikan latar tempat wisata yang instagramable.

melaka
melaka. google maps. sumber: K Shalini Raj K

Simak juga: tempat wisata di Malaysia

Mungkin, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia belum banyak mengenal Melaka. Padahal di Melaka banyak sekali rekomendasi tempat wisata yang sangat populer, dan cocok dijadikan tujuan wisata keluarga saat liburan tiba.

Kota Melaka sebetulnya sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, sering mendengarnya dengan istilah Selat Malaka. Banyaknya tempat-tempat bersejarah di Kota Melaka, menjadikannya mendapatkan status sebagai World Heritage City, dari UNESCO.

Dan inilah review tempat wisata di Melaka, Malaysia, yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan rencana tujuan wisata anda.

6 Tempat Wisata Di Melaka

1. Menara Taming Sari

menara taming sari
menara taming sari. google maps. sumber: Midhun Muralidharan

Simak juga: tempat wisata di Johor Bahru

Tempat wisata di Melaka, sekaligus ikon Kota Tua Melaka, adalah Menara Taming Sari. Sebuah menara yang memiliki ketinggian 110 meter, dan menjadi spot terbaik menikmati keindahan Melaka dari ketinggian.

Menara Taming Sari dilengkapi sebuah lingkaran besar, beserta tempat duduk para pengunjung, yang dapat berputar 360 derajat saat berada di atas.

Bagi anda yang mencari nuansa romantis, dan instagramable di Melaka, maka datanglah saat hari mulai malam. Karena Menara Taming Sari akan dilengkapi dengan lampu yang berwarna-warni.

  • Harga tiket masuk Menara Taming Sari RM 23.
  • Jam operasional Menara Taming Sari dari pukul 10.00 – 23.00.
  • Lokasi Menara Taming Sari berada di alamat Jl. Merdeka, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia.

2. Melaka River Cruise

melaka river cruise
melaka river cruise. google maps. sumber: Alesya Hastama

Tempat wisata romantis, dan instagramable selanjutnya di Malaka, adalah di sepanjang aliran Sungai Melaka. Aktivitas wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah menyusuri sungai dengan menggunakan Melaka River Cruise.

Perjalanan akan memakan waktu selama 45 menit, dan menyusuri sungai sejauh 9 kilometer. Panorama di tepi sungai sangat indah, banyak bangunan-bangunan klasik, termasuk kincir anginnya.

Selain itu, kondisi sungainya juga bersir dan jernih. Suasana romantis, dan instagramable akan terasa saat malam hari. Apalagi menaiki Melaka River Cruise bersama yang tercinta.

  • Lokasi Melaka River Cruise berada di alamat Jalan Pesisiran Bunga, 75100 Melaka, Malaysia.
  • Melaka River Cruise buka dari pukul 09.00 – 23.30.
  • Harga tiket masuk Melaka River Cruise RM 18.

3. Melaka Straits Mosque

melaka straits mosque
melaka straits mosque. google maps. sumber: reshpreet kaur

Simak juga: tempat wisata di Penang

Tempat wisata alam di Melaka, yang berpadu dengan wisata religi, dan sentuhan lampu, dan view alam yang instagramable, adalah Melaka Straits Mosque, atau Masjid Selat Melaka.

View instagramable bukanlah basa-basi, karena bayak fotografer professional yang sering menjadikan Melaka Straits Mosque sebagai objek fotonya.

Daya tarik utama Melaka Straits Mosque adalah arsitektur masjid yang megah, lokasinya berada di atas bibir pantai, lengkap dengan menara masjid, dan lampu yang berwarna-warni.

  • Lokasi Melaka Straits Mosque berada di alamat Jalan Pulau Melaka, 75000 Melaka, Malaysia.
  • Melaka Straits Mosque buka dari pukul 05.00 – 24.00.
  • Harga tiket masuk Melaka Straits Mosque gratis.

4. Pantai Klebang

pantai klebang
pantai klebang. google maps. sumber: Biedy

Wisata pantai di Melaka yang populer adalah Pantai Klebang. Pasir Pantai Klebang sangat cocok dijadikan spot untuk menghabiskan waktu, melakukan aktivitas wisata bersama keluarga.

Saat ini, Pantai Klebang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata, termasuk wahana wisata yang cocok utuk semua usia. Selain itu, Pantai Klebang sering dijadikan sebagai spot olahraga.

Di sekitar Pantai Klebang juga tersedia fasilitas penginapan, dengan harga yang sangat beragam. Perbedaan harga ditentukan oleh jenis hotel, dan fasilitasnya.

Jangan heran jika di Pantai Klebang terdapat pedagang yang berjualan layang-layang. Karena Pantai Klebang memang spot terbaik untuk bermain layang-layang.

  • Lokasi Pantai Klebang berada di alamat Kota Melaka, Melaka, Malaysia.

5. Muzium Samudera

muzium samudera
muzium samudera. google maps. sumber: Anna Nguyen

Simak juga: tempat wisata di Kuala Lumpur

Wisata Melaka juga menyajikan tempat wisata yang edukatif, yaitu, Muzium Samudera, atau Museum Maritim Flor de la Mar. sebuah museum dengan bentuk yang beda dari biasanya, bentuknya berupa kapal besar.

Kapal tersebut merupakan replika dari kapal Portugis yang hendak pulang ke negaranya. Namun sebelum tiba di negaranya, kapal tersebut sudah lebih dulu tenggelam.

Di Muzium Samudera Flor de la Mar juga dipajang beberapa barang-barang bersejarah, serta informasi sejarah yang berkaitan dengan dunia kemaritiman di masa lampau.

  • Lokasi Muzium Samudera terletak di tepi Sungai Melaka.
  • Alamat Muzium Samudera berada di Jalan Merdeka, Bandar Hilir, Melaka, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Muzium Samudera RM 10.

6. Windmill Dutch Square Melaka

windmill dutch square melaka
windmill dutch square melaka. google maps. sumber: Sirus Kashefi: NoMan NoWhere Cyclist

Simak juga: tempat wisata di Singapura

Windmill Dutch Square Melaka adalah tempat wisata di Melaka yang instagramable, dan bersejarah. Lokasinya berada di jantung Kota Melaka.

Di kawasan Windmill Dutch Square Melaka, atau Red Square (Dutch Square),  juga terdapat objek wisata lainnya yang sangat populer, dan hits. Yaitu:

  • Stadthuys,
  • Christ Church Melaka,

Daya tarik utama dari Windmill Dutch Square Melaka, beserta spot lainnya adalah bangunannya yang didominasi berwarna merah (Red Square), serta arsitekturnya kental dengan nuansa Belanda.

  • Lokasi Windmill Dutch Square Melaka berada di alamat Bandar Hilir, 75200 Melaka, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Windmill Dutch Square Melaka RM 2.

shopee