5 Tempat Wisata Di Malaysia, Negeri Salah-Satu Gua Terpanjang Di Dunia

Tempat wisata di Malaysia di antaranya memiliki status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, serta memecahkan rekor dunia. Bahkan, salah-satu  gua terpanjang di dunia yang bernama lokasinya berada di Serawak, Malaysia.

pesona wisata malaysia
pesona wisata malaysia. google maps. sumber: Theo Althaus

Ada juga gedung-gedung yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia, yang nanti akan kita review. Dan tercatat pada tahun 2019, kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Malaysia, masuk ke dalam 5 besar wisatawan yang sering datang ke negeri jiran tersebut.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan tempat wisata di Malaysia, supaya pembaca tidak bingung, perlu diketahui bahwa Mlayasia terbagi ke dalam dua kawasan. Yaitu:

  • Malaysia Barat,
  • Serta Malaysia Timur, yang lokasinya berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan.

Selain itu, sebentar lagi tempat wisata di Malaysia akan segera dibuka kembali bagi wisatawan yang datang dari luar negeri. Dengan catatan tertentu, salah-satunya kewajiban untuk divaksin.

Oleh karena itu, review tempat wisata di Malaysia ini kami sajikan sebagai referensi awal saat nanti tempat wisata di negeri jiran dibuka kembali.

5 Tempat Wisata Di Malaysia

1. Menara Kembar

menara kembar petronas malaysia
menara kembar petronas malaysia. google maps. sumber: Lucic Vlade

Sepertinya sebuah prestasi, dan prestise berkumpul menjadi satu, saat setiap negara berlomba membuat gedung “penembus langit”, atau membangun gedung tertinggi di dunia.

Begitupun dengan Malaysia. Negeri jiran  pernah menyandang sebagai negeri yang memiliki gedung tertinggi di dunia yang bernama Gedung Petronas.

Bentuknya menara kembar, sehingga nama lainnya adalah Menara Kembar Petronas, Malaysia. Menara tersebut menjadi wisata Kuala Lumpur  yang sangat populer.

Status gedung tertinggi di dunia hanya bertahan dari tahun 1998, sampai tahu 2004. Gelar tersebut akhirnya diambil oleh Menara Taipei 101, dan terakhir oleh Burj Khalifa di Dubai.

Menara Kembar Petronas memiliki keinggian 451,9 meter, 88 lantai, termasuk 5 lantai yang ada di bawahnya. Menara Kembar Petronas bukan hanya sebatas wilayah perkantoran saja, namun sekaligus sebagai tempat wisata Malaysia yang paling populer di dunia.

Spot wisata di Menara Kembar Malaysia selain di area bawah terdapat kawan taman yang sangat luas, namun yang menarik animo pengunjung adalah keberadaan jembatan yang terletak di lantai 41, dan 42, yang menghubungkan antar menara satu sama lain.

  • Lokasi Dan Alamat Menara Kembar Petronas : Kuala Lumpur, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Menara Kembar Petronas: RM 84,80
  • Jam Operasional Menara Kembar Petronas Malaysia: Selasa – Minggu, dari pukul 09.00 – 21.00.

2. Taman Nasional Gunung Mulu

gua di taman nasional mulu
gua di taman nasional mulu. google maps. sumber: TMGGJ 57

Tempat wisata di Malaysia selanjutnya bernama Taman Nasional Gunung Mulu, sekaligus wisata Serawak Malaysia yang mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Di Taman Nasional Gunung Mulu, terdapat salah-satu gua terpanjang di dunia, yang bernama Gua Air Jernih. Panjangnya mencapai 224 kilometer, sehingga menjadi salah-satu gua yang memiliki sistem jaringan terbesar di dunia.

Selain itu, banyak juga penginapan, atau resort yang bisa disewa oleh para wisatawan. Lokasinya cukup dekat dengan kawasan Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia.

  • Lokasi dan alamat Taman Nasional Gunung Mulu : Serawak, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Taman Nasional Gunung Mulu tergantung jenis paket wisata yang dipilih para wisatawan.

3. Jembatan Putra Jaya

jembatan putra
jembatan putra. google maps. sumber: R Idrus

Kita bergeser ke wisata Putra Jaya, Malaysia, yang bernama Jembatan Putra Jaya. Daya tarik dari Jembatan Putra adalah lokasinya yang berada di pusat pemerintahan Malaysia.

Yang ke dua, Jembatan Putra Jaya menjadi salah-satu ikon bagi Malaysia, selain dari Menara Kembar. Dan yang ke tiga adalah arsitektur bangunannya yang Islami, serta memadukan view alam sekitar dengan lampu yang berwarna-warni.

Kunjungan wisata ke Jembatan Putra Jaya sangat direkomendasikan pada saat malam hari. Terdapat juga paket tour khusus di objek wisata tersebut.

Jembatan Putra Jaya, dan Menara Kembar, bisa menjadi destinasi wisata Malaysia yang romantis, dan isntagramable.

  • Lokasi dan alamat Jembatan Putra Jaya: Putra Jaya, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Jembatan Putra Jaya : RM 1.

4. Genting Highlands

genting highlands
genting highlands. google maps. sumber: Resorts World Genting

Tempat wisata di Malaysia selanjutnya yang menduania adalah kawasan Genting Highlands. Salah-satu dataran tinggi Malaysia yang memiliki view yang menawan.

Yang paling terkenal di Genting Highlands, Malaysia adalah keberadaan hotel terbesar ke dua di dunia. Sekaligus kawasan hotel, dan resort yang recommended sebagai wisata keluarga.

Genting Highlands menjadi kawasan yang serba ada, dari mulai sajian wisata alam, wisata keluarga, arsitektur tempat ibadah yang bagus, hingga terkenal juga sebagai Las Vegasnya Negeri JIran, Malaysia.

Wahana wisata yang sangat terkenal di Genting Highlands adalah Glass Floor Gondola, atau gondola yang lantainya berupa kaca bening. Serta fasilitas wisatanya yang sangat terkenal yaitu Awana Skyway.

  • Lokasi Genting Highlands: Gunung Titiwangsa.
  • Alamat Genting Highlands: Pahang, Malaysia.
  • Genting Highlands buka 24 Jam.

5. Batu Caves

batu caves
batu caves. google maps. sumber: 時雨堂

Tempat wisata di Malaysia selanjutnya bernama Batu Caves, sekaligus sebagai wisata Selangor Malaysia yang sangat terkenal. Daya tarik di Batu Caves adalah rumah besr bagi beberapa gua.

Selain itu, pemandangan alamnya sangat megah, nan eksotis. Terdapat satu kuil yang harus ditempuh dengan menaiki ratusan anak tangga untuk bisa sampai di kuil tersebut. Dan di Batu Caves sering juga dilaksanakan beberapa event, atau festival.

  • Lokasi dan alamat Batu Caves: Selangor, Malaysia.
  • Harga tiket masuk Batu Caves: Gratis.

Tinggalkan komentar