11 Tempat Wisata di Penang yang Recommended Untuk Liburan

Terdapat beragam tempat wisata di Penang Malaysia. Penang merupakan negara bagian Malaysia yang terdiri dari pulau Pinang seluas 293 km persegi dan “seberang”pantai yang terletak di daratan Utama seluas 760 km persegi.


Penang negara bagian malaysia yang ada di pulau kalimantan memiliki banyak tempat wisata di penang
Wisata di Penang. Image via: gotravelly.com

Simak juga: wisata di malaysia

11 Tempat wisata di Penang Malaysia

Mengunjungi lokasi-lokasi indah di Malaysia, tidak terbatas hanya di Kuala Lumpur semata. Kota Goarge Town Penang sendiri pada tahun 2008 dinobatkan sebagai kota warisan Budaya, karena keberadaan budaya yang beragam di kota ini. Ini menunjukkan jika terdapat banyak tujuan wisata di Penang yang layak untuk dikunjungi saat ke Malaysia.

Berikut ini kami coba persembahkan 11 tempat wisata di Penang yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi ketika melawat ke Malaysia.

  1. Bukit Penang

Bukit penang merupakan tempat wisata di penang yang memebuat pengunjung bisa melihat penang seara keseluruhan dari 1 titik
Bukit Penang. Image via: edition.cnn.com

Bukit Penang adalah landmark Pulau Penang yang berlokasi di ketinggian 821 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncak, Anda disarankan untuk menaiki Penang Hill Railway, kereta yang digerakkan oleh kabel.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk tiba di puncak tempat wisata di Penang yang sejuk ini. Banyak yang bisa Anda lihat di puncak Bukit Penang. Bahkan, ada pertunjukan ular dan Anda-pun bisa membayar untuk berfoto dengan ular yang jinak.

Bagi pengunjung yang datang bersama dengan pasangan jangan lupa untuk berfoto dengan lambang tulisan LOVE di atas Penang Hall, Pengunjung juga bisa mengunci gembok lambang cinta.

Pengunjung juga dapat mengunjungi museum burung hantu atau nama resminya Owl Museum. Hal lain yang tidak aklah mengasikkan adalah menikmati pemandangan kota Penang atau kota Georgetown dari kejauhan.

Tempat wisata di Penang ini sebenarnya gratis dan terbuka 24 jam. Namun transportasi yang menuju ke lokasi ini Penang Hill Railway yang ada batasan operasionalnya, yaitu dari jam 09 pagi hingga 23.00. DI hari normal transportasi tersebut tiketnya 30 RM untuk orang dewasa, dan 15 RM untuk anak-anak.

  1. Taman Botani Penang

taman botani adalah taman air terjun yang menjadi slaah satu tempat wisata di penang
Taman Botani Penang. Image via: woutersrealty.com

SImak juga: tempat wisata kuala lumpur

Taman ini dikenal juga sebagai Taman Air Terjun karena ada air terjun bertingkat tak jauh dari situ. Pada awalnya tempat wisata di Penang ini didirikan oleh Inggris pada tahun 1884 sebagai pusat riset yang mempelajari kelangsungan hidup berbagai tanaman komersial dari berbagai penjuru dunia.

Taman ini tidak hanya menawarkan ketenangan dari hiruk-pikuk perkotaan, tetapi juga pendidikan konservasi tumbuhan.  Di area Taman, ada jalan setapak yang membawa pengunjung menuju tanaman seperti Palem Pinangm, tanaman kebanggaan negara bagian ini.

Di tempat wisata di penang ini juga ada kebun margasatwa yang di dalamnya terdapat kera Makaka ekor panjang, Kera Daun Kehitaman, Bajing Raksasa Hitam, dan serangga serta kupu-kupu yang tak terhingga banyaknya.

Ada beberapa event istimewa yang diselenggarakan secara periodik di taman ini. Salah satunya Festival bunga internasional diadakan di Taman Botani Penang (Penang Botanic Gardens) setahun sekali, juga beberapa acara lainnya.

Taman ini buka setiap hari dari pukul 05.00 sampai pukul 20.00. Tur dengan pemandu tersedia untuk grup umum dan grup terorganisir. Karcis masuk gratis.

  1. Kek Lok Si Temple

tempat wisata di penang yang meruypakan kuil budha modern terbesar di Asia tenggara
Kek Lok Si Temple. Image via: liburanmurah.info

Kek Lok Si disebut-sebut sebagai kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara, dan bisa dibilang salah satu yang paling terkenal di Penang.
Konstruksi tempat wisata di Penang ini dimulai tahun 1893, mengambil inspirasi dari pendeta kepala Goddess of Mercy Temple di Pitt Street. Kaisar Manchuria Guangxu menyetujui proyek ini, menganugerahkan sebuah prasasti dan hadiah berupa 70.000 buah Kitab Sutra Buddha Edisi Kekaisaran.

Saat terbaik mengunjungi Kek Lok Si adalah pada saat perayaan Tahun Baru China, ketika kuil dihiasi dengan ribuan lentera gantung yang bercahaya. Pada saat yang lain, masih banyak yang dapat dilihat, termasuk dalam daftar teratas adalah ruang doa, pagoda, menara lonceng dan kolam kura-kura.

Daya tarik utamanya adalah pagoda tujuh tingkat yang menakjubkan Pagoda Rama VI yang selesai tahun 1930. Terkenal dengan 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu di dalamnya, pagoda ini dirancang untuk menyimbolkan harmoni Buddha Mahayana dan Buddha Theravada.

Pengunjung tempat wisata di Penang ini dapat mendaki ke puncak pagoda menggunakan tangga yang curam dan dapat melihat pemandangan Penang yang menakjubkan dari puncak. Patung perunggu Kuan Im, Dewi Welas Asih, setinggi 30,2 m merupakan atraksi lain yang juga populer.

Pagoda dibuak pada Jam 0 7.00-21.00 setiap hari. Unutk masuk ke area kuil tidak dipungut biaya karcis, gratis. Karcis sebesar RM 2 tiap hanya untuk pengunjung yang masuk ke pagoda dan Sky Lift.

  1. Penang Bridge

penang bridge, salah satu tempat wisata di Penang yang menunjukkan kemajuan teknologi malaysia
Penang Bridge. Image via: gotravelly.com

SImak juga: tempat wisata di singapura

Penang Bridge sendiri ada dua, yaitu Penang Bridge pertama yang memiliki panjang 13,5 km dan Penang Second Bridge yang memiliki panjang 23,5 km.

Jembatan kedua atau Penang Second Bridge kemudian dinamakan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Diambil dari nama Yang di-Pertuan Agong saat itu. Jembatan ini memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara sekaligus menjadi landmark Pulau Penang.

Jika mengendarai mobil pribadi, pengunjung dapat menyusuri kemegahan jembatan ini sembari menikmati hembusan angin laut. Suasana akan semakin indah di malam hari karena adanya cahaya lampu di sepanjang jembatan.

Namun apabila naik bus dan tetap ingin menikmati tempat wisata di Penang ini, kalian disarankan untuk turun di Terminal Sungai Nibong yang terletak di Pulau Penang dan sudah pasti melalui jembatan tersebut.

  1. Fort Cornwallis

benteng tua salah satu tempat wisata di penang yang ada di atas bukit
Fort Cornwallis. Image via: blog.airpaz.com

Berdiri sejak 1786, Fort Cornwallis merupakan benteng pertahanan Inggris yang sempat beralih fungsi sebagai pusat administrasi. Struktur benteng yang masih sangat kokoh membuat Fort Cornwallis menjadi salah satu obyek wisata sejarah di Penang.

Pada salah satu dari wisata di penang ini, pengunjung bisa menemukan sisa-sisa perjalanan sejarah mulai dari keberadaan penjara, meriam kuno, hingga berbagai barang antik peninggalan masa-masa perang dunia.

Di samping tempat wisata di Penang ini, terdapat tembok yang mengelilingi taman setinggi 3 meter. Karena benteng ini merupakan saksi sejarah sekaligus meninggalkan bukti sejarah, seperti kapel, penjara, meriam, dan juga lampu kuno, maka tak jarang Fort Cornwallis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Penang.

Benteng bersejarah ini dibuka untuk kunjungan mulai jam 09.00 pagi hingga jam 22.00. Untuk  mengunjungi lokasi wisata di Penang ini, pengunjung diminta membayar tiket RM 20.

  1. Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion, tempat wisata di penang yag memamerkan karya seni dan barang antik berkualitas tinggi
Pinang Peranakan Mansion. Image via: gotravelly.com

Pinang peranakan Mansion merupakan museum yang berisi berbagai macam peninggalan sejarah khas masyarakat melayu. Di tempat wisata di Penang ini, pengunjung dapat menikmati suguhan wisata sejarah berupa benda-benda kuno berupa furniture, hiasan, serta berbagai lukisan.

Objek wisata di Penang ini dulunya adalah rumah pribadi milik keluarga Saudagar Cina Kaya. Pemilik rumah merupakan seorang kolektor benda seni, sehingga rumahnya dipenuhi dengan berbagai macam barang-barang seni dan antik yang bernilai tinggi.

Di masa ini, karena jumlah koleksi yang semakin banyak rumah akhirnya dibuka untuk umum dan dijadikan museum.

Untuk mengunjungi lokasi wisata di Penang ini pengunjung diminta membayar tiket sebesar RM20

  1. Entopia

Entopia, tempat wisata di penang yang mengenalkan kehidupan serangga dan kupu kupu
Entopia. Image via: malaysia-traveller.com

Entopia merupakan tempat pemeliharaan kupu-kupu dan berbagai serangga lainnya di bawah naungan Penang Butterfly Farm. Tempat ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1986 kemudian diperbarui lagi dan diresmikan kembali pada tahun 2016.

Objek Wisata di Penang ini memiliki dua konsep ruang, yaitu The Natureland dan The Cocoon. The Natureland memiliki konsep outdoor yang menyatukan berbagai ekologi dengan koleksi binatang di sana. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terbang di sekelilingnya.

Di tempat wisata di Penang ini juga ada lebih dari 200 spesies tanaman dengan fitur artistik seperti air terjun, kolam, dan gua. Sedangkan The Cocoon memiliki konsep indoor yang digunakan sebagai sarana edukasi dan atraksi menarik seperti Hutan Pandora, tempat perkembangbiakan, dan lainnya.

Harga tiket masuk Entopia adalah RM 65 untuk dewasa dan RM 45 untuk anak-anak.

  1. Penang Toy Museum

Penang toy museum, tempat wisata di penang yangmemamerkan berbagai mainan dari seluruh belahan dunia
Penang Toy Museum. Image via: keepo.me

Sesuai dengan namanya, Penang Toy Museum berisi lebih dari 100 ribu jenis mainan dari seluruh penjuru dunia. Maka tak heran museum ini sangat digemari oleh anak – anak. Museum ini juga direkomendasi untuk masuk Malaysia Book of Records sebagai museum mainan yang pertama, terbanyak koleksinya, dan tentunya terbesar di Malaysia.

Museum ini berisikan aneka mainan yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Disini merupakan surga yang dihadirkan bagi siapapun yang mencintai dunia hiburan. Berbagai macam tokoh kartun dihadirkan disini mulai dari tokoh kartun terkenal seperti Doraemon, atau Turtle Ninja. Begitu juga disini Anda masih bisa melihat tokoh kartun lainnya yakni Sailormoon.

Di tempat wisata di Penang ini ada sekitar 12 zona yang pengelompokkannya berdasarkan bentuk mainan yang dipamerkan. Semisal Chamber of Comic Book Heroes, Hall of Rock Legends, Cave of Dinosaurs, Chamber of Fantasy, Hall of Cartoons, Hall of Virtual Reality, Chamber of Monsters, Fields of Combat, Chamber of Horrors, Hall of Beauties, Hall of Celebrities, dan Star Wars Collections.

Harga tiketnya yaitu sebesar 30 RM atau sekitar Rp 110.000.

  1. Restoran Kapitan

restoran kapitan, tempat wisata di penang jenis kuliner yang melegenda sejak puluhan tahun lalu
Restoran Kapitan. Image via: ciksukataip

Setelah lelah berkeliling berbagai tempat wisata di Penang, tentu kuliner juga harus diperhatikan. Mumpung datang jauh-jauh ke negara asing, tentu juga harus total dengan mencicipi makanan khas daerah Penang.

Salah satu rekomendasi adalah Restoran Kapitan. Restoran Kapitan yang berada di Jl. Chulia No. 111, George Town merupakan salah satu lokasi yang jadi rekomendasi. Di sini menawarkan bergam kuliner khas India dengan harga yang terjangkau.

Tempat makan ini begitu populer di kalangan warga lokal di Penang dan begitu ramai dan padat penunjung saat waktu makan malam tiba. Buat kamu pecinta kuliner India, tempat makan ini jadi salah satu rekomendasi yang perlu dikunjungi saat berada di Penang.

Restoran Kapitan ini, rasa masakannya enak. Ayam bakarnya penuh bumbu dan meresap sampai ke dalam. Sayur kol-nya ada rasanya yang cenderung gurih asin. Teh tarik hangatnya juga enak, bikin perut nyaman.

Mengenai harga di tempat wisata di Penang ini masih terbilang terjangkau. Nasi Putih : RM 1.3, Sayur Kol :RM 1.1, Ayam Bakar : RM 4, Teh Tarik : RM 2.9.

  1. Batu Ferringhi Night Market

batu Ferringhi Night Market, tempat wisata di penang yang dinimati untuk menghabiskan malam
Batu ferringhi market . Image via: crispoflife.com

Salah satu tempat wisata di penang untuk belanja murah yang kami rekomendasikan adalah batu ferringhi market penang. Lokasi dari pusat perbelanjaan ini berada di jalan pantai batu, tanjung bungah, penang.

Dari namanya saja sudah bisa diketahui jika night market berarti pasar malam, jadi kalian dapat berbelanja disini pada waktu malam hari saja.

Di lokasi tempat wisata di penang jenis belanja ini, pengunjung  bisa menemukan banyak oleh – oleh yang bisa dibeli. Diantaranya ada aksesoris  khas penang, postcard, dan juga kaos. Oleh – oleh disini lebih cocok jika diberikan kepada teman – teman dan keluarga dalam jumlah banyak.

Selain itu ada juga beberapa penjual yang berdagang lampion – lampion yang memiliki ornamen unik. Soal harga jangan khawati, disini harga jual barang – barangnya menengah ke bawah.

  1. Kompleks Tun Abdul Rozak

KOmtar, tempat wisata di penang yang sesuai untuk wisata belanja
Kompleks tun abdul rozak. Image via: penang-traveltips.com

Kompleks tun abdul rozak atau biasa disebut oleh penduduk sekitar komtar. Tempat wisata di penang ini merupakan pusat perbelanjaan yang paling banyak didatangi baik dari lokal ataupun wisatawan. Pusat perbelanjaan ini berada di gedung setinggi 60 lantai.

Sekali dayung satu tiga pulau terlampaui, mungkin inilah yang terjadi jika kita berbelanja di kompleks tun abdul rozak. Sembari berbelanja pengunjung dapat menikmati pemandangan kota penang dari atas lantai atas tower lokasi wisata di penang ini.

Lokasi perbelanjaan ini sangat strategis, berada di kompleks hunian dengan fasilitas yang lengkap. Pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu perbelanjaan modern yang ada di penang malaysia. Banyak para wisatawan yang berbelanja di kompleks tun abdul rozak karena merasa harganya murah.

Selain itu, pengunjung yang berbelanja di tempat wisata di Penang ini tidak perlu khawatir dengan cuaca yang panas di luar, dan bisa menikmati shopping dengan nyaman dalam segala cuaca.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment