6 Tempat Wisata di Phuket, Pulau Cantik Di Thailand

|

Tempat wisata Phuket dapat menjadi list trip liburan kamu ketika berada di Thailand. Phuket merupakan sebuah pulau dan juga merupakan salah satu provinsi yang ada di Thailand.

Phuket terkenal akan keindahan wisata baharinya, seperti pulau yang indah, air laut yang jernih, serta keindahan alam lainnya.

phuket fantasea
phuket fantasea. google maps. sumber: Elisa Marissa789

SImak juga: Tempat wisata di Singapura

Saat ini kita sudah diizinkan untuk melakukan traveling ke luar negeri, tentunya dengan memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan pihak Indonesia maupun dari pihak negara tujuan.

Saat ini Thailand sedang memberlakukan lockdown untuk beberapa wilayah salah satunya ialah Phuket, yakni sampai dengan tanggal 31 Agustus. Setelah sebelumnya pemerintah setempat menerapkan konsep Sandbox dan harus tinggal minimal 1 bulan untuk turis yang datang ke Phuket.

Perpanjangan tersebut diakibatkan bertambahnya kasus varian delta, yang sedikit membuat pemerintah Thailand kelimpungan.

Simpan saja dulu list tempat wisata Phuket berikut ini, sebagai bahan referensi ketika liburan kelak.

6 Tempat Wisata di Phuket

1. Kata Beach

kata beach
kata beach. google maps. sumber: Макс Канев

Simak juga: tempat wisata di Melaka

Phuket terkenal akan keindahan pantainya, itulah yang menjadi salah satu daya tarik yang menarik wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke Pulau Phuket.

Kata Beach merupakan pantai yang indah, yang letaknya berada di bagian timur Pulau Phuket. Dimana memiliki hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang berwarna biru, pas bangetlah untuk menikmati alam, berjemur, ataupun relaksasi.

Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kata Beach ialah snorkeling, surfing, berenang atau bermain air laut, serta mencoba pijat ala Thailand.

2. The Big Buddha

the big buddha
the big buddha. google maps. sumber: Philippe Prévot

Simak juga: tempat wisata di Johor Bahru

The Big Buddha atau The Great Buddha of Phuket atau nama resminya ialah Phra Phutta Ming Mongkol Eknakiri disingkat Ming Mongkol Buddha. Lokasinya berada di sebuah bukit di antara kawasan Chalong dan Kata.

Merupakan patung Buddha dengan memiliki tinggi sekitar 45 meter dan menjadi patung Buddha tertinggi ketiga setelah The Great Buddha of Thailand dan Luangpho Yai.

Untuk mendekati the Big Buddha kamu harus melakukan perjalanan menyusuri bukit kira-kira sejauh 4 km. Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut terbayarkan dengan panorama alam yang indah karena lokasinya merupakan titik tertinggi di Phuket.

  • Lokasi: Kawasan Mueang Karon, Phuket.
  • Jam buka: 08.00 – 19.00
  • Tiket masuk: gratis

3. Karon Beach

karon beach
karon beach. google maps. sumber: Michele Beber

Simak juga: tempat wisata di Penang

Karon Beach merupakan pantai ke-3 terpanjang di Phuket, dimana hamparan pasirnya berwarna putih dan memiliki panjang kira-kira 3 km.

Air lautnya cantik berwarna biru indah berpadu dengan awan putih di langit yang biru. Di sekitar Karon Beach terdapat resort dan juga bar atau restoran.

Keseruan yang dapat dilakukan selain bermain pasir dan air lautnya ialah dengan melakukan Parasailing, serta seru-seruan bersama di malam hari. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi kuil yang berada di sekitar Pantai Karon.

4. Promthep Cape

promthep cape
promthep cape. google maps. sumber: สุภาพแอร์ แอร์รถยนต์

Simak juga: tempat wisata di Kuala Lumpur

Promthep Cape atau Tanjung Promthep merupakan view point terkenal lainnya yang ada di Phuket, yang berlokasi di ujung bagian selatan Pulau Phuket dekat dengan Pantai Janui.

Promthep Cape terkenal sebagai tempat untuk menikmati keindahan sunset atau matahari tenggelam. Ditambah dengan pemandangan laut biru yang sungguh menenangkan.

So, Promthep Cape merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Pulau Phuket. Di sekitar Promthep Cape terdapat sebuah kuil yang dikelilingi ratusan patung gajah, serta ada sebuah mercusuar yang juga berfungsi sebagai museum.

  • Lokasi: Rawai, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand.
  • Jam buka: 24 jam

5. Phuket Aquarium

phuket aquarium
phuket aquarium. google maps. sumber: Ted Teddy

Simak juga: tempat wisata di Malaysia

Selanjutnya ada aquarium mini dengan memiliki terowongan kaca bawah air seperti di seaworld, dengan panjang 10 meter.

Phuket Aquarium merupakan pilihan wisata keluarga favorit untuk mengajak anak-anak mengenal biota laut. Lokasi wisata yang satu ini juga merupakan pusat penelitian biota laut Thailand, serta menjadi pusat pengembangbiakan penyu yang hampir punah.

  • Lokasi: Wichit, Mueang Phuket District, Phuket, Thailand
  • Jam buka: 08.30 – 16.00
  • Tiket masuk: 100 Baht (dewasa) dan 50 Baht (anak-anak)

6. Splash Jungle Water Park

splash jungle waterpark
splash jungle waterpark. google maps. sumber: Zoe Han

Tempat wisata di Phuket selanjutnya ialah Splash Jungle Waterpark, dimana kamu dapat bersantai sambil mencoba beberapa wahana permainan seru yang tersedia. Dan merupakan theme park yang cukup populer di Phuket.

Lokasinya berada di Pantai Mai Khao, dan sangat dekat dengan Bandara Internasional Phuket. Dengan memiliki 5 atraksi atau wahana utama, yakni:

  • Lazy River,
  • Boomerango,
  • Kolam ombak,
  • Hot Spring bersuhu 35 derajat dengan suasana seakan di Kutub Utara, dan
  • Aqua Play yakni kolam untuk anak-anak.

Boomerango merupakan seluncuran yang cukup memacu adrenalin, dimana kamu akan dibawa berputar-putar di superbowl untuk kemudian memasuki lorong yang cukup gelap hingga akhirnya kamu nyebur di kolam.

  • Lokasi: 65 SOi Mai Khao 4, Mai Khao, Thalang District, Phuket, Thailand.
  • Jam buka: 10.00 – 18.00
  • Tiket masuk: 1.305 Baht (dewasa) dan 630 Baht (anak-anak)