11 Tempat Wisata di Kuala Lumpur, Favorit Kunjungan Warga Indonesia

Tempat wisata di Kuala Lumpur sering menjadi tujuan bagi para pengunjung asal Indonesia faktor jarak penerbangan yang dekat dan juga fasilitas bebas Visa faktor kemiripan bahasa sangat mempermudah bagi pengunjung dari Indonesia.


Tempat wisata di Kuala lumpur menyajikan berbagai jenis objek wisata untuk dinikmati
Tempat wisata di Kuala lumpur. Image via: anekatempatwisata.com

Simak juga: tempat wisata di Malaysia

Alternatif Tempat Wisata di Kuala Lumpur

Objek tujuan tempat wisata di Kuala lumpur memiliki berbagai jenis karakter, mulai dari yang modern maupun wisata kebudayaan. Berikut kami coba majikan beberapa tempat wisata yang populer di wilayah bekas Ibu Kota negara Malaysia ini.

  1. Dataran Merdeka

dataran meredeka, tempat wisata di kuala lumpur yang merupakan tugu proklamasinya malaysia
Dataran Merdeka. Image via: trekearth.com

Bagi yang ingin berwisata sejarah, Dataran Merdeka adalah destinasi yang tepat. Lapangan Tempat wisata di Kuala Lumpur ini memilki nilai sejarah bagi warga setempat, karena menjadi saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali. Peristiwa itu menandai lepasnya Malaysia dari jajahan Inggris pada 31 Agustus 1957. Pasca kejadian itu, Dataran Merdeka menjadi tempat memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

Di kawasan Tempat wisata di Kuala Lumpur ini terdapat banyak objek wisata yang bisa dinikmati gratis. Di antaranya adalah Masjid Jamek, Katedral St. Mary the Virgin, Museum Musik, hingga tulisan “I Love KL” yang menjadi spot berfoto wisatawan.

Ada pula KL City Gallery yang mengharuskan setiap pengunjung membayar tiket sebesar RM 5. Isinya cukup menarik, pengunjung bisa melihat miniatur suasana Kuala Lumpur tempo dulu, sejarah Kuala Lumpur, dan sebagainya.

  1. Menara Petronas

Menara kembar Petronas telah menjadi salah satu tempat wisata di kuala lumpur paling populer
Menara Petronas. Image via: plesirankotatua

Simak juga: tempat wisata di Singapura

Inilah salah satu tempat wisata lumpur yang paling populer di Kuala Lumpur. Gedung kembar Tempat wisata di Kuala Lumpur ini setinggi 451.9 meter ini adalah Landmark terkenal di dunia. Bangunan yang sangat megah dan menakjubkan. Di dalam Menara Petronas terdapat mall dan gedung bioskop

Objek wisata di kuala lumpur ini memiliki eksterior bangunan dari baja dan kaca yang dirancang dengan motif Kesenian Islam yang mencerminkan mayoritas agama Islam di Malaysia. Di bawah bangunan ada sebuah Taman KLCC & mall KLCC seluas 69,000 m2. Taman itu menyediakan jalur untuk jogging dan berjalan, kolam air mancur yang dihiasi pertunjukan cahaya, kolam rendam, dan arena bermain anak-anak.

Untuk mendapatkan foto cantik di Tempat wisata di Kuala Lumpur ini, waktu yang tepat adalah sebelum jam 7 pagi. Sedangkan jika ingin mendapat foto yang gemerlapan dengan cahaya lampu berfoto paling tepat dilakukan sekitar jam 6 hingga 7 malam.

Objek paling terkenal dari objek wisata di kuala lumpur ini adalah jembatan penghubung antar menara. Jembatan itu terbuka untuk kunjungan wisata mulai jam 09.00 hingga jam 21.00 waktu setempat.  Untuk bisa melalui jembatan penghubung itu pengunjung dikenakan biaya RM 80.

  1. Aquaria KLCC Kuala Lumpur

tempat wisata di kuala lumur ini menawarkan kedekatan mendalam dengan dunia ikan dan habitatnya
Aquaria KLCC Kuala Lumpur. Image via: befreetour.com

Aquarium ini terletak di tengah Kota kuala lumpur. Tempatnya hanya 10 menit jalan kaki dari Petronas twin tower.

lebih dari 5000 flora dan fauna bawah laut ada di Tempat wisata di Kuala Lumpur ini. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga, karena anak-anak pasti suka, kita sebagai orang tua ikut mengamati. Suasananya sejuk dan menyenangkan

Disini ada terowongan bawah laut sepanjang 90 meter yang spektakuler. dimana ikan, hiu, pari dan ikan lainnya berkeliaran mengelilingi kita. Seolah-olah kita sedang berada di bawah laut.

Jam Buka Tempat wisata di Kuala Lumpur ini setiap hari jam 10 pagi sampai jam 8 malam, last admission jam 7 malam

Harga Tiket Aquaria KLCC Kuala Lumpur,utuk dewasa Dewasa RM 69 MYR dan anak-anak RM 59

  1. Kuil Sri Mahamariamman

Sri Mahamariamman, tempat wisata di kuala lumpur yang mengajak untuk mengenal lebihd ekat masyarakat india dengans isitem keagamaan mereka
Sri Mahamariamman. Image via: holidaygogogo.com

Tempat wisata di Kuala Lumpur satu ini adalah tempat keagamaan umat Hindu keturunan Tamil. Kuil berlokasi dekat dengan Chinatown dan pusat kota Kuala Lumpur. Meski merupakan sebuah kuil Hindu namun Sri mahamariamman Temple memiliki gaya arsitektur Eropa.

Gaya arsitektur bangunan yang unik, memebuat objek wisata di Kuala Lumpur ini menjadi daya tarik sebagai lokasi berfoto-foto. Pengunjung juga diperbolehkan masuk secara gratis ke dalam kuil sepanjang menghormati Adam dan peraturan yang diterapkan. Salah satu adab adalah tidak menggunakan alas kaki di dalam kuil

Tempat wisata di Kuala Lumpur Sri Mahamariamman buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai setengah 9 malam (pada hari Sabtu sampai jam 9 malam dan pada hari Jumat sampai jam setengah 10 malam).

Pengunjung memang tidak perlu membayar tiket masuk, namun khusus bagi yang ingin menyimpan sepatu di tempat yang aman saat memasuki wilayah kuil, harus merogoh beberapa Ringgit Malaysia untuk membayar. Hal ini disebabkan para pengunjung dilarang masuk bila tidak melepas alas kaki.

  1. Taman Tasik Perdana

Taman Tasik Perdana, tempat wisata di kuala lumpur yang menghadirkan taman luas dan lapang
Taman Tasik Perdana. Image via: travelingkuindonesia.co.id

Taman Tasik perdana adalah sebuah taman yang besar dan populer di tengah kota Kuala Lumpur. Tempat wisata di Kuala Lumpur satu ini memiliki luas lebih dari 91 hektar.

Taman yang tertua dan paling populer di Kuala Lumpur ini dahulu dicetuskan oleh seorang Residen British A.R Venning pada tahun 1888 dengan nama Sydney Lake. Kemudian, diperbaiki pada masa pemerintahan Tun Abdul Razak pada tahun 1975 dan berganti nama menjadi Taman Tasik Perdana.

Objek menarik di dalam Taman diantaranya: Taman Rusa, Taman Anggrek, Taman kembang sepatu, Monumen Nasional, dan berbagai objek-objek menarik lain.

Pengunjung juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi Kompleks taman yang luas dengan biaya 3 Ringgit Malaysia untuk setiap 30 menit.

Tempat wisata di Kuala Lumpur inidibuka untuk umum setiap hari mulai jam 09.00 pagi sampai jam 18.00 sore.

Pada hari biasa berkunjung ke Taman tidak dikenakan biaya, gratis. Namun jika berkunjung di akhir pekan atau hari libur pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar RM 1.

  1. Rumah penghulu Abu Seman

Rumah Penguhulu Abu Smean., tempat wisata di kuala lumpur yang memperkenalkan budaya asli melayu masa lampau
Rumah Penguhulu Abu Smean. Image via: jomjalan.com.my

Objek wisata di kuala lumpur ini merupakan bangunan rumah tradisional di Malaysia. Rumah penghulu Abu Seman dibangun pada tahun 1901 dan tahun 1930. Lokasinya Tempat wisata di Kuala Lumpur ini sebenarnya di Kampung Sungai Kechil yang berada di daerah utara Peninsula.

Objek ini Merupakan bangunan tua, sehingga Badan Warisan Malaysia mengambil langkah sangat penting dengan melakukan relokasinya pada tahun 1996 sampai 1997.

Pengunjung bisa puas melihat berbagai keunikan souvenir dan mendapatkan lebih banyak wawasan budaya serta sejarah bangsa dengan melihat di lokasi wisata di kuala lumpur ini.

Pengunjung akan mendapatkan panduan jika mengikuti tur yang disediakan untuk mengenal lebih dekat lagi Rumah Penghulu Abu Seman. Mulai dari pengetahuan tentang rumah dan juga gaya hidup yang berdurasi sekitar 40 menit.

Rumah Tempat wisata di Kuala Lumpur ini terbuka bagi semua pengunjung. Khususnya pada hari Senin sampai Sabtu buka dari pukul 11 siang hingga 3 sore. Tutup hanya pada hari libur nasional dan Minggu. Penunjung tidak dikenakan tiket, Gratis, ketika berkunjung ke lokasi wisata di kuala lumpur satu ini.

  1. Little India

Little-India-Kuala-Lumpur, tempat wisata di kuala lumpur yang memebuat diri seakan liburan di bombay
Little India. Image via: khamphamalay.com

Suasana di Little India di Malaysia benar-benar mirip dengan tanah aslinya. Hampir semua orang yang ditemui berwajah dan berparas India.  Alih-alih menemukan nasi lemak, di Tempat wisata di Kuala Lumpur ini pengunjung lebih mudah menemukan penjaja roti cane.

Di sepanjang jalanan di kota wisata di kala lumpur ini, ada beberapa spot yang benar-benar membuat pengunjung merasa sedang di India. Bila berfoto, rasanya akan seperti di negara tersebut.

Penjual bunga-bunga sembahyang bertaburan di Little India. Bila tiba di Brickfields, cobalah menyusuri jalanan kecil yang berada di antara kios-kios toko di sana. Anda akan menemukan sejumlah pedagang bunga yang dimaksud.

Di sepanjang Brickfields, terdapat sejumlah kuil dengan gaya khas India. Kuil-kuil itu biasa dipakai untuk sembahyang. Misalnya kuil yang terletak I belakang pasar bunga di Little India. Sebelum ke pasar Little India, biasanya penduduk setempat akan mampir untuk membakar dupa dan merapal doa.

Kawasan wisata di kuala lumpur initerbuka 24 jam. Utuk mengunjungi kawasan itu tidak ada pungutan tiket, alias Gratis.

  1. Kuala Lumpur Forest Eco Park

Kuala Lumpur Forest Eco Park, tempat wisata di kuala lumpur berupa taman luas yang menyegarkan pikiran
Kuala Lumpur Forest Eco Park. Image via: backpackingmalaysia.com

Berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia tak melulu harus wisata belanja. Pengunjung juga dapat menikmati objek wisata di kuala lumpur dalam bentuk berbeda, termasuk berjalan-jalan di hutan hujan tropis.

Ajaibnya hutan tersebut terletak di lokasi yang sangat strategis, di pusat kota Kuala Lumpur tepatnya di Jalan Raja Chulan, di area Menara Kuala Lumpur.

Di Tempat wisata di Kuala Lumpur ini, pengunjung dapat berjalan di atas kanopi atau jembatan gantung, dengan tinggi 5-18 meter. Jebatan di lokasi wisata di kuala lumpur ini memilki sembilan menara perhentian. Dari sana akan nampak pemandangan hutan yang hijau sekaligus pemandangan kontras, gedung-gedung tinggi di Kuala Lumpur Malaysia.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke KL Forest Eco Park pada bulan Juli sampai Desember. Karena kalau musim kemarau justru banyak pohon yang kering, jadi tak enak dilihat.

KL Forest Eco Park dibuka dari pukul 08.00-18.00, memiliki fasilitas surau, toilet, pusat informasi, galeri, dan tempat berkemah yang memerlukan izin dari penyelenggara sebelumnya.

Pengunjung masuk ke lokasi wisata di kuala lumpur ini tidak dipungut biaya, atau Gratis. Sepanjang pengunjung itu sebelumnya sudah mengunjungi Menara Kuala Lumpur, yang juga merupakan pintu masuk KL Forest Eco Park.

  1. Sungei Wang Plaza

Sungei Wang Plaza, tempat wisata di kual alumpur yang mengenalkan pengalaman berbelanja yang memuaskan
Sungei Wang Plaza. Image via: propertyguru.com.my

Seperti kebiasaan warga Indonesia yang berkunjung ke luar negeri, wisata belanja tentu tidak dapat ditinggalkan. LOkasi wisata di kuala lumpur satu ini adalah salah satu surga belanja di Malaysia.

Don’t judge the book from the cover. Pepatah tersebut sangat tepat untuk menggambarkan Tempat wisata di Kuala Lumpur satu ini. Pasalnya tidak sedikit pengunjung yang terkecoh dengan penampilan luar mall tersebut. Namun siapa sangka di dalamnya terdapat banyak pilihan produk fashion berkualitas.

Pengunjung bisa mendapatkan berbagai baju kekinian dengan harga mulai RM7 atau sekitar 25 ribu rupiah.

Untuk yang tinggal di Surabaya, mall ini semacam Pasar Atom dan untuk yang di Jakarta, ini merupakan ‘ITC Mangga Dua’ nya Kuala Lumpur. Tidak hanya pusat belanja pakaian, di dalam mall ini juga terdapat, di food court. Pengunjung bisa memanjakan lidah dengan berbagai macam masakan khas Malaysia.

  1. Central Market

central market, tempat wisata di kuala lumpur untuk berbelanja yang terbesar seklaigus tempat wisata kuliner
Central Market. Image via: pembaruannews.co

Central market Kuala Lumpur adalah sebuah tempat belanja dan tempat bersantai yang terkenal di kota terbesar Malaysia. Lokasi wisata di Kuala Lumpur ini berada di pusat kota Kuala Lumpur dan dekat dengan terminal bis Pudu Raya.

Tempat wisata di kuala lumpur ini lebih di kenal dengan nama Pasar Seni oleh masyarakat Malaysia.  Barang-barang yang di jual disini berupa souvenir termasuk barang-barang hasil kerajinan tangan warga Malaysia. Barang-barang disini  punya kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau. Tempat ini banyak di kunjungi turis asing yang tertarik dengan souvenir-souvenir khas Malaysia.

Berbagai pernak-pernik seperti gantungan kunci, perangko, pembuka tutup botol, dan tas ala Malaysia bisa ditemukan di lokasi wisata di kuala lumpur ini dengan harga tidak sampai 2 ribu rupiah.

Pedagang yang menjual Snack kekinian buatan Malaysia juga menghiasi Central Market di  bagian dalam. Yang Menyenangkan, pedagang disana semuanya ramah dan sangat terbuka untuk urusan tawar menawar.

  1. Pavillion Kuala Lumpur

Pavillion Kuala Lumpur, tempat wisata di kuala limpur lokasi gerai barang barang bermerek dan mahal dari seluruh dunia
Pavillion Kuala Lumpur. Image via: tripadvisor.com

Salah satu pusat perbelanjaan terkenal dan terbesar yang banyak dikunjungi di Malaysia adalah Pavilion Kuala Lumpur di daerah Bukit Bintang.

Tempat wisata di Kuala Lumpur berjenis Shopping Center ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling populer dan terbaik bagi pengunjung yang datang ke Malaysia. Selain lokasi ini menjual barang-barang branded, di lokasi Mall ini pengunjung juga dapat menikmati berbagai makanan lezat khas Malaysia. Makanan disajikan di food court dan juga restorant yang ada di dalam Mall.

Lokasi wisata di kuala lumpur ini sangat dekat dengan Airport, sehingga dikunjungi sebagai persinggahan sementara sembari menunggu jadwal penerbangan.

Bagi pengunjung yang senang mengoleksi berbagai barang-barang lucu dan oleh-oleh khas negara Jepang, di dekat Mall Pavilion juga ada Tokyo Street.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment