11 Tempat Wisata di New South Wales Yang Wajib Disinggahi

Mendatangi tempat wisata di New South Wales adalah impian yang terwujud. Selain pantai, pengunjung juga dapat menjelajah lebih dari 180 taman nasional dan suaka alam yang dimiliki New South Wales.


Mendatangi tempat wisata di New Soth Wales adalah impian yang terwujud. Selain pantai, pengunjung juga dapat menjelajah lebih dari 180 taman nasional dan suaka alam yang dimiliki New South Wales.
Tempat Wisata di New South Wales. Image via: introversion.com.au

Simak juga: tempat wisata di Australia

Sekilas Soal New South Wales

Keadaan geografis di NSW sangat beragam. Tapi secara dominan, NSW terkenal akan pemandangan gunung serta pesisir. Pantai-pantai di Sydney,  memiliki pantai yang trendy dan cosmopolitan. Sedangkan pantai selatan lebih alami dan belum tersentuh.

Secara keseluruhan, Negara bagian NSW Terbagi dua oleh The Great Deviding Range yang melintang dari utara ke selatan. Bagian timur pegunungan adalah dataran rendah pesisir yang merupakan daerah dengan populasi terbesar. Sedangkan kebalikanya adalah awal dari outlack.

Hampir seluruh bagian NSW beriklim sedang dengan hujan merata. Suhu rata-rata di Ibu Kota adalah 12 derajat di musim dingin dan 24 derajat di musim panas.

Bandara utama di NSW terletak di Sydney, yaitu bandara Smith Airport. Bandara ini melayani penerbangan domestic antar Negara bagian maupun penerbangan internasional. Untuk berpergian di dalam kota, warga biasa menggunakan bis dan kereta api.

Setiap harinya, ada dua kereta ke Canberra, kereta api malam ke Melboune dan Brisbane. Pelayanan kereta api di Sydney sangat pouler. Warga juga bisa mengandalkan monorail menuju pusat kota dan ada juga kapal feri dan taksi air untuk menyeberangi pelabuhan.

11 Tempat Wisata di New South Wales

  1. Canbera

Jalan-jalan di kota tempat wisata di New South Wales ini ditata dengan skala yang besar. Banyak di antara Jalan di kota diapit oleh taman bunga berwarna-warni dan ribuan pohon dengan warna musim gugur yang indah.
burley griffin lake di Canbera. Image via: suharman-musa

Sebagai kota Ibu kota Australia, Canberra terletak sekitar 280 km barat daya Sydney, di ujung utara Wilayah Ibu Kota Australia. Fitur utama dari kota yang direncanakan dengan hati-hati ini adalah danau buatan panjang yang dikelilingi oleh taman, area piknik, dan jalan setapak.

Pengunjung kota tempat wisata di New South Wales ini bisa menikmati bersantap pagi di Danau Burley Griffin. Di sana juga bisa melihat orang-orang yang berlari pagi, mengayuh sepeda, berperahu layar, serta tim perahu naga yang gigih.  Danau buatan yang besar ini merupakan ikon pusat kota Canberra, yang dikitari oleh begitu banyak objek wisata nasional.

Jalan-jalan di kota tempat wisata di New South Wales ini ditata dengan skala yang besar. Banyak di antara Jalan di kota diapit oleh taman bunga berwarna-warni dan ribuan pohon dengan warna musim gugur yang indah.

Bangunan utama Canberra terletak di dalam Segitiga Parlemen dan termasuk Galeri Nasional Australia, dengan tiga tingkat pameran dan taman patung. Banyak gedung indah di kota ini, diantaranya Perpustakaan Nasional Australia, Gedung Parlemen Lama, sekarang sebuah museum yang menggambarkan kisah demokrasi Australia, dan Gedung Parlemen Baru.

Pengunjung juga dapat memberi penghormatan di Australian War Memorial, dan melihat koleksi tanaman asli asutralia yang mengesankan di Australian National Botanic Gardens.

  1. Taman Nasional Blue Mountains

tempat wisata di New South Wales berupa taman nasional yang luasnya sekitar 11400 km persegi. Disebut Blue Mountains, karena ada banyak pohon gum yang memijar kebiru-biruan.
Taman Nasional Blue Mountains. Image via: lonelyplanet.com

Simak juga: tempat wisata di Melbourne

Blue Mountains bukan nama satu gunung yang warnanya biru. Nama itu adalah untuk tempat wisata di New South Wales berupa taman nasional yang luasnya sekitar 11400 km persegi. Disebut Blue Mountains, karena ada banyak pohon gum yang memijar kebiru-biruan.

Salah satu objek paling populer di sini adalah Three Sisters. Three Sisters merupakan formasi tiga batu raksasa yang berjejer di salah satu lembah di Blue Mountains. Konon itu adalah jelmaan 3 perempuan bersaudara yang berubah jadi batu saat perang suku. Untuk menikmati Three Sisters sudah disediakan platform yang luas dan bersih.

Ada juga fasilitas board walk di dasar lembah. Keberadaan jalan setapak berupa jembatan kayu di tempat wisata di New South Wales ini membuat pengunjung bisa merasakan jalan-jalan di rainforest dengan nyaman. Anak kecil bahkan balita yang masih harus dituntun pun bisa ikut menikmati sensasi hutan.

Rute jembatan kayu ini pun bisa pilih sendiri, mulai dari yang singkat 10 menit, sampai yang paling panjang sekitar 1 jam. Dengan total boardwalk sepanjang 2.4 km, Scenic Walkway ini adalah elevated boardwalk terpanjang di Australia.

  1. Taman Nasional Mungo

Pengunjung bisa menjelajah track khusus Cina Walls di tempat wisata di New South Wales ini.
Taman Nasional Mungo . Image via: kidbucketlist.com.au

terletak di jantung Willandra Lakes Haritage World di New South Wales Area, pengunjung Mungo National Park akan menemukan lahan kering luas seolah-olah berada di Mesir. Hal itu karena taman nasional ini dikelilingi oleh pasir.

Pengunjung bisa menjelajah track khusus Cina Walls di tempat wisata di New South Wales ini. Pengunjung bisa menjelajah menggunakan bersepeda atau drive tur dan menemukan semua hal menarik di tengah gurun pasir Taman Nasional Mungo.

Fitur utama dari Taman Nasional Mungo adalah Danau Mungo danau kering terbesar kedua dan dianggap sebagai danau kuno bersejarah. Beragam temuan dan peninggalan arkeologis yang telah ditemukan di tempat wisata di New South Wales ini.

Tinggalan arkeologis itu diantaranya sisa-sisa Mungo Man, manusia tertua yang ditemukan di Australia dan Mungo Lady, manusia tertua yang dikremasi. Mereka dimakamkan di tepi danau Mungo, di bawah ‘Walls of China’, serangkaian lunettes di tepi timur Selatan danau.

Pengunjung tempat wisata di New South Wales ini dengan dipandu oleh guide berpengalaman pengunjung akan diantarkan menuju lokasi penting dalam kehidupan bangsa Aborigin seperti lokasi upacara atau pemakaman.

  1. Snowy Mountains

Banyak hal yang bisa pengunjung temukan di tempat wisata di New South Wales ini. Salju putih mengelilingi seluruh dataran, juga menutupi beberapa bagian pohon.
Snowy Mountains. Image via: visitnsw.com

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Snowy Mountains berada di dataran tinggi yang termasuk dalam negara bagian New South Wales, yang berada di ujung selatan benua Australia. Banyak hal yang bisa pengunjung temukan di tempat wisata di New South Wales ini. Salju putih mengelilingi seluruh dataran, juga menutupi beberapa bagian pohon.

Di lokasi ini pengunjung juga bisa menemukan sungai pegunungan yang jernih dan sejuk lengkap dengan udaranya yang segar. Memilih untuk tinggal beberapa hari di hotel maupun penginapan yang disediakan merupakan pilihan menarik yang perlu pengunjung coba. Saat pagi, matahari akan muncul dengan cahaya kuningnya di balik gunung.

Snowy Mountains telah terkenal sebagai latar belakang untuk resor ski terkemuka di Australia, dan tentunya pengunjung bisa menikmati asiknya bermain ski dan meluncur diatas salju yang lembut. Penggunaan baju dan aksesoris juga perlu diperhatikan karena suhu udara di kawasan ini mencapai -2o C.

Di sekitar kawasan tempat wisata di New South Wales ini pengunjung dapat dengan mudah menemukan lokasi makan dan menikmati hidangan penghangat. Nikmati makanan lokal yang lezat, anggur yang memenangkan beragam penghargaan dengan rasa luar biasa.

  1. Hunter Valley

Kota tempat wisata di New South Wales ini Memiliki luas yang membentang 180 km.
Hunter Valley. Image via: aboutaustralia.com

The Hunter Region area yang lebih dikenal sebagai Hunter Valley, dan merupakan kota yang berada dalam wilayah New South Wales, Australia. Kota tempat wisata di New South Wales ini Memiliki luas yang membentang 180 km.

Kota ini berada pada garis Sungai Hunter dan anak sungainya dengan daerah dataran tinggi di bagian utara dan selatan. Hunter Valley merupakan salah satu lembah sungai terbesar di New South Wales dan memiliki banyak area hijau yang subur dan digunakan untuk perkebunan anggur.

Mengunjungi kota ini adalah hal menyenangkan dimana banyak wisata air juga bendungan yang bisa pengunjung singgahi. Salah satunya adalah bendungan Glenbawn, Chichester dan Lostock yang masing-masing mendapatkan air dari nama sungai yang sama dengan nama bendungannya.

Industri utama di Hunter adalah pertanian, pemeliharaan anggur dan pembuatan anggur. DI tempat wisata di Bew South Wales ini juga ada banyak area pariwisata, seperti peternakan kuda, produksi listrik, peternakan sapi perah dan ternak sapi potong hingga industri jasa terkait.

Dari berbagai objek di tempat wisata di New South Wales ini, yang paling menonjol adalah produksi anggur juga olahannya. Produksi anggur di daerah ini memiliki eksistensi produk yang baik, terutama untuk varietas anggur merah dan putih.

  1. Coffs Harbour

Di pantai kota tempat wisata di New South Wales ini, pengunjung bisa menikmati seru berselancar, memancing dan bermain pasir.
Coffs Harbour. Image via: australia.com

Simak juga: tempat wisata di Makau

Coffs Harbour adalah pelabuhan yang ramai dikunjungi dan dikenal dengan pisang raksasa di ujung utara Sydney. Ini merupakan salah satu kota regional terbesar di New South Wales. Kota dengan pelabuhan yang menjadi tempat persinggahan kapal-kapal besar ini juga memiliki pantai indah yang bisa pengunjung singgahi.

Di pantai kota tempat wisata di New South Wales ini, pengunjung bisa menikmati seru berselancar, memancing dan bermain pasir. Bahkan hanya sekedar piknik dan menikmati panggangan barbekyu berbaur dengan penduduk setempat. Itu bisa menjadi pengalaman berkesan untuk mengisi waktu hiburan.

Di sekitar pantai tempat wisata di New South Wales yang menjadi bagian dari kota pinggir pantai ini, pengunjung juga bisa menemukan perkebunan pisang yang mengisi perbukitan di sekitar. Keberadaan kebun pisang itu membuat lanskap hijau yang tidak biasa.

Kota ini juga memiliki kegiatan yang bisa pengunjung ikuti, yakni Adventurethon Coffs Harbour yang akan diadakan pada tanggal 12 Oktober sampai 13 Oktober. Acara ini merupakan kegiatan outdoor multisport yang penuh dengan fasilitas olahraga mendayung , bersepeda gunung dan jejak berjalan menelusuri beberapa bagian dari kota.

  1. Byron Bay

Tempat wisata di New South Wales ini populer karena memiliki pasir putih yang alami untuk berjemur.
Byron Bay. Image via: rtwbackpackers.com

Byron Bay adalah pilihan tepat jika pengunjung menginginkan menemukan pemandangan yang megah dengan beragam fasilitas. Di Tempat wisata di New South Wales ini pengunjung juga bisa menikmati hari santai di beberapa resort pantai yang populer dengan gaya hidup pantai alternatif.

Tempat wisata di New South Wales ini populer karena memiliki pasir putih yang alami untuk berjemur. Pengunjung bisa menikmati seru bersantai di atas pasir putih, sambil menunggu gelombang ombak menerpa pantai. Area ini juga menjadi lokasi favorit untuk berselancar.

Seni populer dan pasar kerajinan juga bisa pengunjung temukan di kota ini. Acara biasanya diadakan pada hari minggu pertama setiap bulan. Byron Bay Art Studio menjadi lokasi yang harus pengunjung singgahi. Di sana pengunjung tak hanya menemukan beragam karya megah, namun juga pengalaman belajar melukis.

Untuk menemukan pemandangan spektakuler sekitar pantai, pengunjung juga bisa singgah di The Lighthouse Cape Byron. Mercusuar ini yang memiliki pemandangan indah di titik paling timur Australia. Puncak mercusuar ini merupakan tempat yang populer untuk melihat garis pantai dari ketinggian.

  1. Sapphire Coast

Pengunjung tempat wisata di New South Wales ini akan menemukan banyak lokasi wisata dan aktifitas menarik saat menginjakkan kaki di kawasan in.,
Merimbula di Sapphire Coast. Image via: https://www.designcentral.com.au/about/merimbula-nsw/

Simak juga: tempat wisata di Teipei

Sapphire Coast, juga dikenal sebagai Bega Valley dan merupakan wilayah pesisir paling selatan di New South Wales. Pengunjung tempat wisata di New South Wales ini akan menemukan banyak lokasi wisata dan aktifitas menarik saat menginjakkan kaki di kawasan ini.

Sapphire Coast merupakan kota dengan banyak pantai yang indah, yang juga dikelilingi oleh area hutan belantara yang tak tersentuh. Pengunjung bisa menemukan satwa liar berlimpah juga flora dari beragam varietas.

Pengunjung akan terkesan dengan biru laut yang berkilauan dengan latar belakang pegunungan dan menemukan kumpulan pohon eukaliptus yang menutupi kaki gunung dekat pantai. Jelajahi beberapa bushwalking yang ada dan pengunjung juga akan menemukan jalan yang mengarah ke hutan hujan.

Pengunjung tak hanya menemukan pantai datar di kota ini namun pengunjung juga bisa menjelajah pantai hingga menemukan teluk yang spektakuler dan  tanjung berbatu. Pada bulan tertentu bisa melihat paus untuk sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk makan siang, pengunjung dapat memilih salah satu fasilitas di tempat wisata di New South Wales ini.  Semua fasilitas memiliki desain menawan menghadap langsung ke pantai berpasir keemasan dan perairan sebening kristal.

  1. Pulau Norfolk

di pulau tempat wisata di New South Wales ini begitu indah. Datarannya hijau dan viewnya lautan biru yang sangat jernih
Pulau Norfolk. Image via: lovetoeattotravel.com

Pulau Norfolk adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik, di antara Australia, Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Dia merupakan sebuah teritori luar Australia. Araucaria heterophylla, sebuah jenis pohon cemara khas Pulau Norfolk, merupakan simbol pada bendera wilayah ini.

Suasana di pulau tempat wisata di New South Wales ini begitu indah. Datarannya hijau dan viewnya lautan biru yang sangat jernih. Di sini tersedia apartemen dengan beranda yang sangat luas. Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut sambil menikmati matahari terbenam.

Pulau ini memiliki masa lalu yang cukup kelam. Selama abad ke-19 pulau ini dijadikan tempat dibuang penjahat paling kejam dunia. Karena itu tersebar berita soal pulau ini disebut-sebut berhantu.

The Norfolk Broads Merupakan salah satu destinasi di Norfolk. Perairan seluas 30.000 hektare ini terbentuk akibat pasang air laut pada masa lalu. Air pasang itu membentuk sebuah rawa. Rawa inilah yang kemudian menjadi rumah bagi beragam burung dan hewan liar lainnya.

Pasar Burnham merupakan salah satu desa klasik di kawasan tempat wisata di New South Wales ini, dengan kompleks perumahan bergaya Georgian di sekitar danau. Pasar ini menjual pakaian-pakaian apik dan juga produk kerajinan tangan.

  1. Pulau Lord Howe

Lord Howe Island merupakan lokasi wisata di New South Wales yang memiliki banyak atraksi alam yang indah.
Pulau Lord Howe. Image via: http://millionstarhotel.com/lord-howe-island/

Simak juga: tempat wisata di Taiwan

Lord Howe Island merupakan tempat wisata di New South Wales yang memiliki banyak atraksi alam yang indah. Area ini merupakan sisa-sisa gunung berapi dengan pola yang tidak teratur. Bahkan pengunjung bisa melihat sebentuk kawah yang berbentuk bulan sabit.

The Lord Howe Island merupakan kumpulan dari sekelompok pulau yang terdiri dari 28 pulau. DOantara pulau-pulau itu banyak yang tak berpenghuni. Seperti  pulau Ball di  tenggara, Admiralty Group di utara, dan sekelompok pulau kecil lain.

Kumpulan pulau-pulau cantik ini bisa dibilang surga yang indah dan menjadi lokasi eksotis yang terdaftar sebagai Warisan Dunia di lepas pantai utara New South Wales. Tempat wisata di New South Wales ini dapat dijangkau dengan penerbangan kurang dari dua jam perjalanan dari Brisbane atau Sydney.

Mata pengunjung akan terbelalak melihat keindahan pantai alami ini. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada atau memilih mengeksplorasi dataran sepanjang 10km ini dengan bersepeda maupun berjalan kaki.

Alasan tempat wisata di New South Wales ini terdaftar di World Heritage adalah karena keindahan alam, geologi dan koleksi langka burung, tanaman dan kehidupan laut. Lord Howe dikelilingi oleh terumbu karang yang hanya ada di selatan dan terumbu karang langka.

  1. Port Stephens

Kota pesisir tempat wisata di New South Wales ini memiliki ratusan lumba-lumba yang hidup bahagia di perairan kota.
Dolphin Tour Port Stephens. Image via: https://honeymoon.weddingku.com/australia/port-stephens/activity/port-stephens-dolphin-experien?id=40599

Port Stephens adalah sebuah kawasan pantai dan pelabuhan yang pada akhirnya menjadi kawasan tujuan wisata, terletak sekitar 160 kilometer dari pusat kota Sydney.

Port Stephens, di Australia menjadi salah satu destinasi melihat lumba-lumba di alam liar. Kota pesisir tempat wisata di New South Wales ini memiliki ratusan lumba-lumba yang hidup bahagia di perairan kota. Ada lebih dari 150 lumba-lumba yang hidup di perairan ini.

Perairan di Port Stephen termasuk salah satu yang paling jernih di dunia. Tidak ada sampah apalagi limbah yang tumpah ke sini. Karena mereka tahu bahwa ada banyak hewan laut yang tinggal di bawah airnya, termasuk lumba-lumba.

Lumba-lumba di tempat wisata di New South Wales ini senang dengan kehadiran manusia. Mungkin juga karena mereka sudah terbiasa didatangi kapal-kapal besar yang mengangkut penumpang penasaran. Jadi saat kapal datang, lumba-lumba sering bermunculan di kiri atau kanan kapal.

Ada banyak operator yang melayani wisata dolphin watching atau melihat lumba-lumba. Jam perjalanan tersedia dari pagi sampai sore hari. Untuk tiketnya adalah sekitar AUD 26 sekali perjalanan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment