11 Tempat Wisata di Melbourne yang Wajib di Kunjungi

Ada beragam pilihan tempat wisata di Melbourne Australia yang dapat disambangi ketika berlibur. Hal ini karena Melbourne merupakan pusat olahraga, hiburan, pendidikan, seni dan perdagangan di Australia. Tidak heran bila kemudian Melbourne dikenal sebagai ibukota budaya Australia.


Ada beragam pilihan tempat wisata di Melbourne Australia yang dapat disambangi ketika berlibur.
Tempat Wisata di Melbourne. Image via: wikipedia

Simak juga: tempat wisata di Australia

Sekilas Soal Melbourne

Melbourne merupakan ibu kota Australia selama 26 tahun antara 1901 dan 1927 sebelum ibu kota pindah ke Canberra. Meski begitu, Melbourne tetap menjadi salah satu kota penting di Negeri Kanguru tersebut.

Melbourne merupakan kota dengan rute trem terbesar di luar Eropa dan terpanjang keempat di dunia. Diketahui, rute trem di kota ini memiliki panjang 250 km dengan total 493 kereta untuk 24 rute dari 1.763 pemberhentian.

Selain memiliki sistem transportasi yang bagus, keramahan warga sekitar ditambah berbagai fasilitas kebutuhan dan kualitas udara yang baik, membuat Melbourne merupakan salah satu kota yang layak untuk dihuni.

Di Melbourne, cuaca dapat berubah seketika. Jadi, lebih baik untuk selalu bersiap-bawalah payung dan kenakan pakaian berlapis yang dapat dilepaskan sesuai kebutuhan. Pada bulan Juli dan Agustus, angin kencang nan dingin dapat berembus dari arah utara ke barat laut. Jadi, siapkan jaket tahan angin Anda.

11 Tempat Wisata di Melbourne

  1. Cathedral Cruch Of St Saviour

Gereja tempat wisata di Melbourne ini memiliki menara yang lengkap dengan lonceng. Gereja ini merupakan gereja yang cukup besar dan memiliki ketinggian keseluruhan 103 meter  atau 338 kaki.
Cathedral Cruch Of St Saviour. Image via: abc.net.au

Sejarah Cathedral Cruch Of St Saviour dari keputusan Ratu Victoria pada 14 Maret 1863 untuk mendirikan Keuskupan Goulburn dan meresmikan kota sebagai kota pedalaman pertama di Australia . Gereja tua dengan bangunanyang indah ini dibangun di sekitar Gereja St Saviour tua yang selesai dibangun tahun 1884.

Cathedral Church of St Saviour ini merupakan salah satu yang terbaik dari katedral yang dibangun dari batu pasir putih di belahan bumi selatan . Gereja dan bagian balainya dirancang oleh salah satu arsitek paling terkenal di Australia , Edmund T. Blackett .

Gereja tempat wisata di Melbourne ini memiliki menara yang lengkap dengan lonceng. Gereja ini merupakan gereja yang cukup besar dan memiliki ketinggian keseluruhan 103 meter  atau 338 kaki. Gereja yang sekarang berdiri merupakan adaptasi dari gereja lama yang telah runtuh.

Tempat wisata di Melbourne ini memilki desain batu kecoklatan, sehingga bangunan ini terlihat tua namun cantik. Di dalamnya pengunjung bisa menyusuri bagian gereja dan menemukan belltower indah juga jendela besar yang mengelilingi bagian ruangannya. Terdapat pula batu besar dibagian depan yang menghadirkan kesan suci untuk ritual keagamaan para uskupnya.

  1. Kiama Lighthouse

The Kiama Lighthouse dibangun dengan satu bangunan tinggi dan di cat putih. Bangunan tempat wisata di Sydney ini didirikan pada tahun 1887.
Kiama Lighthouse. Image via: lighthouses.org.au

SImak juga: tempat wisata di Sydney

The Kiama Lighthouse dibangun dengan satu bangunan tinggi dan di cat putih. Bangunan tempat wisata di Sydney ini didirikan pada tahun 1887. Kiama Lighthouse ini dibangun dengan ketinggian 36,3 meter dari permukaan laut dan mampu terlihat dari jarak dari jarak 31,5 km.

Bangunan ini terbuat dari batu bata, semen dan diplester luar dalam . Ascending menara dilakukan oleh tiga tangga besi.  terkemuka dari satu lantai ke yang berikutnya dan bagian atas struktur ini dikelilingi oleh pagar artistik.

Di dalam mercusuar dapat ditemukan aparat asli oil burner dengan lensa tetap catadioptric yang menghasilkan cahaya yang terlihat sejauh sembilan mil. Pengembangan dari mercusuar ini juga terus dilakukan dan untuk meningkatkan daya pancar. Pada tahun 1969 cahaya dihasilkan dari tenaga listrik.

Kiama Lighthouse ini berada sangat dekat dengan semburan air spektakuler yang bisa memancar hingga ketinggian 20 meter. Di dekat mercusuar ini juga dapat ditemukan Keeper House yang digunakan selama bertahun-tahun sebagai tempat tinggal untuk pilot pelabuhan dan bangunan sekarang dijadikan museum.

Mercusuar tempat wisata di Sydney ini buka pada akhir pekan, namun menara tertutup untuk umum.

  1. Federation Square

Federation square ini resmi dibuka pada 26 Oktober 2002. Tempat wisata di Melbourne ini dibangun dengan total biaya pembangunan 450jt dollar amerika
Federation Square. Image via: ytravelblog.com

Kumpulan desain unik ini berada dikawasan Swanston & Flinders St, Melbourne, Victoria. Federation square ini resmi dibuka pada 26 Oktober 2002. Tempat wisata di Melbourne ini dibangun dengan total biaya pembangunan 450jt dollar amerika, biaya yang sangat mahal

Federation Square adalah salah satu proyek bangunan dengan konstruksi paling rumit dan unik yang pernah didirikan di Australia. Dengan luas sekitar 3,2 hektar, tersusun dengan model balok besar yang tak beraturan dan merupakan perpaduan karya Arsitektur Lab dengan arsitek Bates Australia Smart.

Bangunan seru lainnya adalah berupa deck di bawah tanah tempat wisata di Melbourne ini, yang berfungsi meredam dan mengisolasi akibat getaran di bioskop atau stasiun televisi di atasnya. Ada pula The Façade Fractal merupakan nama desain ukiran balok – balok besar di luar ruangan.

Selain gedung khusus untuk pagelaran seni tersebar pula beberapa restoran di sekitar gedung dengan menu-menu yang beragam. Adapula kafe dan bar untuk tempat bersantai dan berkumpul bersama teman-teman dan menyajikan menu khas Melbourne hingga menu dari negeri seberang. Pilihan tempat yang seru untuk dikunjungi.

  1. Werribee Open Range Zoo

Di tempat wisata di Melbourne ini pengunjung akan menemukan berbagai pemandangan menakjubkan dari binatang yang hidup di padang seluas 225 hektar.
Werribee Open Range Zoo. Image via: wheretraveler.com

SImak juga: tempat wisata di Macau

Werribee Open Range Zoo berada di kawasan K Rd, Werribee, Victoria dan berada hanya 30 menit dari pusat kota Melbourne. Jarak yang cukup dekat jika ditempuh dengan berkendara sendiri. Selain mobil datang ke tempat wisata di Melbourne ini juga bisa menggunakan Tram 55 dari pusat kota.

Di tempat ini pengunjung akan menemukan berbagai pemandangan menakjubkan dari binatang yang hidup di padang seluas 225 hektar. Pengunjung dapat bertatap-muka langsung dengan gorila menakjubkan, singa, cheetah dan melihat monyet bermain serta menemukan keluarga kuda nil di pameran Sungai Kubu Hippopotamus.

Pengunjung dapat menikmati safari tour selama 40 menit menggunakan bis secara gratis. Jika pengunjung ingin mencari sensasi yang lebih menyenangkan maka pengunjung dapat pergi menuju Encounters. Hal yang bisa dilakukan adalah menyentuh badak, memberi makan jerapah dan melihat hewan yang menakjubkan dari dekat dengan kendaraan terbuka.

Tempat ini memiliki salah satu pameran terbesar di dunia dan menampilkan atraksi dari berbagai macam hewan yang sudah terlatih. Ada pula pameran laut liar yang menampilkan keindahan alam dan hewan penghuni pantai maupun laut Victoria termasuk penguin dan anjing laut.

  1. Melbourne Aquarium

Di tempat wisata di Melbourne ini pengunjung dapat berjalan-jalan di bawah dinding kaca yang besar dengan ikan yang bebas berenang di kanan – kiri pengunjung
Shark Dive Melbourne Aquarium. Image via: adrenaline.com.au

Melbourne Aquarium berada di kawasan Corner King Street & Flinders Street, Melbourne, Victoria dan berada tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau dengan berkendara sendiri atau dengan kendaraan umum.

Di tempat wisata di Melbourne ini pengunjung dapat berjalan-jalan di bawah dinding kaca yang besar dengan ikan yang bebas berenang di kanan – kiri pengunjung. Pemandangan yang sangat menakjubkan, seolah olah berjalan di daratan bawah laut dan berada dekat dengan biota laut yang sebelumnya belum pernah pengunjung lihat.

Melbourne Aquarium menjadi tempat untuk menampung berbagai macam koleksi kuda laut dari berbagai spesies, dan memiliki jumlah penangkaran terbanyak untuk setiap spesies. Yang paling seru dari koleksi aquarium ini adalah dia menjadi tempat tinggal hiu dan ikan pari raksasa.

Bagi pengunjung yang benar-benar ingin merasakan permainan air di Aquarium Melbourne, bisa mencoba fasilitas menyelam bersama biota laut. Dengan mengikuti kegiatan ini pengunjung bisa berada dekat dengan hiu tapi tetap di temani instruktur yang akan menjaga keselamatan pengunjung.

  1. Polly Woodside

Tempat wisata di Melbourne berupa Kapal layar bergaya perompak ini, akan membawa pengunjung menyelami lebih jauh tentang sejarah pelayaran
Polly Woodside. Image via: melbourne.vic.gov.au

Simak juga: tempat wisata di Taipei

Polly Woodside  adalah museum berjalan yang akan mengajak pengunjung untuk menjelajahi perahu besar, mengungkap sejarah pelayaran masa kolonial. Kapal bersejarah ini diproduksi sejak tahun 1885 dan perjalanan ini menawarkan perjalanan menarik di atas perairan.

Tempat wisata di Melbourne berupa Kapal layar bergaya perompak ini, akan membawa pengunjung menyelami lebih jauh tentang sejarah pelayaran, sekaligus melihat laut dari dekat. Pengunjung bisa menjelajahi dek kemudi juga tiang-tiang layar.

Dalam perahu besar ini terdapat ruang galeri yang memajang peralatan berlayar. Juga ada bioskop mini yang menayangkan film singkat tentang pelayaran dilengkapi dengan panggung hiburan yang akan menyajikan beberapa pertunjukan menarik.

Kunjungan menyenangkan ke tempat wisata di Melbourne ini bisa dimulai sejak pukul 10.00 hingga pukul 16:00, pada hari kamis hingga minggu. Saat musim libur sekolah, tour menggunakan kapal layar ini terbuka selama tujuh hari seminggu.

Kecuali pada hari libur nasional dan hari natal, untuk menikmati tour ditengah lautan ini hanya dikenakan biaya sebesar 16 dollar untuk orang dewasa dan 9 dollar untuk anak-anak. Paket hemat dapat diambil jika pengunjung mengajak keluarga, dua orang dewasa dan dua orang anak hanya seharga 43 dollar.

  1. Main Beach

Main Beach didominasi oleh Surf Club dan dipatroli oleh Surf Lifesavers di musim panas. Tempat wisata di Melbourne ini mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari pusat kota
Main Beach. Image via: ukpicture.com.au

Main Beach didominasi oleh Surf Club dan dipatroli oleh Surf Lifesavers di musim panas. Tempat wisata di Melbourne ini mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari pusat kota. Pantai ini merupakan pantai yang aman untuk berenang di sekitar batas bendera yang dipasang. Juga lokasi yang nyaman untuk berjemur.

Di sekitar pantai tempat wisata di Melbourne ini, pengunjung bisa menemukan banyak penginapan mewah. Juga ada tempat mencari makanan lezat di bar dan restaurant tepi pantai. Pantai ini juga berada dekat dengan banyak pantai lain yang bisa pengunjung jelajahi hanya dengan berjalan kaki di track yang tersedia.

Main Beach Byron Bay merupakan salah satu pantai yang aman untuk dikunjungi bersama keluarga, memiliki kurva melengkung menghadap utara yang menawarkan akses mudah untuk berselancar atau hanya beristirahat di atas pasir putih lembut dan laut pirus.

Hal menarik dari pantai tempat wisata di Melbourne ini adalah adanya lokasi camping di lima belas titik lokasi.Selain itu pengunjung juga bisa menemukan banyak lokasi yang cocok untuk surfing dan pantai yang sangat baik memancing. Keberadaan anjing diijinkan dengan jumlah maksimal dua ekor.

  1. Narooma Surf beach

Dari pantai tempat wisata di Melbourne ini pengunjung juga bisa melihat kemegahan mercusuar yang berdiri di Montague Island.
Narooma Surf beach. Image via: tripadvisor.com.au

SImak juga: tempat wisata di Taiwan

Di Narooma Surf beach, pengunjung bisa menemukan hamparan pantai yang indah. Dari pantai tempat wisata di Melbourne ini pengunjung juga bisa melihat kemegahan mercusuar yang berdiri di Montague Island. Bahkan pengunjung bisa menjangkau lokasi itu hanya dengan berjalan dari pantai ini.

Pantai terletak di sisi selatan dari Wagonga Heads. Pantai sepanjang 770 meter ini memiliki kenampakan alami yang indah dengan adanya kawasan berbukit. Pantai tempat wisata di Melbourne ini masuk dalam kategori pantai surfing terbaik untuk kota pantai yang indah.

Ada bagian pantai yang disebut dengan Little Lake di bagian selatan pantai dan berada tepat di sebelah klub surfing. Kawasan ini merupakan laguna yang aman untuk berenang dan lokasinya juga berada tak jauh dari taman kafilah yang terletak di sisi utara pantai. Parkir mobil disediakan di jalan yang membentang di sepanjang pantai terutama di bagian utara dari klub surfing.

Selain lokasi tepat untuk penggemar surfing, pantai ini juga banyak dikunjungi para penggemar memancing. Ada banyak spot memancing di sepanjang pantai. Banyak pemancing yang membawa pulang beragam ikan besar.

  1. Yarra River

Di tepi sungai tempat wisata di Melbourne ini dibangun gedung-gedung mewah dengan segala kelengkapan fasilitas
Yarra River. Image via: traveller.com.au

Yarra River adalah sungai yang berada di sebelah timur Melbourne dengan panjang mencapai 240 km dan bermuara menuju Port Phillip Bay.

Di tepi sungai tempat wisata di Melbourne ini dibangun gedung-gedung mewah dengan segala kelengkapan fasilitas. Tidak hanya rumah bagi manusia tetapi sungai sepanjang 240 km ini juga merupakan rumah bagi tanaman dan hewan, termasuk platipus, koala, lyrebirds dan ikan asli air tawar.

Sungai ini merupakan tempat wisata di Melbourne yang penting. Di sepanjang aliran sungai ini telah dibangun Melbourne Park, Royal Botanical Gardens, Melbourne Cricket Ground, dan berbagai fasilitas lain. Ada juga Herring Island Park yang menjadi habitat ribuan pohon dan burung serta hewan.

Beberapa tempat makan di tepi sungai dengan kursi ditata melingkar serta dinaungi payung berwarna putih. Selain itu ada pula jalan khusus yang diperuntukkan untuk pengendara sepeda, pejalan kaki dan jogging track sebagai area untuk pengunjung berlari-lari mengitari aliran panjang sungai ini.

Dengan kapal feri pengunjung dapat singgah di Herring Island Park ataupun mengunjungi Sculpture Trail. Pengunjung juga dapat menemukan pemandangan memukau dengan warna alami dari vegetasi burung yang beragam.

  1. Caribean Garden and Market

Caribbean Gardens dan Market, adalah tempat wisata di Melbourne berupa pasar tradisional gaya Australia yang  terletak di kawasan 1.280 Ferntree Gully Road, Scoresby, Victoria.
Caribean Garden and Market. Image via: truelocal.com.au

SImak juga: tempat wisata di Shenzhen

Caribbean Gardens dan Market, adalah pasar tradisional gaya Australia yang  terletak di kawasan 1.280 Ferntree Gully Road, Scoresby, Victoria. Tempat wisata di Melbourne ini selalu menarik perhatian pengunjung. Beragam barang yang pengunjung cari akan sangat mudah untuk diperoleh hanya dengan berkeliling mengunjungi tiap lapak.

Caribbean Gardens & Market yang telah beroperasi sejak tahun 1965, menjadi salah satu pasar terbesar yang memiliki lebih dari 1.000 kios. Lokasi ini menjual beragam kebutuhan mulai dari produk segar seperti buah, sayuran maupun daging sampai ikan.

Selain berbelanja, tempat ini pun menjadi tempat menarik untuk bersantai bersama keluarga sambil mengajak anak – anak. Mereka akan suka untuk diajak menaiki kereta kecil dengan lintasan melaju mengelilingi  sekitar area danau Carabia.

Selain itu pengunjung tempat wisata di Melbourne ini bisa menikmati perjalanan indah menaiki perahu yang mampu menampung hingga 40 0rang penumpang. Dari atas perahu pengunjung bisa melihat beberapa hewan air yang hidup di tepian danau.

Pusat perbelanjaan ini memiliki taman cantik dengan menyediakan area hijau yang cocok untuk digunakan berpiknik dan menikmati kelezatan barbeque.

Tempat wisata di Melbourne ini buak apda hari Rabu, Jumat, dan Minggu, mulai jam 08.30 hingga tutup jam 15:00.

  1. Merbourne Central Shopping Centre

bangunan tempat wisata di Melbourne ini menyediakan beragam produk dengan merek-merek terkenal
Merbourne Central Shopping Centre. momspumphere.com

Melbourne Central Shopping Centre. Terletak di pusat CBD dan berlokasi di kawasan 211 LaTrobe St, Melbourne, Victoria. Karena letaknya berada di jalanan yang ramai dilintasi warga maka tempat ini mudah dijangkau dengan angkutan umum

Dihiasi atap berbentuk kerucut, bangunan tempat wisata di Melbourne ini menyediakan beragam produk dengan merek-merek terkenal. Hal ini menarik ratusan ribu orang, untuk selalu memenuhi setiap sisi ruangan. Pengunjung meningkat saat menjelang natal dan liburan musim panas.

Beragam karya desainer Australia terbaik dan merek internasional selalu menjadi barang andalan yang dipasarkan oleh sebagian besar toko. Pusat perbelanjaan ini mencakup dua blok kota dan memiliki lebih dari 300 toko. Sebagian besar dinding luar toko di tempat wisata di Melbourne ini  berhiaskan kaca.

Toko-toko disepanjang lobi ruangan juga menyediakan barang-barang perlengkapan bayi, toko furniture, pernak-pernik kesukaan pria maupun wanita. Ada pula toko arloji, toko emas dan beragam toko lainnya. Membutuhkan setidaknya setengah hari untuk berkeliling di sekitar pusat perbelanjaan ini.

Tempat wisata di Melbourne ini buka Setiap hari, mulai jam 10.00 jingga tutup jam 18.00.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment