8 Tempat Wisata di Taipei, Berlibur Di Surganya Taiwan

|

Tempat wisata Taipei sangat beragam jenisnya, mulai dari alam, sejarah, religi, hingga belanja. Nggak salah jika Taipei selalu menjadi pusat kunjungan wisatawan ketika berada di Taiwan.

Dimana Taipei sendiri merupakan kota terbesar yang ada di Taiwan. Ditambah lagi banyak tempat wisata di Taipei yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Gedung – gedung pencakar langit bersanding dengan kuil – kuil kuno, ditambah lagi keindahan alamnya tak pelak menjadi daya tarik lain dari Taipei. Waktu kunjungan terbaik ialah di bulan Oktober hingga Januari, dimana udaranya sangat nyaman.

Berikut beberapa tempat wisata di Taipei yang harus kamu kunjungi, sebagai bahan referensi wisata ketika berlibur nanti.

Saat ini Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pergi dari bumi ini, hal tersebut membuat setiap negara memiliki aturannya tersendiri mengenai virus tersebut.

8 Tempat Wisata di Taipei

1. Taipie 101

menara taipei 101
menara taipei 101. google maps. sumber: 林瑋漢

Simak: tempat wisata di Taiwan

Menara Taipei 101 merupakan wisata Taiwan yang mendunia. Karena Menara Taipei 101 dinobatkan sebagai salah-satu menara tertinggi di dunia.

Menara Taipei 101 memiliki ketinggian 508 meter, terdiri dari 101 lantai, dan dilengkapi dengan fasilitas lift tercepat di dunia.

Selain itu, Menara Taipei 101, atau Gedung Financial Internasional Taipei, dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti toko, atau tempat belanja, anjungan observasi, hingga restoran.

Menara Taipei 101 merupakan tempat wisata Taipei, sekaligus spot terbaik menikmati keindahan Kota Taipei dari ketinggian.

  • Lokasi Menara Taipei 101 berada di alamat Distrik Xinyi, Kota Taipei, Taiwan.
  • Menara Taipei 101 buka dari pukul 11.00 – 22.00.

2. National Palace Museum

national palace museum
national palace museum. google maps. sumber: abode abode

Simak juga: tempat wisata di Shenzhen

National Palace Museum merupakan tempat wisata yang penuh dengan benda-benda berharga dari mulai zaman Shang hingga Dinasti Qing. Yang kira-kira sudah 4.000 tahun.

Benda – benda berharga tersebut terdiri dari lukisan, keramik, batu giok, pernis, enamel, ukiran dekoratif, bordir dan permadani, buku-buku, kaligrafi, dan beberapa arsip.

Pada awalnya koleksi-koleksi tersebut dikoleksi oleh Kaisar Beijing, untuk kemudian dengan proses yang panjang akhirnya dikumpulkanlah di National Palace Museum.

Selain menyimpan karya seni yang luar biasa, National Palace Museum juga dilengkapi dengan taman yang cantik. Landscapenya bisa kamu gunakan untuk latar berfoto.

  • Lokasi: No. 221, Sec.2, Zhi Shan Road, Shilin District, Taipei, Taiwan.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 setiap hari Senin tutup
  • Tiket masuk: sekitar Rp. 76.000,-

3. Chiang Kai-Shek Memorial Hall

chiang kai shek memorial hall
chiang kai shek memorial hall. google maps. sumber:  許婷婷

Simak juga: tempat wisata di Guangzhou

Chiang Kai-Shek Memorial Hall masih berada di satu kawasan dengan National Palace Museum. Ini merupakan sebuah bangunan yang berisikan patung raksasa dari Chiang Kai-Shek.

Beliau merupakan pencetus atau pendiri dari Negara Taiwan, ketika terjadi perang saudara di Tiongkok. Selain itu, ada pula informasi yang menjelaskan sepak terjang beliau di dunia politik semasa hidupnya.

Ada lagi dua bangunan lain dengan bergaya arsitektur Tiongkok klasik yang eyecatching, yakni National Theater dan National Concert Hall.

4. Yangmingshan National Park

taman nasional yangmingshan
taman nasional yangmingshan. google maps. sumber: Cynthia Yen

Simak juga: tempat wisata di Beijing

Tempat wisata di Taiwan selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Taman Nasional Yangmingshan. Sebuah taman nasional yang menghadirkan panorama alam yang sangat indah.

Beberapa lokasi di Taman Nasional Yangmingshan yang sangat terkenal adalah Kebun Sakura, danau, pemandian air panas, dan taman indah.

  • Lokasi Taman Nasional Yangmingshan terletak di Gunung Yangming.
  • Alamat Taman Nasional Yangmingshan meliputi beberapa distrik di Taipei, dan New Taipei, Taiwan.

5. Kuil Longshan Mengjia

kuil longshan mengjia
kuil longshan mengjia. google maps. sumber: Ya hui Lan

Simak juga: tempat wisata di Hongkong

Kuil Longshan atau dikenal dengan nama Kuil Longshan Mengjia merupakan sebuah kuil yang cantik, dengan hiasan ornamen hampir di setiap sisinya.

Kuil ini telah berusia ratusan tahun, namun bangunan yang ada saat ini bukanlah bangunan asli. Karena bangunanya yang asli pernah rusak akibat dari Perang Dunia II.

Di sekitar Kuil Longshan Mengjia selalu diadakan festival, serta banyak sekali yang menjajakan souvenir yang bisa dijadikan oleh – oleh.

Layaknya mengunjungi tempat beribadah, kamu diharuskan menggunakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka. Selain itu menjaga sikap ketika berada di Kuil Longshan Mengjia.

  • Lokasi: Distrik Wanhua, Taipei, Taiwan.
  • Tiket masuk: Gratis

6. Museum Seni Rupa Taipei

museum seni rupa taipei
museum seni rupa taipei. google maps. sumber: Taipei Fine Arts Museum

SImak juga: tempat wisata di Shnaghai

Satu lagi museum di Taipei yang harus kamu kunjungi, yakni Museum Seni Rupa Taipei yang didirikan tanggal 24 Desember 1983.

Museum Seni Rupa Taipei awalnya digunakan sebagai pameran seni modern dan kotemporer. So, untuk kamu penggemar senin rupa wajib mengunjungi Museum Seni Rupa Taipei ini.

  • Lokasi: No. 181, Section 3, Zhongshan District, Taipei, Taiwan.
  • Jam buka: 09.30 – 17.30 setiap hari Senin tutup

7. Ximending

ximending
ximending. google maps. sumber: 張達銘

Ximending atau Shi-men Ting merupakan sebuah district belanja yang merupakan kawasan pejalan kaki pertama yang ada di Taiwan. Kawasan Ximending juga sering disebut sebagai Harajuku dari Taipei, karena menggabungkan kebudayaan Jepang.

Nuansa yang ada hadir dengan nuansa daerah dipadu dengan modernisasi, Ximending juga dikelilingi berbagai toko dan hotel. Konsep Night Market Ximendingnya jangan sampai terlewatkan.

Untuk kamu yang hobi berbelanja, Ximending merupakan lokasi yang tepat untuk hunting barang-barang yang memikat mata.

8. Raohe Night Market

raohe night market
raohe night market. google maps. sumber: Tzuting Tseng

Lengkapi liburanmu di Taipei dengan berwisata kuliner, salah satunya dengan mengunjungi Raohe Night Market, atau pasar malam Jalan Raohe.

Raohe Night Market menjajakan berbagai macam makanan seperti Oyster Vermicelli, usus yang gurih dan renyah, daging kepiting, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perutmu akan kekenyangan ketika mengunjungi Raohe Night Market, pasar malamnya Taipei ini selalu dipadati turis apalagi jika musim liburan.

  • Lokasi: Raohe St., Songshan District, Taipei, Taiwan.
  • Jam buka: 17.00 – 23.00