11 Tempat Wisata di Hongkong Terpopuler Untuk Dikunjungi

Keberadaan Tempat wisata di hongkong adalah salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong. Kunjungan wisatawan ke hongkong mencapai 21 juta orang lebih per tahun. Tempat wisata di Hongkong terdiri dari taman theme park Modern, bangunan bersejarah, hingga bentang alam.


Tempat wisata di Hongkong terdiri dari taman theme park Modern, bangunan bersejarah, hingga bentang alam.
11 Tempat Wisata di Hongkong. Image via: premiotravel.com

Simak juga: tempat wisata di China

Sekilas Soal Hongkong

Hong Kong sering disebut sebagai tempat di mana “timur bertemu dengan barat”. Ini merefleksikan campuran kebudayaan asal Tiongkok dengan dipengaruhi barat ketika menjadi koloni Inggris. Konsep feng shui dianggap sangat penting, dengan proyek konstruksi. Bahkan umumnya merekrut konsultan yang ahli di bidangnya.

Objek lainnya seperti kaca Ba gua masih digunakan untuk menolak roh jahat, dan bangunan-bangunan juga tidak pernah menyediakan lantai berapapun yang ada angka 4 di dalamnya, karena kesamaannya dengan kata “mati” dalam bahasa Kanton.

Campuran timur dan barat juga mempengaruhi masakan Hong Kong, seperti dim sum, hot pot, dan restoran cepat saji berdampingan dengan adimasakan.

Ada 1.233 gedung pencakar langit di Hong Kong, menempatkan kota ini sebagai kota dengan pencakar langit terbanyak di dunia. Kepadatan penduduk yang tinggi ini disebabkan karena semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia.

11 Tempat Wisata di Hongkong

  1. Ngong Ping 360

Di Tempat wisata di Hongkong ini, pengunjung diajak untuk menaiki kereta gantung  yang menghubungkan kawasan Tung Chung dengan desa Ngong Ping yang berada di puncak bukit
Ngong Ping 360. Image via: getyourguide.com

Tempat wisata di Hongkong Ngong Ping menyajikan beragam pilihan menarik bagi pengunjung. Seperti pertunjukan seni beladiri wushu yang dikombinasikan dengan drama, Wisdom Path, Po Lin Monastery, Lantau Trail, Tian Tan Budha, Ngong Ping Fun walk dan masih banyak lagi.

Di Tempat wisata di Hongkong ini, pengunjung diajak untuk menaiki kereta gantung  yang menghubungkan kawasan Tung Chung dengan desa Ngong Ping yang berada di puncak bukit. pengunjung dapat menikmati keindahan Pulau Lantau dan kota Hong Kong dari ketinggian ini selama 25 menit.

Di akhir perjalanan tibalah kita di Ngong Ping Village. Satu yang menarik dari desa ini adalah keberadaan Tian Tan Buddha Statue. Patung Buddha ini adalah patung Budha duduk terbesar di dunia yang terbuat dari perunggu. Untuk menuju ke dudukan Budha kita masih harus naik tangga sekitar 268 step.

Ngong Ping 360 memiliki jam operasional dari pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore di hari kerja, dan pukul 09.00 pagi hingga 18.30 di akhir pekan.

  1. Repulse Bay

Bentangan pasir repulse bay berbentuk bulan sabit ini merupakan salah satu pantai tempat wisata di hongkong terindah
Repulse Bay. Image via: regalhotel.com

Simak juga: tempat wisata di Shanghai

Repulse Bay, sangat terasa sebagai tempat berlibur yang santai. Pantai yang luas dan tersapu ombak populer bagi penghuni maupun pengunjung. Tempat wisata di hongkong ini merupakan tempat jalan-jalan yang baik di pagi hari.,mandi matahari bagi yang ingin berjemur di siang hari, dan bersantai di senja hari.

Bentangan pasir berbentuk bulan sabit ini merupakan salah satu pantai terindah di Hong Kong. Kelab Hong Kong Life Saving Society dibangun dalam gaya China tradisional dengan langit-langit berhias naga berpusar yang indah. Patung kembar Kwun Yam dan Tin Hau yang menjulang mendominasi taman yang permai yang mengarah ke pantai.

Gedung bergaya kolonial banyak terdapat di daerah sekitar tempat wisata di hongkong ini. Di Repulse Bay terdapat toko-toko perancang busana terkenal dunia, dan juga restoran-restoran pemenang penghargaan, dan menyerupai hotel mewah yang dibangun tahun 1920 yang dulu berada di tempat tersebut.

Selain tempat wisata, area ini dikenal sebagai pemukiman kelas atas. Sebagian besar lahan dibangun kembali menjadi apartemen mewah lebih dari 20 tahun yang lalu.

  1. Victoria Peak

tempat wisata di Hongkong The Peak Tram sebagai kereta api tram kabel paling curam di dunia bisa dinikmati oleh semua pengunjung
Victoria Peak. Image via: sheswanderful.com

Peak Tram merupakan tram khusus yg berjalan di jalur menanjak dengan kemiringan hingga 50 derajat. Sejak tahun 1888, jalur tram ini telah dipakai serta masih bagus serta terawat hingga sekarang. Awalnya tempat wisata di hongkong The Peak Tram ini digunakan secara eksklusif untuk Gubernur Inggris serta penduduk The Peak.

Kini The Peak Tram sebagai kereta api tram kabel paling curam di dunia bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Di siang hari, pengunjung bisa melihat keindahan pelabuhan Victoria dengan latar hijau New Territories.

The Peak Tram beroperasi dari jam 7 pagi sampai tengah malam setiap hari, berangkat dalam selang waktu 10 sampai 15 menit dari ujung Tram bawah ke Puncak yg terletak di Jalan Taman di Tengah.

Harga tiket pulang pergi untuk naik tram di tempat wisata di hongkong ini sekitar HKD 45 per orang. Namun, terdapat juga paket combo tram plus tiket masuk Madame Tussauds seharga HKD 170. Selain itu ada juga paket combo tram plus sky terrace seharga HKD 88 bagi pengunjung yg ingin sekalian foto-foto serta menikmati pemandangan dari Sky Terrace.

  1. Symphony of Lights

Tempat wisata di Hongkong yang terbaik untuk melihat pertunjukan Symphony of Lights adalah dari Victoria Harbor di pulau Hongkong
Symphony of Lights. Image via: discoverhongkong.com

Simak juga: tempat wisata di Kyoto

Satu hal yang menarik untuk dinikmati setiap hari di Hongkong adalah pertunjukan Symphony of Lights. Seperti namanya, pertunjukan ini merupakan perpaduan antara suara, lampu-lampu diiringi sinar laser yang akan menghiasi langit Hongkong di kala malam.

Tempat wisata di Hongkong yang terbaik untuk melihat pertunjukan ini adalah dari Victoria Harbor di pulau Hongkong, atau di sekeliling pelabuhan Tsim Sha Tsui di daratan China antara Avenue of Stars and Hongkong Cultural Centre.

Pertunjukan dimulai dengan munculnya sinar laser yang berwarna-warni serta menari-nari yang akan menyinari gedung-gedung yang berpartisipasi dalam pertunjukan ini sebagai ajakan untuk memunculkan sinarnya. Tema ini digunakan untuk menggambarkan simbol kebangkitan kota Hongkong.

Bagian akhir dari pertunjukan Symphony of Lights yang akan menampilkan pancaran sinar laser dan lampu-lampu dari masing-masing pelabuhan yang akan menyala bergantian memeriahkan angkasa Hongkong seperti layaknya pesta kembang api di akhir tahun.

Pertunjukan Simphony of the Lights ini biasanya mulai setiap jam 8 malam, setiap hari. Tempat wisata di hongkong ini bisa dinikmati secara gratis dari berbagai view.

  1. Old Town Central

Tempat wisata di hongkong ini merupakan satu kota bagian tertua dari kota, namun paling dinamis
Old Town Central. Image via: discoverhongkong.com

Untuk bisa lebih memahami bagaimana kisah Hongkong sampai menjadi kota metropolis yang sangat ramai di masa kini, hanya ada satu cara untuk mengetahuinya. Dengan berkunjung ke bagian kota yang bernama Old Town Central.

Tempat wisata di hongkong ini merupakan satu kota bagian tertua dari kota, namun paling dinamis. Di Old Town Central terdapat jalan yang berlika-liku, naik-turun dan lorong-lorong di daerah Central dan Sheung Wan.

Memancarkan keaslian Hong Kong, Old Town Central membawa pengunjung dalam perjalanan sejarah keunikan budaya timur-bertemu-barat. Menariknya, terdapat bagian perkenalan Kawasan Sheung Wan, lima rute tematik perjalanan mulai dari monumen kolonial, kuil, galeri seni, pertunjukan seni jalanan, toko barang antik, butik hip, restoran tren, dan bar serta makanan lokal yang lezat.

Tempat wisata di hongkong ini menawarkan sekian banyak objek wisata, dan cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan berjalan kaki. Begitu banyak yang bisa pengunjung temukan di sini. Mulai dari bangunan pusaka dan lembaga karya seni, hingga kuliner lokal dan aneka cendera mata yang menyenangkan.

  1. Tai O Fishing Village

di tempat wisata di hongkong ini Dari atas perahu, pengunjung juga bisa melihat lumba-lumba. Pemandangan lumba-lumba merah muda yang menjadi kegiatan paling terkenal dari Tai O.
Tai O Fishing Village. Image via: theloophk.com

Simakjuga: tempat wisata di Osaka

Tai O Fishing Village merupakan perkampungan nelayan dengan deretan rumah-rumah panggung tradisional. Tempat wisata di hongkong ini tampil unik bersanding dengan kota hongkong yang serba modern.  Suasana unik dengan lingkungan yang masih sangat alami menjadi daya tarik lokasi ini.

Naik kapal boat mengelilingi Fishing Village ini cukup memanjakan mata, melihat sisi lain Hong Kong yang serba festive sungguh menyegarkan hati, mata dan pikiran. Yang menarik, laut di Tai O – Fishing Village ini bersih dan tak ada sampah yang berarti.

Dari atas perahu, pengunjung juga bisa melihat lumba-lumba. Pemandangan lumba-lumba merah muda yang menjadi kegiatan paling terkenal dari Tai O.

Di rumah-rumah nelayan di tempat wisata di hongkong ini terselip beberapa cafe cafe atau rumah makan kecil.  Café diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Tai O – Fishing Village sambil menyeruput kopi atau menikmati snack seafood.

Setelah puas keliling Tai O – Fishing Village dari sisi laut, pengunjung bisa berjalan menyusuri rumah-rumah penduduk yang kebanyakan menjual berbagai macam produk laut, dari ikan segar, ikan asin, souvenir dan snack seafood.

  1. Clock Tower

Berdiri setinggi 44 meter, tempat wisata di hongkong berupa Menara Jam tua ini didirikan pada 1915 sebagai bagian Stasiun Kereta Kowloon-Canton
Clock Tower. Image via: pinterest.com

Salah satu tempat wisata di hongkong yang kental akan nilai kesejarahannya ialah menara jam tua Clock Tower. Menara jam ini yang berada didekat Star Ferry di Tsim Sha Shui yang dinyatakan sebagai monumen dan landmark dari Zaman Uap, ketika membuat bagian terminal Kowloon—Canton Railway.

Berdiri setinggi 44 meter, Menara Jam tua ini didirikan pada 1915 sebagai bagian Stasiun Kereta Kowloon-Canton. Stasiun yang dulunya sibuk kini telah tiada, tapi menara bata dan granit ini dipelihara sebagai Monumen Bersejarah, pengingat elegan akan Zaman Uap.

Terdapat tangga kayu yang menjadi akses masuk untuk para pengunjung naik ke bagian tertinggi tempat wisata di hongkong ini. Secara khusus, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan bangunan ini pada saat malam hari, saat dihujani dengan cahaya lampu kota.

Kini, situs dari stasiun kereta api bersejarah berada dibawah lindungan Pusat Budaya Hongkong, dengan atap yang melengkung dan fitur yang futuristik sehingga menciptakan latar belakang yang tak biasa bagi menara jam tua tersebut.

  1. Ocean Park

Walau namanya Ocean, di tempat wisata di Hongkong ini juga ada hewan darat dan burung
Ocean Park. Image via: klook.com

Simak juga: tempat wisata di Tokyo

Ocean Park sebagai sakah satu tempat wisata di Hongkong berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini memiliki segudang atraksi kelas dunia yang sarat akan nilai-nilai edukasi. Berkat konsep tersebut, tak pelak bila objek wisata ini sangat digemari oleh semua kalangan. Mulai dari lansia, orang dewasa, hingga anak-anak.

Walau namanya Ocean, di tempat wisata di Hongkong ini juga ada hewan darat dan burung. Setidaknya, terdapat 6 atraksi yang bisa disambangi pengunjung antara lain, bamboo stage, Gator Marsh, Giant Panda Adventure, Panda Village, Goldfish Treasures, Amazing Bird Theatre, dan Emerald Trail.

Di tempat wisata di hongkokng ini ada area The Summit. Area ini dipenuhi berbagai wahana bermain menyenangkan dan terbilang ekstrem. Untuk menyambangi The Summit (puncak), pengunjung bisa menaiki dua pilihan moda transportasi yang telah disediakan, ada cable car dan ocean express.

Jika ingin melihat keindahan kota Hong Kong dari ketinggian, cable car bisa jadi pilihan yang tepat. Semuanya gratis tanpa tambahan biaya apa pun. Tiket masuk tempat wisata di hongkong ini HK$ 498 untuk dewasa dan HK$ 249 untuk ana- anak.

  1. Disneyland Hong Kong

di wisata di Hongkong ini jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Mickey & Minnie Mouse, Donald Duck, Woody & Jessy, dan Winnie the Pooh.
Disneyland Hong Kong. Image via: rappler.com

Desain taman dan wahana hampir Disneylans Hongkong sama seperti Euro Disney walaupun di Hong kong ini ukurannya lebih kecil. Jika tidak terlalu ramai, begitu masuk pintu utama tempat wisata di Hongkong ini jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Mickey & Minnie Mouse, Donald Duck, Woody & Jessy, dan Winnie the Pooh.

Untuk anak-anak, wahana yang disarankan: wahana It’s a small word , Astro Blaster, Golden Mickey, dan Lion king. Untuk dewasa juga terdapat beberapa wahana seru yang patut di coba. Diantaranya seperti Galaxy roller coaster di dalam kegelapan, juga roller coster ala Indiana Jones.

Setiap sore jam tertentu selalu ada parade mobil dan tokoh Disney yang melewati jalan utama di dalam taman. Pastikan baca flier tentang jadwal ini. Lalu malam hari pada jam 21.00 ada firework ala Disneyland di depan castle.

Mengunjungi tempat wisata di hongkong ini perlu beli tiket masuk seharga HK$ 589 untuk dewasa dan HK$ 419 untuk anak-anak.

  1. Man Mo Temple

Tempat wisata di hongkong berupa Kuil ini didirikan untuk persembahan bagi Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo).
Man Mo Temple. Image via: hongkong-guides.com

Simak juga: tempat wisata di Jepang

Kuil Man Mo, kuil tua yang dibangun pada 1847 silam, untuk penganut Buddha dan Taoisme. Tempat wisata di hongkong berupa Kuil ini didirikan untuk persembahan bagi Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo).

Bangunan kuil memiliki dinding putih dengan atap hijau. Penampilan Kuil lebih mencolok ketimbang gedung di sekeliling. Masuk lebih dalam, pengunjung akan melihat pintu merah besar, yang sekaligus menjadi gerbang masuk. Di bagian dalam kuil terdapat patung Dewa Man yang membawa kuas dan Dewa Mo yang memegang pedang.

Ada pula dupa besar yang menggantung di langit-langit. Serta dilengkapi dengan potongan kertas kecil berwarna merah yang berisi harapan dari mereka yang sembahyang di sini.

Kuil tempat wisata di Honhkonh ini masih satu komplek dengan Lit Shing Kung dan Kung Sor. Untuk Lit Shing Kung dibangun untuk menyembah dewa semua surgawi. Sementara Kung Sor berfungsi sebagai aula pertemuan untuk menyelesaikan masalah perselisihan.

Sama seperti rumah ibadah lainnya, tempat wisata di hongkong Man Mo Temple juga menerapkan beberapa larangan. Seperti tidak boleh merokok, harus selalu menjaga ketenangan, dilarang memakai pakaian terbuka, dan tidak menggunakan flash ketika mengambil foto.

  1. Temple Street Night Market

di tempat wisata di hongkong ini banyak penjual yang menjajakan souvenir, barang antik, tas, kaos, hiasan batu giok, dompet, gelang, dan berbagai aksesoris lainnya.
Temple Street Night Market. Image via: justgola.com

Pasar Malam Temple Street. Nama Temple pada pasar malam ini diperoleh dari Kelenteng Tin Hau yang berada di pusat tempat wisata di hongkong ini. Lokasi ini sangat kental akan suasana lokal dan menjadi latar banyak film terkenal.

Pasar kaki lima ini mulai buka sekitar pukul 5 sore hingga dini hari. Setelah lelah berbelanja, pengunjung bisa sekalian makan malam juga di sini. Ada banyak penjaja hidangan seafood yang pasti menggoda selera.

Sambil menikmati makan, pengunjung tempat wisata di hongkong ini bisa melihat keramaian di Temple Street Night Market yang makin malam akan semakin padat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan opera di pasar ini.

Pasar ini menjual berbagai barang elektronik. Namun jika kamu tidak ingin membeli barang elektronik, tenang saja, masih banyak penjual yang menjajakan souvenir, barang antik, tas, kaos, hiasan batu giok, dompet, gelang, dan berbagai aksesoris lainnya.

Dengan harga yang sudah termasuk murah, pengunjung bisa menawarnya dengan sewajarnya saja, saat berbelanja di pasar ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment