5 Tempat Wisata Di Beijing, Megakota Berjuta Pesona

|

Tempat wisata di Beijing, mayoritas tempatnya bernilai sejarah yang sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan Beijing memiliki status sebagai salah-satu kota tertua di dunia.

Meskipun Beijing adalah Ibukota dari Republik Rakyat Tiongkok, namun bukan berarti tidak memiliki destinasi wisata alam. Semua ragam tema wisata, ada kok di Beijing.

beijing
beijing. google maps. sumber: Cristian Razvan Baloc

Simak juga: tempat wisata di Hongkong

Dari sisi arsitektur bangunannya, Beijing memadukan konsep arsitektur tradisional, dengan seni arsitektur modern. Dengan kata lain, meskipun berstatus sebagai megakota, namun bukan berarti menghilangkan nilai budaya lamanya.

Kota Terlarang menjadi salah-satu bukti arsitekur bangunan yang bersejarah, memiliki nilai budaya yang tinggi, serta masih menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara.

5 Tempat Wisata Di Beijing

1. Forbidden City, Atau Kota Terlarang

forbidden city
forbidden city. google maps. sumber: M¡hiN_M¡ndula•

Simak juga: tempat wisata di China

Forbidden City, atau Kota Terlarang adalah sebuah kawasan yang sangat luas, tepatnya bekas Istana Kekaisaran Dinasti Ming, dan Dinasti Qing, tahun 1420 – 1924.

Forbidden City memiliki nilai sejarah yang sangat penting, sangat tepat dengan gelar yang disandang sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Forbidden City, atau Kota Terlarang memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Memiliki luas 720.000 meter persegi,
  • Dikelilingi tembok dengan tinggi 8 meter,
  • Terdapat sungai di area luarnya,
  • 800 buah bangunan,
  • 9900 kamar.

Forbidden City selain menyajikan tempat wisata yang bersejarah, di sisi lain menjadi tempat wisata di Beijing, China yang dipenuhi dengan latar yang instagramable.

  • Lokasi Kota Terlarang terletak di sebelah utara Lapangan Tiananmen.
  • Alamat Forbidden City berada di 4 Jingshan, Front St, Dongcheng, Beijing, Tiongkok.

2. Badaling National Forest Park

badaling national forest park
badaling national forest park. google maps. sumber: Yue Dai

Simak juga: tempat wisata di Shanghai

Badaling National Forest Park menjadi bukti bahwa sekalipun Beijing memiliki status sebagai ibukota Tiongkok, dan sekaligus megakota, namun bukan berarti hanya tentang gedung-gedung pencakar langit saja.

Kunjungan wisata ke Badaling National Forest Park direkomendasikan di tanggal 28 September – 26 Oktober. Karena di kawasan, dan rentang waktu tersebut terdapat view yang luar biasa berupa fenomena daun merah yang menghiasi seluruh kawasan Badaling National Forest Park.

Pada saat itu, menjadi tempat, dan waktu terbaik untuk berburu foto yang instagramable. Bahkan suasana yang disajikan di lokasi tersebut menjadi sangat romantis.

  • Lokasi dan alamat Beijing Badaling National Forest Park berada di Tiongkok, Beijing, Yanqing District

3. Longqing Gorge

longqing gorge
longqing gorge. google maps. sumber: sorairo dennkyuu

Simak juga: tempat wisata di Kyoto

Mahakarya alam di Desa Gucheng, Beijing ini sangat luar biasa. Sungai, ngarai, berpadu dengan view alam lainnya, ditambah dengan sentuhan seni tangan manusia.

Nama tempat wisata di desa tersebut bernama Longqing Gorge. Wisata alam yang sangat populer di Beijing, karena selain view alam, di lokasi tersebut terdapat skalator berbentuk naga, serta bangunan jembatan klasik khas China.

Aktivitas wisata di Longqing Gorge yang paling terkenal adalah susur sungai yang dikelilingi oleh ngarai, sambil menggunakan perahu tradisional.

Adapun view alam yang bisa dinikmati saat berada di Longqing Gorge, adalah sebagai berikut:

  • Tembok Besar Badaling,
  • Taman Hutan Songshan,
  • Gunung Haituo.

Longqing Gorge sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Banyak banget sudut-sudut yang mampu menghadirkan suasana romantis, dan instagramable juga.

  • Lokasi dan alamat Longqing Gorge berada di Desa Gucheng, Distrik Yanqing, Beijing, Tiongkok.

4. Tian Tan, Atau Temple Of Heaven

tian tan, atau temple of heaven
tian tan, atau temple of heaven. google maps. sumber: Savoir Aimer

Simak juga: tempat wisata di Osaka

Kuil-kuil di negara Tiongkok, termasuk di Beijing, bukan hanya sekedar tempat ibadah saja. Di sisi lain mampu menjadi destinasi wisata sejarah yang banyak mengundang para wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut.

Temasuk dengan Temple Of Heaven, atau Tian Tan. Sebuah kuil yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, yang dibangun pada masa Dinasti Ming, abad ke 15, tahun 1420 Masehi.

Temple Of Heaven luasnya melebihi luas Kota Terlarang, yaitu sekitar 200 ha. Dan Temple Of Heaven memiliki puluhan ribu pohon, dan pohon yang sangat terkenal yaitu Nine-Dragon Cypress yang berusia sekitar 500 tahun.

Pohon tersebut dikenal juga dengan Pohon Sembilan Naga. Karena bentuknya yang berliku, seperi 9 ekor naga.

  • Lokasi dan alamat Temple Of Heaven, atau Tian Tan berada di 1 Tian Tan E Rd, Dongcheng, Beijing, Tiongkok.

5. Silk Market

Simak juga: tempat wisata di Jepang

Tempat wisata di Beijing selanjutnya adalah sebuah pusat perbelanjaan, namun memiliki nilai sejarah juga. Karena sudah ada sejak jaman Dinasti Qing.

Nama pusat perbelanjaannya adalah Silk Market, atau Silk Street Market. Di tempat tersebut terdapat lebih dari 1.000 pedagang eceran, yang ditampung dalam satu kawasan yang sama.

  • Silk Market buka dari jam 09.00 – 22.00.
  • Lokasi dan alamat Silk Market berada di 8 Xiushui E St, Jian Wai Da Jie, Chaoyang, Beijing, Tiongkok.