11 Tempat Wisata di Osaka Paling Populer Untuk Dikunjungi

Osaka adalah kota terbesar di kawasan Keihanshin. Tempat wisata di Osaka terdiri dari Kastil, Kuil, Taman modern, Air tejun, dan Wisata belanja. Universal Studio pertama di Asia terdapat di Kota ini.


Tempat wisata di Osaka terdiri dari Kastil, Kuil, Taman modern, Air tejun, dan Wisata belanja.
Tempat Wisata di Osaka. Image via: insideosaka.com

Simak juga: tempat wisata di Jepang

Sekilas Soal Osaka

Osaka terkenal dengan budaya Kuidaore yakni makan dan makan terus sampai tidak kuat makan lagi dan jatuh terlentang. Makanan khas Osaka adalah okonomiyaki, yakni goreng telur isi irisan kol dengan topping daging atau makanan laut, takoyaki, dan kushikatsu.

Bagi orang Osaka dan juga bagi orang yang tinggal di Jepang bagian barat, kata “daging” (niku) tanpa menjelaskan jenisnya, berarti daging sapi. Di Osaka, kalau tidak dinyatakan sebelumnya, umumnya sukiyaki berarti sukiyaki daging sapi.

Osaka mempunyai penerbangan langsung dengan kota-kota besar di dunia. Bandar udara daerah Kansai bernama Bandara Internasional Kansai yang terletak di kota Itami yang berbatasan langsung dengan Osaka.

Seluruh pelosok kota dapat dicapai dengan jaringan terpadu kereta bawah tanah dan bus kota yang dikelola oleh pemerintah kota. Kereta otomatis tanpa masinis yang disebut OTS (Osaka Port Transport System) merupakan sarana transportasi di wilayah sekitar pelabuhan Osaka.

11 Tempat Wisata di Osaka

  1. Kastil Osaka

Tempat wisata di Osaka berupa Kastil ini adalah ikon persatuan masyarakat Osaka. Dibangun di masa Nobunaga Oda
Kastil Osaka. Image via: mystays.com

Kastil Osaka adalah ikon persatuan masyarakat Osaka. Dibangun di masa Nobunaga Oda yang memiliki misi mempersatukan seluruh Jepang. Tangan kanannya, Toyotomi Hideyoshi membangun kastil ini sebagai bukti misi tersebut bukanlah omong kosong.

Saat menginjakkan kaki di Kastil Osaka, pengunjung akan disambut bangunan tinggi dan kokoh. Aneka macam parit dibuat di sekeliling kastil dengan jalanan menanjak. Dulunya, parit di tempat wisata di Osaka ini berguna untuk memperlambat laju musuh.

Memasuki area kastil, jalanan berbatu siap untuk dijelajahi oleh pengunjung. Sambil jalan-jalan, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler di depan menara utama. Pengunjung juga bisa beristirahat di bawah pepohonan sembari menikmati makan siang dan minuman dingin.

Tak salah jika Kastil Osaka masuk sebagai warisan bersejarah yang dimiliki oleh Jepang. Datang ke Kastil tempat wisata di Osaka ini adalah salah satu pilihan wisata terbaik.

Kalau sudah lelah dan tidak ada tenaga untuk menyusuri kastil, bisa naik perahu Gozabune. Perahu tradisional Jepang dengan warna keemasan ini akan mengantarkan pengunjung mengelilingi kastil melalui jalur parit kastil. Wisata perahu ini lamanya 20 menit.

  1. Sumiyoshi Taisha

Tempat wisata di Osaka Sumiyoshi Taisha  atau Sumiyoshi Grand Shrine adalah salah satu kuil tertua di Osaka.
Kuil Sumiyoshi. Image via: yabai.com

Simak juga: tempat wisata di Tokyo

Sumiyoshi Taisha  atau Sumiyoshi Grand Shrine adalah salah satu kuil tertua di Osaka. Didirikan pada abad ke-3 sebelum masuknya agaa Budha ke Jepang. Tempat wisata di Osaka ini menampilkan gaya arsitektur kuil yang unik, yang disebut Sumiyoshi-zukuri.

Sumiyoshi-zukuri memilki cirikhas berupa atap lurus yang berbeda dengan atap melengkung yang biasanya dibangun di abad-abad berikutnya. Atap itu dihiasi oleh dua set finials bercabang (chigi) dan lima billet horizontal (katsuogi).

Selain itu, objek wisata di Osaka ini dikelilingi oleh pagar. Sumiyoshi Taisha salah satu tempat suci yang paling banyak dikunjungi di kawasan Osaka. Saat hari raya tahun baru, pengunjung kuil  bisa mencapai 2 juta orang.

Ada empat ruang utama di Osaka’s Sumiyoshi Taisha. Yang menarik, tiga yang pertama diposisikan dalam garis lurus menghadap ke barat, sedangkan yang keempat berdiri di samping yang ketiga.

Struktural bangunan kuil berbeda dengan kuil-kuil yang terlihat di Jepang, karena tempat-tempat suci yang dibangun selama dan setelah Periode Nara (710-794) kebanyakan menghadap selatan, berkaitan dengan geomansi China.

  1. Kuil Shitennoji

Kuil tempat wisata di Osaka ini adalah kuil Budha tertua yang dibangun oleh Pangeran Shotoku pada tahun 593.
Kuil Shitennoji. Image via: hisgo.com

Salah satu kuil terkenal yang patut dikunjungi di Osaka adalah Kuil Shitennoji atau lebih sering disebut dengan Kuil Tennoji. Kuil tempat wisata di Osaka ini adalah kuil Budha tertua yang dibangun oleh Pangeran Shotoku pada tahun 593.

Kuil Shitennoji memiliki satu pintu masuk utama, namun pengunjung bisa masuk dari pintu-pintu lain di sekitar kompleks kuil. Bangunan khas Jepang berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik. Di sekitar bangunan tempat wisata di Osaka ini tertanam banyak pohon, sehingga pemandangan terlihat rindang dan asri.

Tidak hanya bangunan kuil, kolam dan aula, pengunjung juga dapat melihat beberapa patung yang dibangun di sekeliling area. Terdapat juga pagoda tingkat lima yang menjadi simbol kuil ini. Hal lain yang menarik untuk dikunjungi dari kuil ini adalah taman Gokuraku-jodo dan treasure house, yang didesain sesuai dengan Amida Budha.

Kuil Shitennoji merupakan destinasi gratis untuk wisatawan bila hanya melihat-lihat sekitar kuil. Namun apabila tertarik untuk mengunjungi Gokuraku-jodo, pengunjung diwajibkan membayar ¥300 dan ¥500 untuk treasure house.

  1. Mino Park

tempat wisata di osaka Mino Park memiliki iklim yang sejuk sepanjang tahun , dengan suasana yang sangat damai dan tenang.
Air Terjun Mino. Image via: wanderast.com

Simak juga: tempat wisata di Chiang mai

Minoo Park dikenal sebagai tempat dengan panorama air terjung yang indah. Tempat wisata di Osaka ini berada di sisi utara Kota Osaka. Tempat ini merupakan tempat favorit bagi warga Osaka untuk bersantai  maupun berekreasi di akhir pekan.

Mino Park memiliki iklim yang sejuk sepanjang tahun , dengan suasana yang sangat damai dan tenang. Di area taman terdapat Air Terjun Mino ini mengalirkan air yang sangat jernih. Air terjun Minoo ini adalah atraksi yang utama dari Minoo Park dengan ketinggian air terjun 33 meter.

Perjalanan menuju puncak tempat wisata di Osaka ini terbilang jauh dan melelahkan, namun semua rasa lelah dipastikan segera terbayar sesampai di lokasi. Pengunjung dapat menemukan lebih dari 980 jenis pepohonan yang tumbuh di atas lahan seluas 963 hektar ini.

Taman Mino juga mudah untuk di hikking. Jalan hiking dimulai dari Stasiun Hankyu Minoo menuju air terjun Mino. Diperlukan waktu sekitar 45 menit untuk menuju air terjun. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan melihat beberapa kuil dengan kuil Ryuanji sebagai yang terindah.

  1. Tsutenkaku Tower

Tempat wisata di Osaka ini terinspirasi dari Menara Eiffel di Perancis yang telah mendunia.
Tsutenkaku Tower. Image via: gaijinpot.com

Jika Tokyo memiliki Tokyo Tower yang menjadi landmark kota, maka Osaka pun tak mau ketinggalan. Osaka juga memiliki menara yang menyerupai Menara Eiffel di Paris namanya adalah Tsutenkaku Tower. Tempat wisata di Osaka ini terinspirasi dari Menara Eiffel di Perancis yang telah mendunia.

Tsutenkaku Tower yang dibangun pada tahun 1912 ini pun menjadi landmark kota Osaka yang selalu ramai didatangi wisatawan. Menara setinggi 103 meter ini memiliki ciri bangunan pencakar langit Osaka yang biasanya menggunakan baja sebagai bahan utama.

Di bagian atas menara dipasangan lampu neon warna-warni yang menunjukkan perkiraan cuaca pada esok hari. Warna orange berarti mendung, biru berarti hujan, dan warna putih berarti cuaca cerah. Ketiga warna ini juga dikombinasikan untuk menunjukkan dua kemungkinan cuaca yang akan terjadi.

Tsutenkaku Tower   berfungsi untuk menara observasi. Dengan naik ke lantai 5, pengunjung dapat melihat kota Osaka dari atas menara ini. Tempat wsiata di Osaka ni buka jam 09:00 sampai21:00. Uutk naik ke atas menara dikenakan biaya dewasa 600 yen, Mahasiswa  500 yen, pelajar 400 yen, dan Anak 300 yen.

  1. Umeda Sky Building

Dari atas tempat wisata di Osaka ini Pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan kota Osaka dari ketinggian
Umeda Sky Building. Image via: flickr.com

Simak juga: tempat wisata di Pattaya

Osaka memiliki sebuah gedung luar biasa yang dinamai Umeda Sky Building Osaka. Gedung ini merupakan rangkaian bangunan yang menjulang setinggi 173 meter ke langit. Dari atas tempat wisata di Osaka ini Pengunjung dapat dengan leluasa menikmati pemandangan kota Osaka dari ketinggian.

Bangunan ini terdiri dari dua bangunan kokoh yang merupakan dua tower utama penyanga ‘Elevator Glass’ lift. Lift yang akan membawa pengunjung seolah terbang ke langit. Di atap Umeda Sky Building Osaka pengunjung dapat menjelajahi sebuah observatorium kota, yang hingga kini tetap menjadi observatorium dengan lokasi gedung tertinggi di Osaka.

Melalui jendela kristal Observatorium yang terdapat di puncak rangkaian gedung  tempat wisata di Osaka ini, pengunjung dapat menikmati sisi lain pemandangan kota Osaka yang lebih indah di malam hari. Pada malam hari suasana Osaka berubah menjadi begitu romantis dengan pemandangan kerlap kerlip lampu yang indah.

Untuk memasuki bangunan spektakuler tempat wisata di Osaka ini pengunjung harus membayar  tiket masuk seharga 700 Yen.

  1. The Tempozan Ferris

tempat wisata di osaka berupa Bianglala raksasa tempat wisata di Osaka ini terbesar di Jepang, dengan tinggi 112,5 m dan diameter 100 m
The Tempozan Ferris. Image via: wisatajepang.co.id

Tempozan Ferris Wheel yang akan diperkenalkan ini berada di dalam “Tempozan Harbor Village” merupakan tempat rekreasi terkemuka di Osaka. Bianglala raksasa tempat wisata di Osaka ini terbesar di Jepang, dengan tinggi 112,5 m dan diameter 100 m. Sekali berputar ferris ini membutuhkan waktu 17 menit.

Ferris wheel ini juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai petunjuk ramalan cuaca yang menyesuaikan dengan ramalan cuaca esok hari. Tempozan Ferris Wheel akan mengikuti ramalan cuaca dan menampilkan bentuk awan apabila cuaca esok hari berawan atau bentuk payung apabila cuaca esok hari hujan.

Hal yang paling menarik adalah pemandangan dari atas ferris wheel. Pemandangan kota Osaka dari ketinggian 112,5 m. Melihat panorama kota dari atas ketinggian tentu memberikan kesan berbeda dengan jika dilihat dari permukaan tanah.

Tempat wisata di Osaka ini Buka jam 10.00 sapai 22.00. Harga tiket per orang sebesar 800 yen dan berlaku diskon kelompok untuk pembelian lebih dari 20 tiket.

  1. Universal Studio

tempat wsiata di Osaka berupa taman hiburan ini menawarkan banyak wahana, salah satunya World of Harry Potter
Universal Studio. Image via: osakastation.com

Simak juga: tempat wisata di Thailand

Universal Studios Japan (USJ) menjadi wahana pertama di Asia di bawah naungan Universal Studios.  Tepatnya, pada tahun 2001 tempat wisata di Osaka ini resmi dibuka di Osaka Bay. Nggak tanggung-tanggung, wahana ini menempati area seluas 39 hektar.

Wahana yang ditawarkan di USJ sangat beragam dan kebanyakan mengadaptasi dari film-film Hollywood yang nggak asing lagi di telinga kita. Delapan tema andalan USJ, yaitu Lagoon, Hollywood, San Fransisco, New York, Jurassic Park, Amity Village, Universal Wonderland, Waterworld, dan The Wizarding World of Harry Potter.

Wisatawan dari Indonesia juga banyak yang mengunjungi tempat wisata di Osaka ini karena penasaran ingin melihat Kastil Harry Potter.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat mendatangi Hogwarts Castle ini adalah selfie dengan latar belakang kastil. Dan juga, sempatkan membeli butterbeer ala Hogsmeade.  Tenang beer ini tidak mengandung alkohol, jadi bisa diminum oleh anak-anak dan keluarga.

Tempat wisata di Osaka ini buka jam 08.30-21:00. Tiket masuk untuk Dewasa 7, 600 yen, dan Anak-anak 5,100 yen.

  1. Osaka Aquarium Kaiyukan

tempat wisata di Osaka Aquarium Kaiyukan merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia.
Osaka Aquarium Kaiyukan. Image via: outoftownblog.com

Osaka Aquarium Kaiyukan merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. Di Osaka Aquarium Kaiyukan ada 15 aquarium jumbo, setiap aquarium merupakan Regional dari Pacific Rim. Aquarium terbesar adalah Pacific Ocean yang dalamnya 9 meter, 34 meter panjang dan berisi 5400 air laut. Didalamnya ada iakan hiu terbesar di dunia whale Shark.

Selain itu banyak aquarium aquarium lain yang sangat menarik. Di tempat wisata di Osaka ini ada area interaktif, dimana para pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan aneka satwa menggemaskan seperti ikan badut hingga penguin rockhopper.

Buat pengunjung yang mendadak lapar juga tak perlu khawatir. Di sebelah Kaiyukan ada The Tenpozan Marketplace dimana pengunjung bisa berburu aneka jajanan. Pengunjung diperbolehkan keluar masuk Kaiyukan selama masih memiliki tiket dan di hari yang sama.

Tempat wisata di Osaka ini buka dari jam 10.00 sampai 20.00 waktu setempat. Tiket osaka aquarium kaiyukan untuk dewasa 2.300 yen, anak 1.200 Yen.

  1. Shinsaibashi

Shinsaibashi Shopping Arcade yang berada tak jauh dari Dotonbori adalah salah satu pilihan tempat wisata di Osaka dalam hal belanja.
Shinsaibashi. Image via: satutours.co.id

Simak juga: tempat wisata di Singapura.

Berlibur ke Osaka tak lengkap tanpa wisata belanja. Shinsaibashi Shopping Arcade yang berada tak jauh dari Dotonbori adalah salah satu pilihan tempat wisata di Osaka dalam hal belanja.

Shinsaibashi adalah shopping street sepanjang 600 meter yang populer sekali di Osaka. Ketika baru keluar dari Stasiun Shinsaibashi saja pengunjung sudah bisa melihat. Lokasi ini tepat berada di seberang stasiun.

Sepanjang jalan tersebut, di kanan kirinya pengunjung bisa melihat banyak sekali toko-toko yang menjual berbagai barang. Ada toko baju, kosmetik, oleh-oleh sampai kafe dan restoran. Sama seperti tempat lain di Jepang, jika belanja atau jalan-jalan di sini Anda akan merasa nyaman karena semuanya serba tertib. Meski ramai Anda tetap dapat belanja dengan tenang.

Apabila lelah berbelanja, pengunjung tempat wisata di Osaka ini bisa langsung makan di kedai-kedai yang menjual okonomiyaki dan takoyaki yang merupakan masakan khas dari Osaka. Namun pastikan datang sebelum jam 08.00 malam karena pasti sudah tutup kecuali restoran.

  1. Tenjinbashi-suji

Di dalam tempat wisata di Osaka ini dipenuhi oleh outlet, restoran, dan juga museum.
Tenjinbashi-suji. Image via: https://www.flickr.com/photos/michaelvito/11167509525

Tenjibashi Suji Shopping. Panjangnya sekitar 2,6 km. Di dalam tempat wisata di Osaka ini dipenuhi oleh outlet, restoran, dan juga museum. Perpaduan semuanya menciptakan keunikan tersendiri. Kompleks perbelanjaan ini semakin menarik dengan adanya hiasan warna-warni sehingga kesannya begitu unik dan menarik.

Atapnya dibuat transparan sehingga memudahkan sinar matahari masuk ke dalamnya namun tidak membuat suhu menjadi lebih panas. Khususnya untuk pengunjung yang sangat gemar dengan fashion maka menjadi wajib berkunjung ke Tenjibashi Suji Shopping Street ini. Berbagai fashion yang mengikuti tren bisa ditemukan di tempat wisata di Osaka ini.

Disamping outlet-outlet yang menjual barang-barang fashion, terdapat juga outlet yang menjual aneka barang atau souvenir khas Jepang yang bisa dibeli untuk sekadar oleh-oleh bagi keluarga.

Selain itu, di Tenjibashi Suji Shopping juga kerap digelar berbagai festival yang menampilkan keindahan dan pesona berkarakter khas budaya Jepang. Festival Hoshi Ai Tanabata misalnya, biasanya diadakan setiap 7 Juli setiap tahun. Dan tentu saja masih banyak fetival lainnya yang bisa disaksikan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment