11 Tempat Wisata di China Paling Indah Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di China telah tumbuh menjadi penarik pengunjung terbesar ketiga di pasar pariwisata di dunia. Pariwisata telah berkembang menjadi pembangun ekonomi di daerah pedesaan, tahun 210 saja lebih dari 400 juta orang mengunjungi pedesaan Cina.


Tempat wisata di Cina telah tumbuh menjadi penarik pengunjung terbesar ketiga di pasar pariwisata di dunia
Tempat Wisata di China. Image via: shopback.co.id

Sekilas Soal China

China atau Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribu kota di Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, sekitar 1,4 milyar jiwa dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi. Luas ini membuatnya negara ke-3 terbesar di dunia.

Wilayah Cina mencakup daratan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning. Di timur, terdapat pantai Laut Kuning dan Laut Tiongkok Timur. Ada juga daerah bergunung-gunung. Tiongkok bagian selatan didominasi daerah berbukit dan jajaran gunung yang lebih rendah.

Iklim China tergantung kepada kawasan. Kawasan utara termasuk Beijing mempunyai iklim musim sejuk Artik. Kawasan tengah, termasuk Shanghai mempunyai iklim yang lebih sederhana. Zona selatan, termasuk Guangzhou mempunyai iklim lebih panas sub-tropika.

11 Tempat Wisata di China

  1. Tembok Besar Cina

Tempat wisata di China ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Selain dapat memfoto tembok besar, pengunjung juga dapat mengambil gambar pemukiman yang nampak dari atas.
Tembok Besar Cina. Image via: tribunnews.com

Simak juga: tempat wisata di Jepang

Tembok Besar Tiongkok dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat wisata di China yang dibangun pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km

Bangunan Tembok Besar China adalah bangunan yang didirikan dari tembok-tembok kecil yang disusun, pembangunan tembok besar tersebut melibatkan berbagai dinasti China dan selama bertahun-tahun lamanya. Tujuan didirikannya tembok besar China itu adalah untuk perlindungan dari invasi orang-orang dari sebelah utara.

Pengunjung dapat mengeksplorasi Zhengguantai berupa tiga bangunan di atas Tembok Besar China yang dibangun pada masa Dinasti Ming. Pada masa lalu banguan di atas tembok ini digunakan sebagai menara pengintai.

Tempat wisata di China ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Selain dapat memfoto tembok besar, pengunjung juga dapat mengambil gambar pemukiman yang nampak dari atas.

Dengan membayar 120 Yuan, pelancong bisa menggunakan kereta gantung untuk mencapai Tembok Besar China. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat memilih untuk menggunakan kereta gantung atau sliding car saat turun dari Tembok Besar secara gratis.

  1. Forbiden City

Keseluruhan kompleks tempat wisata di Cina ini memiliki luas kurang lebih 720.000 meter persegi dengan 800 buah bangunan dan lebih dari 9900 buah kamar
Kota terlarang. Image via: blog.airpaz.com

Selama hampir 500 tahun lamanya, Kota Terlarang Peninggalan Dinasti Ming tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Istana ini terletak tepat di tengah-tengah kota kuno Beijing. Sekarang tempat wisata di China ini difungsikan menjadi museum.

Keseluruhan kompleks memiliki luas kurang lebih 720.000 meter persegi dengan 800 buah bangunan dan lebih dari 9900 buah kamar. Bangunan-bangunan kuno itu dibangun dengan sangat simetris. Bangunan istana tersebut dikelilingi oleh pagar tembok dengan tinggi mencapai 8 meter. Di luar pagar tembok terdapat sungai yang memiliki lebar kurang lebih 53 meter.

Istana kekaisaran tempat wisata di China peninggalan Dinasti Ming tersebut masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1987.

Di dalam istana, pengunjung bisa melihat bangunan kuno yang masih kokoh, dicat dengan dominasi warna merah. Ada dua patung singa yang merupakan simbol penjaga istana di masa lampau. Kedua patung singa penjaga pintu gerbang sampai seluruh bagian dalam istana, semuanya terjaga dalam keadaan yang sangat baik.

  1. Istana Potala

Tempat wisata di Cina ini terdiri dari Istana Putih di bagian timur sebagai tempat tinggal Dalai Lama,
Istana Potala. Image via: hello-pet.com

Simak juga: tempat wisata di Kyoto

Istana Potala terletak di Bukit Merah di pusat kota Lhasa Daerah Otonom Tibet Tiongkok. Istana yang besar dan megah itu dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki “Mutiara di Atap Dunia”. Istana Potala adalah karya representatif arsitektur etnis Tibet yang cemerlang.

Tempat wisata di China ini terdiri dari Istana Putih di bagian timur sebagai tempat tinggal Dalai Lama, Istana Merah di bagian tengah yang merupakan balairung pemujaan Buddha dan pagoda persemayaman arwah Dalai Lama serta rumah biksu berwarna putih di bagian barat.

Di depan Istana Merah terdapat sebuah tembok putih yang tinggi, tempat menggantungkan permadani besar bergambar Buddha pada hari raya agama.

Pada tempat wisata di China ini, Istana Merah adalah bagian utama Istana. Pada bagian ini terdapat balai pagoda arwah Dalai Lama berbagai zaman dan berbagai ruang pemujaan Buddha. Di antaranya, yang paling indah adalah balai pagoda arwah Dalai Lama V Losan Jiacuo.

Tinggi pagoda Dalai Lama V 15 meter. Dasarnya berbentuk persegi dan atapnya bundar. Jenazah Dalai Lama V disimpan dalam pagoda tersebut setelah diawetkan dengan bahan pewangi dan bahan-bahan lain.

  1. Tentara Tarakota

Di tempat wisata di Cina ini, pengunjung dapat menyaksikan sedikitnya seribu patung prajurit sang kaisar yang berjajar membentuk formasi tempur
Tentara Tarakota. Image via: topchinatravel.com

Komplek pemakaman Kaisar Qin Shi Huang merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di muka bumi dan menjadi tempat wisata di China yang terbesar. Seorang petani yang sedang mencari air secara tak sengaja menemukan kompleks ini pada tahun 1974 di pertengahan musim kering.

Situs makam kaisar ini turut mengungkap bahan dan metode pembuatan patung-patung yang diperkirakan berumur 2.200 tahun itu. Peneliti menemukan bahan yang digunakan adalah tanah liat yang berasal tak jauh dari lokasi situs.

Wajah dari patung para prajurit ini tidak ada yang serupa. Selain itu para peneliti menemukan indikasi bahwa patung-patung ini dipanaskan secara lambat. Tak heran patung-patung ini diberi nama patung terakota. Yang diambil dari bahasa latin, terra-cotta (tanah bakar), kerajinan tembikar yang berasal dari tanah liat.

Di tempat wisata di China ini, pengunjung dapat menyaksikan sedikitnya seribu patung prajurit sang kaisar yang berjajar membentuk formasi tempur.  Terdapat 1.300 patung kuda dengan tentara, dan bermacam jenis senjata yang konon sekitar ribuan jumlahnya dan semua senjata terbuat dari perunggu.

  1. Gunung Huang

Pengunjung tempat wisata di Cina ini bisa melihat deretan pohon pinus, adanya granit di gunung Huang dan awan yang indah di atas gunung.
Gunung Huang. Image via: traveldailynews.asia

Simak juga: tempat wisata di Osaka

Huangshan dikenal untuk susunan dan tumpukan batu yang diukir di sisi gunung, yang mungkin ada lebih dari 60.000. Pengukiran tidak diketahui kapan dimulainya, tetapi paling tidak sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu.

Orang lokal menyebut tempat wisata di china ini dengan Yellow Mountain. Wisata ini terkenal sebab pemandangan di gunung Huang yang sangat menawan. Pengunjung bisa melihat deretan pohon pinus, adanya granit di gunung Huang dan awan yang indah di atas gunung.

Gunung Huang memiliki banyak puncak gunung, namun diantara banyak puncak itu ada 3 puncak tertinggi dan paling terkenal yaitu Lotus Peak dengan tinggi 1.864 meter, Bright Summit Peak dengan tinggi 1.840 meter dan Heavenly Capital Peak dengan tinggi 1.829 meter.

Gunung ini cocok bagi pengunjung yang suka dengan aktivitas pendakian. Ketika mengunjungi tempat wisata di china ini, pengunjung dikenakan tiket masuk 230 yuan. Pendaki bisa menikmati alam yang terawat dengan baik. Saat mendaki tidak akan menemukan sampah yang tercecer di gunung tersebut.

  1. Leshan Giant Buddha

Dengan ketinggian yang diperkirakan mencapai lebih kurang sekitar 71 meter, Leshan Giant Buddha menjadi sebuah tempat wisata di Cina yang menakjubkan.
Leshan Giant Buddha. Image via: makemytrip.com

Leshan Giant Buddha merupakan sebuah situs berupa patung Buddha berukuran raksasa yang dipahat pada dinding tebing. Menurut sumber-sumber sejarah kebudayaan kuno, patung di tempat wisata di China itu mulai dibangun pada kisaran tahun 713, pada masa kekaisaran Dinasti Tang.

Dengan ketinggian yang diperkirakan mencapai lebih kurang sekitar 71 meter, Leshan Giant Buddha menjadi sebuah objek pariwisasta menakjubkan. Sebuah area berupa koridor pandang di bawah kaki sang Buddha disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati dan menyaksikan patung dari dekat.

Beraneka jenis ukiran maupun pahatan-pahatan berupa patung Buddha lainnya juga terlihat menghiasi dinding tempat wisata di China ini. Sebuah fasilitas berupa susunan anak tangga disediakan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan maupun mengagumi keindahan pahatan-pahatan patung tersebut secara lebih dekat.

Sebuah area berupa koridor pandang lainnya, juga telah dipersiapkan pada bagian puncak tebing bebatuan tersebut. Salah satu pilihan lokasi dimana jutaan pasang mata dibuat terpesona menyaksikan berbagai jenis fitur-fitur menakjubkan pada puncak ketinggian.

  1. Gua Mogao

Di tempat wisata di cina ini pengunjung banyak menemukan mural dengan gaya China yang khas.
Gua Mogao. Image via: crystalinks.com

Simak juga: tempat wisata di Tokyo

Gua Mogao membentuk suatu sistem 492 kuil yang terletak arah tenggara dari kota Dunhuang. Gua-gua ini menyimpan beberapa contoh terbaik Seni Buddha yang mencakup rentang waktu 1.000 tahun. Pembangunan tempat suci buddha ini dimulai pada tahun 366 M sebagai tempat penyimpanan naskah suci dan seni buddha.

Di tempat wisata di china ini pengunjung banyak menemukan mural dengan gaya China yang khas. Gua yang juga terkenal sebagai Gua Ribuan Budha ini merupakan sistem gua candi Budha. Di kompleks gua ini, ada sekitar 600 gua candi yang masih bertahan, dimana 30 diantaranya terbuka untuk umum dan wisata.

Gua-gua ini tidak dilengkapi cahaya dalam rangka menjaga mural yang ada. Bila datang ke Gua Wei Utara, pengunjung Anda akan melihat Mural yang menunjukkan banyak pengaruh asing dimana gambar-gambar wajah memiliki hidung yang panjang dan rambut keriting serta wanita berpayudara besar.

Di dalam tempat wisata di China ini pengunjung juga akan melihat lukisan Budha dalam berbagai warna. Atau jika datang ke Gua Sui, akan melihat lukisan dengan sapuan kuas yang rumit. Garis-garisnya mengalir dengan penggunaan warna yang mewah, termasuk emas dan perak.

  1. Yangshuo

Pengunjung tempat wisata di Cna ini dapat menjelajahi Sungai. Pemandangan alam sekitar Sungai Li akan memukau pengunjung dengan pepohonan hijau dan bukit – bukit indah menjulang.
Yangshuo. Image via: chinadaily.com.cn

Yangshuo terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tempat wisata di China ini terletak di daerah timur laut daerah otonom Zhuang Guangxi, 65 km jauhnya dari kota Guilin. Kota tersebut di bangun pad tahun 590, yaitu zaman Dinasti Zui yang sudah bersejarah lebih dari 1400 tahun lamanya.

Banyak obyek wisata dan kawasan wisata di Yangshuo yang wajib di jelajahi. Salah satu yang paling populer adalah Sungai Li. Pengunjung dapat menjelajahi Sungai dengan rakit lokal atau berrafting dapat menjadi pilihan kegiatan. Pemandangan alam sekitar Sungai Li akan memukau pengunjung dengan pepohonan hijau dan bukit – bukit indah menjulang.

Selain Sungai Li, di temp[at wisata di Cina ini pengunjung juga dapat menikmati bukit – bukit berjejer seperti bukit Moon Hill, Mural Hill dan Schoolboy Hill. Pemandangan perbukitan indah ini mempesona berjejer di tepi Sungai Li dengan pose berbeda – beda.

Destinasi lain ada juga Yulog Bridge. Yulong Bridge merupakan jembatan tertua di Yangshuo. Yulong Bridge dapat dinikmati dengan bersepeda. Pengunjung dapat bersepda melewati pinggiran sungai Yulong di temani pemandangan bukit karst.

  1. Tian Chi

Pengunjung tempat wisata di CIna ini kerap menyebut danau ini dengan nama Heaven Lake
Tian Chi. Image via: tour-beijing.com

Simak juga: tempat wisata di Chiang Mai

Danau Tian Chi adalah danau tercantik yang ada di Tiongkok. Pengunjung dari berbagai belahan dunia kerap menyebut danau ini dengan nama Heaven Lake. Danau Surga ini menjadi salah satu lokasi wisata di Cina yang menarik kunjungan dari berbagai negara di dunia.

Tempat wisata di China ini menghadirkan pemandangan indah dan suasana asri. Walaupun hanya danau buatan, Keindahannya tidak berkurang sedikitpun.  Heaven Lake aslinya berfungsi sebagai penampungan air dan pengaliran air ke ladang pertanian.

Di danau ini, permukaan airnya tenang dan bersih. Sehingga, dapat memantulkan bayangan benda apapun di atasnya. Tak hanya itu saja, pepohonan hijau rimbun pun banyak tumbuh di sekitar Tian Chi. Tak heran apabila banyak turis yang mengabadikan momen keindahan tersebut.

Jika ingin berlama-lama menikmati pemandangan di Tian Chi, pengunjung dapat menginap di hotel yang berlokasi di tepi danau surga ini.

  1. Cheng Hua Miao Market

Tempat wisata di cina ini adalah lokasi yang bisa membawa pengunjung melihat secara langsung bangunan khas China klasik
Cheng Hua Miao Market. Image via: shanghaisummer2013

Di Shanghai ada sebuah lokasi yang bisa dikunjungi untuk menikmati wisata belanja selagi berada di negara China. Pengunjung bisa memilih untuk berkunjung ke Cheng Hua Miao Market.

Tempat wisata di china ini adalah lokasi yang bisa membawa pengunjung melihat secara langsung bangunan khas China klasik. Anda akan teringat dengan film-film kungfu jika sedang berada di tempat ini. Semua hal itu membuat pengalaman berbelanja di sana akan membuat mendapatkan kesan yang berbeda.

Selain itu, ada banyak benda yang bisa dibeli di tempat wisata di China ini. Pengunjung bisa mendapatkan souvenir untuk oleh-oleh, atau juga bisa membeli keperluan fashion. Ada beberapa makanan ringan juga yang dijual di pasar tersebut.

Yang unik di pasar ini adalah pengunjung boleh tawar menawar harga, mirip seperti di pasar tadisional di Indonesia.

  1. Shangxiaju Pedestrian Street

Tempat Wisata di Cina berjenis wisata belanja yang satu ini mirip dengan Malioboro di Jogja dimana pembeli bisa mendapatkan kesan belanja di sepanjang jalan pedestrian.
Shangxiaju Pedestrian Street. Image via: es.wikipedia.org

Simak juga: tempat wisata di Pattaya

China merupakan salah satu negara yang sangat populer dengan wisata alam dan tinggalan sejarah. Namun di sana juga ada salah satu wisata belanja terkenal, yaitu Shangxiaju Pedestrian Street. Tempat Wisata di China berjenis wisata belanja yang satu ini mirip dengan Malioboro di Jogja dimana pembeli bisa mendapatkan kesan belanja di sepanjang jalan pedestrian.

Tempat ini cukup terkenal sebagai objek wisata sekaligus wisata belanja. Memiliki akses jalan yang cukup lebar, para pengunjung akan mendapatkan kesan belanja yang lebih lapang. Selain itu kanan dan kiri jalan adalah pertokoan yang berjejer di sepanjang jalan. Sehingga pengunjung bisa bebas memilih barang yang akan dibeli.

Ada juga beberapa mall yang bisa di tempat wisata di China ini. Pengunjung bisa mendapatkan banyak barang dengan harga yang bervariasi di tempat ini.

Kebanyakan yang dijual di kawasan ini adalah barang-barang fashion dengan harga beragam. Untuk mendapatkan harga terbaik, pastikan kamu pintar menawar. Selain sebagai spot wisata belanja, kawasan ini juga terkenal dengan ragam kuliner terutama jajanan pinggir jalan yang unik dan menarik.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment