5 Tempat Wisata Di China, Ada Kota Terlarang Yang Spektakuler

Tempat wisata di China didominasi oleh tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, yang dibuktikan dengan seni arsitektur bangunannya yang sangat menakjubkan.

Kejayaan China bukan hanya di masa lampu saja. Bahkan saat inipun, negara tersebut masuk sebagai salah – satu negara yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

pesona tempat wisata di china
pesona tempat wisata di china. google maps. sumber: prince lakshya

Angka kunjungan wisata di tahun 2010 saja pernah menembus 400 juta kunjungan. Sektor industri pariwisata China tertata secara baik, bahkan penataannya hingga ke desa-desa.

Selain sisi sejarah, seni, maupun budaya, tempat wisata di China juga menyajikan wisata alam yang sangat eksotis. Mata kita sudah tidak asing tentunya dengan view alam di China lewat film-film laganya.

Dan inilah review tempat wisata di China yang sudah kami siapkan untuk anda. Tentu saja, kunjungan wisatanya saat situasi pandemi mulai mereda ya…

5 Tempat Wisata Di China

1. Tembok Besar China

tembok besar china
tembok besar china. google maps. sumber: satish patel

Tempat wisata di China yang paling terkenal adalah Tembok Besar China, atau disebut juga dengan Tembok Besar Tiongkok. Tempat wisata di Cina tersebut dikenal dalam bahasa mandarin dengan diksi “Changcheng”, yang bermakna tembok yang besar, atau tembok yang panjang.

Tembok Besar China mendapatkan status sebagai salah-satu dari 7 keajaiban dunia, dan telah mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Panjang Tembok Besar China adalah 8.851 km, dan bangunan benteng tersebut mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok Utara.

Lokasi Tembok Besar China lokasinya masuk ke dalam 15 wilayah yang ada di Tiongkok Utara. Dan bagi para pengunjung yang ingin datang ke lokasi tersebut, terdapat 5 jalur yang bisa diakses. Diantaranya melalui tempat-tempat berikut:

  • Jinshanling,
  • Simatai,
  • Juyongguan,
  • Badaling,
  • Mutianyu.

Terdapat fasilitas kereta gantung yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin sampai ke Great Wall Of China tersebut.

2. Forbidden City

kota terlarang china
kota terlarang china. google maps. sumber: Mihin_Mindula

Seperti di judul utama yang penulis sajikan, bahwa tempat wisata di China bukan hanya tentang Tembok Besar China saja. Ada tempat wisata lainnya yang sama – sama spektakuler, yang bernama Forbidden City.

Ya, Forbidden City, atau Kota Terlarang adalah sebuah kawasan yang sangat luas, tepatnya bekas Istana Kekaisaran Dinasti Ming, dan Dinasti Qing, tahun 1420 – 1924.

Forbidden City memiliki nilai sejarah yang sanga penting, sangat tepat dengan gelar yang disandang sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Forbidden City, atau Kota Terlarang memiliki daya tarik sebagai berikut:

  • Memiliki luas 720.000 meter persegi,
  • Dikelilingi tembok dengan tinggi 8 meter,
  • Terdapat sungai di area luarnya,
  • 800 buah bangunan,
  • 9900 kamar.

Forbidden City selain menyajikan tempat wisata yang bersejarah, di sisi lain menjadi tempat wiata di China yang dipenuhi dengan latar yang instagramable.

  • Lokasi Kota Terlarang terletak di sebelah utara Lapangan Tiananmen.
  • Alamat Forbidden City berada di 4 Jingshan, Front St, Dongcheng, Beijing, Tiongkok.

3. Pasukan Terakota

pasukan terakota
pasukan terakota. google maps. sumber: Khairur Azhan

Jika anda melihat tempat wisata yang satu ini dalam salah-satu film laga Jet Lee, tentu saja kagum. Tetapi saat anda berkunjung langung ke tempatnya, maka mata pengunjung akan dibuat tercengang.

Nama tempat wisata di China tersebut bernama Pasukan Terakota. Bayangkan saja, di kawasan tersebut terdapat 1.300 patung tentara, dan kuda. Bentuk patung sama lainnya berbeda-beda, seukuran dengan manusia pada umumnya.

Kawasan tersebut ditemukan tidak sengaja oleh petani lokal, dekat dengan makam Kaisar Qin Shi Huang. Kawasan Terakota tersebut diperkirakan dibangun tahun 210 SM – 209 SM.

  • Lokasi dan alamat Pasukan Terakota berada di Lintong District, Xi’an, Shaanxi, Tingkok.
  • Pasukan Terakota buka dari pukul 08.30 – 17.00.

4. Huangshan

huangshan china
huangshan china. google maps. sumber: Alan Chen

Setelah jalan-jalan di istana, dan benteng yang luar biasa, kini tempat wisata yang penulis sajikan adalah tempat wisata di China yang bertemakan alam.

Nama objek wisatanya adalah Huangshan, atau Gunung Huang, yang terletak di Anhui, Tingkok. Huangshan menawarkan pesona alam eksotis berupa kawasan pegunungan, tebing batu, pohon pinus, serta tulisan di dinding batu yang diduga sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu.

Selain itu, jangan lewatkan juga dengan fenomena matahari terbenam di Gunung Huang. Suasana di Huangshan menyajikan nuansa yang romantis, dan jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.

5. Yangshuo

yangshuo
yangshuo. google maps. sumber: Ring Ho

Ingin mencoba menaiki rakit sambil menyusuri sungai indah, yang dikelilingi dengan pesona alam sekitar yang menakjubkan layaknya di film – film China?

Maka aktivitas wisata tersebut bisa anda lakukan di Yangshuo. Lokasinya berada di Zhuang Ghuangxi. Pemandangan alamnya sangat luar biasa menakjubkan, masih terawat secara baik.

Dan aktivitas wisata yang paling terkenal adalah menaiki rakit, menyusuri sungai. Di sampingnya terdapat gunung-gunung batu yang membuat kesan takjub.


Tinggalkan komentar