5 Tempat Wisata Di Canberra, Gerakan Kota Kebun Yang Berbuah Manis

|

Tempat wisata di Canberra menawarkan pesona ibukota Australia, yang dikelilingi oleh bentang alam yang akan memanjakan mata para wisatawan.

Yang paling menarik dari Canberra, Australia adalah tata kota yang terencana secara baik, mempertimbangkan dari semua sektor, termasuk kelestarian alam.

Bahkan di Bulan Februari tahun 2020, Presiden Republik Indonesia, yaitu Bpk. Jokowi berkunjung ke salah-satu spot wisata terbaik di Canberra, yaitu Mount Ainslie.

Salah-satu tujuannya yaitu untuk mempelajari tata kota Canberra, sebagai salah-satu referensi rencana pembangunan Ibukota Republik Indonesia yang baru, di Kalimantan Timur.

canberra
canberra. google maps. sumber: Mahmoud Al hajouri

Simak juga: tempat wisata di Australia

Sekilas Tentang Canberra

Berdasarkan beberapa referensi, ternyata penentuan Canberra sebagai Ibukota Australia adalah sebagai benang merah, antara dua kota di Australia yang ingin menjadi ibukota, yaitu:

  • Sydney, dan
  • Melbourne.

Konsep penataan Canberra mengacu kepada sebuah gerakan yang cukup populer pada saat itu, yakni Gerakan Kota Kebun.

Gerakan Kota Kebun adalah salah-satu metode perencanaan tata kota, yang mempertimbangkan semua aspek pembangunan, tanpa saling menggangu sektor yang satu, dengan yang lainnya. Atau dikenal juga dengan istilah “sabuk hijau”.

5 Tempat Wisata Di Canberra

1. Mount Ainslie Australia

mount ainslie australia
mount ainslie australia. google maps. sumber: Mark Tyas

Simak juga: tempat wisata di New South Wales

Untuk memahami tata kota Canberra, sekaligus menikmati puluhan tempat wisata yang ada di Canberra, maka rekomendasi tempatnya di Mount Ainslie.

Lokasi Mount Ainslie terletak di Australian Capital Territory (ACT), pinggiran timur laut Canberra. Adapun view yang tersaji saat para wisatawan berada di Mount Ainslie Australia adalah sebagai berikut:

  • War Memorial,
  • Old Parliament House,
  • New Parliament House,
  • Lake Burley Griffin,
  • King Edward Terrace.

Serta masih banyak lagi tempat wisata yang bisa terlihat saat berada di atas Bukit Ainslie. Setidaknya ada 20 view yang bisa terlihat oleh para pengunjung.

2. Lake Burley Griffin

lake burley griffin
lake burley griffin. google maps. sumber: Bo Wang

Simak juga: tempat wisata di Melbourne

Lake Burley Griffin menjadi tempat wisata selanjutnya yang ada di Canberra. Lake Burley Griffin, atau Danau Burley Griffin adalah danau buatan, yang sangat mendominasi viewnya saat berada di Mount Ainslie.

Sejarah penamaan Lake Burley Griffin mengacu kepada nama arsiteknya, yaitu Walter Burley Griffin. Selain itu, di Danau Burley Griffin Australia juga ditunjang dengan beberapa aktivitas wisata yang sangat recommended untuk dicoba. Di antaranya:

  • Sewa sepeda, mengelilingi kawasan tersebut,
  • Mendayung,
  • Berlayar,
  • Naik Captain Cook Cruise.

Lake Burley Griffin juga dikelilingi oleh bangunan, sekaligus tempat wisata lainnya di Canberra yang sangat populer. Oh iya, ada juga taman rekreasi di dekat danau tersebut, yang sangat nyaman untuk dijadikan wisata keluarga.

  • Lokasi Lake Burley Griffin berada di Pusat Kota Canberra.

3. Lake Tuggeranong

lake tuggeranong
lake tuggeranong. google maps. sumber: Andre Reis

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Danau cantik lainnya di Canberra yang menyajikan nuansa romantis, dan instagramable adalah Lake Tuggeranong, atau Danau Tuggeranong.

Lake Tuggeranong sama statusnya sebagai sebuah danau buatan. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh danau tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dikelilingi oleh view alam yang sangat cantik,
  • Dilengkapi dengan taman, serta wahana rekreasi lainnya,
  • Bangunan klasik yang sangat menawan.

Satu hal yang bisa dipelajari adalah budaya hidup bersih yang dilakukan oleh masyarakatnya. Jika hanya mengandalkan pemerintah saja, tanpa ada kesadaran dari masyarakat, tentu saja tempat wisata yang ada di Canberra akan berserakan sampah.

  • Lokasi Lake Tuggeranong berda di Distrik Tuggeranong, Canberra, Australia.

4. New Parliament House, And Old Parliament House

old parliament house
old parliament house. google maps. sumber: 

Simak juga: tempat wisata di Macau

Gedung Parlemen Lama, dan Gedung Parlemen Baru di Canberra, letak lokasinya memang berbeda. Namun sangat direkomendasikan untuk mengunjungi ke duanya, untuk memahami sejarah jaman dulu, hingga Canberra saat ini.

Jelas dari sisi arsitektur bangunannya juga sangat berbeda. New Parliament House lebih mendapat sentuhan seni arsitektur modern, tanpa meninggalkan bentuk, ikon, alat tradisonal khas Australia, yaitu Boomerang.

  • Lokasi Old Parliament House berada di jantung Kota Canberra. Bentuknya klasik, nan megah. Bangunan tersebut masih terjaga secara baik sampai saat ini.

5. The Australian War Memorial

the australian war memorial
the australian war memorial. google maps. sumber: Sue Soumpholphakdy

SImak juga: tempat wisata di Taipei

Hampir di setiap negara mempunyai destinasi wisata yang berbalut sejarah, sekaligus sebagai monumen untuk mengenang para pahlawan perangnya.

Begitupun di Australia. Monumen untuk mengenang angkatan bersenjata, dan organisasi pendukung yang telah gugur, lokasinya berada di Canberra, yang bernama The Australian War Memorial.

  • Alamat The Australian War Memorial berada di Treloar Cres, Campbell ACT 2612, Australia.