11 Tempat Wisata di Canberra Favorit Para Pelancong

Tempat wisata di Canberra menjadi pilihan favorit bagi para turis yang berlibur ke negara Australia. Selain memiliki banyak lembaga budaya, ibu kota federal ini juga mendukung berbagai komunitas seni. Dengan campuran daya tarik wisata buatan dan alami, Canberra merupakan tempat untuk belajar dan bersenang-senang.


Tempat wisata di Canberra menjadi pilihan favorit bagi para turis yang berlibur ke negara Australia. Selain memiliki banyak lembaga budaya, ibu kota federal ini juga mendukung berbagai komunitas seni.
Tempat Wisata di Canberra. Image via: ipa.org.au

Simak juga: tempat wisata di Australia

Sekilas Soal Canberra

Canberra adalah ibu kota Australia. Dengan jumlah penduduk 410.301 jiwa, Canberra adalah kota pedalaman terbesar sekaligus kota terbesar ke-8 di Australia. Kota ini terletak di ujung utara Australian Capital Territory (ACT), 280 km  sebelah barat daya Sydney. Penduduk Canberra disebut Canberran.

Wilayah perkotaan Canberra berdiri di dataran Ginninderra, dataran Molonglo, dataran Limestone, dan dataran Tuggeranong. Sungai Molonglo yang mengalir ke dataran Molonglo dibendung untuk mengisi Lake Burley Griffin yang menjadi ikon Canberra.

Canberra memiliki iklim samudra. Pada bulan Januari, bulan terpanas, suhu rata-rata tertinggi sekitar 28 °C pada bulan Juli, bulan terdingin, suhu rata-rata jatuh hingga sekitar 11 °C . Dampak perubahan iklim di Canberra dibuktikan oleh kenaikan suhu setiap tahun.

Curah hujan tahunan Canberra terendah ketiga di Australia, tetapi tersebar merata sepanjang tahun. Curah hujan tertinggi jatuh pada akhir musim semi. Kota ini tidak terlalu berangin. Angin ringan terkencang berembus pada bulang Agustus sampai November.

11 Tempat Wisata di Canberra

  1. Lake Burley Griffin

danau tempat wisata di Canberra ini tidak cocok untuk berenang, hanya bisa digunakan untuk olahraga dayung, layar atau sekedar memancing ikan.
Lake Burley Griffin. Image via: photojour

Danau Burley Griffin di Canberra adalah danau buatan di tengah ibukota negara Australia, Canberra. Dinamai danau Burley Griffin sesuai nama perancangnya yaitu Walter Burley Griffin. Dia seorang arsitek Amerika yang memenangkan kompetisi desain kota Canberra. Danau ini selesai dibuat pada tahun 1964, setelah sebelumnya dibuat bendungan di sungai Molonglo yang membelah kota Canberra.

Danau tempat wisata di Canberra ini terletak persis di tengah kota dan dikelilingi oleh berbagai gedung institusi lembaga penting Australia. Gedung itu meliputi National Gallery, National Museum, National Library, Australian National University, dan High Court serta Parliament House yang terkenal.

Danau ini juga dikelilingi oleh taman-taman untuk rekreasi. Namun danau tempat wisata di Canberra ini tidak cocok untuk berenang, hanya bisa digunakan untuk olahraga dayung, layar atau sekedar memancing ikan.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di sini. Bagi pecinta sepeda, dapat meminjam sepeda seharga AUD 25 untuk 2 jam dan bersepeda sedekat atau sejauh mungkin.

Pengunjung juga dapat menaiki Captain Cook cruise boat untuk menyeberangi danau ini. Harga yang pengunjung keluarkan untuk merasakan pengalaman ini adalah sekitar AUD 18 dengan lama perjalanan 90 menit.

  1. Lake Tuggeranong

Disekitar danau uatan tempat wisata di Canberra ini terdapat taman yang ramah pada anak-anak.
Lake Tuggeranong. Image via: abc.net.au

Simak juga: tempat wisata di New South Wales

Danau Tuggeranong adalah danau buatan, di mana anak-anak sungai dan air hujan bergabung di danau dan kemudian mengalir ke Sungai Murrumbidgee dalam kondisi bersih dan siap untuk ikan hilir dan satwa liar.

Ini adalah pemandangan yang mengesankan, untuk menyaksikan air danau tumpah ke terowongan di bawah, yang bergerak di bawah jembatan lalu lintas dan ke Murrumbidgee. Disekitar danau buatan tempat wisata di Canberra ini terdapat taman yang ramah pada anak-anak.

Taman Kota Tuggeranong memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada balita serta anak-anak yang lebih tua. Antaranya menara untuk didaki, berbagai ayunan, area bermain balita dan pasir dengan penggali. Sehabis bermain, anak-anak dapat menuju Tuggeranong Town Park, menemui angsa dan bebek yang tinggal di sana.

Di dekat danau tempat wisata di Canberra ini terdapat Sirkuit Danau Tuggeranong. Dengan jalur datar dan rambu yang jelas, digunakan oleh penduduk setempat setiap hari untuk berolahraga dan memanfaatkan lokasi tepi sungai ini sebaik-baiknya.

Pelari lokal bertemu untuk lomba sosial di sekitar danau dan kelompok pengamat burung bertemu untuk melacak berbagai jenis burung air yang dapat ditemukan di alang-alang.

  1. The Australian War Memorial

Tempat wisata di Canberra Australian War Memorial ini dibuka pada tahun 1945
The Australian War Memorial. Image via: oxleycourt.com.au

Australian War Memorial adalah peringatan nasional Australia bagi anggota angkatan bersenjata dan organisasi pendukung yang telah meninggal atau berpartisipasi dalam perang. Peringatan itu mencakup museum militer nasional yang luas.

Tempat wisata di Canberra Australian War Memorial ini dibuka pada tahun 1914. Secara luas, monumen ini dianggap sebagai salah satu monumen paling signifikan dari jenisnya di dunia.

Tingkat atas didedikasikan terutama untuk Perang Dunia I di sayap barat dan Perang Dunia II di sayap timur. Galeri Perang Dunia I, disusun dalam urutan kronologis sejak awal keterlibatan Australia dalam perang. Dua bagian pertama Galeri terkait secara luas dengan kampanye Gallipoli.

Di antara sayap terletak Aircraft Hall, yang berisi sejumlah pesawat lengkap, yang mencakup angkatan udara di Pasifik dan sebagian besar pesawat berisi pesawat dari era Perang Dunia II termasuk A6M Zero Jepang yang dipulihkan, yang diterbangkan dalam pertempuran di atas Pulau Papua.

ANZAC Hall adalah paviliun besar di tempat wisata di Canberra ini. Disana digunakan untuk menampilkan perangkat keras militer besar. Pajangan penting di sisi barat termasuk pembom Lancaster, Bangkai M-14 dan M-21, dan kapal selam cebol kelas Ko-hyoteki Jepang.

  1. Gedung Perlemen Baru

tempat wisata di Canbera New Parliament House adalah sebuah keajaiban arsitektur modern. Susunan
Gedung Perlemen Baru. Image via: visitcanberra.com.au

Simak juga: tempat wisata di Melbourne

New Parliament House adalah sebuah keajaiban arsitektur modern. Susunan bangunan berupa bumerang ini didesain untuk menggantikan fungsi Parliament House terlebih dulu yang letaknya di dasar bukit. Saat ini tempat wisata di Canberra itu di kenal sebagai Old Parliament House.

Pengunjung bisa menikmati panorama Canberra serta melihat bagaimana bangunan ini menjadi titik pusat dari tata letak kota. Walau bangunan tempat wisata di Canberra ini masih aktif sebagai kantor pemerintahan, namun pengunjung bisa masuk untuk lihat galeri the green-hued House of Representatives and the Senate.

Pengunjung juga bisa memperoleh tour gratis yang memberi perincian menarik mengenai bangunan ini. Sesudah puas berkeliling gedung indah ini, pengunjung juga dapat belajar mengenai Segitiga Parlemen. Sebuah tata letak gedung pemerintahan yang sarat makna dalam filosof kenegaraan Australia.

Bangunan ini buka pada Senin serta Selasa jam 09.00. Pada Rabu jam 08.30 serta Kamis jam 09.00. Kunjungan ditutup pada jam 17.00. Pada libur Natal, gedung ditutup untuk kunjungan wisatawan.

  1. Gedung Parlemen Lama

Tempat wisata di Canberra Museum Demokrasi Australia di Gedung Parlemen Lama menceritakan kisah demokrasi Australia dan terus menghormati nilai-nilai warisan
Gedung Parlemen Lama. Image via: architectureau.com

Terletak di jantung kota Canberra, Museum Demokrasi Australia di Gedung Parlemen Lama menyediakan berbagai pameran dan pengalaman unik yang menjelajahi sejarah dan masa depan demokrasi Australia.

Tempat wisata di Canberra Museum Demokrasi Australia di Gedung Parlemen Lama menceritakan kisah demokrasi Australia dan terus menghormati nilai-nilai warisan dari bekas rumah Parlemen Federal ini. Sejarah demokrasi Australia mencakup hukum dan lembaga negara, serta cara hidup sebagai masyarakat.

Museum Demokrasi Australia mengakui bahwa demokrasi telah dialami oleh berbagai kelompok dengan cara yang berbeda. Ini tercermin dalam rangkaian narasi dan pengalaman yang disajikan secara seimbang.

Museum Demokrasi Australia bersama dengan Arsip Nasional Australia mempersembahkan 110 dokumen kunci yang merupakan fondasi negara kita – ‘akta kelahiran’ Australia – yang menceritakan kisah demokrasi kita.

Tempat wisata di Canberra ini buka setiap hari jam 9 pagi – 5 sore. Biaya $ 2 orang dewasa, $ 1 untuk anak di atas 5. Anak di bawah 5 gratis. Untuk kunjungan keluarga  $ 5 keluarga 2 orang dewasa dan anak-anak tanggungan.

  1. Perpustakaan Nasional

tempat wisata di Canberra Perpustakaan Nasional Australia juga menyimpan berbagai dokumen parlemen serta Undang-undang
Perpustakaan Nasional. Image via: en.wikipedia.org

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Megahnya National Library of Australia atau Perpustakaan Nasional Australia sudah terlihat saatpertama  menginjakkan kaki di tempat itu.

Perpustakaan Nasional Australia adalah perpustakaan referensi terbesar di Australia. Berdasarkan Undang-Undang Perpustakaan Nasional, perpustakaan ini memiliki fungsi “mengelola dan mengembangkan koleksi material pustaka nasional, termasuk koleksi material pustaka lengkap tentang Australia dan bangsa Australia.

Selain buku disinijuga ada Koleksi koran Australia yang disimpan di perpustakaan bersumber dari tahun 1840-1850. Sedangkan koran pertama bahasa Inggris di dunia juga dikoleksi bersumber dari tahun 1666. Ada juga koleksi kliping mengenai tulisan biografi warga Australia yang dimuat di berbagai surat kabar.

Selain itu, tempat wisata di Canberra Perpustakaan Nasional Australia juga menyimpan berbagai dokumen parlemen serta Undang-undang. Meskipun buku hasil restorasi dibuat, namun produk aslinya masih tersimpan utuh dan rapi.

Tempat wisata di Canberra, National Library of Australia (NLA), memiliki beragam koleksi buku-buku Indonesia. Perpustakaan menyediakan berbagai koleksi Indonesia mulai dari ilmu sosial, pemerintahan, agama, dan literatur. Bahkan koleksinya cukup lengkap sampai level kabupaten/kota.

  1. Galeri Nasional

Geometri bangunan tempat wisata di Canberra ini didasarkan pada sebuah segitiga, yang paling jelas terlihat bagi pengunjung di kisi-kisi plafon dan ubin lantai utama.
Galeri Nasional. Image via: duchateauchun.com

Galeri Nasional Australia adalah museum seni nasional Australia dan juga salah satu museum seni terbesar di Australia, memiliki lebih dari 166.000 karya seni. Terletak di Canberra di Wilayah Ibu Kota Australia, didirikan pada tahun 1967 oleh pemerintah Australia sebagai museum seni publik nasional.

Geometri bangunan tempat wisata di Canberra ini didasarkan pada sebuah segitiga, yang paling jelas terlihat bagi pengunjung di kisi-kisi plafon dan ubin lantai utama. Geometri ini mengalir di seluruh bangunan, dan tercermin dalam menara tangga segitiga, kolom, dan elemen bangunan.

Bangunan ini memiliki luas lantai 23.000 m2. Desainnya menyediakan ruang untuk tampilan dan penyimpanan karya seni dan untuk mengakomodasi staf kuratorial dan pendukung Galeri.  Ada tiga tingkat galeri di tempat wisata di Canberra ini.

Di lantai utama, galeri berukuran besar, dan digunakan untuk memajang koleksi Pribumi Australia dan Internasional (artinya Eropa dan Amerika). Tingkat bawah juga berisi serangkaian galeri besar, awalnya dimaksudkan untuk rumah patung, tetapi sekarang digunakan untuk menampilkan koleksi seni Asia.

Tingkat paling atas berisi serangkaian galeri yang lebih kecil dan lebih intim, yang sekarang digunakan untuk menampilkan koleksi seni Australia Galeri. Sweeney merekomendasikan bahwa sumber cahaya alami tidak boleh mengurangi koleksi, dan karenanya sumber cahaya dimaksudkan untuk tidak langsung.

  1. National Botanical Garden

Tempat wisata di Canberra Ini adalah tempat di mana penduduk setempat dan pengunjung ibukota negara kami datang untuk menjelajahi, belajar, bersantai, dan menikmati waktu bersama teman atau keluarga di lingkungan alam yang tenang.
National Botanical Garden. Image via: visitcanberra.com.au

Simak juga: tempat wisata di Macau

Kebun Raya Nasional Australia (ANBG) berlokasi di Canberra dan dikelola oleh Departemen Lingkungan Hidup dan Energi Pemerintah Australia. Kebun botani adalah koleksi hidup terbesar flora asli Australia. misi ANBG adalah untuk mempelajari dan mempromosikan flora Australia.

The Gardens memiliki luasan lahan lebih dari 90 hektar, 90 hektar (220 hektar) di Black Mountain. Sekitar 40 hektar saat ini dikembangkan sebagai Kebun Botani. Rencana pengembangan sisa lahan ditunda hingga dana tersedia.

Tempat wisata di Canberra Ini adalah tempat di mana penduduk setempat dan pengunjung ibukota negara kami datang untuk menjelajahi, belajar, bersantai, dan menikmati waktu bersama teman atau keluarga di lingkungan alam yang tenang.

Kebun memelihara berbagai sumber daya botani untuk para peneliti dan membudidayakan tanaman asli yang terancam di alam liar.

Kebun tempat wisata di Canberra ini diatur dalam bagian tematik. Tanaman dikelompokkan berdasarkan taksonomi bersama atau disajikan dalam pengelompokan ekologis yang ada di alam. Lebih dari 5.500 spesies dibudidayakan.

Beberapa diantara area itu adalah Rainforest Gully, menampilkan tanaman untuk hutan hujan Australia Timur. Rock Garden, pajangan tanaman yang hidup di habitat mulai dari gurun hingga alpine. Sydney Region Flora, sebuah tampilan flora endemik pada formasi batu pasir di lembah Sydney.

  1. National Zoo and Aquarium

Kebun binatang tempat wisata di Canberra ini adalah satu-satunya kebun binatang dan akuarium gabungan di Australia.
National Zoo and Aquarium. Image via: soulofamerica.com

Kebun Binatang dan Akuarium Nasional adalah kebun binatang dan akuarium seluas 19 hektar milik pribadi di ibu kota Australia, Canberra. Terletak di Yarralumla di ujung barat Danau Burley Griffin, di sebelah Bendungan Scrivener.

Kebun binatang tempat wisata di Canberra ini adalah satu-satunya kebun binatang dan akuarium gabungan di Australia. Kebun binatang ini memiliki spesies endemik Australia dan spesies introduksi termasuk koleksi kucing besar terbesar di Australia, termasuk, hingga saat ini, satu-satunya tigon di Australasia.

Kebun binatang juga terlibat dalam sejumlah program pemuliaan untuk spesies yang terancam punah. Kebun Binatang dan Akuarium Nasional menjadi tuan rumah bagi banyak program pendidikan dan wisata yang dirancang khusus untuk berbagai kelompok; termasuk tur sekolah, kelompok keluarga, dan Tur ulang tahun anak-anak.

Kebun binatang menjalankan Tur interaktif dan pengalaman binatang untuk pengunjung, termasuk Tur ZooVenture, penjaga untuk pengalaman sehari, Berjalan di alam Liar, Tur Keluarga, Bertemu Cheetah, ditambah sesi informasi harian dan Pembicara dari Penjaga Hewan pada akhir pekan .

Hewan-hewan Australia di kebun binatang termasuk dingo, koala, kanguru abu-abu barat, walabi rawa, parma walabi, emu, setan Tasmania, penguin kecil dan wombat – “Winnie”, wombat tertua yang diketahui di penangkaran.

  1. Taman Alam Gunung Hitam

Tempat wisata di Canberra ini adalah bagian dari rumah tradisional orang-orang Aborigin Ngunnawal
Taman Alam Gunung Hitam. Image via: 5280.com

SImak juga: tempat wisata di Taipei

Cagar Alam Gunung Hitam seluas 434 hektar adalah sebuah bukit yang menonjol 812 meter di atas permukaan laut di Canberra utara. Kawasan ini berbatasan dengan Cagar Alam Aranda Bushland, Kebun Raya Nasional Australia (ANBG), dan Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran.

Tempat wisata di Canberra ini adalah bagian dari rumah tradisional orang-orang Aborigin Ngunnawal. Gunung Hitam dan Semenanjung Acton diyakini telah disukai sebagai tempat pertemuan. Gunung Hitam dan daerah sekitarnya adalah tempat budaya Aborigin yang sangat signifikan.

Jejak gaya hidup tradisional Aborigin di tempat wisata di Canberra ini meliputi artefak batu, tempat perkemahan, dan pohon-pohon parut terlihat di lanskap. Black Mountain membentuk bagian dari area hutan terbuka dan hutan yang luas yang meliputi O’Connor Ridge, Bruce Ridge, Aranda Bushland, Gunung Painter, dan cagar alam Pinnacle.

Daerah-daerah ini adalah bagian dari koridor pergerakan satwa liar hingga koridor sungai Molonglo dan Murrumbidgee. Black Mountain mendukung keanekaragaman semak dan herba yang kaya termasuk beberapa spesies tanaman langka dan terancam. Beberapa burung yang terancam atau menurun secara regional ditemukan di cagar.

  1. Royal Australian Mint

Mint berfungsi terutama untuk memproduksi koin logam mulia mata uang Australia
Royal Australian Mint. Image via: http://theconversation.com/selling-off-the-mint-simply-creating-a-private-monopoly-26629

Royal Australian Mint adalah produsen tunggal semua koin Australia yang beredar. Dibuka pada tahun 1965 dan terletak di ibu kota federal Australia, Canberra, di pinggiran Deakin, Mint juga merupakan tempat wisata di Canberra yang sangat populer bagi pengunjung dan penduduk lokal.

Mint terdiri dari dua bangunan, gedung administrasi, dan bangunan proses. Gedung administrasi menampung pengukir, laboratorium, dan ruang bawah tanah bebas getaran tempat koin diukur untuk memastikan ukuran dan berat yang benar.

Selama 1984-1986 renovasi dilakukan untuk mendukung meningkatnya permintaan untuk produksi koin kolektor, dan juga untuk meningkatkan fasilitas pengunjung. Pengunjung dapat mencetak koin tender hukum mereka sendiri dengan menggunakan alat pres pengunjung.

Mint berfungsi terutama untuk memproduksi koin logam mulia mata uang Australia. Mint juga menghasilkan medali untuk penghargaan militer dan sipil, terutama Ordo Australia. Mint menghasilkan medali untuk Olimpiade Musim Panas 2000 bersamaan dengan Perth Mint.

Royal Australian Mint juga memproduksi token yang dibuat untuk organisasi komersial seperti kasino, pencucian mobil. Sejak dibuka, mint telah menghasilkan lebih dari lima belas miliar koin dan memiliki kapasitas untuk menghasilkan dua juta koin per hari.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment