11 Tempat Wisata di Sydney yang Terbaik Untuk Liburan

Tempat wisata di Sydney Australia menjadi pilihan bagi pengunjung yang datang ke Australia. Sydney merupakan salah satu kota terbesar di Australia. Sydney mempunyai berbagai macam tujuan wisata yang sangat menarik seperti tempat bersejarah, taman, pantai, dan tempat mengagumkan lainnya.


Tempat wisata di Sydney Australia menjadi pilihan bagi pengunjung yang datang ke Australia
Tempat Wisata di Sydney. Image via: nz.sydney.com

Simak juga: tempat wisata di Australia

Sekilas Soal Sydney

Sydney adalah kota terbesar di Australia, dan ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4,34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduk Sydney disebut Sydneysiders,

Sydney menyelenggarakan berbagai festival dan beberapa acara sosial dan budaya terbesar di Australia. Ini meliputi Sydney Festival, festival seni terbesar Australia yang merupakan sebuah perayaan yang melibatkan penampilan di dalam dan di luar gedung sepanjang Januari. Biennale of Sydney, diadakan sejak 1973.

Sydney mempunyai berbagai institusi budaya. Sydney Opera House memiliki lima teater yang mampu digunakan untuk berbagai pertunjukan; rumah bagi Opera Australia-perusahaan opera tersibuk ketiga di dunia, dan Sydney Symphony.  Tempat pertunjukan lain adalah  State Theatre.

Sydney memiliki iklim subtropis basah dengan musim panas hangat dan musim dingin sejuk, dan curah hujan tidak menentu sepanjang tahun. Temperatur paling ekstrem tercatat di pinggiran barat. Bulan terpanas adalah Januari, dengan temperatur udara rata-rata di Observatory Hill 18,6-25,8 °C.

11 Tempat Wisata di Sydney

  1. Art Gallery Of New South Wales

Museum tempat wisata di Sudney ini berlokasi hanya 10 menit dari kota, tepatnya di sebuah taman yang menghadap ke pelabuhan Sydney.
Art Gallery Of New South Wales. Image via: artasiapacific.com

Salah satu museum yang paling populer yang ada di Australia adalah Art Gallery of New South Wales. Museum tempat wisata di Sudney ini berlokasi hanya 10 menit dari kota, tepatnya di sebuah taman yang menghadap ke pelabuhan Sydney.

Museum tempat wisata di Sydney ini didirikan pada tahun 1897 dan merupakan galeri seni umum paling penting di Sydney dan yang terbesar keempat di Australia. The Art Gallery of NSW merupakan salah satu museum seni terkemuka di Australia.

Bangunan berlantai 5 ini menyimpan banyak torehan sejarah Australia, mulai dari koleksi seni Aborigin di seluruh Australia, master Eropa, harta karun Asia. Dan ada juga berbagai karya seni lokal dan internasional lainnya. Baik seni kontemporer maupun tradisional. Manajemen galeri mengedepankan visualisasi.

Beberapa kali di tempat wisata di Sydney ini diadakan pertunjukan, mulai dari talkshow dengan selebriti, musik, pertunjukan, film, dan masih banyak lagi. Setiap tahunnya, galeri ini dikunjungi 1,3 juta turis. Galeri indah ini buka hari senin-sabtu, mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Pengunjung juga tidak perlu membayar biaya apapun ketika masuk.

  1. Firescreek Fruit Winery

tempat wisata di Sydney Firescreek juga terkenal dengan firewater yang terbuat dari kombinasi unik dengan jeruk manis lokal dan cabai, sajian minuman ini memiliki karakter unik dengan rasa jeruk asli,
Firescreek Fruit Winery. Image via: cavanaghphotography.com.au

SImak juga: tempat wisata di Macau

Firescreek Fruit Winery adalah Salah lokasi menyenangkan untuk dikunjungi. Tempat wisata di Sydney ini  memproduksi pilihan musiman buah, bunga dan ramuan anggur unik dengan menangkap sebuah array yang menarik dari sifat, rasa dan aroma anggurnya.

Firescreek juga terkenal dengan firewater yang terbuat dari kombinasi unik dengan jeruk manis lokal dan cabai, sajian minuman ini memiliki karakter unik dengan rasa jeruk asli, dengan cabe zesty yang menawarkan kehangatan tanpa memebuat mata jadi perih.

Pengunjung tempat wisata di Sydney ini bisa masuk ke cellardoor wine tastings hanya pada hari rabu sampai minggu dan pintu gudang ini hanya terbuka mulai pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Rasa anggur yang ditampilkan hadir dengan rasa yang sangat berani. Anggur yang ada bervariasi dalam kompleksitas, keasaman, manis, dan aroma.

Area ini juga memiliki taman-taman pribadi yang indah dan romantis dengan garden room yang juga tersedia untuk pernikahan.

Pengunjung yang ingin singgah di tempat ini tak dikenakan biaya masuk begitu pula bagi pasangan dan kelompok-kelompok kecil sampai dengan 10 orang. Namun kelompok yang hadir dengan anggota lebih dari 10 orang akan menarik biaya kecil.

  1. Taronga Zoo

Tempat wisata di Sydney ini sedikitnya memiliki 2.900 spesies hewan, baik itu hewan eksotis maupun hewan yang terancam langka.
Taronga Zoo. Image via: ytravelblog.com

Taronga Zoo  berlokasi di Bradleys Head Road, kebun binatang yang satu ini terletak di tempat yang strategis. Jjika datang di ke tempat wisata di Sydney ini saat musim semi, maka Taronga Zoo akan menjadi sangat indah dan mampu mengabadikan seluruh kehidupan flora fauna yang hidup disini.

Tempat wisata di Sydney ini sedikitnya memiliki 2.900 spesies hewan, baik itu hewan eksotis maupun hewan yang terancam langka. Mulai dari Western Lowland Gorillas, Harimau Sumatra, Snow-leopard, Beruang Kodiak, Chimpanzees, Jerapah dan lima gajah Asia. Ada pula Wallaby, Alligator, burung Condor. Hewan khas Australia juga bisa ditemukan disini, mulai dari Kangguru dan Koala.

Bukan hanya sekedar melihat-lihat hewan, Pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan hewan, seperti pertunjukan singa laut, pertunjukan hewan laut selatan, hingga pertunjukan burung yang terlatih.

Di kebum binatang ini, pengunjung juga bisa berfoto langsung dengan singa laut, penguin, dan leopard. Menariknya, pengunjung juga bisa membeli paket untuk menikmati seluruh sajian hiburan Taronga Zoo.

Setiap harinya, kebun binatang ini buka sejak pukul 09.00 hingga 16.00.

  1. Sydney aquarium

Tempat wisata di Sydney ini menggambarkan kehidupan laut di perairan sekitar Darling Harbour.
Sydney aquarium. Image via: sydneyaquarium.com.au

SImak juga: tempat wisata di Taipei

Akuarium yang menampung fauna laut Australia terbesar ini memiliki sekitar 60 tangki dengan 3 oceanarium yang sangat besar. Tempat wisata di Sydney ini menggambarkan kehidupan laut di perairan sekitar Darling Harbour.

Totalnya terdapat sekitar 12,000 hewan laut yang terdiri atas 60 spesies. Seluruhnya diklasifikasikan menjadi beberapa golongan. Diantaranya adalah teluk tropikal, sungai selatan, sungai utara, laut selatan, tanjung duyung, lautan utara, hingga wilayah yang paling terkenal akan penyu dan ikan nemonya, great barrier reefs.

Pengunjung bisa menyaksikan penguin, kuda laut, ikan hiu, ikan penyengat, lumba-lumba tutup botol, ikan duyung, penyu, mollucs, ikan laut, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat terumbu karang yang cantik lengkap dengan aneka rumput lautnya.

Yang menarik adalah di tempat wisata di Sydney ini tersedia event untuk rombongan yang hadir melalui pesanan, misalnya Cocktail Party, sit down dinner, hingga paket prasmanan.

Sydney Aquarium buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 20.00. Untuk yang datang dengan kendaraan pribadi, disini tersedia halaman parkir yang luas. Tiket masuk untuk dewasa adalah AU$ 20 dan anak-anak AU$ 12.

  1. Dolphin Point

Menjelajahi area sekitar pantai tempat wisata di Sydney ini dengan berjalan kaki menjadi hal yang menyenangkan.
Tugu Memori Korban Bom Bali di Pantai Dolphin Point. Image via: pocketfulofmaps.com

Pantai Dolphin Point dikelilingi oleh padang rumput yang alami, dan menjadi tempat favorit bagi para pemancing. Menjelajahi area sekitar pantai tempat wisata di Sydney ini dengan berjalan kaki menjadi hal yang menyenangkan.

Sebagian pengunjung juga ada memilih untuk bersantai dengan melaburkan sunblock di seluruh area tubuhnya. Kemudian membiarkan matahari membuat kulitnya menjadi kecoklatan dengan berbaring dibawah sinar matahari.

Ombak di pantai tempat wisata di Sydney ini tidak terlalu besar, sehingga pengunjung baik anak-anak maupun dewasa diijinkan untuk berenang. Pilihan menarik lainnya yang dapat pengunjung lakukan di sekitar daratan tepi pantai ini adalah bermain pasir dan membentuk beragam permainan juga membentuk istana menarik dari pasir.

Laut biru berair tenang ini pun menjadi kawasan menarik untuk dijelajahi menggunakan perahu. Dengan menggunakan perahu, pengunjung bisa melihat beberapa kawanan lumba–lumba yang biasanya berlompatan di tengah laut.

Kawanan  lumba-lumba ini jumlahnya tak menentu terkadang hanya 5 ekor namun di kesempatan lain pengunjung dapat melihat kawanan lumba-lumba yang jumlahnya lebih dari 10 ekor berkejaran di tengah laut dengan hanya berjarak 20 meter dari perahu.

  1. Mercusuar Kiama

tempat wisata di Sydney Kiama Lighthouse ini berada sangat dekat dengan semburan air spektakuler yang bisa memancar hingga ketinggian 20 meter.
Kiama Lighthouse. Image via: visitnsw.com

Simak juga: tempat wisata di Taiwan

The Kiama Lighthouse dibangun dengan satu bangunan tinggi dan di cat putih. Bangunan tempat wisata di Sydney ini didirikan pada tahun 1887. Kiama Lighthouse ini dibangun dengan ketinggian 36,3 meter dari permukaan laut dan mampu terlihat dari jarak dari jarak 31,5 km.

Bangunan ini terbuat dari batu bata, semen dan diplester luar dalam . Ascending menara dilakukan oleh tiga tangga besi.  terkemuka dari satu lantai ke yang berikutnya dan bagian atas struktur ini dikelilingi oleh pagar artistik.

Di dalam mercusuar dapat ditemukan aparat asli oil burner dengan lensa tetap catadioptric yang menghasilkan cahaya yang terlihat sejauh sembilan mil. Pengembangan dari mercusuar ini juga terus dilakukan dan untuk meningkatkan daya pancar. Pada tahun 1969 cahaya dihasilkan dari tenaga listrik.

Kiama Lighthouse ini berada sangat dekat dengan semburan air spektakuler yang bisa memancar hingga ketinggian 20 meter. Di dekat mercusuar ini juga dapat ditemukan Keeper House yang digunakan selama bertahun-tahun sebagai tempat tinggal untuk pilot pelabuhan dan bangunan sekarang dijadikan museum.

Mercusuar tempat wisata di Sydney ini buka pada akhir pekan, namun menara tertutup untuk umum.

  1. Sydney Opera House

Tempat wisata di Sydney ini telah mendunia sebagai bangunan abad ke-20 yang paling terkenal karena keunikan.
Sydney Opera House. Image via: time.com

Sydney Opera House merupakan  gedung yang menjadi icon Sydney. Tempat wisata di Sydney ini telah mendunia sebagai bangunan abad ke-20 yang paling terkenal karena keunikan. Lokasi gedung terletak di Macquarie Street, tepatnya di Bennelong Point dekat dengan jembatan pelabuhan Sydney dan Royal Botanic Gardens.

Sydney Opera House dibangun di atas lahan seluas 1,8 hektar dengan luas bangunan 183 m x 120m. Eksterior tempat wisata di Sydney ini dibuat dari inspirasi cangkang kerang. Gedung sengaja diletakkan di atas permukaan air dengan bantuan fondasi beton khusus.

Di dalam gedung terdapat aula konser, yang terbagi dalam aula mayor dan aula minor, teater opera, teater drama, playhouse, studio, ruangan Utzon, Forecourt, hingga ruangan studio rekaman. Podium teater luas, panggung artistik, dan koridor sangat unik

Gedung ini bisa membawa pengunjung ke dunia seni yang penuh keajaiban dan menakjubkan. Beberapa kategori pertunjukan yang digelar misalnya balet, opera, teater, drama, tari, musik, komedi, talk show, pertunjukan anak-anak, pertunjukan sulap dan masih banyak lagi

  1. State Theatre

Tempat wisata di Sydney ini lengkap dengan pilar keemasan bernuansa Gothic dengan paduan Art deco dan kursi berludru merah.
State Theatre. Image via: broadsheet.com.au

Simak juga: tempat wisata di Shenzhen

Dijuluki juga sebagai Palace of Dreams, State Theatre memang merupakan gedung tetaer kelas atas yang mewah, seperti yang biasa kita saksikan dalam adegan di film-film. Gedung ini berlokasi di Market Street, Sydney.

Didesain oleh Henry White, elemen di bangunan ini menyerupai dekorasi teater di Italia. Tempat wisata di Sydney ini lengkap dengan pilar keemasan bernuansa Gothic dengan paduan Art deco dan kursi berludru merah.

Ruang teater dihiasi dengan dengan lampu gantung karya Koh-I-Nor, yang merupakan lampu terbesar kedua dunia, Keberadaan lampu itu  semakin membuat ruang teater tampak elegan.

Bangunan tempat wisata di Sydney ini dibuka untuk publik sejak tahun 1929 ini memiliki kapasitas kursi hingga 2000. Bukan hanya sekedar seni yang terasa, namun juga sejarah yang mengagumkan. Beberapa judul teater yang dipertontonkan disini misalnya adalah Sing The Truth, David Byrne, Django Unchained Premiere, dan masih banyak lagi.

  1. Vendome Sydney

Tempat wisata di Sydney ini merupakan toko  eksklusif  yang menyajikan koleksi merek terkenal  dari seluruh dunia dengan merek yang telah terjual selama lebih dari 300 tahun
Produk Louis Vuitton di Vendome. Image via: dapperlounge.com.au

Jika pengunjung yang singgah di Australia ingin mencari oleh-oleh dengan produk berkualitas di Sydney maka kunjungi vendome store sydney dan temukan beragam barang cantik berkualitas tinggi. Tempat ini berada dikawasan Castlereagh St Sydney New South Wales.

Tempat wisata di Sydney ini merupakan toko  eksklusif  yang menyajikan koleksi merek terkenal  dari seluruh dunia dengan merek yang telah terjual selama lebih dari 300 tahun dan sudah jelas keunggulan produknya.  Contoh produk Maison Boucheron, perhiasan Faberge, dan koper bermerek  Globe-Trotter.

Vendome akan selalu menyajikan barang berkualitas dan mewah kepada para pengunjung di tiap tahun. Semua mode barang yang ditawarkan selalu mengikuti trend zaman dan selalu modern. Jadi pengunjung tak perlu khawatir akan mendapat  barang lama.

Vendome menawarkan item mewah terbaik ataupun model – model klasik yang langka. Pengunjung tempat wisata di Sydney ini dapat mencari hadiah yang sempurna, pada salah satu item menarik yang berasal dari sini. Hadiah untuk orang yang pengunjung sayangi atau mungkin untuk menambah aksesoris koleksi pengunjung.

  1. Haymarket

Tempat wisata di Sydney ini menawarkan campuran menarik dari restaurant, ruang makanan, mie bar dan toko cenderamata unik dari negara–negara Asia.
Haymarket. Image via: flickr.com

Simak juga: tempat wisata di Guangzhou

Pengunjung bisa menemukan ragam jalanan serupa kawasan Chinatown di Haymarket. Tempat wisata di Sydney ini menawarkan campuran menarik dari restaurant, ruang makanan, mie bar dan toko cenderamata unik dari negara–negara Asia.

Haymarket juga berada tak jauh dari kawasan Chinatown dan pengunjung akan merasa berada jauh dari Sydney saat menjejakkan kaki di kota ini karena semua wajah penjual yang akan pengunjung temui tak seperti kebanyakan penduduk Australia. Mudah untuk menemukan makanan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pengunjung akan menemukan jalan – jalan yang sibuk dan dipenuhi dengan hiburan malam terutama di bar, gedung teater dan bioskop. Pengunjung juga bisa mencicipi banyak makanan lezat termasuk makanan ala Thailand dan masakan Korea yang dipenuhi banyak pengunjung lokal setiap harinya.

Dalam area tempat wisata di Sydney ini ada juga  Paddys Market. Pasar ini memiliki berbagai macam warung, makanan, fashion, dan hadiah. Terdapat lebih dari 1.000 kios di dalamnya. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan beragam souvenir untuk  dibawa pulang. Pengunjung juga dapat mencari pakaian, kosmetik, sepatu bahkan buah dan sayuran.

  1. Bundeena Markets

Tempat wisata di Sydney untuk berbelanja ini dibatasi oleh berbagai macam pantai dan hutan yang tergabung dalam Royal National Park.
Bundeena Markets. Image via: sunsetsandsarcasm.com

Bundeena merupakan sebuah desa kecil di pinggiran Sydney yang berjarak sekitar 30 km dari CBD. Tempat wisata di Sydney untuk berbelanja ini dibatasi oleh berbagai macam pantai dan hutan yang tergabung dalam Royal National Park.

Setiap bulan disini, selalu diadakan pasar kaget, yang terkenal dengan sebutan Bundeena Market. Dibuka hanya pada hari Minggu pertama di awal bulan. Tentu ini menjadi saat yang dinanti, karena baik masyarakat lokal dan wisatawan bisa berbelanja sambil menikmati keindahan panorama di sekitarnya.

Pengunjung  dapat mengunjungi Pasar Saltwater Dengan hanya berjalan kaki singkat dari dermaga Bundeena. Pasar ini menampilkan produk-produk dari beberapa seniman lokal dan pemasok produk alami. Untuk pecinta makanan ada roti panggang segar, keju spesial, dan selai dan sate buatan rumah.

Banyak sekali benda yang dijual di tempat wisata di Sydney ini. Mulai dari perhiasan, keramik, pakaian, alat mandi seperti sabun dan handuk, fotografi, lukisan, dan berbagai aneka dekorasi rumah. Untuk mencari makanan, disini juga tersedia bumbu dapur dan berbagai sayuran.

Setelah puas berbelanja, pengunjung bisa berjalan-jalan di sepanjang Pantai Horderns yang bersebelahan dengan pasar. Ataa bisa memilih berjalan-jalan diantara semak di Taman Nasional Royal yang menakjubkan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment