11 Tempat Wisata di Perth, Swan City di Benua Selatan

Banyak tempat wisata di Perth yang dipastikan dapat memikat hati para wisatawan. Perth merupakan ibu kota Negara bagian Australia Barat yang merupakan negara bagian terbesar di Australia. Letak geografis Perth yang berada di pinggir pantai membuat kota ini terkenal sebagai kota pelabuhan..


Banyak tempat wisata di Perth yang dipastikan dapat memikat hati para wisatawan. Letak geografis Perth yang berada di pinggir pantai membuat kota ini terkenal sebagai kota pelabuhan..
Tempat Wisata di Perth. Image via: planetware.com

Sekilas Soal Perth

Perth adalah ibu kota Negara Bagian Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia. Kota ini merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Australia dengan 2,02 juta jiwa tinggal di Perth Raya.

Perth adalah salah satu kota besar paling terisolasi di dunia. Kota terdekat dengan populasi lebih dari 100.000 orang adalah Adelaide yang berjarak 2104 kilometer. Distrik bisnis utama di Perth dibatasi oleh Sungai Swan di selatan dan timur, dengan Kings Park di barat, sedangkan gudang kereta di bagian utara.

Perth dikenal berkat musim panas yang kering dan panas serta musim dingin yang tidak terlalu dingin. Hujan musim panas bukanlah hal yang biasa terjadi, tapi musim dingin kerap disertai hujan deras dan badai petir.

Transportasi di Perth yang sama dengan di Sydney antara lain adalah, kereta, bus, dan juga feri. Dari perkotaan hingga ke pelosok desa, layanan Transperth setia melayani masyarakat yang hendak bepergian jarak jauh maupun dekat.

11 Tempat Wisata di Perth

  1. City Beach

tempat wisata di Perth City Beach adalah pinggiran kota tepi pantai dari Perth, Australia Barat
City Beach. Image via: befremantle.com.au

SImak juga: tempat wisata di Canberra

City Beach adalah pinggiran kota tepi pantai dari Perth, Australia Barat, yang terletak di dalam Kota Cambridge. Istilah “City Beach” juga merupakan pantai spesifik yang terletak di pinggiran kota dengan nama yang sama. Semua rumah yang terletak di City Beach mahal, modern, dan kontemporer.

Kegiatan dapat dibagi menjadi apa yang terjadi di pinggiran City Beach dan apa yang terjadi di pantai yang sebenarnya. Di tempat wisata di Perth ini pengunjung dapat melakukan sepak bola, bermain di taman berumput, serta area luas lahan semak dengan jalur jalan kaki.

City Beach memiliki dua pantai utama Pantai Floreat dan “City Beach”. Masing-masing pantai memiliki klub selancar dengan semua fasilitas terkait. Berselancar sangat populer di wilayah ini dan City Beach umumnya memiliki kondisi selancar yang wajar untuk pemula hingga menengah.

Kitesurfing dan windsurfing juga merupakan kegiatan musim panas yang sering terlihat di tempat wisata di Perth ini. Pasirnya berwarna putih dan lembut, menjadikannya permukaan yang ideal untuk lapangan voli pantai dan matkot. Area renang dan selancar utama dilindungi antara dua groin dan dibatasi oleh halaman rumput.

  1. Sorrento Beach

tempat wisata di perth Pantai Sorrento adalah pantai kota yang menakjubkan, bahkan menurut standar Australia.
Sorrento Beach. Image via: mybeach.com.au

Pantai Sorrento adalah pantai kota yang menakjubkan, bahkan menurut standar Australia. Terletak di pinggiran Sorrento, tepat di selatan marina Hillarys Boat Harbour dan kawasan wisata. Menikmati waktu istirahat di sini tidak pernah menjadi tua.

Bersama dengan perairan biru jernih di Taman Laut Marmion dan fasilitas pengunjung yang luar biasa, sulit untuk tidak menyukai hamparan pantai yang indah ini. Tempat wisata di Perth ini memilik pantai membentang sejauh 600 meter, memberikan banyak ruang untuk semua orang. Bahkan ada kolam renang.

Pengunjung bisa  membuka sepatu merasakan pasir putih hangat di Pantai Sorrento di antara jari-jari kaki.  Juga bisa berselancar atau berenang di perairan biru kehijauan di hari yang panas. Ombak yang lembut memberikan kesenangan sepanjang tahun bagi para peselancar.

Di tempat wisata di Perth ini, pengunjung dapat memanjakan diri dengan minuman atau makanan ringan di kafe kecil di Surf Life Saving Club untuk memberi energi kembali sebelum melihat lebih banyak dari Pantai Sorrento. Atau, bawa makan siang sendiri dan nyalakan salah satu barbecue di taman untuk sizzle.

  1. The Swan Bells Belttower

Menara itempat wisata di Perth ni memiliki 18 lonceng di dalamnya dengan berat gabungan sekitar sembilan ton.
The Swan Bells Belttower. Image via: wikimedia.org

Simak juga: tempat wisata di New South Wales

Menara ini memiliki 18 lonceng di dalamnya dengan berat gabungan sekitar sembilan ton. Ketika dibunyikan, mengerahkan kekuatan yang cukup besar pada struktur pendukung. Untuk mencapai kekakuan yang diperlukan, ruang lonceng enam lantai dibuat dengan gips beton bertulang in situ.

Kisi-kisi dan pintu kedap suara digunakan untuk meredam suara atau mengarahkan kebisingan ke kota atau sungai sesuai kebutuhan. Puncak kaca dirancang menggunakan jari-jari yang memancar secara horizontal dari poros yang diposisikan secara terpusat, menurun lebarnya ketika naik ke suatu titik.

Sebuah jalur bertatah yang terbuat dari ubin keramik pada awalnya mengelilingi menara. Dengan setiap ubin terdiri dari daftar nama siswa termuda dan tertua dari hampir setiap sekolah di Australia Barat. Ubin diatur secara alfabetis dengan nama sekolah.

Pengunjung dapat menuju ke dek observasi di bagian atas Menara tempat wisata di Perth ini, untuk melihat pemandangan 360 derajat Sungai Swan dan CBD. Dek observasi menawarkan 26 lonceng Carillon yang memainkan beberapa lagu terkenal dan lagu kebangsaan.

Pengunjung juga dapat menikmati layar audio visual canggih melalui Menara tempat wisata di Perth ini, yang memproyeksikan gambar dari 16 kamera yang difokuskan pada ruang lonceng dan lonceng.

  1. Elizabeth Quay

Proyek tempat wisata di Perth ini mencakup pembangunan saluran masuk buatan pada apa yang sebelumnya merupakan Esplanade Reserve.
Elizabeth Quay. Image via: mra.wa.gov.au

Elizabeth Quay adalah proyek pengembangan serba guna di distrik pusat bisnis Perth. Terletak di pantai utara Perth Water dan berpusat di tengara Swan Bells, tempat itu dinamai untuk menghormati Ratu Elizabeth II selama Jubilee Berliannya.

Proyek tempat wisata di Perth ini mencakup pembangunan saluran masuk buatan pada apa yang sebelumnya merupakan Esplanade Reserve. Juga modifikasi pada lingkungan sekitarnya termasuk Barrack Square.

Rencana proyek menunjukkan sembilan situs bangunan. Fasilitas yang lengkap diproyeksikan mencakup 1.700 apartemen tempat tinggal, ruang kantor 150.000 meter persegi  dan ruang ritel 39.000 meter persegi.

Pengunjung tempat wisata di Perth ini dapat melakukan aktivitas Berlari, bersepeda atau Segway melintasi jembatan dengan lengkungan peraknya. Buat anak-anak senang di taman air, versi fitur air Forrest Chase yang dibuat pucat dengan jet air, pencahayaan, dan suara yang koreografi.

Untuk kapal, ada 24 tambatan. Untuk pecinta kuliner tiga tempat perhotelan utama – The Reveley restoran dan bar atap, V-Burger Bar dan The Isle of Voyage di Florence Hummerston Kiosk tua, dibangun kembali bata demi bata dari lokasi Esplanade aslinya.

  1. Perth Zoo

Kebun Binatang tempat wisata di Perth ini adalah taman zoologi seluas 41 hektar di Perth Selatan, Australia Barat.
Perth Zoo. Image via: perthzoo.wa.gov.au

SImak juga: tempat wisata di Melbourne

Kebun Binatang Perth adalah taman zoologi seluas 41 hektar di Perth Selatan, Australia Barat. Kebun binatang ini menampung 1258 hewan dari 164 spesies dengan koleksi botani yang luas. Tempat wisata di Perth ini adalah anggota Asosiasi  Kebun Binatang dan Akuarium dan Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium Dunia.

Kebun Binatang Perth memiliki tiga zona utama – Australian Walkabout, Rainforest Asia, dan Savannah Afrika. Ada juga beberapa area pameran kecil.  Semua pameran dirancang untuk meniru habitat alami hewan dan memanfaatkan penghalang pasif jika memungkinkan, untuk meningkatkan kesejahteraan hewan.

Australian Walkabout meliputi Australian Wetlands dan Penguin Plunge, Reptile Encounter, Australian Bushwalk, kandang burung, dan Nocturnal House. Lahan Basah Australia termasuk angsa hitam, bangau berleher hitam, brolga, burung korma pied kecil, bebek bermata biru, bebek berbintik-bintik, dan banyak lainnya.

Zone Savannah Afrika di tempat wisata di Perth ini menggantikan sangkar yang dilarang, dan merupakan proyek konstruksi terbesar yang dilakukan di kebun binatang ketika dibuat. Pameran ini menciptakan kembali sabana Afrika, dan termasuk anjing-anjing Afrika, singa Afrika, cheetah, zebra Grant, babon hamadryas, dan badak putih selatan

  1. King Park and Botanical Garden

Di taman tempat wisata di Perth ini pengunjung bebas beraktivitas. Area rumput di sekitar State War Memorial dan Fraser Avenue merupakan tempat favorit piknik menikmati senja.
King Park and Botanical Garden. Image via: wabiz.org

Kings Park and Botanic Garden memiliki luas 4,06 km persegi, yang disebut mengalahkan luasnya Central Park di New York. Di taman tempat wisata di Perth ini pengunjung bebas beraktivitas. Area rumput di sekitar State War Memorial dan Fraser Avenue merupakan tempat favorit piknik menikmati senja.

Kings Park and Botanic Garden merupakan habitat bagi tanaman yang telah berusia lebih dari 750 tahun. Bebungaan liar di area ini bakal bermekaran di musim semi, sekitar bulan September sampai November.

Dari area ini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Sungai Swan dan Canning yang dibingkai oleh pemandangan gedung-gedung kota Perth. Sungguhlah fotogenik. Jembatan pejalan kaki yang melengkung dan terbuat dari baja serta kaca juga menjadi area wajib berfoto. Menggantung 52 meter di atas permukaan tanah, jembatan ini ada di atas kanopi pohon.

Terdapat juga tur jalan kaki mengelilingi tempat wisata di Perth ini. Tur akan memperkaya wawasan pengunjung akan sejarah hijau taman ini. Tur berangkat setiap hari pukul 10.00, 12.00 dan 14.00. Tur ini berlangsung antara satu hingga tiga jam dan tidak memerlukan pemesanan terlebih dulu.

  1. Rottnest Island

tempat wisata di Perth Ini adalah tempat bagi 63 pantai yang menakjubkan, 20 teluk indah, banyak terumbu karang dan bangkai kapal
Rottnest Island. Image via: abc.net.au

Simak juga: tempat wisata di Sydney

Rottnest Island dijuluki Rotto oleh warga lokal. Ini adalah tempat bagi 63 pantai yang menakjubkan, 20 teluk indah, banyak terumbu karang dan bangkai kapal di sana. Pulau ini menjadi tempat tinggal hewan ikon Austalia Barat, Quokka.

Rottnest Island memiliki luas sekitar 19 kilometer persegi. Pengunjung memerlukan sepeda untuk menjelajahi tempat wisata di Perth ini. Jika belum memesan sepeda saat membeli tiket feri, pengunjung  juga bisa memesannya di pulau dengan harga AUD 30 per harinya.

Rottnest Island adalah destinasi sempurna untuk penggemar olahraga air, termasuk berenang, menyelam, berselancar, memancing, dan bersnorkel Di pulau tempat wisata di Perth ini juga ada layanan kereta wisata. Pengunjung dapat mengagumi keindahan sisi selatan Pulau Rottnest. Kereta ini berangkat setiap hari, dengan tiket sebesar AUD 20

Rottnest Island adalah lokasi yang sempurna untuk menyaksikan migrasi ikan paus bungkuk dan paus sikat dari selatan. Pada bulan April, sekitar 35.000 ikan paus berenang ke utara dari Antartika untuk mencari makanan dan tempat berkembang biak di Samudera Hindia.

  1. Penguin Island

tempat wisata di Perth Pulau Penguin adalah cagar alam seluas 12,5 hektar. Itu mengambil namanya, dan reputasinya, dari banyak Penguin Kecil yang tinggal di sana.
Penguin Island. Image via: wanderingwolfchild.com

Terletak hanya 700 meter di lepas pantai Rockingham di luar Perth, Pulau Penguin adalah cagar alam seluas 12,5 hektar. Itu mengambil namanya, dan reputasinya, dari banyak Penguin Kecil yang tinggal di sana.

Di sekitar tempat wisata di Perth ini adalah Taman Laut Kepulauan Shoalwater. Ini adalah area alami yang beragam yang menjadi rumah bagi lingkungan pesisir yang indah. Sejumlah koloni hewan termasuk burung kormoran, pelikan, singa laut, dan lumba-lumba hidup di sini.

Pulau Penguin adalah rumah bagi beragam satwa liar. Ia memiliki koloni Penguin Kecil terbesar di pantai Australia Barat. Ada sekitar 1000 pasang Penguin Kecil di pulau itu selama musim dingin, di mana mereka bersarang.

Selama musim panas, ketika taman laut terbuka, penguin lebih tersebar luas di tempat wisata di Pert ini. Mereka bisa terlihat sesekali memancing dan berenang di perairan sekitar pulau. Namun, ada lebih banyak hal yang bisa dilihat di Pulau Penguin daripada koloni penguin.

Pengunjung dapat berharap untuk melihat sejumlah besar pelikan dan burung kormoran di sekitar pulau itu. Ada juga beragam hewan laut seperti lumba-lumba dan singa laut Australia. Burung laut dapat dilihat di lokasi mana pun di pulau itu.

  1. Caversham Wildlife Park

tempat wisata di Perth Caversham menjadi rumah bagi 200 spesies fauna yang jumlahnya lebih dari 2.000 ekor.
Caversham Wildlife Park. Image via: exploretoursperth.com.au

Simak juga: tempat wisata di Australia

Caversham Wildlife Park merupakan kebun binatang milik keluarga yang dikelola David Thorne bersama istri dan kedua anaknya. Bermula dari kecintaannya pada fauna khas Australia, tahun 1987 David membeli lahan seluas 2 hektar untuk menampung sejumlah hewan dan burung-burung yang menjadi koleksinya.

Dalam beberapa tahun kemudian, tepat wisata di Perth ini berkembang cepat, baik dari segi luas lahan maupun ragam koleksi fauna yang dimiliki. Kini, di lahan yang telah mencapai lebih dari 40 hektar, Caversham menjadi rumah bagi 200 spesies fauna yang jumlahnya lebih dari 2.000 ekor.

Ada ratusan kanguru yang dipelihara di kebun binatang ini, dimana sebagian besar dari mereka bahkan lahir di taman ini. Pengunjung diijinkan untuk berinteraksi dan memberi makan kanguru yang kemudian dengan sukacita kami terjemahkan sebagai tawaran untuk berselfie.

Ada atraksi unik di tempat wisata di Perth ini. Selama kurun waktu 30 menit, pengunjung disuguhkan beragam atraksi yang banyak melibatkan domba sebagai objeknya: mulai dari atraksi penggiringan sekelompok domba oleh beberapa ekor anjing, atraksi pencukuran bulu domba, hingga perlombaan memberi minum domba melalui botol susu yang diikuti oleh anak-anak kecil.

  1. Carillon City

Tempat wisata di Perth ini Ini terhubung ke St Georges Terrace dengan cara akses melalui Trinity Arcade dan sebuah arcade di bawah Hay Street Mall.
Carillon City. Image via: businessnews.com.au

Carillon City adalah pusat perbelanjaan utama Australia, yang terletak di Perth, Australia Barat. Terletak di tengah-tengah pusat perbelanjaan utama Perth antara mal Hay dan Murray Street, dan terletak di ujung selatan Forrest Place.

Tempat wisata di Perth ini Ini terhubung ke St Georges Terrace dengan cara akses melalui Trinity Arcade dan sebuah arcade di bawah Hay Street Mall. Jalan setapak dan jembatan penyeberangan menghubungkan Pusat Budaya, tempat parkir umum, terminal kereta api dan bus dengan Kota Carillon.

Pusat ini mendapatkan namanya dari Bel Carillon, sekelompok 35 lonceng yang memainkan suara melodi. Carillon City adalah satu dari hanya empat carillon di Australia. Lonceng Carillon, diluncurkan pada tahun 1983, terdiri dari 35 lonceng.

Di sisi barat daya kompleks tempat wisata di Perth ini, terdapat atrium kaca tiga lantai yang juga memiliki tangga spiral kaca dua lantai yang membentang dari lantai pertama hingga lantai kedua kompleks.

Lantai lima kompleks ini juga mencakup Perth Tourists Lounge, yang ditargetkan terutama untuk pengunjung luar negeri terutama dari tujuan Asia untuk bersantai sambil mengunjungi dan berbelanja di dalam wilayah kota.

  1. Fremantle Markets

Pasar tempat wisata di perth ini terdiri dari dua bagian; The Yard and The Hall. Pengunjung dapat menelusuri lebih dari 150 kios pasar unik, masing-masing menjual berbagai produk dan produk.
Fremantle Markets. Image via: themadwomanintheattic.com

SImak juga: tempat wisata di Macau

Fremantle adalah kota pelabuhan yang menawan dengan waktu kunjungan terbaik di bulan Oktober atau November saat digelar Festival Fremantle. Kota pelabuhan ini, memang semarak dengan perpaduan kota tua dan yang baru.

Objek wisata yang wajib dikunjungi di kota tempat wisata di Perth ini adalah Fremantle markets.

Awalnya dibuka pada tahun 1897, Pasar Fremantle telah menjadi tujuan populer bagi penduduk lokal dan wisatawan. Pasar terdiri dari dua bagian; The Yard and The Hall. Pengunjung dapat menelusuri lebih dari 150 kios pasar unik, masing-masing menjual berbagai produk dan produk.

Pasar ini memiliki berbagai kios produk segar, lokal, kios asli dan mandiri seperti didgeridoos asli dan bumerang, semuanya dalam suasana yang bersemangat dan menyenangkan berkat pertunjukan langsung dan beberapa pengamen.

Anda dapat berburu suvenir hingga oleh-oleh di sini. Di Fremantle Market banyak jajanan lokal yang patut Anda coba, selain juga pasar segar dengan aneka sayur dan buah-buahan.

Bernuansa klasik dengan latar bangunan yang sudah tua, Pasar Fremantle mulai buka pada pukul 09.00-20.00 setiap hari Jumat. Di hari Sabtu dan Minggu pasar ini hanya buka sampai pukul 18.00.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment