5 Tempat Wisata Di Turki, Satu Negara, Dua Benua

Hanya dengan mengunjungi tempat wisata di Turki, maka para wisatawan akan mendapatkan bonus berupa jalan-jalan ke 2 benua.

1 negara, 2 benua, adalah status yang dimiliki oleh negara Turki. Istilah kerennya sering juga disebut dengan nama transkontinental. Yaitu letak geografis sebuah negara yang berada di dua benua, atau lebih.

Sebagian daerah di Turki masuk ke Benua Asia, dan sebagiannya lagi masuk ke Benua Eropa. Tempat wisata di Turki layaknya pintu gerbang menuju 2 benua.

turki
turki. google maps. sumber: Abdul Hamid bin Hossain

Simak juga: tempat wisata di Ho Chi Minh

Tempat wisata di Turki sangatlah beragam. Berdasarkan kategori tempat, maka tempat wisata di turki yang populer terdapat di Ankara, dan Istanbul, sebagai 2 kota utama.

Selain itu, terdapat juga tempat wisata di Turki yang romantis, instagramable, bahkan tersaji epik dalam balutan nilai sejarah yang tinggi.

Sekilas Tentang Turki

Negara Turki menyandang status sebagai negara terbesar ke 37 di dunia. Selain itu, Turki juga dibatasi oleh 3 lautan yang sangat terkenal, yaitu:

  • Laut Hitam,
  • Laut Mediterania,
  • Laut Aegea.
laut hitam
laut hitam. google maps. sumber: Olegas To

Simak juga: tempat wisata di Vietnam

Pemerintah Turki sangat mendorong sekali perkembangan sektor pariwisatanya. Karena Turki dianugerahi beragam destinasi wisata, dari mulai wisata alam, hingga wisata sejarah.

Bahkan, banyak juga destinasi wisata religi, semacam napak tilas jejak para rosul, yang dibuktikan dengan beberapa peninggalan yang ada di negara tersebut.

5 Tempat Wisata Di Turki

1. Hagia Sophia

Tempat wisata di Turki kita mulai dari Hagia Sophia. Sebuah tempat yang sempat viral di tahun 2020, sehingga menjadi trending topik di dunia.

Hagia Sophia bukanlah sekedar bangunan biasa. Hagia Sophia memiliki arsitektur yang luar biasa khas Bizantium, serta memiliki perjalanan sejarah yang panjang dari tahun 537 M.

hagia sophia
hagia sophia. google maps. sumber: Amr Ebaid

Simak juga: tempat wisata di Seoul

Dan inilah fase perjalanan sejarah Hagia Sophia:

  • Hagia Sophia berfungsi sebagai katedral ortodoks, tahun 537 M.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Katedral Katolik Roma, tahun 1204 – 1261.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Masjid pada masa Kersultanan Utsmani, tahun 1453-1931.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Museum di masa Mustafa Kemal Ataturk, tahun 1931.
  • Hagia Sophia berfungsi menjadi Masjid, tahun 2020.

Hagia Sophia memliki lebar 73 m, panjang 82 m, dan tinggi 55 m. Hagia Sophia menjadi tempat wisata di Istanbul, Turki yang wajib anda kunjungi.

2. Makam Ataturk

Selanjutnya kita menuju tempat wisata di Ankara, Turki, terdapat sebuah makam yang bernama Makam Mustafa Kemal Ataturk, tepatnya terletak di jalan Tandogan, Kota Ankara, Turki.

makam ataturk
makam ataturk. google maps. sumber: Fatih Bonomo

Simak juga: tempat wisata di Korea Selatan

Mustafa Kemal Ataturk adalah Presiden pertama Turki, pada tahun 1923, setelah runtuhnya fase Kesultanan Utsmani. Makam Mustafa Kemal Ataturk begitu terkenal bukan karena sosok, serta sejarahnya saja, namun ada sisi lain yang mengundang rasa penasaran wisatawan. Di antaranya:

  • Makam Mustafa Kemal Ataturk tidak diterima oleh bumi, atau ditolak bumi,
  • Makam Mustafa Kemal Ataturk bau busuk.

Cukup beralasan, kondisi tersebut diyakini sebagai sebuah “balasan” atas tindakan Mustafa Kemal Ataturk terhadap Kesultanan Utsmani, khususnya kepada Sultan Abdul Hamid II.

Terdapat batu besar di atas makam Kemal Ataturk yang diyakini sebagai upaya menahan jasadnya keluar lagi, karena ditolak bumi. Dan wewangian yang ada di sekitar makam sebagai upaya menetralisir bau yang dikeluarkan dari makamnya.

Namun berbeda halnya bagi para pengikut setia, dan pengagum Mustafa Kemal Ataturk, hal tersebut tidak demikian adanya. Wallahu A’lam…

Makam Kemal Ataturk berada di sebuah bangunan yang megah. Dan di luarnya terdapat sebuah lapangan yang bisa menampung banyak orang, bahkan hingga 1 juta orang.

  • Lokasi dan alamat Makam Mustafa Kemal Ataturk : jalan Tandogan, Kota Ankara, Turki.
  • Tiket masuk Makam Mustafa Kemal Ataturk : Gratis.

3. Pamukkale

pamukkale
pamukkale. google maps. sumber: Taya Gromova

Simak juga: tempat wisata di Perth

Tempat wisata di Turki selanjutnya bertemakan tempat wisata alam yang instagramable. Nama objek wisata tersebut adalah Pamukkale, yang terletak di Provinsi Denizili, Turki.

Pamukkale memiliki makna sebagai benteng kapas, atau istana kapas. Hal tersebut cukup beralasan, karena dominasi putih berpadu dengan kolam air yang ada di kawasan tersebut.

Pamukkale memiliki status sebagai Situs Warisan Dunia, dikarenakan Pamukkale terbentuk akibat proses alam yang terjadi ribuan tahun yang lalu, serta memiliki nilai sejarah tentang era Kerajaan Romawi.

Daya tarik selanjutnya dari Pamukkale adalah view yang disajikan sangat instagramable, dan daya tarik lainnya yang sangat mengundang animo wisatawan untuk datang, yaitu Kolam renang Cleopatra.

Kolam Cleopatra memiliki ukuran 15 x 15 meter. Adapun ukuran dari Pamukkale memiliki panjang sekitar 2700 meter, serta lebar 600 meter.

Tidak berhenti sampai di situ saja, para wisatawan bisa mengunjungi objek wisata lainnya yang sempat menggemparkan jagad media sosial karena keindahannya, yaitu:

  • Kota Tua, yang berkaitan denga kerajaan Roma, dan Bizantium.
  • Balon udara di Hierapolis.

4. Capadocia

capadocia
capadocia. google maps. sumber: Svetlana Stancheva

Simak juga: tempat wisata di Canberra

Tempat wisata di Turki selanjutnya adalah tempat wisata yang romantis, instagramable, klasik, namun tersaji dalam balutan kemegahan, dan kemewahan.

Nama objek wisatanya adalah Capadocia. Di Capadocia didominasi oleh bangunan – bangunan yang terbuat dari batu yang dipahat. Bahkan terdapat salah-satu hotel termahal di dunia, yang arsitekturnya didominasi oleh bebatuan.

Capadocia adalah nama kota di Turki, jarak tempuh dari Istanbul sekitar 12 jam. Jangan lewatkan juga momen balon udara yang menggemparkan jagad media sosial di Capadocia.

5. Galata Bridge

galata bridge
galata bridge. google maps. sumber: Alper Samsunlu

Tak lengkap rasanya jika perjalanan wisata tanpa ditutup dengan wisata kuliner. Dan tempat wisata di Turki selanjutnya adalah destinasi wisata kuliner yang sangat populer di Turki.

Nama tempat wisata tersebut adalah Galata Bridge, atau jembatan Galata. Jembatan Galata menghubungkan antara Kota Tua Istanbul, dengan Istanbul modern.

Galata Bridge memiliki dua tingkatan. Tingkatan atas merupakan jalur transportasi, sedangkan tingkatan di bawahnya adalah tempat para wisatawan menikmati kuliner.


Tinggalkan komentar