5 Tempat Wisata Di Istanbul, Wisata Menuju Gerbang 2 Benua

Tempat wisata di Istanbul layaknya kota yang menjadi gerbang Benua Eropa, khususnya bagi negara Turki. Dalam artikel sebelumnya yang berjudul tempat wisata di Turki, penulis telah menjelaskan bahwa Turki adalah 1 negara, dengan 2 benua.

Sebagian besar zona negara Turki masuk ke Benua Asia, dan hanya 2 kota saja yang masuk ke dalam Benua Eropa, salah-satunya Istanbul.

Selain itu, Istanbul juga dikenal dengan julukan Kota Segala Kota. Karena di masa lampau, Istanbul telah menorehkan sejarah sebagai kota, sekaligus pusat peradaban.

istanbul
istanbul. google maps. sumber: In Viaggio con Ale

Simak juga: tempat wisata di Turki

Seperti yang sudah penulis sampaikan di artikel sebelumnya, bahwa kunjungan wisata ke Turki menjadi sangat unik. Karena berkunjung ke 1 negara, dengan 2 benua.

Dan saat ini, kita akan mereview tempat – tempat wisata yang ada di Istanbul, Turki. Sebagai kota yang memiliki view alam yang luar biasa, destinasi wisata sejarah yang mendunia, hingga wisata religi, dan wisata kuliner.

5 Tempat Wisata Di Istanbul

1. Selat Bosphorus Istanbul

selat bosphorus istanbul
selat bosphorus istanbul. google maps. sumber:  الرحال السعودي ابوعمر

Simak juga: tempat wisata di Seoul

Tempat wisata di Istanbul yang pertama adalah Bosphorus Cruise Istanbul. Sengaja penulis tempatkan di awal pembahasan, karena Bosphorus Cruise Istanbul adalah selat elok yang memisahkan antara Turki bagian Eropa, dengan Turki Bagian Asia.

Selat Bosphorus seakan menjadi gerbang menuju dua benua, sekaligus destinasi wisata alam di Turki yang sangat berkelas, populer, dan berbalut sejarah.

Nilai sejarahnya saat pengunjung berlayar di selat tersebut, maka akan melihat, dan melalui bangunan-bangunan dengan arsitektur klasik, megah, dan bersejarah. Salah-satunya Istana Dolmabahce.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bosphorus Cruise Istabul, atau ke Selat Bosphorus, maka terdapat banyak sekali pilihan paket wisata, atau tour.

2. Hagia Sophia

hagia sophia
hagia sophia. google maps. sumber: Michael Waheeb

Simak juga: tempat wisata di Ho Chi Minh

Sebuah tempat yang sempat viral di tahun 2020, sehingga menjadi trending topik di dunia, tentang sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah yang panjang di Istanbul, Turki, yang bernama Hagia Sophia.

Hagia Sophia bukanlah sekedar bangunan biasa. Hagia Sophia memiliki arsitektur yang luar biasa khas Byzantium, serta memiliki perjalanan sejarah yang panjang dari tahun 537 M.

Dan inilah fase perjalanan sejarah Hagia Sophia:

  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Katedral ortodoks, tahun 537 M.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Katedral Katolik Roma, tahun 1204 – 1261.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Masjid pada masa Kesultanan Utsmani, tahun 1453-1931.
  • Hagia Sophia berfungsi sebagai Museum di masa Mustafa Kemal Ataturk, tahun 1931.
  • Hagia Sophia berfungsi menjadi Masjid, tahun 2020.

Hagia Sophia memliki lebar 73 m, panjang 82 m, dan tinggi 55 m. Beruntunglah anda yang pernah menginjakkan kaki di lokasi tersebut.

3. Masjid Raya Sulaimaniah

masjid raya sulaimaniah
masjid raya sulaimaniah. google maps. sumber: Nesim Solmaz

Simak juga: tempat wisata di Korea Selatan

Review tentang tempat wisata di Istanbul juga tidak akan lengkap jika tanpa membahas Masjid Raya Sulaimaniah. Masjid Raya Sulaimaniah selain sebagai sala-satu ikon Kota Istanbul, sekaligus sebagai masjid bersejarah yang dibangun pada masa Dinasti Utsmaniyah.

Masjid Raya Sulaimaniah dibangun pada tahun 1550 sampai dengan tahun 1557, yang dirancang oleh Mimar Sinan, seorang kepala arsitek, dan insinyur Ottoman.

Kunjungan wisata ke Masjid Raya Sulaimaniah menyajikan destinasi wisata religi, dan wisata sejarah dalam satu kawasan yang sama. Arsitektur bangunannya juga memiliki nilai filosofis, termasuk 4 menara utamanya.

View di kawasan Masjid Raya Sulaimaniah Istanbul, Turki juga sangat menawan, dari mulai air mancur, taman-taman yang tertata baik, hingga arsitektur masjid yang megah, lengkap dengan sentuhan kaligrafinya.

  • Lokasi dan alamat Masjid Raya Sulaimaniah berada di Suleymaniye Mah, Prof. Siddik Sami Onar Cd. No:1, 34116 Fatih / Istanbul, Turki.

4. Galata Bridge

galata bridge
galata bridge. google maps. sumber: Hasan Bozok

Simak juga: tempat wisata di Vietnam

Tempat wisata di Istanbul, Turki selanjutnya adalah destinasi wisata yang menyajikan tema wisata kuliner, yang dipadukan dengan spot, dan latar bangunan klasik, maupun modern.

Nama tempat wisata tersebut adalah Galata Bridge, atau jembatan Galata. Jembatan Galata menghubungkan antara Kota Tua Istanbul, dengan Istanbul modern.

Galata Bridge memiliki dua tingkatan. Tingkatan atas merupakan jalur transportasi, sedangkan tingkatan di bawahnya adalah tempat para wisatawan menikmati kuliner.

Galata Bridge Istanbul juga cocok bagi mereka yang suka dengan dunia fotografi. Terdapat latar dengan bangunan-bangunan klasik yang akan membuat hasil jepretan kamera semakin keren.

  • Lokasi dan alamat Galata Bridge berada di Kemankes Karamustafa Pasa, Galata Koprusu, 34425 Beyoglu / Istanbul, Turki.

5. Istiklal Caddesi

istiklal caddesi
istiklal caddesi. google maps. sumber: burak küçük

Simak juga: tempat wisata di Perth

Jika anda hanya ingin jalan – jalan saja saat berada di Istanbul, sambil menikmati view yang luar biasa, jawabanya ada di sebuah jalan yang sangat populer di Istanbul, yang bernama Istiklal Caddesi.

Istiklal Caddesi bisa juga menjadi tempat wisata yang gratis di Istanbul. Hanya dengan berjalan kaki menyusuri jalanan tersebut, mata anda akan dimanjakan oleh view arsitektur bangunan klasik, bersejarah, serta sangat beragam.


Tinggalkan komentar