5 Tempat Wisata Di Jerman, Selangkah Menuju Kemegahan Masa Lampau

Tempat wisata di Jerman menyuguhkan view kemegahan peradaban di masa lampau, yang dibuktikan dengan keberadaan arsitektur klasik, nan megah.

Dan jangan heran juga, jika tempat wisata di Jerman memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Maklum saja, banyak sekali tokoh dunia yang lahir di negeri tersebut, yang berdampak besar terhadap peradaban manusia.

berlin, jerman
berlin, jerman. google maps. sumber: Dyari Jabar

Simak juga: tempat wisata di Istanbul

Namun sebelum kita lanjutkan review tempat wisata di Jerman, perlu penulis sampaikan bahwa bencana banjir yang terjadi beberapa bulan lalu di Jerman, khususnya di Jerman bagian barat telah menghancurkan beberapa wisata alam populer.

Salah-satu yang terdampak adalah Lembah Ahr. Wisata alam yang populer di Jerman tersebut sebagaian besarnya rusak. Hingga pihak-pihak terkait dengan sektor pariwisata di Jerman berpikir keras untuk menghadirkan tempat wisata yang mampu beradaptasi dengan iklim.

Untungnya, bangunan-bangunan, atau monumen yang bernilai sejrah tinggi tidak terdampak secara signifikan. Dan inilah beberapa tempat wisata di Jerman yang sudah kami rangkum untuk anda.

5 Tempat Wisata di Jerman

1. Bradenburg Gate

bradenburg gate
bradenburg gate. google maps. sumber: manideep Bolla

Simak juga: tempat wisata di Paris

Tempat pertama yang wajib dikunjungi ialah Brandenburg Gate, yakni sebuah gerbang dengan gaya neo klasik yang dibangun oleh Raja Prussia Frederisck William II.

Bradenburg Gate dibangun pada tahun 1791 dan menjadi lambang perdamaian. Lokasinya berada di sebelah barat Alun-Alun Pariser Platz, persimpangan antara Unter Den Linden dan Ebertstrabe.

Bentuknya sangat unik dan merupakan hasil karya dari Carl Gotthard Langhans, yang terinspirasi oleh pintu gerbang Akropolis di Athena, Yunani.

2. Frauenkirche

frauenkirche
frauenkirche. google maps. sumber: Rainer Pickhard

Simak juga: tempat wisata di Perancis

Frauenkirche ialah sebuah gereja yang merupakan pembesaran dari Gereja Zu Unser Lieben Frauen yang sudah ada sejak abad ke 11.

Gereja ini sempat runtuh pada tahun 1945, dan mulai diperbaiki pada tahun 1993. Yang menarik dari Frauenkirche ialah ruang tengahnya yang berbentuk melingkar serta dikelilingi galeri setinggi empat lantai dengan inner dome yang penuh dengan lukisan.

Selain itu, di atas altarnya terdapat organ gereja dengan ornamen khas barok, yang semakin mempertegas nuansa sakralnya.

Selain menikmati interior yang tersaji, kamu dapat naik ke atas kubahnya dan melihat pemandangan Kota Dresden serta Sungai Elbe yang mempesona.

Terdapat waktu-waktu khusus untuk dapat melakukan hal tersebut, yakni:

  • Setiap Senin hingga Sabtu pukul 10.00 hingga 18.00
  • Hari Minggu pada pukul 12.30 hingga 18.00
  • Sedangkan di musim dingin hanya sampai pukul 16.00 saja

3. Cologne Cathedral

cologne cathedral
cologne cathedral. google maps. sumber: hgk.18

Simak juga: tempat wisata di Swiss

Di setiap penjuru kota Köln, kamu dapat menyaksikan gagahnya Cologne Cathedral atau nama lainnya ialah Kölner. Karena merupakan katedral tertinggi ke tiga di dunia, serta lokasinya berada di tengah kota Köln.

Bangunannya memiliki ciri khas bangunan gotik, dimana membutuhkan waktu hingga 6 abad untuk menyelesaikannya.

Cologne Cathedral memiliki menara yang tingginya mencapai 157 meter, di sana kamu dapat menikmati pemandangan kota Köln dan juga Sungai Rhein. Namun untuk menikmati pemandangan tersebut kamu harus menaiki anak tangga sebanyak 509 anak tangga.

Selain itu, kamu juga harus membayar sekitar €2,50. Dan jika hendak memasuki Treasury Chamber membayar sebesar € 5. Sedangkan untuk memasuki gerejanya sendiri tidak ada pungutan alias gratis.

Cologne Cathedral dibuka mulai pukul 06.00 hingga 19.30 waktu setempat. Namun ketika ada pelayanan gereja maka ditutup untuk kegiatan wisata.

4. Neuschwanstein

kastil neuschwanstein
kastil neuschwanstein. google maps. sumber: Sin Fong Chan

Simak juga: tempat wisata di Belanda

Selanjutnya ada Neuschwanstein Schloss atau Kastil Neuschwanstein yang berada di atas bukit dengan dikelilingi pegunungan Alpen. Selain itu dekat dengan Danau Alp atau Alpsee.

Bangunan kastilnya bergaya romantik, dan terlihat seperti kastil-kastil di negeri dongeng. Di sini kamu akan menemukan banyak chandelier dan patung berbalut emas. Juga ada sebuah taman yang dikelilingi gua buatan.

  • Jam operasional Neuschwanstein pada bulan April sampai 15 Oktober mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Sedangkan untuk 16 Oktober hingga bulan Maret mulai pukul 09.00 hingga 15.00 waktu setempat.
  • Harga tiket masuknya sebesar € 1,80 per orang.

5. Heidelberg Old City

heidelberg
heidelberg. google maps. sumber: Thomas Stühmer

Simak juga: tempat wisata di Amsterdam

Yang terakhir ialah sebuah kota tua yang bernama Heidelberg. Yang merupakan ikon tempat romantis di Jerman, dan menjadi destinasi wisata paling populer.

Kota tua Heidelberg memiliki keindahan alam yang mempesona, hutan Odenwald dan juga Sungai Neckar salah satu potensi alam yang dimilikinya.

Selain itu di bawah puncak bukit Königstuhl terdapat reruntuhan kastil cantik yang bernama Heidelberger Schloss yang sangat terkenal.

Kamu juga dapat menemukan warisan-warisan peradaban kuno yang masih terjaga hingga saat ini. Seperti:

  • Gereja-gereja tua yang menawan,
  • Arsitektur bangunan beratap merah dengan gaya barok,
  • Universitas tertua di Jerman yang bernama Ruprecht-Karls,
  • Pasar tradisional hingga toko-toko dengan bangunan yang elegan.

Lokasi kota Heidelberg berada di lembah Sungai Neckar, di bawah bukit Königstuhl, negara bagian Baden-Württemberg.


Tinggalkan komentar