11 Tempat Wisata di Rusia, Menyelami Lebih Dalam Negeri Beruang Putih

Tempat wisata di Rusia berkaitan erat dengan 2 hal. Peninggalan sejarah dari negara yang memiliki sejarah panjang, dan wisata alam yang berkaitan dengan musim dingin. Mungkin karena kaitan kuat dengan salju inilah maka rusia dikenal sebagai Negara Beruang Putih.


Tempat wisata di Rusia berkaitan erat dengan 2 hal. Peninggalan sejarah dari negara yang memiliki sejarah panjang, dan wisata alam yang berkaitan dengan musim dingin.
Tempat Wisata di Rusia. Image via: eskipaper.com

Sekilas Soal Rusia

Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi.

Karena terlalu luasnya, Rusia memiliki 11 zona waktu. Wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering.

Rusia adalah negara multikultural yang dipengaruhi oleh berbagai macam budaya. Budaya dominan di sana adalah budaya Gereja Ortodoks Yunani yang telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan rakyat Rusia. Kebudayaan Slavia yang Ortodoks, Tatar yang Islam,  paganisme di Timur Jauh menambah keragaman.

Rusia sangat luas sehingga jenis transportasi yang paling sering digunakan untuk mengelilingi Rusia adalah kereta api  dan pesawat. Lama perjalanan dari satu kota ke kota lain pun bisa memakan waktu dari hitungan jam hingga harian.

Sementara untuk keliling di dalam kota, bisa menggunakan bus atau metro dengan harga R30. Sementara biaya taksi di dalam kota berkisar antara R200-R300.

11 Tempat Wisata di Rusia

  1. Kremlin

Kremlin merupakan sebuah karya arsitektur dan tempat wisata di Rusia yang terkenal sebagai simbol dari negara Rusia.
Kremlin. Image via: kremlintour.com

Simak juga: tempat wisata di Yunani

Kremlin merupakan sebuah karya arsitektur dan tempat wisata di Rusia yang terkenal sebagai simbol dari negara Rusia. Kremlin meliputi berbagai gedung-gedung perkantoran pemerintahan dan katedral-katedral. Kremlin dulunya merupakan tempat tinggal para Tsar.

Kremlin terdiri dari banyak bangunan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Yang menjadi tujuan utama pengunjung ke Kremlin adalah Armoury Chamber. Karena jumlah pengunjung ke Armoury Chamber dibatasi tiap jamnya, pengunjung harus memilih jam masuk saat membeli tiket.

Di Armoury Chamber pengunjung bisa melihat secara langsung koleksi-koleksi seni Rusia dari abad ke-5 hingga 20, diantaranya mahkota kekaisaran Rusia, peralatan makan yang terbuat dari emas dan perak, senjata, baju besi, dan koleksi bernilai lainnya.

Objek lain yang juga tidak aklah menarik adalah Menara Troitskaya, Menara Spasskaya dengan bintang Kremlin di atasnya dan juga Ivan the Great Bell Tower. Dinding bagian luar didominasi oleh warna putih dengan menara berwarna kuning emas.

Ivan the Great Bell Tower merupakan menara tertinggi di Kremlin dengan tinggi 81 meter. Dibangun pada tahun 1508 di Cathedral Square untuk tiga katedral orthodox Russia, yaitu the Assumption, the Archangel dan the Annunciation yang tidak memiliki menara lonceng.

Harga tiket masuk tempat wisata di Rusia Kremlin sebesar 500 Rubel. Sedangkan untuk masuk Armoury Chamber harga tiketnya 700 Rubel. Jadi total biaya yang harus kita keluarkan adalah 1.200 Rubel..

  1. Saint Basil’s Cathedral

Tempat wisata di Rusia Katedral Santo Basil terletak di ujung sebelah tenggara Lapangan Merah, di seberang Menara Spasskaya.
Saint Basil’s Cathedral. Image via: rbth.com

Katedral Santo Basil adalah gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moscow, yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia di antara Eropa dan Asia.

Tempat wisata di Rusia Katedral Santo Basil terletak di ujung sebelah tenggara Lapangan Merah, di seberang Menara Spasskaya. Bangunan ini tidak begitu besar terdiri dari sembilan kapel dibangun dengan fondasi tunggal. Rancangan katedral ini mengikuti gereja-gereja beratap kerucut pada masa yang sama.

Konsep awal katedral ini adalah sebuah kumpulan kapel, masing-masing dipersembahkan kepada setiap santo yang hari peringatan jatuh pada saat Tsar menang dalam suatu pertempuran. Namun pembangunan sebuah menara tunggal mempersatukan ruang-ruang ini menjadi satu katedral.

Di sebuah taman di depan katedral berdiri sebuah patung tembaga untuk memperingati Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin. Mereka berdua mengumpulkan pasukan relawan Rusia dalam menghadapi serbuan Polandia pada  pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18.

Patung ini mulanya berada di tengah Lapangan Merah, tetapi pemerintah Soviet merasa patung itu menghalangi parade, dan oleh karena itu patung kemudian dipindah di depan katedral tahun 1936

Gereja Tempat wisata di Rusia ini terbuka untuk umum Rabu-Senin dari 10:30 am -18:00 pm, dengan tiket masuk seharga 350 Rubble.

  1. Red Square

Dibalik tempat wisata di Rusia Red Square ini terdapat makan Lenin dengan tembok timur Kremlin, kubah-kubah yang menjadi ikon kota Moskow, dan berbagai bangunan indah lainnya.
Red Square. Image via: wallpapers13.com

Simak juga: tempat wisata di Myanmar

Red Square menjadi saksi bisu dari sejarah panjang politik Rusia. Secara arti nama Red Square berasal dari kata Karsnyi yang berarti indah. Namun, berarti merah dalam kontemporari Rusia. Tidak ada kaitan dengan ideologi Komunis atau warna bangunan di sana.

Bagi para turis, Red Square pun telah menjadi objek wisata wajib kunjung apabila liburan ke Moskow. Traveler juga bisa mengagumi sejumlah bangunan bersejarah khas Rusia yang tersebar di sekitar Red Square. Istilahnya, belum ke Rusia kalau belum ke Red Square.

Pada abad 17,  Red Square juga jadi tempat parade militer yang menunjukkan wibawa pasukan Soviet di mata dunia kala itu. Saat ini Setiap awal tahun, Red Square juga jadi venue utama penghitungan momen Tahun Baru. Dimeriahkan oleh kembang api dan pesta meriah, tak terhitung berapa banyak turis yang datang.

Dibalik tempat wisata di Rusia Red Square ini terdapat makan Lenin dengan tembok timur Kremlin, kubah-kubah yang menjadi ikon kota Moskow, dan berbagai bangunan indah lainnya.

  1. Peterhof Palace

Istana tempat wisata di rusia ini memiliki taman bawah istana yang sangat luas.
Peterhof Palace. Image via: civitatis.com

Istana ini sendiri memiliki luas sekitar 500 hektar. Setiap sudut istana maupun tamannya sangat indah. Letaknya di sisi laut karena kaisar meyakini bahwa Rusia akan menjadi kekuatan laut terbesar di Eropa.

Yang wajib dikunjungi di istana ini adalah Grand Palace yang meskipun tidak terlalu besar namun menjadi pusat dari istana ini. Tiket masuknya 600 Rubel. Istana tempat wisata di rusia ini memiliki taman bawah istana yang sangat luas.

Di tengah taman terdapat satu parit kecil yang airnya langsung menuju ke laut. Ya, istana ini memang terletak di tepi laut, tepatnya di pantai selatan Teluk Finlandia. Untuk menuju kesini dari St Petersburg bisa juga dengan kapal hydrofoil dari Sungai Neva.

Menyusuri taman dengan pohon yang berjajar rapi, sambil sesekali berhenti untuk berfoto. Kebersihan sangat dijaga di sini. Buktinya, di depan Grand Palace, terdapat sekuriti yang hilir mudik. Selain menjaga keamanan, beliau juga memastikan tidak ada sampah yang bertebaran.

Bagi pengunjung yang lelah dan kelaparan setelah berkeliling taman dan istana, ada restoran di dekat pintu keluar tempat wisata di rusia ini. Harganya standar restoran di Rusia dengan harga sekitar 500 hingga 700 Rubel.

  1. State Hermitage Museum

Koleksi museum tempat wisata di Rusia ini dari jaman Italian Renaissance di museum ini, seperti lukisan Madonna karya Leonardo da Vinci
State Hermitage Museum . Image via: russlandjournal.de

Simak juga: tempat wisata di Laos

The Hermitage Museum adalah primadona St Petersburg. Terletak di pusat kota, museum ini menempati sebuah istana megah. Ini menjadi tempat bagi tiga juta karya seni para seniman terkenal, seperti Rembrandt, Da Vinci, juga Michaelangelo.

Benda-benda dari jaman pra-sejarah atau zaman batu yang dipamerkan di museum ini dikumpulkan dari seluruh wilayah Rusia, dan dari bekas negara-negara Uni Soviet. Jadi, di sini pengujung bisa mengenal sejarah peradaban panjang Rusia.

Koleksi museum tempat wisata di Rusia ini dari jaman Italian Renaissance di museum ini, seperti lukisan Madonna karya Leonardo da Vinci dan Raphael, koleksi karya Titian, Rubens, Rembrandt, Poussin, dan sejumlah seniman impresionis dan modernis lainnya.

Ruangan pada jaman kekaisaran Rusia juga dipamerkan dan tetap dibiarkan seperti aslinya. Pengunjung bisa melihat kehidupan keluarga kekaisaran Rusia. Ruangan-ruangan ini dipergunakan selama masa kekaisaran Rusia dan tetap dipertahankan sebagaimana aslinya.

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Rusia ini adalah 700 Rubel. Para pelajar boleh memasuki museum ini dengan gratis, hanya perlu menunjukkan kartu pelajar. Pengunjung umum juga bisa lho memasuki museum ini secara gratis, yakni pada hari Kamis di minggu pertama

  1. Masjid Lala Tulpan

Masjidtempat wisata di Rusia Lala Tulpan berlokasi di Ufa, ibukota kawasan Bashkortostan
Masjid Lala Tulpan. Image via: aboutislam.net

Hampir tiap kota di Rusia memiliki masjidNamun kalau mau datang ke masjid yang bangunannya unik dan cantik, datangilah Lala Tulpan. Lala Tulpan merupakan salah satu masjid cantik di Rusia. Lala Tulpan, dalam bahasa setempat jika diterjemahkan berarti tulip yang mekar.

Masjidtempat wisata di Rusia Lala Tulpan berlokasi di Ufa, ibukota kawasan Bashkortostan. Lokasinya di bagian timur Moskow yang daoat ditempuh dengan penerbangan domestik selama sekitar 2 jam.

Bangunannya pun unik, berbentuk bunga tulip yang sedang mekar. bagian atap masjidnya memang berwarna merah dan berbentuk seperti bunga tulip yang sedang mekar. Melihatnya dari kejauhan saja sudah cantik, apalagi jika memakai drone dan mengabadikannya dari langit.

Lala Tulpan memiliki arsitektur yang sangat berbeda dengan masjid-masjid Rusia lainnya. Masjid-masjid Rusia kebanyakan dibangun dengan desain mirip masjid-masjid di Timur Tengah atau masjid-masjid di Turki yang kubahnya besar-besar.

Masjid tempat wisata di Rusia ini memiliki menara kembar setinggi 53 meter yang menambah elok tampilannya. Lala Tulpan mampu menampung hingga 1.000 jamaah, dengan memiliki beberapa ruangan untuk pembelajaran bahasa Arab dan Al Quran.

  1. Nizhny Novgorod

Kota tempat wisata di Rusia ini layaknya ruang pamer untuk ranah kebudayaan dan sejarah. Di kota ini terdapat banyak ruang pameran untuk mmewadahi lebih dari 12 ribu kesenian
Nizhny Novgorod. Image via: britannica.com

Simak juga: tempat wisata di Kanada

Kota tempat wisata di Rusia ini dibangun tahun 1221 oleh pangeran Yuri II. Pada tahun 1817 Nizhny Novgorod menjadi kota perdagangan yang besar. Namun sejak tahun 1932 hingga 1990 kota ini lebih dikenal dengan Nama Gorky,

Nizhny Novgorod merupakan kota terbesar kelima di Rusia yang ‘dibelah’ oleh sungai Volka. Bagian timur sungai ini adalah daerah perbukitan, sementara di sisi lainnya adalah dataran yang lebih rendah. Kota ini memiliki delapan distrik..

Nizhny Novgorod adalah ‘gudangnya’ rumah ibadah dengan arsitektur khas Rusia era pertengahan. Biara Pechersky Ascension yang didirikan pada tahun 1328 tampak cantik did alam kota. Ada juga gereja lain Alexander Nevsky Cathedral, Old Fair Cathedral, dan Church of the Nativity.

Kota tempat wisata di Rusia ini layaknya ruang pamer untuk ranah kebudayaan dan sejarah. Di kota ini terdapat banyak ruang pameran untuk mmewadahi lebih dari 12 ribu kesenian. Karya seniman besar Rusia seperti Boris Kustodiev dan Nicholas Roerich menemukan rumah di kota ini.

Nizhny Novgorod dipadati dengan museum. Salah satu museum andalan kota ini adalah museum Maxim Gorky yang merupakan bekas rumah sang sastrawan. Tak hanya itu, di kota ini juga ada Museum fotografi, museum Andrey Sakharov, dan lainnya.

  1. Sochi

Saat istirahat, pengunjung kota tempat wisata di Rusia ini bisa menikmati makan dan minum di banyak bar dan resto di Sochi
Sochi. Image via: globallookpress.com

Sochi terletak hampir 1.000 mil dari Moskow. Sochi yang terletak di tepi Laut Hitam merupakan kota tujuan yang selalu ramai oleh para penduduk untuk menikmati penginapan yang ada disana. Kota ini cocok untuk anda menikmati pemandangan, makanan, dan berbelanja.

Untuk arsitektur megah, di sini ada Pelabuhan Sochi, Katedral St. Michael the Archangel, The Upper Embankment yang membentang dari Fertivalny Convert Hall ke alun-alun di depan Winter Theater. Hotel Primorskaya, perpustakaan Alexander Pushkin, dan plaza di depan Winter Theater.

Saat istirahat, pengunjung kota tempat wisata di Rusia ini bisa menikmati makan dan minum di banyak bar dan resto di Sochi. Bar dan resto yang tak terhitung jumlahnya dapat menjadi pilihan yang tentunya sesuai dengan anggaran yang pengunjung persiapkan.

Bahkan di bulan Oktober, air laut di sini cukup hangat. Pengunjung bisa lompat ke laut dari papan kapal. Jika khawatir akan angin dingin bulan Oktober maka bersandarlah, tutup mata dan dengarkan suara ombak deburan ombak dan angin yang menenangkan.

Setelah senja tiba sekitar pukul 18.00, beberapa bar dan kafe yang bertebaran di sepanjang garis pantai tempat wisata di Rusia Sochi dan Adler akan buka beberapa jam kemudian dan pengunjung mulai berdatangan.

  1. Sungai Volkhov

Sungai tempat wisata di Rusia ini memiliki sejarah yang kaya. Sungai Volkhov, juga dikenal sebagai jalur "dari Varangia ke Yunani, " mengalir melewati kota tua Nizhny Novgorod
Sungai Volkhov. Image via: cnnindonesia.com

Simak juga: tempat wisata di Brunei Darussalam

Sungai tempat wisata di Rusia ini memiliki sejarah yang kaya. Sungai Volkhov, juga dikenal sebagai jalur “dari Varangia ke Yunani, ” mengalir melewati kota tua Nizhny Novgorod. Sungai mengalir keluar dari danau besar Ilmen dan mengalir ke danau lain,Danau Ladoga.

Di tepi Sungai Volkhov bernilai banyak atraksi. Jika pengunjung ikut dalam perjalanan kecil menyusuri sungai, pengunjung dapat melihat Pemukiman Ryurikovo, Gereja Juruselamat di Nereditsa atau Biara Yuriev.

Dari sungai tempatwisata di Rusia ini, pengunjung dapat melihat jembatan batu yang belum selesai. Penyeberangan kereta api ini dimulai pada abad ke-20, tetapi Perang Dunia Pertama dimulai dan konstruksi dihentikan.

Hiburan yang paling menarik dan mengasyikkan di Sungai Volkhov adalah memancing. Sungai itu penuh ikan, sehingga menarik banyak nelayan dari seluruh dunia. Di sini ditemukan ikan seperti pike, lele, ruff, bream, burbot, pike bertengger, ikan mas bermata putih, ikan mas, salmon, roach, asp, dll

Ada tempat-tempat khusus untuk memancing: pantai kering yang landai, dermaga besar, kapal sewaan. Ada juga tempat untuk meluncurkan perahu pribadi ke dalam air. Di kota Nizhny Novgorod ada cukup banyak toko yang menjual pancing, pancing, dan umpan.

  1. Danau Baikal

. Dengan luas sebanding wilayah Belgia atau Belanda. Tempat wisata di Rusia Danau Baikal betul-betul menawarkan pemandangan yang menakjubkan
Danau Baikal. Image via: sk.ru

Danau Baikal bukan hanya danau terdalam di dunia, tapi juga danau air tawar terbesar di planet ini. Dengan luas sebanding wilayah Belgia atau Belanda. Tempat wisata di Rusia Danau Baikal betul-betul menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Berperahu musim panas di Baikal. Ada banyak kegiatan yang dapat dinikmati wisatawan di danau. Mendaki, panjat tebing, menelusuri gua, berkuda, kayak, memancing, dan naik helikopter — ditambah hal-hal keren lainnya.

Desa Listvenichnoye adalah permukiman yang paling dekat ke danau. Pada 1725, seorang pria bernama Nikola Kislitsyn memutuskan untuk menghabiskan musim dingin di Pantai Baikal. Belakangan, beberapa rumah dibangun di tempat yang sama.

Anjing laut Baikal atau nerpa adalah simbol danau Tempat wisata di Rusia ini. Hewan imut endemik Danau Baikal ini terlihat sangat menggemaskan. Selain nerpa, ada sekitar 2.600 spesies hewan asli ke Baikal.

Ketika seluruh Danau Baikal membeku pada musim dingin, orang-orang bisa bermain hoki, seluncur es, dan ski di atas permukaan danau. Pada akhir setiap musim dingin, mereka juga menggelar maraton di atas danau.

  1. Old Arbat Street

Saat berjalan-jalan di tempat wisata di Rusia ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam suvenir.
Old Arbat Street. Image via: personalguide.ru

Simak juga: tempat wisata di Los Angeles

Banyak media Indonesia menyebut Old Arbat sebagai “Malioboro”-nya Rusia. Jalan Arbat merupakan kawasan perdagangan sepanjang 1 kilometer yang berawal dari Arbatskaya Square dan berakhir di Smolenskaya Square. Sudah ada sejak abad ke-15 dan merupakan salah satu kawasan tertua di Moskow.

Saat berjalan-jalan di tempat wisata di Rusia ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam suvenir. Ada berupa pakaian, gantungan kunci, hingga boneka khas Rusia Matryoshka. Boneka Matryoshka merupakan boneka yang jika dibuka akan muncul boneka serupa di dalamnya dengan bentuk lebih kecil.

Terdapat 6 boneka dalam satu boneka Matryoshka dengan harga yang berbeda-beda tergantung ukurannya. Tidak hanya bergambar boneka, banyak Matryoshka pemimpin dunia, termasuk Soekarno, Jokowi, dan Ahok juga ada di tempat wisata di Rusia ini.

Yang unik ketika memebli barang antik di sini adalah, penjual akan memberi sertifikat jaminan Bukan barang Bersejarah. Kebalikan dengan belanja ditempat lain, yang mana penjual biasanya berusaha meyakinkan pembeli bahwa barang yang dijual punya nilai sejarah.

Selain enak buat belanja, lokasi ini juga pu ya spot foto yang cantik. Salah satu spot favorit untuk berfoto di sekitar Old Arbat adalah monumen air mancur emas Princess Turandot. Terletak di dekat teater Vakhtangov, patung dibuat berdasarkan opera Turandot karya Giocomo Puccini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment