8 Tempat Wisata di Myanmar, Keindahan Negeri Seribu Pagoda

|

Tempat wisata Myanmar sangat berkaitan dengan wisata religi, bahkan Myanmar mendapat julukan sebagai The Land Of The Golden Pagoda atau Tanah Pagoda Emas atau biasa disebut juga Negeri Seribu Pagoda.

Pagoda merupakan kuil bertingkat yang merupakan tempat yang sangat penting bagi umat Buddha. Dan tak sedikit pagoda di Myanmar yang dilapisi dengan emas.

Saat ini kunjungan ke luar negeri memang sedikit dibatasi, hal tersebut dikarenakan penyebaran covid-19 yang masih belum usai.

Begitu halnya dengan Myanmar, negeri seribu pagoda ini masih belum sepenuhnya membuka sektor wisata khususnya bagi yang berasal dari negara lain.

Berikut beberapa tempat wisata di Myanmar, sebagai bahan referensi kamu ketika hendak berlibur nanti.

8 Tempat Wisata Di Myanmar

1. Pagoda Shwedagon

pagoda shwedagon
pagoda shwedagon. google maps. sumber: Myat Thant Zaw

Simak juga: tempat wisata di Laos

Tempat wisata pertama yang harus dikunjungi ialah Pagoda Shwedagon atau Shwedagon Paya, berada di lahan seluas 114 ha dan merupakan salah satu pagoda terbesar di dunia.

Selain itu Pagoda kebanggaan Myanmar ini memiliki tinggi sekitar 110 meter, yang kubahnya dilapisi oleh emas, serta di bagian atas stupa dihiasi berlian dan batu permata lainnya. Maka tak heran jika pagoda yang memiliki nama asli Shwedagon Zedi Daw ini disebut pula dengan Pagoda Emas.

Daya tarik lain yang dimiliki Pagoda Shwedagon ialah, dipercaya menjadi tempat penyimpanan delapan helai rambut miliki Gautama Buddha. Tongkat Kakusandha, penyaring udara Konagamana, dan secarik kain jubah Kassapa pun diyakini tersimpan rapih di dalam Pagoda Shwedagon ini.

Pagoda Shwedagon merupakan tempat sakral bagi umat Buddha, sehingga pengunjung yang datang harus mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan.

  • Lokasi: kawasan Singhuttara Hill, Yangon, Myanmar.
  • Tiket masuk: 8.000 hingga 10.000 kyat

2. Kyaiktiyo Pagoda

kyaiktiyo pagoda
kyaiktiyo pagoda. google maps. sumber: paingsoe paingsoe

Sudah sejak lama Golden Rock menjadi situs ziarah umat Buddha yang terkenal. Sebuah batu yang berada di ketinggian 1.100 mdpl, dengan tinggi batu sendiri sekitar 7,6 meter, diameternya kira-kira 15 meter.

Sering disebut sebagai “batu Ajaib” karena posisinya yang memang unbelievable banget. Di atasnya dibangun sebuah pagoda kecil dengan tinggi kira-kira 7 meter.

Dari ketinggian tersebut, kamu dapat menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi saat sunset yang datang dengan keindahan yang nyaris sempurna.

3. Bagan

gawdawpalin temple
gawdawpalin temple. google maps. sumber: Alain Floch

Selain Pagoda Shwedagon, tempat wisata pagoda terkenal lainnya berada di Bagan, yakni sebuah kota tua di wilayah Mandalay, yang berada di tepi Sungai Irrawadi.

Beberapa tempat wisata yang ada di Bagan, seperti:

  • Ananda Temple,
  • Gawdawpalin Temple,
  • Shwesandaw Temple,
  • Shwe Zigon Temple,
  • Htilo Minlo Temple,
  • Golden Palace, dan
  • Bagan Archeological Museum.

Jadi, kota Bagan wajib masuk ke dalam list wisata kamu ketika berkunjung ke negara yang sebelumnya bernama Burma ini.

4. Inle Lake

inle lake
inle lake. google maps. sumber: Carolyn Anderson

Inle Lake yaitu sebuah danau air tawar yang merupakan danau terbesar kedua di Myanmar setelah Danau Indawgyi, dengan luas sekitar 44,9 mil persegi.

Di sekitar Danau Inle terdapat beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi, diantaranya:

  • Silver Smith yakni sebuah tempat pembuatan perak tradisional,
  • Shwe Indein Pagoda,
  • Long Neck Women,
  • Paung Dhaw Oo Pagoda,
  • Nga Phe Chaung Monastery,
  • Spot untuk memancing, dan
  • Menikmati makan di atas danau.

Akan lebih membantu jika kamu menggunakan jasa guide atau travel, untuk menjelajahi tempat wisata yang ada di sekitar Inle Lake ini.

  • Lokasi: Kotapraja Nyaungshwe, Negara Bagian Shan, kawasan Perbukitan Shan, Timur laut Myanmar.

5. Ngapali Beach

ngapali beach
ngapali beach. google maps. sumber: Thu Htet

Simak juga: tempat wisata di Brunei Darussalam

Ngapali Beach atau Pantai Ngapali merupakan tujuan wisata pantai yang cukup digemari oleh para wisatawan. Karena memiliki hamparan pasir putih yang bersih, serta air laut yang berwarna biru kehijauan.

Ketika berada di Pantai Ngapali atau Ngapali Beach, kamu dapat melakukan beberapa keseruan seperti:

  • Bermain air,
  • Bersantai di atas pasirnya,
  • Snorkeling ataupun diving,
  • Bermain kayak laut,

Untuk kamu yang menyukai pantai dan deburan ombaknya, Pantai Ngapali akan membuatmu nyaman dan relaks. Apalagi di sekitar pantainya terdapat deretan pohon palem, yang membuat suasana menjadi adem.

  • Lokasi: Rakhine State, Myanmar.

6. Candi Ananda

candi ananda
candi ananda. google maps. sumber: Hoa Nguyen

Simak juga: tempat wisata di New Zealand

Candi Ananda dibangun pada tahun 1105 M, yang kala itu dibawah pemerintan Raja Kyanzittha (1084 – 1113) dari Dinasti Pagan. Dengan memiliki tinggi kira-kira 51 meter, dan berada di kawasan Kuil Bagan.

Jika biasanya candi berwarna merah bata, lain halnya dengan Candi Ananda yang berwarna putih. Dan memiliki empat patung Buddha yang masing-masing menghadap ke arah empat mata angin.

Candi Ananda memiliki pola salib yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya. Ketika berada di Candi Ananda, para pengunjung biasanya menantikan cantiknya matahari terbit atau sunrise dan tak ketinggalan sunsetnya yang indah.

  • Lokasi: Nyaung-U, Myanmar.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 waktu setempat, kecuali hari Rabu dan Kamis.

7. Pagoda Sule

pagoda sule
pagoda sule. google maps. sumber: Zay Htet

Simak juga: tempat wisata di Los Angeles

Pagoda Sule merupakan sebuah stupa yang berada di tengah kota Yangon, yang sudah berusia lebih dari 2000 tahun. Dan terdaftar sebagai situs warisan Kota Yangon.

Dengan berada di tengah pusat kota, Pagoda Sule selalu menarik perhatian wisatawan. Apalagi dengan warnanya yang keemasan dan memiliki bangunan yang cukup tinggi, yakni sekitar 45 meter.

  • Lokasi: Junction of Sule Pagoda Road, Yangon, Myanmar.

8. Mount Popa

Simak juga: tempat wisata di Amerika

Mount Popa atau Gunung Popa ialah sebuah gunung berapi yang sudah lama mati, dan berada di ketinggian 1.518 mdpl. Dimana di puncaknya berdiri sebuah kuil yang bernama Kuil Nat, yang berada di kompleks bernama Taung Kalat dimana berfungsi sebagai kuil dan juga biara.

Taung Kalat dan Gunung Popa secara keseluruhan dipercaya merupakan rumah bagi 37 roh gaib yang memiliki kekuatan. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Gunung Olympus-nya Myanmar.

Untuk menuju puncak gunung, kamu harus mendaki tangga kira-kira sebanyak 800 tangga. Melelahkan memang, namun pemandangan di sepanjang perjalanan menakjubkan. Dan ketika berada di puncak, kamu akan merasakan sensasi seperti sedang berada di negeri di atas awan.

  • Lokasi: kawasan Mandalay, Myanmar Tengah.