7 Tempat Wisata di Sidoarjo, Yang Lagi Hits Hingga Malam Hari

Tempat Wisata di Sidoarjo memang didominasi oleh wisata budaya dan juga sejarahnya, namun semakin berkembangnya waktu tempat wisata di Sidoarjo pun mulai dipenuhi dengan tempat-tempat yang hits dan kekinian.

Tempat-tempat yang hits tersebut bahkan ada yang buka hingga malam hari. Sehingga Sidoarjo layak untuk masuk ke dalam list tujuan wisata kamu di Jawa Timur.

Sidoarjo merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur, dengan ibukotanya ialah Kota Sidoarjo. Sidoarjo termasuk ke dalam kawasan Gerbangkertosusilo, yakni kawasan metropolitan di Jawa Timur.

Gerbangkertosusilo ialah akronim dari Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Gerbangkertosusilo berpusat di Surabaya, yang notabene termasuk wilayah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

Berikut beberapa tempat wisata hits di Sidoarjo, sebagai bahan referensi kamu ketika berwisata di akhir pekan nanti.

1. Museum Mpu Tantular

koleksi museum mpu tantular
koleksi museum mpu tantular. google maps. sumber: Rudy Santoso

Simak: daftar tempat wisata di Mojokerto

Museum Mpu Tantular merupakan tempat yang tepat untuk mengajak putra-putri belajar akan sejarah dengan cara yang menarik. Dan termasuk museum terbesar di Jawa Timur.

Museum Mpu Tantular berisikan beberapa arca, lukisan bersejarah yang terbuat dari emas, peninggalan zaman pra sejarah, koleksi batik dari berbagai daerah, dan ada juga beberapa penemuan mulai dari sepeda kayu hingga sepeda motor uap.

Dan masih banyak lagi koleksi dari Museum Mpu Tantular yang harus kamu saksikan sendiri. Dijamin seru dan nggak ngebosenin deh…..

  • Lokasi: Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 (Senin tutup)
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

2. Suncity Waterpark Sidoarjo

suncity waterpark sidoarjo
suncity waterpark sidoarjo. google maps. sumber: Tamz FotoVideo

Tempat wisata Sidoarjo yang satu ini bisa dibilang sebagai surganya anak – anak, apalagi kalau bukan tentang bermain air dan berenang.

Suncity Waterpark Sidoarjo dibangun pada tahun 2004, dengan mengusung tema Mesir kuno yang digabung dengan suasana ala Jurasic Park di bagian dalam.

Suncity Waterpark Sidoarjo memiliki beberapa kolam dengan bentuk dan kedalaman yang berbeda, serta dilengkapi dengan beberapa seluncuran yang aman untuk anak hingga yang sedikit memacu adrenalin.

Hanya saja, sungguh sangat disayangkan Suncity Waterpark Sidoarjo saat ini dalam kondisi tutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

  • Lokasi: Jl. Pahlawan No.1, Sidokumpul, Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 30.000 (weekdays) dan Rp. 50.000 (weekend)

3. Kampung Batik Jetis Sidoarjo

kampung batik jetis
kampung batik jetis. google maps. sumber: syahmi MKSR

Simak juga: info tempat wisata di Purbalingga

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO dengan ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu.

Jika di Pekalongan ada Museum Batik, di Sidoarjo ada Kampung Batik Jetis yang warganya berprofesi sebagai perajin dan juga penjual kain batik.

Dimana kamu dapat berbelanja langsung kain batik dengan motif yang khas dan cukup beragam, misalnya saja motif abangan dan ijo-ijoan (gaya Madura), motif beras kutah, motif krubutan (campur-campur), motif bunga, burung merak, dan masih banyak lagi motif yang lainnya.

  • Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

4. Monumen Jayandaru

monumen jayandaru
monumen jayandaru. google maps. sumber: badruscng salam

Monumen Jayandaru merupakan tempat wisata yang sedang hits dan instagramable banget, yang lokasinya berada di Alun-Alun Sidoarjo.

Bagaimana tidak, Monumen Jayandaru memiliki desain yang sangat unik dengan tinggi mencapai 25 meter. Ornamen-ornamen yang ada di monumen tersebut mencerminkan gambaran kearifan lokal dan kemakmuran dari masyarakat Sidoarjo.

Setelah puas mengelilingi Alun-Alun Sidoarjo, kamu dapat beristirahat sambil mengambil beberapa jepretan foto dengan monumen kebanggaan Sidoarjo tersebut.

Atau Monumen Jayandaru dapat dijadikan sebagai tempat wisata malam di Sidoarjo, dimana akan dihiasi dengan lampu taman yang membuat suasana berbeda ketika siang hari.

  • Lokasi: Jl. Jenggolo No. 21, Sidokumpul, Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

5. Taman Abhirama

taman abhirama
taman abhirama. google maps. sumber: syafea maysaSakhi

Baca: daftar tempat wisata di Jember

Sidoarjo memiliki beberapa taman yang difungsikan sebagai tempat untuk berkumpul dan juga tempat untuk rekreasi, salah satunya ialah Taman Abhirawa.

Taman Abhirawa dibangun sejak tahun 2015, dan sempat ditutup beberapa waktu yang lalu imbas dari penyebaran covid-19 di Indonesia. Saat ini sudah mulai dibuka kembali, tentunya dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Beberapa fasilitas yang ada di Taman Abhirawa diantaranya:

  • Playground,
  • Jogging track,
  • Gym outdoor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketika berada di Taman Abhirawa udaranya cukup sejuk, serta adanya kolam yang cukup besar dengan air mancur di tengahnya membuat suasana tambah asri.

  • Lokasi: Pondokjati, Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Jam buka: 06.00 – 21.00
  • Tiket masuk: Gratis, hanya membayar parkir saja

6. Delta Fishing

delta fishing
delta fishing. google maps. sumber: Nur Pradana

Simak juga: daftar tempat wisata di Bekasi

Berbicara tentang Delta Fishing bukan hanya sekedar tentang memancing saja, tempat wisata yang satu ini juga menyuguhkan alam yang sejuk nan asri serta ditambah dengan beberapa wahana.

Wahana permainan yang ada di Delta Fishing diantaranya:

  • Wahana permainan air,
  • Kolam renang,
  • Wahana outbound,
  • Dan yang pasti kolam ikan atau kolam pancing.

Untuk memancing di Delta Fishing, kamu dapat membawa peralatan sendiri atau bisa juga dengan menyewanya. Dan hasil tangkapanmu dapat kamu santap, sesuai dengan sajian yang diinginkan.

  • Lokasi: Jl. Mbah Sholeh No. 1, Prasungtambak, Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

7. Pasar Kuliner Kahuripan Nirwana

pazkul kahuripan nirwana
pazkul kahuripan nirwana. google maps. sumber: Victor Yesaya

Simak: info tempat wisata di Sumedang

Setelah puas eksplor tempat wisata di Sidoarjo, lengkapi perjalananmu dengan mengunjungi Pasar Kuliner Kahuripan Nirwana, atau biasa disebut Pazkul Kahuripan Nirwana.

Tempat ini merupakan lokasi wisata kuliner favorit di Sidoarjo, dan menjadi lokasi nongkrong yang enak di siang maupun malam hari dengan suasana outdoor yang asyik.

Di Pazkul Kahuripan Nirwana tersedia banyak makanan khas hingga makanan kekinian dijamin memiliki cita rasa yang enak, namun harganya pas dikantong.

  • Lokasi: Kavling 4 – 6, Kahuripan Nirwana No. 7, Entalsewu, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Jam buka: 10.00 – 23.00