10 Tempat Wisata di Sidoarjo Yang Populer

Masuk dalam Gerbangkertosusilo, menjadikan Sidoarjo sebagai salah satu kota tersibuk di Jawa Timur setelah Surabaya. Tetapi meskipun begitu, kota yang pernah dikenal karena bencana alam lumpur Lapindo-nya ini juga punya banyak destinasi menarik yang bisa jadi tujuan wisata, lho.


tempat wisata di sidoarjo
Tempat wisata di sidoarjo. Image via: wisatalengkap.com

Penasaran seperti apa sih menariknya tempat wisata di Sidoarjo? Yuk, simak informasi singkatnya berikut ini.

1. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular
Museum Mpu Tantular. Image via: sylvianitawidyawati

Berlokasi di Jl. Raya Buduran, Buduran tempat wisata di Sidoarjo ini menyimpan begitu banyak sumber sejarah masa lampau yang bernilai historis sangat tinggi. Koleksi yang dimiliki museum ini terbilang sangat banyak mulai dari koleksi etnografi, numismatik, emas, lukisan, hingga geologi dan biologi juga ada.

Jadi tak hanya sekedar jalan-jalan tetapi juga sekaligus belajar tentang sejarah dan kebudayaan masa lampau di nusantara. Salah satu area favorit pengunjung anak-anak ialah Gedung Pameran Tetap yang didalamnya penuh dengan koleksi benda-benda ilmiah. Mulai dari teleskop, katrol mini, lalu ada alat musik yang terbuat dari pipa paralon, cermin siku, hingga miniatur peraga PLTA. Wah, menarik bukan!

Informasi:

  • Nama: Museum Mpu Tantular
  • Alamat: Jl. Raya Buduran, Buduran, Sidoarjo – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 WIB (Selasa-Kamis), 08.00 – 14.00 (Jum’at), 08.00 – 12.30 WIB (Sabtu), 08.00 – 13.30 WIB (Minggu), Senin Libur
  • Harga tiket: Rp 5.000,- (dewasa), Rp 3.000,- (anak-anak)

Simak: daftar tempat wisata di Mojokerto

2.  Pulau Sarinah

Pulau Sarinah
Pulau Sarinah. Image via: hipwee.com

Jika biasanya pulau ada di tengah laut, maka berbeda dengan tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini. Namanya Pulau Sarinah yang berada persis di tengah-tengah lautan lumpur Lapindo yang menggenangi puluhan desa di 3 kecamatan.

Meski awalnya dianggap sebagai bencana alam, namun keberadaannya kini menjadi objek wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung. Pulau ini kini ditanami tanaman bakau dan tanaman jenis lain sehingga tampak begitu asri nan hijau ditengah lumpur panas Lapindo.

Untuk menjangkau pulau ini lebih dekat, Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi keindahan yang dimiliki pantai unik di tengah lautan lumpur panas ini.

Informasi:

  • Nama: Pulau Sarinah
  • Alamat: Tlocor, Jabon, Kab. Sidoarjo – Jawa Timur

3. Candi Pari

Candi pari
Candi Pari. Image via: @waskitho_touring

Tak hanya Mojokerto yang punya situs kerajaan Majapahit, Anda juga bisa menemukannya di Sidoarjo juga, lho. Candi Pari namanya, merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa Hayam Wuruk berkuasa. Memiliki bentuk segi empat dan dibangun menggunakan bata merah, candi ini sedikit berbeda dengan candi peninggalan Majapahit yang lain.

Hingga saat ini, tempat wisata di Sidoarjo ini masih tetap dipergunakan untuk beribadat oleh pemeluk agama Hindu. Dan jika beruntung, Anda dapat menyaksikan kegiatan peribadatan umat Hindu di area candi.

Informasi:

  • Nama: Candi Pari
  • Alamat: Desa Candi Pari, Kec. Porong, Kab. Sidoarjo – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 3.000,-

Simak juga: info tempat wisata di Purbalingga

4. Taman Abhirama

Taman Abhirama
Taman Abhirama. Image via: sinichinet

Meski dikenal luas karena lumpur panasnya yang kini jadi salah satu tujuan wisata, bukan berarti seluruh kawasan Sidoarjo dipenuhi lumpur panas, lho.  Masih ada banyak tempat yang menawarkan pemandangan menyejukkan, seperti Taman Abhirama misalnya.

Sebagaimana fungsinya sebagai taman terbuka hijau, di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan taman yang tertata dengan begitu rapid an cantik serta fasilitasnya yang cukup memadai. Membuat siapapun yang berkunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Hal menarik yang bisa dilakukan disini mulai dari hunting foto dengan spot-spot kerennya, seru-seruan bersama anak di zona bermain anak-anak atau mampir ke Rumah Kaya yang lagi hits. Menyenangkan, bukan?

Informasi:

  • Nama: Taman Abhirama
  • Alamat: Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 Wib
  • Harga tiket: Gratis

5. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis
Aktifitas di Kampung Batik Jetis. Image via: wego.co.id

Jalan-jalan ke kota Sidoarjo tak lengkap rasanya kalau tak mampir dulu ke sentra batik di Kampung Batik Jetis. Berlokasi di Jl. Diponegoro, Lemahputro atau hanya 10 menit saja dari alun-alun kota membuat kampung ini cukup mudah dijangkau.

Di tempat wisata di Sidoarjo ini, Anda bisa menemukan beragam jenis kain batik dengan harga dan kualitas yang beragam. Mulai dari kualitas standar dengan kisaran harga mulai dari Rp 100.000,- an hingga kualitas ekspor yang bisa mencapai jutaan rupiah.

Selain itu Anda juga bisa belajar langsung dengan para pengrajin bagaimana proses membuat kain batik berkualitas, lho. Tertarik mencoba?

Informasi:

  • Nama: Kampung Batik Jetis
  • Alamat: Jl. P. Diponegoro, Lemahputro, Sidoarjo – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 18.00 WIB

Baca: daftar tempat wisata di Jember

6. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan
Pantai Kepetingan. Image via: lelungan.net

Jangan salah, kota Sidoarjo juga punya destinasi wisata pantai yang tak kalah menarik  untuk dijelajahi, lho. Satu diantaranya ialah pantai Kepetingan. Tak hanya sekedar menikmati panorama pantai Anda juga bisa sekaligus menikmati rindangnya hutan bakau yang tumbuh disekitar pantai.

Tempat wisata di Sidoarjo ini juga menawarkan hal lain yang cukup menarik, yakni ritual nyadran yang dilakukan setiap tahun sekali sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan rejeki yang melimpah selama satu tahun tersebut.

Informasi:

  • Nama: Pantai Kepetingan
  • Alamat: Sawohan, Buduran, Sidoarjo – Jawa Timur

7. Delta Fishing

Delta Fishing
Delta Fishing. Image via: r1sthree.wordpress.com

Punya hobi memancing? Jika iya maka tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Delta Fishing menyuguhkan acara mancing yang lebih seru dengan banyak kolam pancingan yang diisi dengan jenis ikan yang berbeda mulai dari ikan patin, ikan gurame hingga ikan bawal dan juga ikan tombro.

Selain memancing, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di tempat ini seperti bermain air di kolam renang, naik sepeda air, main flying fox dan banyak lagi. Untuk anak-anak juga disediakan wahana seru play ground, lho. Asyik bukan!

Informasi:

  • Nama: Delta Fishing
  • Alamat:
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB (weekday), 08.00 – 20.00 WIB (weekend)
  • Harga tiket: Rp 10.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Bekasi

8. Outbond Alas Prambon

Outbond Alas Prambon
Outbond Alas Prambon. Image via: @deajenong

Tak hanya untuk menghabiskan waktu senggang, bermain di Alas Prambon akan memberikan pengalaman seru untuk anak-anak yang sedang dalam tahap perkembangan. Destinasi ini menyuguhkan beragam permainan seru dengan lokasi yang berada di tengah area persawahan sehingga suasananya terasa begitu alami dan menyejukkan.

Setelah seru-seruan di area outbond, anak-anak juga bisa memanjakan diri dengan bermain air sepuasnya di kolam renang yang terbilang aman untuk anak-anak. Tak sampai di situ saja, tempat wisata di Sidoarjo ini juga mengajak ana-anak untuk mengenal dan belajar tentang cara bercocok tanam dan merawat hewan ternak. Cukup komplit, ‘kan?

Informasi:

  • Nama: Outbond Alas Prambon
  • Alamat: Prambon, Sidoarjo – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 20.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 55.000,-/anak

9. Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu

Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu
Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu . Image via: vitamustika

Belum puas jalan-jalan di Sidoarjo dan ingin sesuatu yang beda? Maka tempat wisata di Sidoarjo ini harus Anda kunjungi. Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu, seorang putri dari raja kerajaan Blambangan yang juga merupakan ibunda dari salah satu sunan walisongo yakni Sunan Giri.

Seperti kebanyakan makam sakral lainnya, tempat ini pun juga ramai di datangi pengunjung dari berbagai daerah untuk berziarah. Selain berziarah, area makam yang luas dan penataan yang cantik membuatnya juga kerap dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Informasi:

  • Nama: Makam Putri Ayu Dewi Sekardadu
  • Alamat: Dsn. Kebutuhan, Ds. Sawoan, Kec. Buduran, Sidoarjo – Jawa Timur

Simak: info tempat wisata di Sumedang

10. Pura Jala Siddhi Amertha

Pura Jala Siddhi Amertha
Pura Jala Siddhi Amertha. Image via: kompasiana.com

Ingin merasakan sensasi seperti berada di pulau dewata Bali? Coba dating saja ke tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini, Pura Jala Siddhi Amertha namanya. Seluruh ornamen pura disini sama persis dengan pura yang ada di pulau Bali, selain itu suasana sakral juga begitu terasa disini.

Ini tak lain karena tempat beribadat umat hindu ini masih tetap aktif digunakan untuk acara keagamaan hingga saat ini. Sehingga jika Anda berniat berkunjung dan berburu foto maka harus mengikuti aturan yang ada dan tetap harus saling menghormati, ya.

Informnasi:

  • Nama: Pura Jala Siddhi Amertha
  • Alamat: Jl. Juanda, Semambung, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo – Jawa Timur

Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo yang terkenal dengan lumpur panas Lapindonya. Jadi jangan sampai hanya mengunjungi lumpur Lapindo saja jika kebetulan jalan-jalan ke Sidoarjo, sebab masih banyak tempat menarik lain yang wajib dikunjungi! Semoga bermanfaat.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment