Info Tempat Wisata Di Indonesia

13 Tempat wisata Di Tegal Terbaik Untuk Mengisi Liburan

0

Siapa yang tak tahu warteg alias warung tegal? Warteg menjadi salah satu yang menyemarakkan kuliner di Indonesia. Namun, di sini tidak akan membahas tentang warteg, tetapi daerah asalnya yakni Tegal.

Tegal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Tak hanya terkenal dengan warteg sebagai ciri khasnya, Tegal juga menyimpan potensi wisata yang menarik untuk mengisi waktu liburan.

Berikut 13 tempat wisata di Tegal yang terbaik untuk berlibur.

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci
via https://www.tripadvisor.co.za

Tempat wisata di Tegal yang satu ini sangatlah populer dan menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun domestik. Pemandian Air Panas Guci berada di Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Keunikan tempat wisata ini terletak pada suhu air yang berbeda-beda tergantung pada tingkatannya, yang secara keseluruhan ada 25 tingkatan.

Air pemandian di tempat ini bersumber dari Gunung Slamet. Karena mengandung belerang, air di pemadian Guci ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Di tempat wisata ini tersedia pemandian terbuka, tertutup dan juga kolam renang. Tak hanya itu, bagi Anda yang hobi berkuda juga bisa menyalurkannya di sini, karena tersedia tempat penyewaan kuda.

2. Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa
via http://www.kompasiana.com/akhmadfatkhulamin/

Terletak di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa Tegal. Curug Cantel menjadi tempat wisata di Tegal yang menyajikan panorama alam air terjun yang tak hanya cantik tetapi juga sejuk.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter. Anda bisa menikmati kesejukan air yang tertumpah ke bumi dengan berenang di kolam penampungan air atau sekadar bermain di tepiannya saja.

3. Curug Putri

curug putri tegal
via https://saniarifa.wordpress.com

Tempat wisata air terjun di Tegal lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Curug Putri. Lokasinya berada di perbatasan Tegal dan Brebes, sehingga mudah diakses.

Seperti halnya dengan tempat wisata alam lainnya, Curug Putri juga menawarkan panorama alam yang cantik dengan air terjun setinggi kurang lebih 25 meter. Tempat wisata ini ramai pengunjung terutama pada masa liburan.

4. Pantai Purwahamba Indah

pantai purwahamba indah
via https://www.instagram.com/dikkiarif/

Ingin menikmati wisata pantai di Tegal? Tak perlu khawatir, karena Tegal juga memiliki tempat wisata pantai yang asyik untuk berlibur. Satu di antaranya adalah Pantai Purwahamba Indah.

Lokasinya berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi. Pantai ini berpasir putih dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Sebagai tempat wisata, Pantai Purwahamba Indah telah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti kolam renang, sepeda air, waterboom, kereta mini, gazebo cafe, bahkan kebun binatang mini.

5. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban - tempat wisata di tegal
via https://www.instagram.com/dugalan/

Ingin berlibur sekaligus mencari hiburan yang mengasyikkan? Waduk Cacaban bisa menjadi pilihan. Tempat wisata di Tegal ini menyajikan keindahan alam yang menenangkan dan memberi efek relaks.

Waduk ini dibangun oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952 sebagai sumber air warga sekitar. Namun seiring perkembangannya, waduk ini menjadi tempat wisata yang asyik dikunjungi. Banyak hal yang bisa dinikmati di sini, seperti warung apung, panggung hiburan, bumi perkemahan, arena bermain anak, kapal wisata, dan lainnya.

6. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah
via http://jateng.tribunnews.com

Pantai Alam Indah merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang populer. Tempat ini senantiasa ramai pengunjung. Berada di Jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur, tempat ini menyajikan wisata terpadu.

Tak hanya keindahan panorama pantai, Anda juga bisa menikmati waterboom, monumen bahari, dan wisata perahu.

7. Loco Antik

Loco Antik tegal
via http://jalanjalantegal.blogspot.co.id

Anda ingin menikmati suasana kebun tebu? Datanglah ke agrowisata Loco Antik. Di sini, Anda akan merasakan sensasi mengelilingi kebun tebu dengan lokomotif kuno. Tempat wisata ini dikelola oleh PG. Pangka.

Selain berwisata, Anda juga bisa mengetahui proses pengolahan tebu sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

8. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark
via https://www.instagram.com/bahari_wp/

Ingin bermain air bersama keluarga? Gerbang Mas Bahari Waterpark tempatnya.

Lokasinya tak jauh dari terminal kota Tegal. Tempat liburan ini menyuguhkan beragam permainan air mulai dari kolam renang, kolam ombak, wet futsal, hingga kiddy pool.

9. Rita Park

Rita Park tegal
via https://thetravellernews.com

Jika di Jakarta ada Dufan, maka di Tegal ada Rita Park. Tempat wisata di Tegal ini telah tersohor tak hanya sampai pelosok Tegal saja, tetapi juga se-Jawa Tengah. Banyak wahana yang bisa dimainkan di sini, seperti boom boom car, flying tiger, frog jump, kiddie ride, dan lainnya.

Anda bersama keluarga juga bisa menikmati cinema 5D di tempat wisata yang berada di Kompleks Rita Supermall Jl. Sugiono No. 155 Tegal ini.

10. Sulaku Bumijawa Park

Sulaku Bumijawa Park
via https://kurawajoss.blogspot.co.id

Satu lagi tempat wisata di Tegal yang menawarkan wisata terpadu, yaitu Sulaku Bumijawa Park. Berkonsep waterboom, tempat wisata ini terletak di Jl, Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari Kecamatan Bumijawa. Sebagai wisata terpadu tentunya banyak wahana yang tersedia seperti outbound, playground, agrowisata, futsal center, pemancingan, ATV, bahkan kedai jamu.

Bagi yang suka dengan permainan yang menantang adrenalin, bisa mencoba flying fox dengan lintasan sepanjang hingga 200 meter dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Keunikan lain yang menarik di tempat wisata ini adalah mandi uap dengan jamu rebus yang katanya bisa memberi efek relaks.

11. Bukit Cepu

Bukit Cepu tegal
via https://www.instagram.com/marwahsofah19/

Tempat wisata di Tegal yang satu ini tiba-tiba populer setelah mendapat kunjungan dari Presiden SBY. Bukit Cepu terletak di Dusun Krajan, Desa Batumirah, Kecamatan Bumijawa yang berjarak sekitar 24 km dari pusat kabupaten Tegal ke arah selatan.

Keindahan alam yang begitu menakjubkan akan terlihat ketika Anda sampai ke puncak bukit. Namun untuk mencapai puncak, Anda harus menaiki anak tangga yang cukup tinggi, jika dihitung ada sekitar 950 anak tangga. Bagi yang hobi fotografi pasti akan puas karena mendapat objek yang begitu fantastis.

[alert-announce]Cek harga hotel di Tegal di sini[/alert-announce]

12. Guciku Hot Waterboom

Guciku Hot Waterboom
via https://jalantraveller.blogspot.co.id

Jika di awal tadi telah diulas tentang tempat wisata Pemandian Air Panas Guci, tapi yang ini berbeda. Meski berada dalam satu kawasan, namun Guciku Hot Waterboom merupakan tempat wisata tersendiri yang asyik untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Banyak wahana yang ditawarkan di tempat ini, khusus untuk kolam terdapat 4 berupa kolam opal, kolam badan guci, kolam rendam, dan kolam utama. Selain kolam, ada pula arung jeram dengan panjang lintasan lebih dari 200 meter4 dan lebar 3 meter dengan kedalaman sekitar 60 cm. Tempat wisata di Tegal ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota.

Setiap daerah menyimpan potensi wisata yang berbeda, termasuk juga Tegal. Tak hanya ciri khas wartegnya saja yang bisa menarik perhatian, tetapi juga kekayaan alam dan potensi wisata yang ada di dalamnya. Anda tertarik mengunjunginya?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.