Air Terjun Riam Merasap, Miniatur Niagara di Kawasan Barat Banua

Air terjun Riam Merasap dapat dibilang sebagai miniatur Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 8 meter, air terjun ini unik dengan bentuk curahan airnya yang seperti tirai.

Air terjun Riam Meresap dapat dibilang sebagai miniatur Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 8 meter, air terjun ini unik dengan bentuk curahan airnya yang seperti tirai.
Air Terjun Riam Merasap. Image via: sitimustiani.com

Nama Air Terjun Riam Meresap adalah pemberian masyarakat yang melihat banyak percikan air. Percikan itu keluar dari hantaman air yang jatuh dari ketinggian 20 meter. Percikan ini membentuk semacam kabut, dan sekilas menyerupai asap.

Walau rute menuju air terjun ini relatif sulit, namun begitu melihat dari dekat pesona air terjun ini, pengunjung akan terpesona. Terpesona oleh pemandangan indah dari air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 20 meter ini.

Belum lagi pemandangan hijaunya pohon-pohon yang mengelilingi air terjun menambah sejuk suasana. Ditambah dengan keberadaan Gua Maria di atas air terjun membuat Air Terjun Riam Merasap selalu ramai dikunjungi umat Katolik pada perayaan hari-hari besar terutama menjelang bulan Rosaria.

Menurut sebuah legenda, konon di air terjun ini terdapat intan sebesar kepalan tangan manusia dewasa yang dijaga oleh seekor kura-kura putih

Air terjun Merasap berada Di tengah hutan yang hijau segar
Diantara belantara. Image via: merahputih.com

Simak juga: Wisata di Sekitar Pontianak, Ibu Kota Kalbar

Lokasi Air Terjun Riam Merasap

Air terjun Riam Merasap adalah objek wisata alam berupa air terjun yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya di Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang.

Jarak dari kota Pontianak menuju air terjun ini sekitar 300 km dengan waktu perjalanan sekitar 8 jam. Sedangkan dari pusat kota kabupaten Bengkayang, jaraknya  sekitar 62 km.

Rute Menuju Air Terjun Riam Merasap

Menuju air terjun ini tidaklah mudah dan sedikit menantang. Dari Pontianak air terjun ini berjarak sekitar 300 Km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bila menggunakan bus, waktu perjalanan kurang lebih sekitar 8 jam dengan melewati rute Pontianak – Pinyuh – Anjungan – Toho – Karangan – Bengkayang – Sanggau Ledo.

Untuk pengunjung yang ingin melalui Kota Singkawang, jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke Air Terjun  yang terletak di Terletak di Dusun Dawar, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas,  ini sekitar 130 Km dengan menggunakan kendaraan roda empat. Begitu memasuki area lokasi air terjun, pengunjung harus sedikit berhati-hati karena sedikit terjal dan licin.

penampilan indah air terjun Riam MAresap cocok digunakan untuk latar foto
Berfoto. Image via: @pesonaairterjunindonesia

Rute pertama jaraknya lebih dekat dan kondisi jalan yang sudah bagus. Namun harus berhati-hati karena kondisi jalan tidak terlalu besar, hanya pas untuk 2 mobil. Juga ada potensi banyak binatang-binatang yang berkeliaran di jalan. Karena jalur ini ada banyak melalui perkampungan, terutama sepanjang jalur dari anjungan ke bengkayang.

Jam Buka Air Terjun Riam Merasap

Untuk menikmati keindahan wisata di Air tejun Riam Meresap, pengunjung memilki waktu setiap hari mulai waktu buka jam 09.00 hingga tutup jam 16.30 sore hari.

Tiket Air Terjun Riam Merasap

Pengunjung yang datang ke  air terjun riam meresap ini, tidak membutuhkan tiket masuk alias gratis. Namun demikian, tetap sebaiknya kulo nuwun/ ijin lisan sopan santun, kepada warga sekitar.

Bahkan Biaya parkir di lokasi ini pun gratis masih. Namun mengingat jumlah kunjungan yang semakin hari semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan ke depan akan di berlakukan tiket masuk.

Fasilitas Air Terjun Riam Merasap

Fasilitas umum yang ada di air terjun riam meresap ini beragam mulai dari kantin, dan penginapan. Ada juga fasilitas Rafting.

Daya Tarik Air Terjun Riam Merasap

  1. Niagara Mini

penampilan air terjun riam merasap yang melebar seperti tirai mengingatkan p[ada bentuk air terjun niagara di meprbatasan amerika dan canada
Niagara mini. Image via: @pesonaairterjunindonesia
Simak juga: Siluman Penyu Raksasa di Pantai Watu Malandong

Air Terjun Riam Merasap memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan lebar sekitar 8 meter. Dengan aliran air jernih yang mengalir disana dan panorama rimba tropis khas Kalimantan yang membuat air terjun ini semakin indah.

Tidak jauh dari aliran air terjun Riam Merasap, ada satu buah aliran air terjun lagi yang bernama Riam Naik Kubik dengan ketinggian sekitar 8 meter yang juga memiliki panorama yang mengagumkan. Pemerintah setempat memanfaatkan air terjun ini sebagai sumber listrik sehingga dibangun PLTA, dikarenakan debit air yang tinggi.

Bentuk air terjun yang berupa tirai, berbeda dengan aiur terjun umumnya yang berupa pancuran terpusat ada 1 titik. Bentuk tirai ini mengingatkan pada air terjun Terbesar di dunia, Niagara di Amerika Utara.

Walau mirip secara bentuk, namun tentu saja air terjun Riam Meresap jauh lebih kecil dari Niagara, yang memiliki tinggi sekitar 57 meter dan lebar 790 meter. Namun demikian kemiripan bentuk ini tidak memupus imajinasi orang untuk menganggap Air Terjun Riam Merasap ini merupakan miniatur dari air terjun Niagara.

  1. Arung Jeram dan Rappeling

Arung Jeram di kaki guyuran air terjun riam merasap.
Arung Jeram. Image via: backpackerjakarta.com

Debit airnya yang begitu besar serta arusnya yang cukup deras menjadi kan sungai di bawah air terjun, cocok menjadi tujuan wisata bagi para pecinta arung jeram. Tak jarang para mereka yang sudah professional mencoba menguji adrenalin dengan menyusuri sungai melewati bebatuan menggunakan perahu karet.

Dengan ketinggian tebing yang cukup lumayan sering digunakan oleh para pecinta rappelling. Abseiling, atau rappelling, adalah aktivitas petualangan yang sesuai bagi segala tingkatan ketrampilan. Pengunjung akan diajak merasakan sensasi serunya menuruni permukaan tebing air terjun.

Menuruni tebing dengan terkendali merupakan cara yang memukau untuk berinteraksi dengan bentangan alam. Dan hebatnya, kegiatan abseiling (turun tebing) ini cukup mudah untuk dipelajari. Setelah berlatih beberapa kali, pengunjung akan meluncur di sepanjang tali bak seorang pakar.

  1. Legenda

keindahan penampilan air terjun riam merasap memebuat lokais ini menjadi salah satu tujuan wisata
Jadi lokasi wisata. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Surga Selatan, Pantai Oeseli

Menurut legenda Masyarakat Dayak Bekati, pada zaman dahulu di Baatn, daerah tempat Riam Merasap, hiduplah keluarga Sadukng. Menurut cerita ia dapat mengubah tubuhnya menjadi sangat besar hingga dapat melangkahi sebuah gunung.

Suatu hari Sadukng merasa cukup dewasa untuk berumah tangga. Tapi yang manjadi kebingungannya siapa diantara manusia biasa yang mempunyai tubuh seukuran dirinya.

Saat itu ada permaisuri raja di Muara Sungai Setanggi yang bernama Salek yang sangat cantik. Sadukng penasaran karena cerita tersebut, bahkan timbul niatnya membuktikan kebenarannya. Sadukng akhirnya menculik sang Permaisuri.

Raja mengerahkan seluruh bala tenteranya untuk memburu Sadukng. Ratusan pasukan berperahu dan bersenjata tombak, panah dan parang dikerahkan. Ketika perahu Sadukng mendekati kampung, Salek tiba-tiba meninggal.

suasana kegiatan arung jeram di bawah air terjun riam merasap
Melawan arus. Image via: doyanjalan.com

Sadukng bingung dan terpukul karena kejadian tersebut. Sadukng pun merasa sangat sedih karena usahanya sia-sia, bahkan ia merasa sangat berdosa. Dalam situasi yang demikian, tentara kerajaan semakin dekat.

Dalam kebingungan itu ia meninggalkan mayat Salek di dalam perahu, lalu merubah tubuhnya menjadi manusia raksasa dengan menggenggam sebatang tebu. Ia kemudian menghunjam tebunya ke sungai dan jadilah batu besar.

Suara gemuruh riam pun terdengar. Tanah terbelah dan muncullah batu sebesar gunung. Tentara kerajaan akhirnya mundur. Lokasi itulah yang kini menjadi air terjun riam Merasap.

kolam air di bawah air terjun riam merasap bisa digunakan untuk mendi dan berenang
Segarnya air kolam. Image via: @mas_wik17

Simak juga: Batu Bolong di Pantai Mbawana

Tips Mengunjungi Air Terjun Riam Merasap

Berlibur ke Air Riam Meresap pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Tapi untuk memaksimalkan kegembiraan selam akunjungan, pengunjung sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Persiapkan peralatan kamera. Pastikan batrai telah terisi penuh
  • Persiapkan bekal makanan dan jangan lupa membawa kembali sampah bawaan anda
  • Datanglah pada musim hujan dikarenakan pada musim kemarau intensitas air mengalami penurunan sehingga panorama yang terlihat tidak seindah pada musim hujan dengan intensitas air yang tinggi.
Air terjun yang juga cocok dikunjungi oleh Keluarga.
Air terjun Keluarga. Image via: antaranews.com

Objek Wisata Dekat Air Terjun Riam Merasap

Seperti umumnya daerah lain di Kalimantan, Kabupaten Bengkayang juga kaya kaan wisata alam yang masih asri. Salah satunya yang wajib dikunjungi ialah Gua Romo. Keindahan alam disekitar Gua akan membuat nyaman dan lupa dengan rasa lelah. Pengunjung bisa menyusuri gua yang memiliki bentuk unik kemudian menikmati segar pemandian di sekitar Gua Romo.

Bengkayang juga memiliki wisata dataran tinggi. Pengunjung yang ingin mencoba sensasi menikmati keindahan alam di atas awan bisa datang ke desa Belangko. Disana terdapat sebuah bukit bernama bukit jamur yang menawarkan sensasi menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian.

Disebut di atas awan karena setelah sampai di puncak bukit jamur, pengunjung akan melihat hamparan awan putih yang mengelilingi bukit dengan mata telanjang. Sehingga seolah-olah pengunjung sedang berada di atas awan.

Setelah membaca sekilas mengenai daya tarik dan pesona Air Terjun Riam Merasap, tentu tidak ada salahnya mengunjunginya, apabila suatu hari nanti berkunjung ke Kalimantan Barat.

Baca juga:

Leave a Comment