Pulau Randayan, Pulau Mungil Dengan Sejuta Pesona

Pulau Randayan Singkawang teramat indah dengan air yang biru dan jernih. Pulau ini sangat tenang dan cocok sekali bagi yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota. Di Pulau ini terdapat pantai yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Pulau Randayan Singkawang teramat indah dengan air yang biru dan jernih. Pulau ini sangat tenang dan cocok sekali bagi yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota.
Pulau randayan. Image via: travel.detik.com

Kondisi pantai yang sangat bersih, menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Dahulu Pulau Randayan merupakan sebuah pulau pribadi yang dimiliki perorangan. Namun seiring berjalannya waktu, pulau ini berubah menjadi sebuah wisata bahari yang mempesona. Selain sajian panorama pantai yang eksotis, jika beruntung pengunjung juga berkesempatan melihat penyu bertelur.

Keindahan  wisata bawah laut sekitar pulau, masih terjaga dengan baik. Hal ini karena kawasan ini masuk dalam kawasan koservasi Kabupaten Bengkayang. Keindahan Pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai pohon-pohon rindang dan hijau. Ditambah dengan pasir pantai yang putih dan hamparan batu yang akan membuat kalian nyaman saat berada di sana.

Kondisi pantai yang sangat bersih, menjadikan pantai randayan cocok untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.
Pantai pulau randayan. Image via: panduanwisata.id

Simak Juga: 11 wisata di sekitar Singkawang

Lokasi Pulau Randayan

Pulau Randayan yang terletak di kabupaten Bengkayang kalimantan barat, merupakan salah satu pulau di kepulauan Lemukutan Besar yang terletak Laut Cina Selatan dan bagian timur pulau Kalimantan.

Pulau ini terletak di sebelah utara daerah pesisir Kalimantan Barat.

Rute Menuju Pulau Randayan

Untuk menginjakan kaki di Pulau Randayan, pengunjung dapat melalui jalur Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan jarak sekitar 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang.

Dari Teluk Suak, pengunjung dapat menggunakan speedboat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp. 150 ribu.

Alternatif lain, pengunjung juga dapat menggunakan perahu motor atau kapal khusus. Akan tetapi, pengunjung harus berangkat dari area Pasir Panjang. Tarif menggunakan kapal khusus adalah Rp. 100 ribu pulang pergi (PP). Sedangkan tarif perahu motor adalah Rp. 30 ribu PP.

Senja di pulau randayan teramat indah untuk dilewatkan
Peralihan waktu. Image via: indonesiamagz.id

Jam Buka Pulau Randayan

Pulau Randayan terbuka 24 jam sehari, 7 hari seminggu untuk menerima pengunjung. Hal ini tidak lepas dari keberadaan vasilitas villa di pulau ini.

Tiket Pulau Randayan

Untuk bisa menikmati keindahan pulau indah ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 20.000.

Fasilitas Pulau Randayan

Fasilitas untuk wisatawan tergolong lengkap. Di Pulau mempesona ini, pengunjung dapat menyewa perlengkapan untuk diving dan snorkeling. Bagi pengunjung yang hobi memancing, pulau ini juga menawarkan yang bagus untuk memancing.

Ikan yang berhasil ditangkap bisa dimasak atau dipanggang sendiri. Pulau Randayan juga di lengkapi dengan adanya sebuah Villa. Di Pulau ini pengunjung bisa menginap layaknya seperti rumah sendiri yang berada di sebuah pulau yang indah.

Fasilitas pantai pulau randayang dilengkapid negan gazebo pantai
Fasilitas pantai pulau randayan. Image via: tritamarentcar.com

Simak juga: cantiknya pantai Mandorak

Pulau ini juga sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Villa yang dilengkapi juga tempat bersantai di tepi pantai merupakan pelengkap yang sangat cocok, dengan begitu pengunjung yang ada di pulau akan betah dan nyaman saat berada di sana.

Daya Tarik Pulau Randayan

  1. Pulau mungil yang Indah

Pulau randayang yang mungil dan hijau
Mungil dan hijau. Image via: phinemo.com

Dengan luas sekitar 4,5 hektar, Pulau Randayan dikenal sebagai salah satu surga bagi penikmat wisata bahari di Pontianak. Tidak jarang wisatawan asing pun kerap menyambangi pulau cantik ini. Selain bersantai di tepian pantai berpasir putih, Pulau indah ini juga menawarkan beragam aktivitas wisata bahari.

Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan memiliki luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Kondisi itu sangat memungkinkan bagi siapa pun yang memiliki hobi menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya.

Pulau Randayan memiliki keindahan bahari yang sangat khas. Air yang biru dan jernih, serta pulau yang sangat tenang. Sangat cocok sekali bagi wisatawan yang ingin mencari ketenanganan dan jauh dari keramaian kota.

Keindahan Pulau juga di lengkapi dengan berbagai pohon-pohon yang rindang dan hijau. Dengan keindahan alam yang dimiliki Pulau Randayan menjadikan pulau ini salah satu pulau favorit dan sangat populer bagi para pecinta wisata di Kalimantan Barat.

  1. Laut yang menawan

snorkeling di lau tsekitar pulau randayan
Snorkeling Randayan. Image via: tripadvisor.com

SImak juga: pesona Pantai Lasiana Kupang

Sampai di dermaga pulau Randayan, pengunjung akan disambut dengan air laut yang berwarna hijau. Air laut benar-benar seolah ada yang menumpahkan sirup ke dalamnya. Hanya saja rasa sirupnya asin. Dari atas dermaga tersebut, pengunjung bisa melihat ikan-ikan cantik.

Ikan-ikan tersebut berukuran telapak tangan orang dewasa. Dari atas dermaga, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Pulau Randayan dengan pantai pasir putih yang indah ini.

Pulau ini menawarkan panorama alam yang indah dan kehidupan bawah laut yang eksotis. Pantai di pulau ini memiliki pasir berwarna putih yang menambah keindahan di pulau ini. Berbagai kegiatan bisa dilakukan mulai dari memancing, diving hingga snorkeling.

Disaat menyelam pengunjung akan dapat melihat banyaknya terumbu karang yang memiliki bentuk yang sangat unik. Juga juga memiliki warna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika berada di Pulau Randayan sangat disarankan untuk melihat keindahan alam bawah lautnya.

Keistimewaan air yang jernih dan tidak terlalu dalam, memudahkan pengunjung menyaksikan warna-warni flora dan fauna bawah laut Pulau Randayan. Dengan hanya menggunakan kacamata dan keberanian untuk menyelam, keindahan bawah lautnya membuat terpana dan takjub.

  1. Hiking

Bagi pengunjung yang senang dengan olah raga hiking, bisa mencoba mendaki bukit yang berada di tengah-tengah pulau randayan.
Berteduh sejenak. Image via: genpi.id

Bagi pengunjung yang senang dengan olah raga hiking, bisa mencoba mendaki bukit yang berada di tengah-tengah pulau. Tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk membantu mengeluarkan keringat. Setelah menikmati pemandangan dari atas bukit, pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai yang berpasir putih dan sebagian lainnya berbatu.

Kombinasi pasir putih, pohon kelapa dan ombak yang berkejar-kejaran bisa memberikan kesan romantis bagi pengunjung, apalagi yang datang bersama pasangan hati. Karena itu tempat ini juga patut dipertimbangkan untuk bulan madu atau sekedar menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat di hati.

  1. Menikmati alam luar ruangan

menikmati alam dan bersanatai sangat cocok dilakukan di pulau randayan
Menikmati alam. Image via: @_kendet

Simak juga: Indahnya Gurun pantai Oetune

Untuk yang senang menikmati suasana alam bebas, pulau Randayan juga menyediakan camping ground.  Fasilitas ini terdapat di sekitaran pulau. Terdapat beberapa lokasi yang bagus untuk anda camping sambil pesta barbeque.

Bisa juga untuk sekedar berbaring menikmati langit malam yang di penuhi jutaan bintang. Kecuali langit sedang berawan atau mendung. Pulau Randayan yang jauh dari keramaian kota memungkinkan kita untuk melihat langit yang dipenuhi bintang.

Randayan adalah pulau yang khusus dikelola untuk kepentingan pariwisata. Karena itu suasananya sangat terkontrol dan tenang. Dengan demikian Pulau Randayan sangat cocok bagi anda yang sedang ingin menenangkan diri jauh dari keramaian kota.

Beberapa bangunan permanen yang berfungsi sebagai villa wisata berdiri megah tidak jauh dari pantai. Villa tersebut dalam kondisi yang sangat baik. Mungkin datang bersama keluarga dan menginap di villa tersebut bisa menjadi kenangan tak terlupakan.

Fasilitas yang disediakan juga relatif lengkap sehingga villa tersebut bisa digunakan juga untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak, misalnya untuk outbound.

PUlau randayan tampil Sejuk dengan rimbunnya pohon
Pulau yang rindang. Image via: pikdo.biz

Objek Wisata Dekat Pulau Randayan

Masih di kabupaten Bengkayang, terdapat juga beberapa objek wisata lain yang tidak kalah indahnya. Pertama ada Pantai Samudera Indah. Selain memiliki hamparan pasir putih yang indah, pantai Samudera Indah juga memiliki bebatuan besar di pinggir pantai. Batu ini menarik wisatawan untuk melakukan swafoto.

Selanjutnya, di kabupaten Bengkayang juga ada Bukit Jamur. Bukit ini menawarkan sensasi menikmati keindahan alam disekitarnya dari atas ketinggian. Pengunjung akan melihat hamparan awan putih yang mengelilingi bukit dengan mata telanjang. Sehingga seolah-olah sedang berada di atas awan.

Pulau Randayan memang sangat indah, memiliki sejuta pesona wisata. Daratan pulau, pantai, maupun bawah airnya, semuanya memilki keindahan tersembunyi. Sudah banyak wisatawan berkunjung ke sini, lalu anda kapan?

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment