Curug Benowo dan Curug Lawe di Kalisidi, Keindahan Air Terjun Dalam Satu Tempat

Kabupaten Semarang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dimana ibukotanya ialah Ungaran. Kabupaten Semarang memiliki slogan “Bumi Serasi” yang merupakan singkatan dari Sehat, Rapih, Aman, Sejahtera, Indah.

Di Ungaran Barat tepatnya di Desa Kalisidi terdapat sebuah air terjun atau curug yang dikenal dengan nama CLBK yakni merupakan singkatan dari Curug Lawe Benowo Kalisdi.

Tempat wisata ini memberikan kamu sensasi dua air terjun atau curug yang berbeda dalam satu lokasi, kedua curug tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Lawe dan Curug Benowo, check this out!

Trekking Menuju Curug Benowo

Trekking yang akan kamu lakukan untuk sampai menikmati keindahan Curug Benowo ini cukup membuat peluhmu bercucuran. Dari area parkir menuju Curug Benowo jarak yang akan kamu ditempuh sekitar 2,5 kilometer.

Kamu akan menyusuri jalan setapak disepanjang aliran drainase. Jalurnya sangat sempit hanya cukup untuk satu orang saja. Kamu harus sangat berhati-hati, karena disebelah kirimu jurang yang cukup dalam.

Menapaki Saluran Irigasi
Menapaki Saluran Irigasi. Sumber: cahsekopek.blogspot.com

Untuk melewati jalur ini diperlukan kehati-hatian dan fokus yang tinggi, karena jika salah pijakan pilihanmu hanya dua jatuh ke saluran drainase atau ke jurang.

Trekking yang kamu lalui cukup landay, belum ada tanjakan atau turunan tajam sekitar 1,5 km pertama. Karena jalurnya kecil maka kamu harus bergantian jika berpapasan dengan pengunjung dari arah berlawanan.

Namun begitu pemandangan yang kamu saksikan sungguh menakjubkan, sepanjang jalan kamu akan mendengarkan aliran air dan suara-suara serangga yang saling bersahutan. Juga disejukkan dengan hembusan angin yang menyejukkan.

Kemudian kamu akan melalui sebuah jembatan yang terbuat dari kayu yang cukup panjang, jembatan tersebut sering dijadikan sebagai spot selfie oleh para pengunjung. Karena selain menghadirkan panorama alam yang indah, jembatan tersebut juga dicat merah supaya lebih menarik.

Berfoto Di Jembatan Romantis
Berfoto Di Jembatan Romantis. Sumber: wisato.id

Jembatan kayu tersebut diberi nama “Jembatan Romantis” hal ini dikarenakan banyak sepasang kekasih melewati jembatan ini sambil bergandengan tangan lalu mengabadikan momen mereka. Jembatan romantis hanya boleh dilalui maksimal 5 orang pengunjung saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di tengah perjalanan yang cukup melelahkan itu, ada sebuah saung atau gazebo sederhana yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Kemudian kamu akan menemukan sebuah pintu air, selepas pintu air tersebut jalur trekking tidak lagi landay.

Tak jauh dari pintu air terdapat sebuah tangga yang masih berupa bebatuan yang tak tersusun dengan rapih, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menaiki tangga tersebut.

Pintu Air Curug Benowo
Pintu Air Curug Benowo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah itu kamu harus menyusuri jalan setapak ditengah rindangnya pepohonan, kemudian kamu akan menemui persimpangan jalan. Yang menunjukkan arah menuju Curug Lawe atau Curug Benowo.

Untuk menuju Curug Benowo kamu harus berjalan sejauh 700 meter dari persimpangan tersebut. Kemudian kamu akan melewati jalan yang lebih menantang dari sebelumnya.

Trekking Menuju Curug Benowo
Trekking Menuju Curug Benowo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Menyebarangi beberapa jembatan, dari jembatan yang terbuat dari besi sampai jembatan yang seadanya.

Semakin dekat ke Curug Benowo jalan akan semakin alami, kamu akan melewati jalanan yang masih berupa rerumputan hijau. Tak jauh dari sana, sampailah kamu didepan Curug Benowo yang menjulang tinggi.

Pesona Curug Benowo

Curug Benowo konon katanya merupakan sebuah tempat patilasan atau tempat singgah seorang pangeran dari Kerajaan Pajang yang bernama Pangeran Benowo.

Curug Benowo
Curug Benowo. Sumber: jateng.tribunnews.com

Karena seringnya sang Pangeran mengunjungi curug ini, kemudian warga setempat menyebutnya denga nama Curug Benowo.

Landscape Curug Benowo
Landscape Curug Benowo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Curug Benowo masih sangat asri berada ditengah hutan, dihiasi oleh pepohonan yang lebat kemudia aliran airnya berada diantara tebing yang sangat tinggi.

Curug Benowo memiliki tinggi sekitar 70 meter, air yang dialirkan mengalir cukup deras dan bersih. Kolam di sekitar Curug Benowo tidak terlalu besar, kamu dapat duduk disebuah batu kecil yang berada ditengah kolam.

Menikmati kesegaran air yang dialirkan oleh Curug Benowo. Dihiasi oleh asrinya hamparan alam, dan sepinya suasana. Membuat kamu dapat menghilangkan rasa lelah setelah trekking.

Tak jauh dari Curug Benowo terdapat sebuah jalan yang dapat membawamu menuju Curug Lawe.

Pesona Keindahan Curug Lawe

Berbeda dengan Curug Bendowo, Curug Lawe ini lebih sering dikunjungi oleh para wisatawan karena akses jalannya yang tidak terlalu sulit.

Ketinggian Curug Lawe lebih rendah dibanding Curug Benowo, sekitar 40 atau 50 meter. Air yang mengalir menyebar diantara tebing yang ada disekitarnya.

Curug Lawe
Curug Lawe. Sumber: travelspromo.com

Disebut Curug Lawe karena aliran air yang mengalir seperti sebuah benang-benang putih yang menyerupai sarang laba-laba, dalam bahasa jawa disebut dengan lawe.

Ada juga yang mengatakan disebut Curug Lawe karena konon katanya jumlah aliran air Curug Lawe berjumlah 25 buah, dimana dalam bahasa jawa Selawe.

Kolam Curug Lawe lebih lebar, keindahan alam yang diberikan sama dengan keindahan Curug Benowo. Yang berbeda hanyalah karakteristik air terjunnya saja.

Di sekitar Curug Lawe terdapat beberapa bebatuan yang dapat kamu gunakan untuk duduk-duduk manjah sembari menikmati keindahan yang tersaji.

Ragam wisata Curug Benowo

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di area Curug Benowo maupun Curug Lawe ialah:

1. Bermain Air

Saat berada di Curug Benowo kamu tak dapat melakukan aksi berenang, karena kolamnya tidak sesuai untuk itu. Kamu hanya bisa merasakan kesejukan airnya dengan cara bermain air di kolam alami.

Menikmati Keindahan Curug Benowo
Menikmati Keindahan Curug Benowo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolamnya tidak terlalu dalam, kamu dapat bermain-main air berada di bawah aliran air terjunnya langsung

2. Spot Foto

Keindahan dan kealamian alam yang diberikan Curug Benowo harus kamu abadikan dan bagikan ke semua orang lewat media sosialmu. Supaya mereka pun dapat merasakan apa yang kamu rasakan.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Benowo
Berfoto Bersama Keindahan Curug Benowo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah / legenda Curug Benowo dan Curug Lawe

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang putri cantik jelita yang sangat sempurna hidupnya yang bernama Dewi Banowati. Kekurangannya hanyalah satu yakni belum menemukan pasangan yang tepat.

Hal itu dikarenakan Dewi Banowati menerapkan syarat yang tinggi untuk setiap lelaki yang meminangnya, yakni dengan dibuatkan sebuah istana dimana seluruh rakyat dapat hidup dengan aman dan tentram.

Hingga suatu hari datanglah seorang pangeran dengan wujud seeokor kera berekor panjang yang datang melamar dan menyanggupi syarat yang diberikan Dewi Banowati. Pangeran tersebut bernama Pangeran Indrakila.

Singkat cerita mereka pun kemudian menikah dan hidup bahagia. Namun setelah sekian lama menikah mereka belum juga dikaruniai seorang anak.

Akhirnya Pangeran Indrakila meminta izin untuk pergi menemui seorang tabib dan meminta obat mujarab supaya istrinya dapat segera mengandung. Dan Pangeran Indrakila meminta istrinya untuk selalu setia padanya.

Namun karena Pangeran Indrakila tak kunjung datang, Dewi Banowati sangat kesepian. Kemudian datanglah seorang pemuda tampan melamar Dewi Banowati, dan beliau pun menerima pinangan pemuda tersebut. Pemuda itu bernama Rangga Lawe.

Tak berapa lama kemudian datanglah seekor kera berekor panjang ke istana dengan membawa obat untuk Dewi Banowati, dia adalah Pangeran Indrakila yang telah berubah kembali menjadi seekor kera.

Mengetahui istrinya telah mengkhianati, Pangeran mengutuk Dewi Banowati dan Rangga Lawe menjadi sebuah batu. Karena menyesali perbuatan yang telah dilakukan, mereka terus menangis sehingga terjadilah sebuah air terjun atau Curug Benowo dan Curug Lawe.

Begitulah sejarah atau legenda terbentuknya Curug Benowo dan Curug Lawe, yang namanya sejarah selalu menyimpan sebuah teka teki yang harus diuji kebenarannya. Terlepas dari itu marilah kita hargai dan hormati sejarah yang telah ada tersebut.

Lokasi Dan Alamat Curug Benowo

Lokasi Curug Benowo berada di kawasan Gunung Ungaran, Semarang.

Tepatnya terletak di alamat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Benowo

Rute menuju Curug Benowo jika kamu bergerak dari alun-alun Kota Ungaran menuju Mapagan atau Jl.Gunung Pati. Kemudian belok kanan setelah makan Darul Mukminin. Kemudian kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang tertera di sepanjang jalan.

Kamu ngga perlu takut kesasar karena sudah tersedia petunjuk jalan yang akan menuntunmu menuju Curug Benowo ini.

Tiket Masuk dan Pakir Curug Benowo

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Benowo kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Tiket masuk                 : Rp 4.000,- per orangnya
  • Tiket parkir motor       : Rp 3.000,- per unitnya
  • Tiket parkir mobil        : Rp 10.000,- per unitnya

Harga tiket dan parkir tersebut sudah termasuk dengan menikmati keindahan Curug Lawe.

Jam Operasional Curug Benowo

Jam operasional Curug Benowo sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 wib.

Fasilitas Curug Benowo

Di area Curug Benowo dan Curug Lawe tidak tersedia fasilitas apa-apa.

Area parkir yang memadai sudah tersedia.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata yang dapat menjadi panduan kamu saat hendak mengunjungi Curug Benowo, diantaranya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah tidak hujan apalagi mendung, hal itu untuk menghindari jalanan yang akan semakin tidak aman ketika hujan turun.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh.
  • Selalu fokus dan waspada saat menyusuri jalan drainase.
  • Siapkan kondisi fisik kamu sebaik mungkin.
  • Bawalah persediaan makan dan minum yang dapat mencukupimu ketika berada di Curug Benowo.
  • Bawalah baju ganti atau perlengkapan lainnya ketika hendak bermain air.
  • Jika kamu membawa anak-anak ikut serta selalu jaga dan awasi mereka.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Benowo dan Curug Lawe.
  • Jauhilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam Curug Lawe dan Curug Benowo.

Penutup

Keindahan alam air terjun selalu memiliki daya tarik tersendiri, meskipun jalur untuk menuju lokasi terkadang penuh dengan tantangan.

Namun keindahan alamnyalah yang selalu kita ingat. Keindahan CLBK ini harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Semarang.

Rasakanlah keindahan dan kealamian alam yang diberikan, jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di CLBK ini, ya!

Baca juga:

Leave a Comment