Wisata Curug Gending Asmoro Semarang

Saat ini menikmati keindahan alam sudah mulai bangkit kembali, orang-orang mulai mendatangi alam hanya untuk sekedar menikmatinya atau melepas penat yang ada.

Semarang mempunyai tempat wisata alam baru yang dapat memanjakan mata, meskipun terbilang baru tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend.

Menikmati sebuah curug atau air terjun disebuah hutan bambu merupakan pengalaman yang menarik, itulah yang coba dihadirkan Curug Gending Asmoro, Ungaran Timur, Semarang.

Berikut ulasan lengkap tentang Curug Gending Asmoro ini, check this out!

Langkah Menuju Curug Gending Asmoro

Lokasi wisata ini dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, karena jalan yang kamu lalui sudah beraspal dan bagus meskipun ngga terlalu lebar.

Setelah ditempat parkir kamu akan mulai memasuki area Curug Gending Asmoro dengan berjalan kaki.

Pintu Masuk Menuju Curug Gending Asmoro
Pintu Masuk Menuju Curug Gending Asmoro. Sumber: travel.detik.com

Sebuah gapura sederhana akan menyambutmu, selain itu kamu juga dapat menemukan beberapa monyet yang sedang bermain-main. Tenang aja monyet tersebut tidak akan menyerangmu secara tiba-tiba kok.

Menapaki jalan setapak yang sudah dibeton di tengah hamparan hutan bambu akan kamu lalui, selain itu disepanjang perjalanan kamu akan menemukan beberapa spot foto menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Selain untuk berfoto ria dan mengabadikan keindahan alam yang dihadirkan Curug Gending Asmoro, spot foto tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak.

Diawal perjalanan kamu sudah menemukan spot yang menarik yakni sebuah becak terbang. Udara sejuk pun akan kamu rasakan disepanjang perjalanan.

Trekking yang akan kamu lalui awalnya datar kemudian berubah menjadi menurun namun tak terlalu curam. Kemudian kamu akan menuruni anak tangga, berhati-hatilah ketika menuruninya karena selain jalannya sempit juga bisa saja licin.

Trekking Menuju Curug Gending Asmoro
Trekking Menuju Curug Gending Asmoro. Sumber: blogliburankuseru.blogspot.com

Disepanjang perjalanan yang akan kamu lihat hanyalah pemandangan alam yang sangat asri, semakin lama jalurnya semakin curam. Jika kamu lelah kamu bisa menemukan tempat untuk duduk-duduk sebelum melanjutkan perjalanan menuju Curug Gending Asmoro.

Pohon bambu akan menjadi pemandangan utama yang kamu lihat. Setelah melalui trekking menurun selanjutnya kamu akan melalui jembatan yang terbuat dari bambu yang dicat warna warni.

Jembatan itulah yang akan membawamu lebih dekat menuju area Curug Gending Asmoro. Kamu ngga usah khawatir ketika melalui jembatan tersebut, meskipun hanya terbuat dari bambu namun aman untuk kamu lalui.

Spot Foto Di Jembatan Bambu
Spot Foto Di Jembatan Bambu. Sumber: www.goresankata.com

Diakhir jembatan terdapat dua cabang jembatan, jika kamu ingin lebih dekat dengan Curug Gending Asmoro ambillah jalan yang menuju ke arah kiri.

Curug Gending Asmoro dapat kamu lihat dari atas jembatan, untuk dapat merasakan kesegaran airnya kamu harus menuruni tangga yang juga terbuat dari bambu.

Tangga tersebut hanya bisa dilalui oleh satu orang saja, sehingga kamu harus bersabar dan mengantri jika banyak pengunjung yang hendak menuju aliran Curug Gending Asmoro.

Pesona Yang Diberikan Curug Gending Asmoro

Curug Gending Asmoro dibangun pada tahun 2017 oleh Pemerintah Desa Kalongan, Unggaran Timur, dan baru dibuka untuk umum pada Bulan Februari 2018 lalu.

Jadi bisa dibilang lokasi wisata ini masih sangat baru, namun sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah karena memiliki tempat yang luar biasa menakjubkan.

Curug Gending Asmoro
Curug Gending Asmoro. Sumber: explorewisata.com

Lokasinya yang berada diantara hutan bambu merupakan daya tarik tersendiri, selain itu Curug Gending Asmoro memiliki 2 aliran air yang memiliki tinggi yang berbeda yakni 12 dan 16 meter.

Air yang mengalir melalui tebing batu tersebut tak pernah berhenti mengalirkan airnya, meskipun ketika musim kemarau tiba hanya debit airnya saja akan berkurang. Namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan curugnya.

Kolam alami yang siap menampung curahan air dari Curug Gending Asmoro tak terlalu lebar juga sangat dangkal. Disekitarnya terdapat bebatuan yang cukup besar yang menambah kealamian lokasi.

Ragam wisata Di Curug Gending Asmoro

Ragam wisata yang coba diberikan di Curug Gending Asmoro diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Hawa sejuk nan alami akan menjadi hal luar biasa yang kamu rasakan ketika berada di Curug Gending Asmoro. Banyak tempat untuk duduk-duduk sekedar menikmati hamparan alam yang tersaji.

Menikmati Alam Curug Gending Asmoro
Menikmati Alam Curug Gending Asmoro. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Merasakan ketenangan dengan hanya ditemani suara nyanyian alam, lepaskanlah semua penat dalam diri luapkanlah semuanya. Ambillah energi positif yang diberikan alam padamu, lepaskan yang menganggu ganti dengan yang baru yang lebih bermakna.

2. Bermain Air

Tak lengkap rasanya jika pergi ke sebuah tempat wisata air namun tidak bermain airnya. Kamu dapat bermain air disekitar kolam alami Curug Gending Asmoro.

Rasakanlah deburan airnya menyentuh badanmu, aliran airnya ngga terlalu deras jadi kamu bisa berada tepat dibawah alirannya.

Bermain Air Curug Gending Asmoro
Bermain Air Curug Gending Asmoro. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan menaiki beberapa batu yang ada, badanmu pun mulai terkena air segar yang berasal dari alam. Sungguh menyegarkan dan seru sekali, apalagi hal tersebut kamu lakukan bersama keluarga atau teman.

Namun jika musim penghujan tiba debit airnya akan bertambah lebih banyak, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik kamu hindari bermain air ketika debit air sangat deras.

3. Hunting Spot Foto

Disepanjang jalur trekking hingga menuju Curug Gending Asmoro banyak sekali spot foto yang menarik yang dapat kamu manfaatkan.

Bentuknya pun unik-unik, ada yang berupa sayap merak, perahu, bentuk love, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa untuk berfoto diatas jembatan bambu dengan latar Curug Gending Asmoro.

Spot Foto Berupa Perahu
Spot Foto Berupa Perahu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Puas-puasin deh kamu berfoto dilokasi ini, lalu postinglah dimedia sosial yang kamu miliki. Biarkan orang lain ikut melihat keindahan yang kamu rasakan.

Mitos Di Curug Gending Asmoro

Selain keindahan alam yang menjadi daya tarik pengunjung ketika mengunjungi Curug Gending Asmoro, ada hal yang lain yang membuat para pengunjung penasaran dan ingin membuktikannya.

Hal tersebut ialah konon katanya disekitar Curug Gending Asmoro kita dapat mendengar suara gamelan namun tak dapat melihat siapa yang memainkannya. Suara gamelan tersebut akan muncul pada saat-saat tertentu.

Pada zaman dahulu kala, konon katanya ketika ada warga yang akan mengadakan pertunjukan wayang kulit, maka akan meminjam gamelan gaib tersebut.

Dengan cara menjalankan beberapa ritual tertentu disekitar Curug Gending Asmoro. Lalu keesokan harinya seperangkat gamelan akan ada secara tiba-tiba di lokasi tersebut. Mitos ini sudah berlangsung sangat lama dan terus menyebar dari mulut ke mulut.

Itulah yang melatarbelakangi penamaan Gending Asmoro, Gending yang berarti lagu yang berasal dari bunyi gamelan.

Lokasi Dan Alamat Curug Gending Asmoro

Lokasi dan alamat Curug Gending Asmoro terletak di Dusun Tompo Gunung, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Gending Asmoro

Rute menuju Curug Gending Asmoro kamu harus bergerak menuju Jl. Raya Solo-Semarang, kemudian belok ke arah barat untuk menuju Ngobo-Waringin Putih.

Setelah itu kamu akan melewati PT. Arashose kemudian melewati jalan tol hingga menemukan PTPN IX Ngobo. Setelah itu lanjutkan perjalananmu hingga melewati area perkebunan hingga menemukan Desa Kalongan.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Gending Asmoro

Tiket masuk dan parkir Curug Gending Asmoro sebagai berikut:

  • Tiket masuk weekday (Senin s/d Jumat)        : Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket masuk weekend (Sabtu dan Minggu)    : Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket parkir motor                                           : Rp. 2.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil                                            : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Gending Asmoro

Jam operasional Curug Gending Asmoro dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 17.00 sore.

Fasilitas Curug Gending Asmoro

Fasilitas yang tersedia di area Curug Gending Asmoro sudah terbilang sangat lengkap, dengan adanya:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet
  • Spot Foto

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Gending Asmoro, yakni:

  • Berhati-hatilah ketika menuruni jalan setapak apalagi jika membawa anak-anak.
  • Jaga dan selalu awasi anak-anak kamu.
  • Jagalah selalu kebersihan dan kealamian area Curug Gending Asmoro.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen indah yang tercipta ketika berada di Curug Gending Asmoro.

Penutup

Mitos yang telah ada setelah sekian lamanya, biarlah tetap seperti itu. Kita hanya harus menjaga warisan alam dan budaya yang telah diturunkan para nenek moyang kepada kita.

Keindahan alam yang dihadirkan Curug Gending Asmoro harus kamu nikmati juga, ajaklah keluarga atau teman komunitas kamu supaya lebih mengasyikkan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Gending Asmoro, ya!


Tinggalkan komentar