Pantai Ngliyep, Keindahan Berhias Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Ngliyep memiliki panorama yang sangat indah. Pantai didominasi oleh hamparan pasir putih yang lembut. Area pantai bisa digunakan untuk area bermain yang luas dengan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Alunan gelombangnya pun cukup menarik untuk dinikmati.


Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep. Image via: @nery.agustin.12

Mungkin karena keindahan itulah pantai ini diberi nama Ngliyep. Yang artinya tertisur. Maksudnya adalah,s etiap orang yang datang ke pantai ini, akan terpesona, santai  hingga akhirnya bsia tertidur dengan nyaman.

Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Terdapat sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang yang terdapat sebuah petilasan yang bisa dikunjungi.

Setiap tanggal 14 bulan Maulud, pantai Ngliyep akan lebih ramai dari hari biasa karena selalu diadakan acara labuhan. Kegiatan labuhan ini sudah ada secara turun-temurun. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan. Selamatan dilakukan dengan menyembelih kambing atau sapi yang disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai.

Sunset Pantai Ngliyep
Sunset Pantai Ngliyep. Image via: @ahmed25_al.ali

Simak juga: rekomendasi tempat wisata di Malang

Mitos Pantai Ngliyep

Pantai ini juga diliputi dengan cerita-cerita mistis. Seperti umumnya pantai di selatan Jawa, Nyi Roro Kidul alias ratu pantai selatan menjadi tokoh utama dalam mitos itu. Dengan posisi Pantai Ngliyep yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur, hal itu tidaklah engherankan.

Di pantai ini, terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Kumbang. Kabarnya, gunung ini adalah tempat favorit Nyi Roro Kidul saat berkunjung ke pantai ini. Bahkan kabarnya, sebelum menjadi ratu, ia bertapa terlebih dahulu di sini. Selain itu, di pantai ini selalu diselenggarakan ritual labuhan untuk menyerahkan sesaji kepada ratu pantai selatan.

Ada juga mitos lain soal Bukit Cinta. Bukit Cinta Kasih terletak di sebelah kiri hamparan pasir Pantai Ngliyep. Bukit ini tak terlalu tinggi, namun pemandangan dari atas bukti sangat indah. Bukit Cinta Kasih diyakini menjadi tempat yang ajaib bagi muda-mudi yang belum menjalin ikatan. Jika mereka mampu naik ke puncak bukit, dipercaya kelak akan berjodoh.

Entah mitos ini datang dari mana asalnya. Yang jelas, hal ini sudah menjadi cerita dari mulut ke mulut yang beredar di antara pengunjung. Mungkin memang ada legenda di balik mitos tersebut.

Pasir Halus Pantai Ngliyep
Pasir Halus Pantai. Image via: pinterest.com

Lokasi Pantai Ngliyep

Desa Kedungsalam, Donomulyo, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur

Rute Menuju Pantai Ngliyep

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, bisa mengambil rute ke arah Karang Kates atau Kepanjen. Ikuti jalan besar sampai di Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo. Di sepanjang jalan ini bisa ditemukan papan penunjuk jalan yang mengarahkan menuju ke Pantai Ngliyep.

Jika memulai perjalanan dari kota lain seperti Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan. Pengunjung harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Dari malang, ikuti jalur seperti paragraf sebelumnya.

Perjalanan dengan mobil atau motor pribadi tetap pilihan yang direkomendasikan. Namun bisa juga dengan angkutan umum. Stasiun Kepanjen – berjalan ke Jl. A.Yani – Angkutan jalur GN 1 atau jalur GN 2.

Jam Buka Pantai Ngliyep

Pantai ini terbuka untuk kunjungan wisatawan mulai jam 08.00 pagi. Untuk waktu tutup, pantai ditutup jam 6 sore.

Nelayan pantai Ngliyep
Nelayan Pantai. Image via: travelingyuk.com

Tiket Pantai Ngliyep

Harga tiket yang harus dibayarkan saat memasuki pantai ini senilai Rp 15.000,-. Untuk tiket parkir dikenakan biaya Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Daya Tarik Pantai Ngliyep

Ada beragam hal yang bisa menjadi alasan untuk menyukai pantai ini. Berikut kami paparkan 6 diantaranya.

  1. Jelajah Pantai

Pantai Ngliyep adalah pantai dengan keindahan alam yang masih natural dengan perpaduan tebing-tebing yang curam dan hutan lindung di sekeliling pantai. Pasir putihnya yang masih alami dan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep layak untuk dikunjungi.

Kondisi pantai yang masih terbilang sepi menjadikan pantai ini masih “perawan” dan nyaman untuk bermain-main disela ombak dan pasir putih.

Jelajah pantai bisa menjadi kegiatan menyenangkan selama di pantai ini. Mendaki Gunung Kombang pilihan yang menyenangkan. Dari atas bukit untuk sejenak menghayati keberadaan petilasan atau mengagumi laut dari sisi yang berbeda. Penjelajahan bisa dilanjutkan ke Teluk Putri.

Bahkan jika datang bersama Pacar/ gebetan, penjelajahan mendaki bukit cinta tentu jadi pilihan utama. Berharap sajalah bahwa mitos soal bukit ini akan berlaku untuk anda dan gebetan anda.

  1. Spot Foto Instagramable

bibir pantai kala senja
Bibir pantai kala senja. Image via: @memey_miu

Pantai Ngliyep sangat instagramable. Alamnya sendiri sudah sangat indah. Apalagi ditambah dengan kecerdasanpengelola menghadirkan spot spot baru yang menambah keindahan.

Beberapa spot populer dipantai ini adalah: Panggung bambu, bukit karang Lietiong, Bingkai kekinian, Ayunan Everlasting, ayunan pasir, perahu gantung, Signage pantai.

Selfie dengan latar belakang signage lokasi memang bisa dibilang mainstream. Foto ini adalah Bukti otentik kalau pengunjungada di sebuah destinasi wisata. Tinggal bagaimana mengolahnya supaya tema selfie mainstream seperti ini menjadi lebih artistik. Pengaturan sudut gambar adalahs alah satu hal yang bsia dikelola.

Perahu Gantung, adalah spot selfie yang dibangun mirip dengan Titanic-nya Mangunan. Namun bentuk perahu atau kapal di Pantai Ngliyep ini lebih sederhana. Walau demikian tetap mampu menghasilkan efek yang luar biasa. Perahu memang tak setinggi di Bantul, tapi pemandangan Pantai Ngliyep dari atas perahu ini memebrikan nilai berbeda.

Yang paling monumental adalah bibir pantai kalas senja. Selfie saat matahari terbenam. Pemandangan warna warni sang surya saat hendak kembali ke peraduannya akan tampak indah di kaki langit yang bertemu dengan batas samudera di kejauhan.

  1. Camping

camping teluk putri
Camping pantai. Image via: kanalmalang.net

Untuk pengunjung yang menyukai bermalam di alam terbuka, Pantai Ngliyep sesuai untuk hobi itu. Pantai Nyeliyep sering sekali dipakai untuk acara berkemah, malam keakraban, dan sejenisnya. Suasana malam hari di pantai ini disuguhi taburan bintang yang terlihat begitu jelas.

Jika beruntung, saat bulan purnama pengunjung ditemani indahnya bulan. Bulan purnama terlihat sangat besar dan terang saat melakukan aktivitas di malam hari.

Jika kamu ingin memasang tenda di pantai Ngliyep ini, jangan lupa izin dulu ke pengelola pantai Ngliyep dulu ya.

Bagi Pengunjung yang tidak suka tidur di dalam tenda, tetap ada alternatif. Pengunjung tetap bisa menikmati suasana malam di pantai dengan menyewa penginapan. Harga sewa penginapan berfariasi. Kisarannya dari Rp 100.000,00 sampai Rp 200.000,00 per malam. Perbedaan harga ini tergantung dengan fasilitas yang didapat.

  1. Wisata Teluk

teluk putri
Teluk Putri. Iamge via: kanalmalang.net

Tak jauh dari Ngliyep, di sebelah kiri terdapat sebuah teluk dengan pemandangan yang tak kalah indah. Teluk ini bernama Teluk Putri. Untuk menuju ke sana, pengunjung cukup berjalan ke sisi kiri. Dilanjutkan naik ke bukit yang tak terlalu tinggi.

Disebut dengan Teluk Putri, karena di teluk ini dilapisi pasir putih sangat bersih dan halus lembut. Lembut pasir di pantai ini dikonotasikan dengan kehalusan kulit seorang putri. Ketebalan pasir kurang lebih 40 cm.

Hamparan pasir tidak terlalu luas. Tidak lebih dari 100 meter saja, tetapi nyaman untuk tempat menyepi. Hanya saja pengunjung di sini harus hati-hati karena terkadang gelombang bisa cukup besar. Oleh karena itu pengunjung tidak diperbolehkan mendekat sampai di bibir pantai. Pengunjung hanya boleh berada di pasir putih.

  1. Wisata Budaya

Labuhan Pantai Ngliyep
Labuhan Pantai Ngliyep. Image via: timesindonesia.co.id

Setiap tanggal 14 bulan Maulud (Rabiulawal), pantai Ngliyep akan lebih ramai dari hari biasa karena selalu diadakan acara labuhan. Kegiatan labuhan ini sudah ada secara turun-temurun sejak masa Mbah Atun. Beliau orang yang dipercaya jadi penemu Ngliyep.

Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan. Selamatan dilakukan dengan menyembelih kambing atau sapi. Daging hasil sembelihan disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai. Namun, sebagian makanan juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut.

Upacara ini dilakukan oleh masyarakat Kedungsalam dengan membawa sesaji beraneka ragam dan diiringi kesenian Jaranan. Ada juga parade pengiring yang mengenakan pakaian adat. Sesaji itu diarak menuju Gunung Kombang. Gunung kecil ini berjarak kurang lebih 300 m, melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Ngliyep.

Panggung Bambu
Panggung Bambu. Image via: @ressreza

Objek Wisata Dekat Pantai Ngliyep

Pantai ini lokasi nya berdekatan dengan pantai populer Pantai Balekambang dan Pantai Pulodoro.

Pantai bale kambang berjarak 33 km di sebelah timur pantai Ngliyep. Daya tarik utama Balekambang adalah gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas. Area pasir putih sangat nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga.

Pantai Pulodoro berjarak hanya berjarak 15 km di sebelah timur pantai Ngliyep. Pantai ini punya ciri khas berupa barisan tebing yang akan membuat mata terpana. Untuk para komunitas pencinta alam bisa memanfaatkan spot ini untuk panjat tebing.

Itulah gambaran singkat soal objek wisata ini serta hal–hal yang dapat Anda lakukan di Pantai Ngliyep. Tertarik untuk datang? Di hari libur atau weekend pantai ini ramai. Jadi, jika memungkinkan sebaiknya datang di hari biasa. Dan ingtat tetap jaga kondisi pantai. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain kenangan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment