Pantai Ngliyep, Panorama Alam Yang Berhiaskan Mitos Nyi Roro Kidul

Pantai Ngliyep memiliki panorama alam yang sangat indah, keindahan alamnya terdiri dari hamparan pasir putih yang cukup luas, pepohonan yang cukup rindang serta deburan ombak yang cukup kencang.

Sehingga banyak larangan yang dipajang untuk mengingatkan supaya pengunjung yang datang tidak berenang di Pantai Ngliyep.

Setiap orang yang datang akan merasa terpesona, bersantai, hingga akhirnya dapat tertidur dengan nyaman. Itulah maksud dari nama Ngliyep yang disematkan pada pantai yang satu ini. Dimana Ngliyep artinya “tertidur”.

landmark pantai ngliyep
landmark pantai ngliyep. google maps. sumber: Imam Malik

Simak juga: rekomendasi tempat wisata di Malang

Pantai Ngliyep selalu ramai setiap tanggal 14 di Bulan Maulud, karena pada tanggal tersebut selalu diadakan acara Labuhan atau selamatan yang sudah berlangsung secara turun temurun.

Mitos Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep memiliki cerita mistis dan mitosnya tersendiri, yang tersebar dari mulut ke mulut sejak lama. Yakni tentang sebuah gunung yang berada tak jauh dari pantai, yang bernama Gunung Kumbang.

Konon katanya gunung tersebut merupakan tempat favorit Nyi Roro Kidul ketika mengunjungi Pantai Ngliyep, bahkan pernah dijadikan tempat untuk bertapa sebelum menjadi Ratu Pantai Selatan.

Ada pula cerita lain yang menyebutkan sebuah mitos tentang jodoh, yaitu Bukit Cinta. Bukit ini terletak di sebelah kiri pantai, yang diyakini jika pasangan kekasih mampu naik hingga ke puncak bukit maka mereka akan berjodoh.

Apa yang menjadi mitos atau misteri suatu tempat, khususnya tempat wisata, memang selalu menarik untuk disimak dan ditelusuri.

spot foto perahu
spot foto perahu. google maps. sumber: Ana Himatul

Lokasi & Alamat Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya berada di wilayah Malang Selatan.

Rute Menuju Pantai Ngliyep

Rute menuju Pantai Ngliyep jika berangkat dari pusat Kota Malang, dengan menuju ke arah Karang Kates atau Kepanjen, dilanjutkan hingga tiba di Pagak.

Dari Pagak melanjutkan perjalanan menuju Donomulyo, hingga kamu tiba di Pantai Ngliyep. Sudah banyak terdapat petunjuk jalan yang akan menuntunmu ke lokasi.

Bisa juga dengan mengandalkan aplikasi GPS yang terpasang di androidmu, kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikan saja.

Akses jalannya cukup mulus, hanya di beberapa bagian saja yang terlihat tidak rata. Tapi, masih bisa dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil, sekalipun menggunakan kendaraan jenis matic.

hamparan pasir putih di pantai ngliyep
hamparan pasir putih di pantai ngliyep. google maps. sumber: Wayan Mahmudy

Jam Buka Pantai Ngliyep

Jam operasional Pantai Ngliyep dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Ngliyep

  • Tiket masuk Pantai Ngliyep cukup dengan membayar sebesar Rp. 15.000,- per orang.
  • Parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Pantai Ngliyep

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Ngliyep ini dibilang sudah lengkap, hal itu berdasarkan fasilitas umum yang ada seperti:

  • Area untuk memakirkan kendaraan
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Pendopo
  • Penginapan
menikmati sunset di pantai ngliyep
menikmati sunset di pantai ngliyep. google maps. sumber: Cian Cipin

Penginapan Di Pantai Ngliyep

Terdapat sebuah penginapan di sekitar Pantai Ngliyep, kamar-kamar yang ada menghadap langsung ke arah laut lepas. Sehingga menghadirkan pemandangan yang luar biasa di pagi maupun sore hari.

Fasilitas yang ada cukup memadai, dengan harga per malamnya dibandrol antara 100rb hingga 200rb saja. Letak penginapannya berada di sebelah kiri Pantai Ngliyep.

Ragam Wisata Di Pantai Ngliyep

Meskipun di Pantai Ngliyep kamu ngga boleh berenang, namun masih ada keseruan lain yang dapat kamu lakukan. Berikut beberapa ragam wisata seru di Pantai Ngliyep:

1. Bermain Air

bermain air seru
bermain air seru. google maps. sumber: Sri Handayani

Kondisi alam Pantai Ngliyep masih sangat alami, pengunjung yang datang pun tak begitu ramai. Sehingga terasa bagaikan pantai pribadi.

Meskipun ada larangan untuk mandi di Pantai Ngliyep, namun kamu masih bisa bermain air lautnya di pinggiran saja. Karena memang ombak di pantai ini cukup deras, dan arus baliknya sangat kuat.

Terdapat sebuah ayunan di sekitar bibir pantainya, ayunan tersebut dapat dijadikan spot untuk berfoto dengan latar birunya Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep memiliki hamparan pasir putih yang bersih dengan hiasan bukit di kiri dan kanannya, bahkan di salah satu sisinya bertuliskan nama pantai ini dan sering dijadikan lokasi foto oleh para pengunjung.

Di sekitar pantai terdapat beberapa gazebo dan tempat duduk, untuk kamu yang ingin menikmati alam dengan bersantai sambil menyantap hidangan.

2. Eksplor Gardu Pandang

pemandangan dari atas gardu pandang
pemandangan dari atas gardu pandang. google maps. sumber: Nacota Yeshida Sapahuma

Di sebelah kiri ada sebuah jembatan yang akan mengarahkanmu ke beberapa lokasi yang ada di sekitar Pantai Ngliyep, jalurnya cukup menanjak sehingga harus menyiapkan fisik yang prima.

Suasana terasa sejuk dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalan, nanti kamu akan tiba di sebuah teluk yang diberi nama Teluk Putri.

Teluk ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan halus, diibaratkan layaknya kulit seorang putri. Itulah yang mendasari penamaan dari Teluk Putri ini.

Di sekitarnya terdapat sebuah spot foto yang berbentuk perahu gantung, kamu dapat berfoto ala-ala film Titanic di sana.

Akhir dari perjalanan ini ialah sebuah gardu pandang dimana kamu dapat menikmati sajian alam dari ketinggian, sungguh indah sekali. Lelah trekking menapaki anak tangga dan jalan yang menanjak terbayarkan sudah.

3. Memancing

Di perjalanan menuju gardu pandang kamu akan menemukan petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke lokasi memancing di Pantai Ngliyep.

Pas banget untuk kamu yang hobi memancing, dengan memancing di lautan merupakan pengalaman seru dan cukup menegangkan.

lokasi camping
lokasi camping. google maps. sumber: Wayan Mahmudy

4. Camping

Pantai Ngliyep juga bisa digunakan untuk acara camping, karena memiliki area yang cukup luas. Banyak pengunjung yang datang bersama kawan kemudian mendirikan tenda di atas hamparan pasirnya.

Biasanya mereka menghadapkan tenda mereka ke arah laut lepas, sehingga dapat menyaksikan panorama sunset dan sunrise dengan sempurna.


Tinggalkan komentar