Pantai Watu Leter, Pantai Indah Untuk yang Berjiwa Petualang

Nama Pantai Watu Leter mungkin belum familiar seperti Pantai Goa Cina. Padahal kedua pantai ini tepat bersebelahan. Namun Pantai Goa Cina lebih terkenal dan ramai pengunjung, karena akses jalan yang lebih mudah.


Pantai Watu Leter
Pantai Watu Leter. Image via: @ayodolan

Yang menarik dari Pantai Watu Leter adalah banyaknya tebing karang berukuran cukup besar. Bongkahan karang ini bertebaran di dekat bibir pantai. Salah satu karang yang menonjol punya permukaan datar atau leter dalam Bahasa Jawa.

Panorama yang unik dari pantai ini menarik petualang untuk ‘mengalahkan’ medan yang butuh perjuangan. Tak hanya untuk berfoto, sebagian pengunjung Pantai ini juga memilih mendirikan tenda dan berkemah di sana.

Asal Usul Nama Pantai Watu Leter 

Penamaan pantai ini, berhubungan dengan kenyataan adanya tebing batu di pantai ini. Tebing batu tersebut memiliki bagian datar di ujungnya. Tebing yang terletak di tengah laut itu menjadi sangat mencolok berkat bentuk datar itu.

Dari keberadaan batu datar inilah kemudian pantai ini diberi nama Watu Leter. Dalam bahasa loka Watu berarti batu, dan Leter berarti datar.

Selain Watu Leter, masyarakat lokal kadang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Ngleter.

sunset PAntai Watu Leter
Sunset Pantai Watu Leter. Iamge via: blogkulo.com

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer

Lokasi Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter,  pantai di pesisir selatan Jawa. Secara administratif pantai ini berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jaraknya sekitar 60 km dari kota Malang bisa ditempuh dengan waktu 2 jam saja. Sepanjang perjalanan menuju Pantai pengunjung dapat menikmati pemandangan di kanan kiri. Terhampar indah hijau pepohonan dan hutan dengan udaranya yang menyegarkan.

Rute Menuju Pantai Watu Leter

Jika berangkat dari kota Malang, ambil jalan menuju ke arah Malang Selatan yang menuju Sumbermanjing Wetan. Ikuti penunjuk jalan menuju Pantai Sendang Biru. Saat menemukan pertigaan yang memiliki papan penunjuk jalan menuju Pantai Bajulmati dan Goa Cina, ambil arah Goa Cina. Lokasi pantai Watu Leter ini tak jauh dari Pantai Goa Cina.

Sekali untuk selamanya
Sekali untuk selamanya. Image via: reresepan.com

Medan jalanan ke pantai ini lebih sempit dan masih bertanah. Pengunjung harus melewati hutan bakau, jalan bebatuan dan rumput liar. Setelah melalui itu semua, jalan akan habis. Kendaraan tidak bisa lagi melalui jalan selanjutnya. Pengunjung bisa memarkir kendaraan di ujung jalan ini. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sampai di Pantai.

Karena medan jalannya yang sulit itu, pengunjung  bisa memilih alternatif jalan yang lebih bersahabat. Pilihan itu melalui jalan yang lebih bagus di Pantai Goa Cina. Setelah tiba di Pantai Goa Cina, kendaraan bisa diparkir di pantai tersebut. Dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter ke arah barat yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit ke Pantai Watu Leter.

Jam Buka Pantai Watu Leter

Pantai ini terbuka untuk kunjungan wisatawan sepanjang hari. 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Air Jernih Pantai Leter
Pantai yang bening. Image via: Guwanto

Tiket Pantai Watu Leter

Pengunjung dikenakan tarif Rp 10.000. Pungutan untuk parkir motor Rp 5.000 sedangkan untuk parkir mobil biayanya Rp 10.000. Saat pengunjung memutuskan untuk camping, ada biaya parkir tambahan sebesar Rp 3.000 untuk parkir menginap.

Fasilitas Pantai Watu Leter Malang

Pantai ini memang belum banyak dikenal di kalangan wisatawan. Akses menuju Pantai Watu Leter juga tergolong susah. Belum ada fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti toilet, musholla ataupun warung makan.

Untuk itu pengunjung harus membawa bekal sendiri ketika berlibur di pantai watu leter.

Daya Tarik Pantai Watu Leter

Ada beberapa daya tarik wisata yang dimiliki pantai ini. Daya tarik yang bagaikan magnet menarik minat pengunjung untuk berkunjung ke Pantai Watu Leter. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Pantai yang Asri

Pantai yang Asri
Pantai yang Asri. Image via: pinterest.com

Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, Pantai Watu Letter ini sepi dan memiliki suasana yang tenang. Pastinya tempat ini masih sangat asri dan bersih dan nyaman. Gelombang ombak yang tenang membuat wisatawan bisa bermain air dengan tenang dan santai. Pantai Watu Letter ini memiliki keadaan air laut jernih dan cukup dingin.

Tidak cukup hanya itu, Pantai ini juga mempunyai butiran pasir yang sangat lembut dan bersih. Batu karang yang membentang di bibir pantai ini benar-benar memanjakan mata. Beberapa pohon yang ada di pinggiran pantai tumbuh hijau dan cukup lebat. Pepohonan ini cocok untuk berteduh dari sinar matahari.

Untuk mengeksplorasi lebih jauh keindahan pantai ini, banyak pengunjung yang memutuskan untuk camping. Mereka bermalam di pantai untuk bisa menikmati keindahan pantai di malam hari.

  1. Ombak yang Tenang

Ombak yang tenang
Ombak yang tenang. Image via: explorewisata.com

Pantai ini cocok untuk berendam dan berenang. Air nya yang jernih dengan ombak tenang, berenang dan main air jadi menyenangkan dan pastinya aman. Pantai Watu Leter lebih mirip dengan kolam renang jadi aman banget buat yang mau renang di pantai ini.

Pantai yang memiliki banyak batu karang dan struktur teluk membuat pengunjung betah berenang karena ombaknya tidak tinggi. Batu karang yang ada di sekeliling pantai membuat ombak di Pantai Watu Leter lebih tenang.

Pengunjung bisa menikmati berenang di Pantai Watu Leter dengan nyaman. Agar lebih aman, lebih baik berenang di saat ombak sedang tenang. Air laut di pantai ini masih sangat bening. Karena air yang bening, pengunjung bisa snorkeling dan melihat batu karang yang indah.

Kombinasi dari air yang jenis dan ombak yang tenang, membuat pantai ini lebih mirip kolam renang air asin raksasa.

  1. Hutan Mangrove

Di cabang Pohon.
Di cabang Pohon. Image via: @tiaraia

Terdapat juga hutan mangrove yang di sekitarnya ada air tawar. Air tawar ini berasal dari aliran sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter.

Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan bakau ini dengan berjalan jalan. Dengan Berjalan santai mengikuti sungai, pengunjung dapat melihat cantik dan mempesona hutan mangrove.  Di sini juga ada disediakan fasilitas perahu. Perahu dapat disewa untuk menikmati keindahan hutan bakau dengan lebih leluasa dan lebih mendalam.

  1. Lokasi Persinggahan Penyu

Kawasan Pantai ini biasanya dijadikan lokasi pelepasan penyu abu-abu karena lingkungan pantai masih sepi dari para wisatawan. Masih aslinya Pantai Watu Leter membuatnya terpilih untuk menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata.

Karena kawasan ini masih sepi, Pantai ini menjadi tempat yang pas untuk melihat kedatangan penyu dan juga melepas penyu abu-abu kecil ke alam bebas. Hal ini membuat Pantai Watu Leter sebagai pusat ekowisata tempat pelestarian penyu.

Jika upaya pelestarian penyu itu berhasil, pengunjung bisa melihat dari dekat kehidupan penyu saat menepi dan bertelur di pasir pantai.

Menjemput Malam
Menjemput Malam. Image via: @agungsutrisno

Tips Mengunjungi Pantai Watu Leter

Ada beberapa tips yang bisa diperhatikan selama pengunjung berwisata di Pantai Watu Leter. Berikut beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan.

  • Cari informasi sebanyak mungkin mengenai Pantai ini, jangan sampai Anda tersesat saat akan menuju ke Pantai.
  • Siapkan kendaraan Anda. Pantai ini mempunyai trek yang cukup sulit, sehingga Anda memerlukan tenaga yang besar saat melintasinya, selain itu dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi.
  • Hindari mengunjungi Pantai Watu Leter ketika hujan. Jalanan yang berada di sekitar lokasi sangat licin ketika hujan
  • Hindari tinggalkan hal apapun di Pantai, hal ini untuk menjaga kebersihan Pantai Watu Leter.
  • Pantai Watu Leter tidak memiliki banyak fasilitas seperti warung, sehingga sangat disarankan Anda membawa bekal makanan sendiri selama di pantai.
Jalan kaki
Jalan kaki menuju Pantai. Image via: @nindya_nuryl

Objek Wisata Dekat Pantai Watu Leter

Pantai watu leter lokasinya berdekatan dengan pantai Bajul Mati. Pantai bajul mati terletak 5 km di sebelah barat. Pantai Bajul mati mempunyai  ciri khas berupa batu karang panjang yang bentuknya seperti buaya. Ada mitos bahwa pada hari tertentu, saat ombak besar, batu itu bergerak gerak seperti buaya hidup.

Di sebelah timur, dalam jarak 7 km, terdapat pantai indah lain. Pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna cukup populer di kalangan pecinta pantai. Popularitas pantai ini tidak lepas dari keunikan Pantai. Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna memiliki 3 warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya.

Itulah ulasan tentang Pantai Watu Leter, yang ada di Malang Jawa Timur. Ingat, anda harus menjaga kebersihan selama berada di pantai ini. Sayang sekali jika hanya kita yang bisa menikmati keindahan pantai ini, sedangkan orang yang datang setelah kita hanya bisa terpana melihat sampah yang kita tinggalkan.

Pantai Watu Leter, Pantai Indah Untuk yang Berjiwa Petualang
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment