Pantai Asmoro, Menengok Raja Ampat di Malang

Pada saat berkunjung ke Pantasi Asmoro, pengunjung akan mendapati teluk-teluk yang mengelilingi area ini sebagi penghiasnya. Karena teluk-teluk inilah banyak orang yang menyebut kawasan wisata ini sebagai ‘Raja Ampatnya Malang’. Kemudian daya tarik lainnya yang diberikan pantai ini adalah pasir putih yang berpadu dengan air laut yang nampak biru.

Pantai Asmoro memanjakan pengunjung dengan pemandangan teluk-teluk yang mengililingi pantai. Banyak yang menyebut: “Pantai teluk asmoro raja ampatnya Malang“.
Pantai Asmoro. Image via: @mistiani_nh

Pantai Asmoro memeiliki kondisi alam yang masih sangat asri. Hal ini dikarenakan lokasi pantai ini terjaga kebersihannya, nyaris tak ada sampah. Dengan pemandangan yang asri ini pengunjung dapat merasa semakin betah berada di lokasi wisata ini.

Pantai Asmoro juga memberikan pengalaman menyaksikan fenomena sunset yang berbeda, silut yang tercipta dari teluk-teluk yang ada membuat pemandangan semakin eksotis. Sementara itu hamparan pasir puti yang membentang kian indah berpadu dengan ombak yang datang dengan santun menerjang pesisir.

Maka dari itu, bagi pengunjung yang hendak menghilangkan rasa stress dan jenuh dapat langsung berkunjung ke pantai satu ini. Objek wisata ini menjamin siapa pun yang berkunjung akan merasa tenang dan fresh kembali.

Hamparan pasir putih nan bersih terbentuk senada dengan desain alam pada bibir pantainya. Sementara itu kedatangan ombak menjadi lebih santun setelah terhalang beberapa pulau karang yang menjorok ke lau
Kita Di peluk Asmoro. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: 19 Wisata Populer di Malang

Lokasi Pantai Asmoro

Pantai Asmoro merupakan pantai laut selatan yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Rute Menuju Pantai Asmoro

Untuk menuju Pantai Teluk Asmoro pengunjung dapat mengikuti jalur ke Pantai Clungup. Kondisi jalan menuju pantai ini bisa dibilang masih belum memadai. Masih ada beberapa jalur yang belum teraspal dan berbatu sehingga butuh kehati-hatian saat melewatinya. Lebih-lebih saat musim hujan, jalanan ke arah pantai agak berlumpur dan licin.

Kemudian jarak bibir pantai dari parkiran juga lumayan cukup jauh. Dari parkiran kita harus naik turun bukit sekitar 100 hingga 200 meter sebelum sampai di lokasi pantai.

Namun saat ini pengelola sudah memperbaiki akses jalan dari parkiran ke bibir pantai. Sudah ada anak tangga yang bisa kita lewati untuk memudahkan perjalanan.

Kembang Pantai Asmoro Malang.
Kembang Teluk Asmoro. Image via: datawisata.com

Jam Buka Pantai Asmoro

Tidak ada ketentuan mengenai jam operasional di pantai Asmoro ini. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja sesempat nya dan sesuai keinginan.

Keindahan pantai asmoro justr lebih terlihat jika dinikmati dari kejauhan dari atas bukit.
Dari jauh. Image via: @megha_babaien

Simak juga: Berburu Foto indah di Jembatan Sawah Sukorame

Namun rekomendasi waktu terbaik untuk liburan ke pantai ini sama saja dengan pantai-pantai lainnya. Kalau ingin suasana yang lebih sepi dan sejuk, tentu waktu yang sebaiknya pilih adalah pada hari kerja sekitar pukul 9 pagi atau pada pukul 3 sore.

Tiket Pantai Asmoro

Bagi wisatawan yang hendak menikmati segala keindahan pemanadangan yang ditwarkan Pantai Asmoro hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10,000 saja per orangnya. Sedangkan untuk tarif parkir adalah Rp.5,000 untuk motor dan Rp.10,000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Asmoro

Pantai Asmoro merupakan kawasan wisata yang terbilang masih baru. Maka dari itu fasilitas yang tersedia belum cukup memadai. Salah satu fasilitas yang dapat ditemui pengunjung adalah gazebo yang nisa digunakan untuk beristirahat atau berteduh.

Karena tidak ada warung, sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri. Kekurangan fasilitas di Pantai ini adalah tidak adanya toilet, jadi kalau kebelet buang air kecil dan besar, anda harus berimprovisasi.

Bersama temand an sahabat di pantai asmoro malang
Menciptakan kenangan. Image via: ngadem.com

Daya Tarik Pantai Asmoro

Ada sangat banyak sesungguhnya yang menarik dari pantai Asmoro Malang ini. Namun tentu tak dapat kami gambarkan seluruhya dalam tuisan singkat ini. Dari yang sangat banyak itu, kami mencoba menyajikan beberapa diantaranya yang paling sering disebut oleh para pengunjung.

  1. Gugusan pulau

Pada saat mengunjungi area wisata ini hal pertama yang tersuguh adalah gugusan pulau-pulau yang begitu indah. jika dilihat dari atas gugusan-gugusan pulau tersebut bntuknya nampak seperti lambang hati.

Gugusan pulau ini tentunya mengingatkan banyak orang akan kawasan Raja Ampat yang terkenal akan keindahannya. Maka dari itu tek heran jika banyak orang menyebut Pantai Asmoro ini dengan sebutan Raja Ampatnya Malang.

Pantai Teluk Asmara dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Salah satu aktivitas yang menarik bagi pengunjung adalah hopping island. Dimana pengunjung bisa berkunjung dari satu pulau ke lainnya dalam satu hari saja.

Gugusan Pulau mungil di teluk pantai asmoro mengingatkan apda pemandangan raja ampat papua.
Gugusan Pulau mungil. Image via: sewarentalmobilmalang.net

Simak juga: Wisata Alam Sikembang di tengah hutan pinus

  1. Snorkeling

Pantai Asmoro merupakan pantai yang air lautnya berarus cukup tenang sehingga para pengunjung pun dapat melakukan aktivitas snorkeling. Dengan begitu pengunjung dapat menyaksikan pemandangan bawah laut di area ini yang menyuguhkan bermacam terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan.

Pemandangan bawah laut yang dihadirkan Pantai Asmoro ini masih sangat alami dan indah. Terumbu karang yang tersaji begitu elok dengan aneka biota laut yang hilir mudik menjadi pemandangan utama yang bisa pengunjung nikmati.

  1. Sunset

Sunset merupakan salah satu fenomena yang harus disaksikan bila mengunjungi kawasan pantai ini. Teluk-teluk yang terdapat di pantai ini akan membentuk silet yang menakjubkan pada saat matahari terbenam.

Sunset Pantai Asmoro.
Sunset Pantai Asmoro. Image via: @malang_mbois
  1. Berkemah

Bagi pengunjung yang merasa belum puas menikmati indahnya pemandangan yang tersaji di kawasan ini dapat bekemah di sekitar pantai. Dengan berkemah pengunjung tentunya dapat menikmati keelokan pantai ini lebih lama lagi. Di pantai yang hening ini terdapat titik-tik yang cocok untuk mendirikan tenda.

Suasana pantai yang hening dan damai membuat Pantai Teluk Asmara ini sering dijadikan sebagai tempat untuk camping atau berkemah. Pengunjung bisa mendirikan tenda ditepi pantai sambil membuat api unggun. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa pengunjung tak akan menemi penyewaan peralatan kemah sehingga pengunjung harus membawanya sendiri.

Kemudian pada malam harinya, pengunjung bisa membuat api unggun sambil bernyanyi-nyanyi bersama sahabat. Sedangkan pada pagi harinya bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti berenang, voli, sepak bola pantai ataupun yang lainnya.

Camping menikmati alam di atas pasir Pantai Asmoro Malang.
Camping di Pantai. Image via: wedangkopiprambanan.com

Simak juga: Pantai Ngurtafur, Jembatan Laut sepanjang 2 Km

  1. Gazebo atau Goa

Pengunjung pantai Asmoro dapat menemukan beberapa gazebo-gazebo kecil yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan pantai Teluk Asmoro dari atas bukit. Gazebo-gazebo ini juga bisa untuk menjadi tempat berteduh.

Selain gazebo ternyata para pengunjung bisa berteduh atau bersantai di dalam sebuah goa-goa kecil di pinggir pantai. Adanya goa kecil ini menjadi keunikan lain yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain

Aku dan keheningan alam raya di PAntai asmoro
Aku dan keheningan. Image via: explorewisata.com

Objek Wisata Dekat Pantai Asmoro

Selain pantai Asmoro, pantai Malang lain yang juga berombak tenang adalah Pantai Mrutu. Kelebihan Pantai Mrutu dibanding pantai yang lain adalah ombaknya yang tenang, sebab ombak yang datang ke bibir pantai seperti berjalan pelan-pelan dan halus. Ombak itu seakan tidak mau menimbulkan suara yang berisik.

Jika ingin menemukan pantai yang Unik, malang punya pantai Tiga Warna. Keunikan utama Pantai Tiga Warna Malang adalah warna airnya yang berbeda-beda. Biru-Hijau-Putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, karena ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

Itulah ulasan singkat dari Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini menawarkan Pantai yang sepi dengan pemandangan yang indah.

Baca juga:

Leave a Comment