Pantai Clungup, Pantai Unik di Kawasan Clungup Mangrove Conservation

Pantai Clungup merupakan salah satu pantai yang ada di Malang, yang memiliki keunikan yang sangat khas dibalut dengan alamnya yang bersih juga indah.

Pantai ini juga berdekatan dengan pantai indah lainnya, seperti Pantai Gatra, Pantai Savana, Pantai Mini, Pantai 3 warna, serta Pantai Batu Pecah.

Pantai Clungup termasuk kawasan pantai di laut selatan, namun memiliki deburan ombak yang cukup tenang tak seperti pantai selatan lain yang memiliki deburan ombak yang ganas.

pantai clungup
pantai clungup. google maps. sumber: Yohana Meisye

Selain itu lokasi wisatanya pun cukup sepi dari pengunjung, dan terlihat sangat bersih, tak sedikitpun terlihat sampah berserakan.

Dengan berada di kawasan Clungup Mangrove Conservation, menghadirkan keindahan dan ketenangan Pantai Clungup yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang populer

Lokasi & Alamat Pantai Clungup

Lokasi dan alamat Pantai Clungup tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Clungup

Waktu yang akan ditempuh untuk menuju Pantai Clungup jika berangkat dari Kota Malang, sekitar 2 jam dengan jarak kira-kira 72 km.

berada di kawasan clungup mangrove conservation
berada di kawasan clungup mangrove conservation. google maps. sumber: Kaka Kristin

Rute yang dapat ditempuh yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Turen, ketika tiba di pertigaan jalan belok kiri ke arah Pantai Sendang Biru. Terus lajukan kendaraan hingga mendapati arah menuju Pantai Clungup.

Hingga tibalah kamu di area parkir Clungup Mangrove Conservation. Disinilah kamu yang membawa kendaraan mobil harus memakirkan kendaraan.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga tiba di pos 1 Clungup Mangrove Conservation, atau dapat pula dengan menggunakan jasa ojeg. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan motor, dapat terus melaju hingga tiba di area parkir dekat pos 1.

Rute lain yang dapat kamu tempuh ialah dengan mengarahkan kendaraan menuju Gondanglegi, kemudian tibalah kamu di Bantur.

Lalu kamu akan tiba di perempatan jalan sebelum masuk Balekambang, beloklah ke arah kiri hingga tibalah di Clungup Mangrove Conservation.

Trekking Menuju Pantai Clungup

Lokasi Pantai Clungup berada di kawasan hutan bakau yang cukup rindang, sehingga untuk dapat menuju kesana kamu harus berjalan menyusuri kawasan hutan bakau terlebih dahulu.

pemandangan trekking menuju pantai clungup
pemandangan trekking menuju pantai clungup. google maps. sumber: Sukaku Infomedia

Pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan motor akan berjalan lebih dekat dari mereka yang menggunakan kendaraan mobil. Untuk kamu yang membawa mobil harus diparkirkan di area depan dan berjalan sekitar 1 km hingga tiba di pos 1.

Di pos 1 semua barang bawaan kamu akan diperiksa dan didata, dan ketika pulang ada barang yang hilang atau tidak ada akan dikenakan denda. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan sampah yang tertinggal di area Pantai Clungup.

Perjalanan akan dilanjutkan menuju Pos 2, disinilah kamu harus membayar tiket. Kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri hutan bakau hingga akhirnya tiba di Pantai Clungup.

Jam Buka Pantai Clungup

Jam operasional Pantai Clungup dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam.

Namun, waktu yang tepat mengunjungi pantainya ialah di pagi hingga siang hari. Karena jika sore hari pantainya akan surut dan berubah menjadi lautan pasir.

keindahan pantai clungup
keindahan pantai clungup. google maps. sumber: Dindin Bordir

Tiket Masuk Pantai Clungup

Tiket masuk Pantai Clungup dengan membayar sekitar Rp. 10.000,- per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Pantai Clungup

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Clungup terbatas, belum tersedia fasilitas lengkap dan memadai. Hal tersebut dimaksudkan untuk tetap menjaga keasrian dari lokasi tersebut.

Fasilitas yang ada diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Area untuk camping

Daya Tarik Wisata Pantai Clungup

1. Pemandangan Yang Indah

suasana pantai clungup di sore hari
suasana pantai clungup di sore hari. google maps. sumber: reza zulfahmi

Ketika menginjakkan kaki di Pantai Clungup, kamu akan menyaksikan beberapa pulau yang berada di sekitar pantai. Pulau tersebut ditumbuhi pepohonan yang cukup lebat, sehingga menghadirkan perpaduan alam yang sangat cantik.

Pantai ini tergolong pantai yang tak terlalu ramai, sehingga kamu dapat menikmati alam yang tersaji. Angin yang berhembus menenangkan jiwa dan raga yang sedang lelah.

Lokasi Pantai Clungup berada sebelahan dengan Pantai Gatra, hanya dipisahkan oleh bukit. Hal unik akan terjadi di waktu sore hari, dimana air lautnya akan surut sehingga menghadirkan lautan pasir yang cukup luas. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Clungup ini.

2. Pantai Yang Landai

Pantai Clungup memiliki fotografi pantai yang cukup landai, ditambah dengan ombak yang tenang sehingga kamu dapat melakukan beberapa permainan air yang seru dan menyenangkan.

Banyak pengunjung yang datang untuk bermain air di Pantai Clungup, serta ada pula beberapa pengunjung dengan riangnya bermain pasir dengan membangun beberapa bangunan sesuai imajinasinya.

Suasana pantai yang cukup tenang membuat pengunjung dapat lebih leluasa bermain, bahkan ada pula diantara mereka yang membawa bola untuk bermain bola di sekitar Pantai Clungup.

3. Camping Ground

area untuk camping
area untuk camping. google maps. sumber: Dyah Kusuma Susanti

Pantai Clungup memiliki area untuk mendirikan tenda, yakni di sekitar Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Kamu dapat menikmati panorama alam yang tersaji, dengan suasana tenang dan damai.

Kamu hanya akan ditemani oleh nyanyian alam serta bintang yang bertaburan di malam hari, biaya untuk camping berbeda dengan biaya atau tiket masuk untuk mengunjungi Pantai Clungup.

Tersedia pula penyewaan tenda, yakni dengan membayar sebesar Rp. 100.000,- kamu pun tinggal menunggu tenda itu berdiri dengan sempurna.


Tinggalkan komentar