Pantai Tiga Warna, Sajian Alam Yang Menakjubkan

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai yang berada di dalam kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation). Dan menjadi pilihan wisata pantai lain ketika berada di Malang.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, hal tersebut bisa dilihat dari namanya. Dimana pantai ini memiliki gradasi warna yang berbeda-beda, dan terlihat sangat cantik dari ketinggian.

Karena berada di kawasan konservasi, kebersihan dan keasriannya pun sangat terjaga dengan baik sama halnya seperti Pantai Clungup.

pantai tiga warna
pantai tiga warna. google maps. sumber: Kharina Utami

Baca juga: tempat wisata populer di Malang

Ya, ketika memutuskan untuk mengunjungi Pantai Tiga Warna kamu akan melewati beberapa pantai lain yang tak kalah indahnya, yakni:

  • Pantai Gatra
  • Pantai Clungup
  • Pantai Batu Pecah

Karena kamu akan mengunjungi kawasan konservasi, maka lebih baik melakukan booking terlebih dahulu. Dan menjaga kebersihan di sekitar pantai.

Trekking Pantai Tiga Warna

Untuk menuju Pantai Tiga Warna, harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan menyusuri kawasan hutan mangrove serta melewati beberapa pantai lainnya.

trekking menuju pantai tiga warna
trekking menuju pantai tiga warna. google maps. sumber: shuN ecHi

Jika kamu menggunakan mobil, maka harus memakirkan kendaraan di bagian depan kemudian melanjutkannya dengan menggunakan ojeg. Bisa juga dengan berjalan kaki, jarak tempuhnya lebih dari 1 km hingga akhirnya tiba di Pos 1.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan motor, dapat langsung melanjutkan perjalanan hingga parkiran yang lokasinya dekat dengan Pos 1. Perjalanan belum berhenti sampai disitu, kamu harus terus melanjutkan perjalanan hingga tiba di Pos 2.

Disini merupakan pos tiket serta pemeriksaan barang bawaan yang kamu bawa saat itu, hal tersebut untuk menghindari sampah yang kamu tinggalkan di lokasi pantai.

Dengan ditemani seorang guide atau pemandu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di Pantai Tiga Warna.

lokasi parkir mobil
lokasi parkir mobil. google maps. sumber: Aditya Krisnadi

FYI, kamu hanya diberi waktu selama 2 jam untuk berada di Pantai Tiga Warna. Karena pengunjung di pantai ini dibatasi hanya 200 orang dalam satu waktu.

Hal itu dimaksudkan untuk menjaga alamnya supaya tetap terjaga dengan baik, kamu pun bisa melanjutkan dengan mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya.

Ragam Wisata Di Pantai Tiga Warna

Meskipun dibatasi oleh waktu, kamu masih dapat melakukan beragam kegiatan seru selama berada di Pantai Tiga Warna. Disini terdapat papan peringatan bahwa kamu tidak diperkenankan untuk berenang tanpa menggunakan pelampung.

Berikut ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Tiga Warna, yakni:

1. Bersantai dan Menikmati Alam

panorama pantai tiga warna yang mengagumkan
panorama pantai tiga warna yang mengagumkan. google maps. sumber: Muhammad Arief Fauzi

Pantai Tiga Warna memiliki alam yang sangat indah, hamparan pasirnya berwarna putih, warna air dekat pantainya hijau toska, sedangkan warna air laut lainnya berwarna biru.

Mungkin karena hal tersebutlah pantai ini diberi nama Pantai Tiga Warna, menghadirkan gradasi warna alam yang sangat cantik. Di sekitar Pantai Tiga Warna tumbuh pepohonan yang cukup banyak, sehingga lokasinya teduh tidak terlalu panas.

Kamu dapat duduk-duduk atau bersantai di sebuah saung sambil memandang jauh ke arah pantai yang memiliki deburan ombak yang tak terlalu besar.

Di sekitar Pantai Tiga Warna hadir sebuah pulau yang bernama Pulau Sempu, pulau tersebut cukup besar dan memiliki pepohonan hijau yang cukup lebat.

2. Snorkeling dan Diving

snorkeling di pantai tiga warna
snorkeling di pantai tiga warna. google maps. sumber: Ahmad Efendi

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah snorkeling serta diving atau menyelam. Di sekitar pantai terdapat pos penyewaan peralatan untuk snorkeling dan diving.

Nantinya kamu akan dibawa ke lokasi yang tepat untuk melakukan snorkeling dan melihat kehidupan biota laut yang ada di Pantai Tiga Warna.

Pantai ini merupakan satu-satunya spot snorkeling yang ada di Malang. Menyelam disini kamu tidak menggunakan kaki katak, karena untuk mencegah kerusakan pada terumbu karang yang ada.

Sedangkan untuk kegiatan diving atau menyelam, hanya dikhususkan untuk pengunjung yang pernah melakukan diving sebelumnya. Jika belum pernah sama sekali, tidak disarankan.

3. Hunting Spot Foto

spot foto favorite
spot foto favorite. google maps. sumber: Rizki Ananda Putra

Di sekitar Pantai Tiga Warna terdapat sebuah bukit dengan view yang sangat indah. Bukit tersebut dilengkapi dengan sebuah gardu pandang yang dapat digunakan untuk berfoto.

Kamu dapat menuju bukit tersebut dengan menapaki jalur yang sudah tersedia, jalurnya kecil dan cukup menanjak. Ketika tiba di atas, kamu akan menyaksikan Pantai Tiga warna yang benar-benar menghadirkan warna alam yang berbeda.

Selain itu beberapa pantai yang ada di sekitarnya pun dapat terlihat dengan jelas, gagahnya Pulau Sempu seakan melengkapi panorama alam yang tersaji.

Lokasi & Alamat Pantai Tiga Warna

Lokasi Pantai Tiga Warna berada di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC), tepatnya berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Tengah.

berada di kawasan clungup mangrove conservation
berada di kawasan clungup mangrove conservation. google maps. sumber: Donny Setiawan

Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Waktu yang akan ditempuh untuk menuju Pantai Clungup jika berangkat dari Kota Malang, sekitar 2 jam dengan jarak tempuh kira-kira 72 km.

Rute yang dapat ditempuh yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Turen, ketika tiba di pertigaan jalan belok kiri ke arah Pantai Sendang Biru. Terus lajukan kendaraan hingga mendapati arah menuju Pantai Clungup.

Kemudian tibalah kamu di area parkir Clungup Mangrove Conservation. Disinilah kamu yang membawa kendaraan mobil harus memakirkan kendaraan.

Jam Buka Pantai Tiga Warna

Jam operasional Pantai Tiga Warna dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat.

pos 2
pos 2. google maps. sumber: M Bima Sakti

Tiket Pantai Tiga Warna

Tiket masuk Pantai Tiga Warna dan pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya cukup dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya.

Sedangkan untuk memasuki kawasan Pantai Tiga Warna, kamu harus ditemani oleh seorang pemandu yakni 10 pengunjung ditemani oleh satu pemandu.

Dengan biaya sekitar Rp. 100.000,- dan harus melakukan booking terlebih dahulu ke nomor +6281333777659 serta melakukan pembayaran sebesar 50%.

Fasilitas di Pantai Tiga Warna

Fasilitas pendukung yang tersedia di Pantai Tiga Warna diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Saung atau gazebo tempat beristirahat
  • Tempat untuk ganti baju
  • Kamar mandi
  • Pos penyewaan peralatan snorkeling dan diving

Penginapan

Di sepanjang jalan menuju lokasi CMC (Clungup Mangrove Conservation) kamu dapat melihat beberapa penginapan atau homestay yang dapat kamu manfaatkan untuk menginap.

Penutup

Apa yang telah dilakukan pengelola Clungup Mangrove Conservation (CMC) sungguh sangat baik, mereka lebih memperhatikan akan keberlangsungan ekosistem alam daripada segi ekonomi yang akan dihasilkan.

Hal tersebut memanglah harus dilakukan, karena jika kamu menjaga alam maka alam akan menjaga kamu. Dan keindahannya akan berlangsung lebih lama.


Tinggalkan komentar