Pantai Tiga Warna, Surga yang Terpelihara di Situs Konservasi

Keunikan utama Pantai Tiga Warna Malang adalah warna airnya yang berbeda-beda. Biru-Hijau-Putih. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang, karena ombak besar dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.


Pantai 3 warna
Pantai 3 Warna. Image via: detikpiknik

Di Pantai 3 Warna Malang, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan taman bawah laut. Pengunjung dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai aneka ikan di sana. Pantai 3 Warna merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.

Pantai 3 Warna Malang sebenarnya bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru. Pemandangan muka pantai di dominasi oleh Pulau Sempu. Pantai 3 Warna merupakan kawasan konversi alam yang dikelola oleh Clungup Mangrove Conservation (CMC). Oleh karena itulah kawasan Pantai 3 Warna Malang ini tetap alami dan benar-benar terjaga kebersihan dan keindahannya.

1 Hal yang membedakan wisata pantai 3 warna dengan lokasi wisata pantai lain adalah standar kebersihannya. Ketika memasuki pintu masuk menuju Pantai 3 Warna, Pengunjung diharuskan menunjukkan semua barang bawaan yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Intinya barang yang berpotensi jadi sampah. Nanti setelah selesai wisata, saat akan pulang barang tersebut kembali di data. Pendataan barang bawaan kepada petugas bertujuan agar pengujung tidak meninggalkan sampah di kawasan pantai. Jika itu terjadi pengunjung dapat dikenakan denda sampai Rp 100.000,-.

Indahnya Pantai 3 warna
Indahnya pantai 3 warna. Image via: wisata-tanahair.com

Baca juga: tempat wisata populer di Malang

Lokasi Pantai Tiga Warna

Pantai 3 warna ada dalam area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hupantatan Lindung. Tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.

Dari pusat kota Malang, pantai ini jaraknya sekitar 150 km

Rute Menuju Pantai 3 Warna

Untuk mencapai Pantai 3 Warna, dari Kota Malang, bisa dengan mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang > Kecamatan Turen > Kecamatan Sumber Manjing Wetan > Pantai Sendang Biru.

Nanti akan ada petunjuk arah sesampai nya di pertigaan Pantai Sendang Biru, setelah itu ikuti petunjuk yang Clungup Mangrove Conservation. Penunjuk itu merupakan arah ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.

Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km. Dari pos tiket masuk, melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun. Jalanan ini cenderung jadi licin saat musim hujan. Hutan mangrove menjadi pemandangan indah sekaligus sebagai pertanda bahwa sudah sampai di Pantai Clungup.

Bersihnya pantai 3 warna
Bersihnya pasir pantai 3 warna. Image via: http: wi-satawisata

Dari Pantai Clungup, menuju Pantai Gatra ke arah kiri dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit di sebelah kiri Pantai Gatra, kita akan bertemu dengan Pantai 3 Warna. Perpaduan 3 warna ini terdiri dari air laut yang biru di dalam, lalu hijau agak ke tepi, dan putih pasir pantai.  Degradasi warna inilah yang menjadi alasan atas penamaan pantai ini dengan 3 warna.

Jam Buka Pantai 3 Warna

Pantai 3 warna dibuka untuk kunjungan publik mulai jam 05.00 sampai jam 14.00.

Tiket Pantai 3 Warna

Pengunjung yang ingin menikmati wisata pantai 3 warna, biaya masuknya dikenakan Rp. 6.000,-.

Untuk pengunjung rombongan dengan anggota 10 orang dikenakan biaya 300.000.-. Dengan perincian Rp. 100.000 untuk sewa guide, Rp. 150.000 untuk sewa lahan dan tenda dan Rp. 50.000 untuk tiket 10 orang.

Aktivitas Menarik di Pantai 3 Warna

  1. Pantai yang Bersih dan Lestari

pantai yang lestari
Pantai yang bersih. Image via: travelingyuk.com

Pantai Tiga Warna merupakan bagian dari kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC). Sebuah kawasan konservasi yang mengutamakan prinsip keseimbangan ekosistem. Hal ini dilakukan demi menjaga keindahan dan lingkungan sekitar, tanpa sepenuhnya melarang kunjungan wisatawan.

Kawasan CMC Tiga Warna bebas dari sampah. Kebersihan ini membuatnya semakin cantik dan menawan. Pengelola melakukan usaha keras untuk selalu  menjaga kawasan ini tetap bebas sampah.

Sebelum memasuki kawasan pantai, barang bawaan pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu. Terutama yang berpotensi menjadi sampah selama berada di sekitar pantai. Begitu pulang nanti, bawaan pengunjung akan kembali diperiksa di loket keluar. Setiap orang wajib membawa pulang sampah masing-masing. Apabila kurang dari yang sudah dicatat, pengelola takkan segan menjatuhkan denda yang lumayan.

Saat libur panjang di penghujung tahun dan Idul Fitri, CMC Tiga Warna justru menutup total kawasan wisata dari kunjungan wisatawan. Menurut pihak pengelola, intervensi manusia ketika peak season akan berbahaya terhadap ekologi kawasan konservasi.

Demi berlangsungnya proses rehabilitasi, pihak pengelola CMC Tiga Warna memberikan kesempatan pada alam untuk ‘beristirahat’ dari kunjungan wisatawan. Bukan hanya nilai ekonomi saja yang diutamakan, namun juga keberlanjutan dari suatu objek wisata alam.

  1. Renang dan Snorkeling

snorkeling di pantai 3 warna
Snorkeling di pantrai 3 warna. Image via: malangstrudel.com

Untuk fasilitas snorkeling, pengunjung bisa menyewa peralatan di lokasi pantai. Biaya sewa peralatan Snorkeling  sebesar Rp. 15.000 per set. Satu set perlengkapan terdiri atas baju pelampung, kaca mata dan alat bantu napas.

Pantai 3 Warna memiliki keunikan di warna airnya yang berbeda-beda. Perbedaan ini karena adanya perbedaan kedalaman air laut. Selain dari keunikan warna air yang berbeda-beda, air laut dipantai ini juga bersih dan jernih. Di pantai Tiga Warna para penggunjung dapat menikmati keindahan terumbu karang yang dapat dinikmati sepuasnya.

Snorkeling di Pantai Tiga warna merupakan salah satu pengalaman Snorkeling Spesial. Pantai ini adalah satu-satunya spot snorkeling di Malang. Walaupun tak seindah dengan keindahan pemandangan bawah laut saat Snorkeling di Karimun Jawa, namun keindahan bawah laut di pantai 3 Warna ini juga layak untuk dicoba.

  1. Berkemah

camping pantai 3 warna
Langit malam, saat camping. Image via: @hakimsukmaaji

Selain berkunjung dan menikmati keasrian pantai ini, pengunjung pantai 3 warna juga diperbolehkan untuk menginap atau melakukan camping. Namun kebanyakan pengunjung melakukan camping di pantai yang berada di dekat Pantai Tiga Warna ini, yaitu Pantai Clungup atau Pantai Gatra.

Pmeilihan pantai Gatra atau pantai Clungup untuk lokasi camping, karena di pantai-pantai tersebut disediakan persewaan tenda dan juga lahan. Harga untuk sewa tenda dihargai 25.000 rupiah untuk satu tenda. Sementara untuk sewa lahan juga dikenai biaya 25.000 rupiah.

Banyak pengunjung atau wisatawan yang datang dari tempat yang jauh bahkan luar kota. Hal ini memebuat banyak pengunjung yang menginap di sekitar pantai dan mendirikan camp. Selain dapat bermain sepuasnya di pagi harinya, pengunjung juga dapat menikmati suasana ketenangan pantai pada malam hari.

  1. Treking

trekking
Jelajah kawasan. Image via: wuffyland.com

Untuk menikmati keindahan pantai 3 warna, pengunjung harus menyewa jasa guide untuk trekking. Biaya guide sebesar Rp. 100.000 per kelompok, dan per kelompok dibatasi maksimal 10 orang. Jika pengunjung datang kurang dari 10 orang, pengunjung akan digabungkan bergabung dengan pengunjung lain, yang jumlahnya tidak sampai 10 orang.

Untuk berkunjung ke pantai 3 warna ini dibatasi kuota. Saat kuota sudah terpenuhi, pengunjung harus menunggu kelompok yang sedang trekking kembali untuk kemudian baru bisa memulai trekking.

Keistimewaan dan keunikan lain saat berkunjung ke pantai Tiga Warna adalah mendaftarkan barang bawaan. Pengunjung akan di data dan di cek semua barang bawaan seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi, rokok dan sebagainya. Saat akhir kunjungan semua barang itu kembali di data. Jika ada barang bawaan yang berkurang, berarti telah ada sampah yang terbuang di lokasi pantai. Jika hal ini terjadi, maka pengunjung akan mendapat denda dari petugas Clungup Mangrove Conservation pada saat pengecekan.

istirahat sejenak
Istirahat sejenak. Image via: ongistravel.com

Tips Mengunjungi Pantai 3 Warna

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pengunjung berangkat ke pantai 3 warna. Pantai 3 warna termasuk pantai yang berada di wilayah konservasi. Itu artinya untuk masuk wilayah ini harus mendapatkan surat izin dari balai konservasi. Sehubungan dengan hal itu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat  merencanakan mengunjungi pantai ini.

  • Sebelum berangkat pastikan beberapa hari sebelumnya sudah melakukan reservasi ke  pengelola dan petugas balai konservasi mangrove clungkup dengan menghubungi nomor 0812-3333-9889. Pengelola membatasi setiap rombongan dengan maksimal 10 0rang dengan tarif masuk 100rb. Perhari hanya di batasi 100 orang demi menjaga ekosistem alam dan biota laut.
  • Di wilayah pantai tiga warna sangat jarang ditemui pedagang. Sebelum masuk ke wilayah pantai 3 warna lebih baik mempersiapkan makanan untuk jaga-jaga, apalagi jika ingin camping. Untuk camping biasanya dilakukan di pantai gatra, yang masih satu kompleks dengan pantai ini.
  • Jika ingin menginap, pihak pengelola sudah mempersiapkan  tenda dan peralatan outdoor. Harga sewa cukup murah, yaitu 25rb per malam untuk tenda dan 25ribu untuk sewa lahan. Jadi tidak perlu repot-repot membawa peralatan camping.
observation deck pantai 3 warna
Observation Deck. Image via: idetrips.com

Objek Wisata Dekat Pantai 3 Warna

Berwisata di pantai tiga warna tidak akan pernah kehabisan bahan. Pantai 3 warna berdekatan dengan beberapa pantai indah lainnya, Bahkan masih 1 kawasan. Pantai-pantai itu adalah Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Savana, Pantai Watu Pecah, dan Pantai Mini.

Semu Pantai di atas juga memiliki standar kebersihan yang tinggi, seperti halnya pantai 3 warna. Karena semua pantai dalam 1 kawasan itu juga diawasi oleh pengelola yang sama.

Bagaimana Teman-teman, sudah lihat kan foto-foto pemandangan cantik di sekitar Pantai Tiga Warna? Bagaimana, adakah di antara kalian yang berencana datang ke sini dalam waktu dekat?  Dijamin tidak akan ada sesal karena berwisata mengunjungi pantai ini.

Pantai Tiga Warna, Surga yang Terpelihara di Situs Konservasi
4.6 (92%) 5 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment