Saung Angklung Udjo, Dari Sejarah Hingga Prestasi Di Dunia

Saung Angklung Udjo sepertinya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, apalagi masyarakat priangan, khususnya Bandung. Bukan hanya tentang seni saja, sisi warisan budaya nusantara, serta wisata edukatif, adalah sajian wisata di Saung Angklung Udjo, Bandung.

Tempat wisata di Bandung memang banyak, dan beragam. Kehadiran Saung Angklung Udjo seakan menjadi penyempurna, sekaligus menegaskan bahwa semua tema tempat wisata lengkap tersaji di Bandung.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang Saung Angklung Udjo, perlu penulis sampaikan bahwa saat ini Kabupaten Bandung, maupun Kota Bandung tidak masuk ke dalam daerah yang diperpanjang PPKM Level 4 nya, Bandung turun ke Level 3.

belajar bermain angklung
belajar bermain angklung. google maps. sumber: Saung Angklung Udjo

Lihat juga; daftar tempat wisata di Bandung yang populer

Jadi sangat besar kemungkinan banyak objek wisata yang mulai buka kembali. Tetapi bukan berarti juga para pengunjung, dan pihak pengelola mengabaikan protokol kesehatan ya…

Dan inilah review Saung Angklung Udjo yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Bandung, baik saat akhir pekan, maupun saat libur nasional tiba.

Lokasi Dan Alamat Saung Angklung Udjo

Lokasi Saung Angklung Udjo terletak tidak jauh dari Terminal Cicaheum Bandung. Adapun alamat Saung Angklung Udjo berada di Jalan Padasuka, No. 118, Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Nomor telepon Saung Angklung Udjo: (022) 727-1714, atau melalui email info@angklung-udjo.co.id. Kamu bisa juga follow di instagramnya yaitu @angklungudjo.

pertunjukkan seni tradisional
pertunjukkan seni tradisional. google maps. sumber: Mutiara Lestari

Simak; review kawah gunung Tangkuban Perahu yang memukau

Rute Menuju Saung Angklung Udjo

Jalan menuju Saung Angklung Udjo sangatlah mudah, bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum.

Jarak Saung Angklung Udjo dari Terminal Cicaheum sekitar 900 meter saja, dengan waktu tempuh hanya 10 menit saja hingga area parkiran utama.

Akses jalan ke Saung Angklung Udjo memang bisa dilalui oleh setiap jenis kendaraan, hanya saja jalur tersebut merupakan jalur yang cukup padat.

Simak; wisata alam di Ranca Upas Ciwidey

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

  • Tiket masuk Saung Angklung Udjo Rp. 75.000 untuk wisatawan domestik.
  • Tiket masuk Saung Angklung Udjo Rp. 110.000 untuk wisatawan luar negeri, hari biasa.
  • Tiket masuk Saung Angklung Udjo Rp. 120.000 untuk wisatawan luar negeri, di akhir pekan.
  • Anak usia di bawah 4 tahun, gratis biaya masuk.

Jam Buka Saung Angklung Udjo

  • Jam operasional Saung Angklung Udjo dari pukul 08.00 – 22.00.
  • Saung Angklung Udjo buka setiap hari.
  • Jadwal Saung Angklung Udjo di hari biasa untuk pagelaran seni pukul 15.30.
  • Jadwal Saung Angklung Udjo di hari Sabtu untuk pagelaran seni yaitu pukul 13.00, dan pukul 15.30.
  • Jadwal Saung Angklung Udjo di hari minggu untuk pagelaran seni yaitu pukul 10.00, dan 15.30.
pagelaran wayang
pagelaran wayang. google maps. sumber: aditya dhanwantara

Simak: wisata alam dan kuliner di Grafika Cikole

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo sudah terkenal ke mancanegara, sehingga fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung yang datang sudah sangat lengkap. Seperti:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Tempat makan,
  • Tempat pagelaran seni.

Sejarah Saung Angklung Udjo

mengenalkan alat musik tradisional
mengenalkan alat musik tradisional. google maps. sumber: Bernadette Yarra

Simak; review tempat wisata di Lembang yang populer

Sejarah Saung Angklung Udjo lahir dari visi pendirinya yang bernama Udjo Ngalagena, yang didukung oleh istrinya yang bernama Uum Sumiati.

Beliau mengenal angklung dari sejak usia 4 tahun, sehingga banyak hal yang begitu membekas menjadi sebuah kecintaan terhadap angklung.

Pada tahun 1966, akhirnya Saung Angklung Udjo didirikan. Visi dari Saung Angklung Udjo adalah melestarikan warisan budaya nusantara, khususnya budaya sunda.

Mang Udjo, sapaan akrab beliau, wafat pada tanggal 3 Mei, tahun 2001. Saung Angklung Udjo menjadi sebuah maha karya beliau, bukti dedikasi, serta bukti kecintaan terhadap budaya, dan tradisi Sunda.

Saung Angklung Udjo (SAU) kini diteruskan oleh anak-anak beliau. Dari masa almarhum Mang Udjo, hingga saat ini Saung Angklung Udjo telah banyak mengukir prestasi yang mampu memngharumkan nama Indonesia.

Beredar kabar Saung Angklung Udjo bangkrut karena situasi ekonomi dampak dari pandemi. Namun hal tersebut sudah dibantah, meskipun Saung Angklung Udjo merasakan dampak akibat situasi pandemi tersebut.

Saung Angklung Udjo harus tetap lestari di tengah arus kuat modernisasi, serta kemajuan teknologi. Sejatinya, bangsa yang maju adalah bangsa yang mengenal jati dirinya.

Daya Tarik Saung Angklung Udjo

1. Wisata Budaya Yang Edukatif

tempat belajar yang menyenangkan
tempat belajar yang menyenangkan. google maps. sumber: Kang Rija

Simak: info seputar Kawah Putih Bandung

Daya tarik yang pertama dari Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata di Bandung yang menyajikan nilai budaya, dan edukatif.

Sebelum situasi pandemi, kunjungan wisata ke Saung Angklung Udjo dari berbagai kalangan, berbagai usia, bahkan tidak sedikit yang datang dari luar negeri.

Nama beken yang sudah terkenal di dunia pernah datang, sekaligus belajar anngklung di Saung Angklung Udjo, Bandung. Salah-satunya Marc Marquez pembalap MotoGP yang terkenal.

2. Belajar, Dan Membeli Angklung

tempat membeli souvenir
tempat membeli souvenir. google maps. sumber: lady jazzmine

Baca: review wisata alam Sanghyang Heuleut yang masih alami

Alat musik tradisional angklung, dulunya merupakan kaulinan budak lembur, atau dalam bahasa Indonesianya adalah mainannya anak-anak di kampung.

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berkembang di masyarakat sunda. Alat musik tersebut terbuat dari bambu yang dipotong-potong dengan ukuran yang berbeda, sehingga menghasilkan nada yang berbeda juga.

Anak jaman now tidak perlu malu dengan alat musik tersebut. Nyatanya, angklung mampu juga menyajikan lagu-lagu kekinian. Tidak sedikit juga anak muda yang suka memadukan angklung dengan alat musik yang modern.

Di Saung Angklung Udjo para pengunjung bisa belajar alat musik tradisional tersebut, sangat mudah, nggak terlalu sulit. Bahkan para pengunjung juga bisa membeli angklung satu set komplit untuk dibawa ke rumah, ataupun dijadikan alat edukasi di sekolah.

3. Pagelaran Seni

pagelaran seni
pagelaran seni. google maps. sumber: Deffian Raylend

Simak juga: paket wisata Bandung

Daya tarik selanjutnya dari Saung Angklung Udjo adalah pementasan seni. Tentu saja pentas utamanya adalah menampilkan pertunjukkan angklung.

Terdapat tempat khusus di lokasi tersebut sebagai tempat pentas angklung. Dan inilah kegiatan yang sering dilaksanakan di Saung Angklung Udjo:

  • Angklung orkestra,
  • Demonstrasi wayang golek,
  • Angklung masal, dan arumba,
  • Seni tari tradisional,
  • Seni tari anak-anak.

Selain itu, segudang prestasi internasional pernah diraih oleh Saung Angklung Udjo. Seperti:

  • Best ASEAN Cultural Preservation Effort,
  • Karya Agung Warisan Budaya Lisan Dan Nonbendawi Manusia, dari UNESCO.

Setidaknya, prestasi tersebut menjadi alasan kuat bagi anda yang belum pernah datang ke Saung Angklung Udjo, untuk menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi wisata selanjutnya.


Tinggalkan komentar