Saung Angklung Udjo, Wisata Konservasi Berbalut Inovasi

Saung Angklung Udjo merupakan sebuah objek wisata budaya bernilai edukasi yang lengkap. Saung Angklung Udjo memiliki kapasitas untuk memenuhi harapan sebagai lokasi wisata yang membuat pengunjung bisa menikmati dan menyelami seni, khususnya seni sunda dalam hal ini angklung.


Untuk mendukung pencapaian misi pariwisata edukasi kebudayaan sunda, lokasi ini dilengkapi dengan arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu.

Terlebih dari sekedar lokasi wisata, kehadiran Saung Angklung Udjo di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda. Dalam hal ini khususnya Angklung. Pelestarian ini dilakukan melalui melalui penyelenggaraan pertunjukan, pendidikan, dan pelatihan.

Tempatnya pun nyaman. Selain panggung yang besar dengan tata suara dan cahaya yang apik. Di Saung Angklung Udjo, para tamu bisa belanja beraneka ragam souvenir khas Indonesia. Tersedia kafe dan kantin buat tempat makan dan beristirahat para tamu. Tempatnya pun rindang, nyaman buat sekedar menikmati udara sejuk Bandung.

Saung angklung udjo
Saung angklung udjo. Image via: @bambangkelikbudiharso

Untuk mempertahankan alat musik bambu ini, Saung Angklung Udjo juga mendirikan kelas pendidikan musik, tarian, dan angklung. Muridnya mulai dari anak-anak sampai mahasiswa dan tanpa dipungut biaya.

Lihat juga; daftar tempat wisata di Bandung yang populer

Sejarah Saung Angklung Udjo

Angklung Orkestra 2
Orkestra angklung. Image via: iccerec.org

Saung Angklung Udjo didirikan oleh seniman Sunda yang dikenal sebagai Mang Udjo. Nama asli beliau adalah Udjo Ngalagena. Saat awal pendirian, beliau mendirikan dan mengelola tempat ini bersama dengan istrinya. Visi awal pendirian saung adalah untuk melestarikan budaya dan seni tradisional khas Sunda.

Mang Udjo merupakan seorang seniman angklung dari Jawa Barat. Beliau lahir pada 5 Maret 1929. Sejak usia sangat belia, beliau telah akrab dengan kesenian angklung. Bahkan beliau mengatakan, beliau main angklung sejak usia 4 tahun. Pergaulan yang sepanjang usia inilah, yang mungkin membuat Mang Udjo melihat angklung, bukan hanya sebagai permainan seni semata, namun lebih pada way of life.

Atas dasar kecintaan yang besar itu, dengan dukungan dari sang istri, beliau kemudian mendirikan Saung Angklung Udjo pada tahun 1966.

Mang Udjo
Lukisan Udjo Ngalagena (Mang Udjo). Image via: Google Maps

Simak; wisata alam di Ranca Upas Ciwidey

Mang udjo wafat pada 3 Mei 2001. Sepeninggal Mang Udjo, Saung Angklung Udjo tak serta berhenti begitu saja. Anak beliau yang berjumlah 10 orang ternyata juga mewarisi jalan hidup Angklung.

Buah memang jatuh tak jauh dari pohonnya. Demikian kira kira pepatah yang menggambarkan, bagaimana anak anak Mang Udjo mewarisi kecintaan dan kekuatan dedikasi yang sama seperti Mendiang orang tua mereka.

Sampai saat ini, Saung Angklung Udjo masih tetap berdiri untuk mengedukasi pengunjung tentang seni dan budaya khas Sunda. Di sana, pengunjung akan disuguhkan dengan keasrian lingkungan sembari mencoba alat musik angklung.

Bisa dikatakan saung angklung udjo bandung adalah situs konservasi bagi kebudayaan sunda, khususnya angklung. Namun bukan sekedar konservasi dalam artian sekedar bertahan hidup, situs ini juga menggalakkan inovasi untuk membumikan angklung di kalangan generasi muda. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan lagu lagu saat pertunjukan orkestra. Pemilihan lagu masa kini adalah inovasi cerdas untuk membawa budaya kuno angklung ke dalam dunia modern anak muda.

logo-udjo
saung angklung udjo logo. Image via: angklung-udjo.co.id

Simak: wisata alam dan kuliner di Grafika Cikole

Alamat Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo beralamat di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat 40192. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung.

Kontak yang dapat dihubungi untuk keperluan tertentu di nomor (022)7271714 dan (022)7101736. Atau melalui email info@angklung-udjo.co.id. Untuk acc media sosialnya, saung menggunakan instagram di di @angklungudjo.

Rute Menuju Saung Angklung Udjo

Kendaraaan Pribadi

Untuk mencapai tempat ini, jika naik kendaraan pribadi Dari Arah Jakarta , pilih arah cipularang. Naik ke jembatan layang Pasopati, ikuti papan petunjuk ke Arah Cicaheum.

Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk menuju Jalan Padasuka. Kita akan menemui petunjuk ke lokasi.

Angkutan Umum

Pengunjung juga dapat menggunakan angkutan umum sebagai pilihan. Dari Surapati, pilih angkutan umum 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom (arah Cicaheum).

Turun di perempatan Padasuka (100 meter sebelum Cicaheum), lanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju Saung Udjo (500 meter).

pembuatan-saung-angklung-mang-udjo
Pembuatan angklung. Image via: bisbandung.com

Simak; review tempat wisata di Lembang yang populer

Jadwal Saung Angklung Udjo

Jam buka Saung angklung udjo sendiri adalah setiap hari, senin hingga minggu, mulai buka dari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Jadwal Saung Angklung Udjo untuk atraksi kesenian dan kebudayaan sunda di saung angklung udjo pada hari kerja, senin-jumat, setiap harinya dimulai sekitar pukul 15.30.

Jadwal Saung Angklung Udjo untuk atraksi kesenian dan kebudayaan sunda di saung angklung udjo pada hari sabtu, di adakan 2 kali. Pukul 13.00 dan pukul 15.30.

Jadwal Saung Angklung Udjo untuk atraksi kesenian dan kebudayaan sunda di saung angklung udjo pada hari minggu , di adakan 2 kali. Pukul 10.00 dan pukul 15.30.

Namun demikian Saung Angklung Udjo juga sering mengadakan pertunjukan khusus, dengan acara khusus pula.  Untuk informasi jadwal pertunjukan khusus tersebut, bisa menghubungi langsung no kontak (022)7271714 atau cek di IG Saung di @angklungudjo.

Marquez main angklung
Marc Marquez Main Angklung di Bandung. Image via: oto.detik.com

Simak; info seputar Kawah Putih Bandung

Tiket Masuk Puncak Saung Angklung Udjo Bandung

Harga tiket saung angklung udjo 2019 tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Untuk hari kerja tiket dewasa berharga Rp 70.000,- dan tiket anak anak berharga Rp 50.000,-. Sedangkan untuk akhir pekan tiket dewasa berharga Rp 75.000,- dan tiket anak anak berharga Rp 55.000,-.

Harga di atas berlaku untuk pengunjung warga negara Indoensia. Sedangakn untuk orang asing, dikenakan harga yang berbeda. Untuk hari kerja tiket dewasa berharga Rp 110.000,- dan tiket anak anak berharga Rp 70.000,-.

Sedangkan untuk akhir pekan tiket dewasa berharga Rp 120.000,- dan tiket anak anak berharga Rp 80.000,-.

Aktivitas di Saung Angklung Udjo

Ada berbagai jenis kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan selama berwisata di Saung Angklung Udjo Bandung. Aktivitas utama tentu saja menonton pertunukan angklung, dan belaajr bermain angklung. Kedua Kegiatan itu bertujuan mempopulerkan budaya Sunda serta alat musik angklung.

Berikut beberapa aktivitas ketika berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

Angklung Orkestra

Angklung Orkestra
Angklung Orkestra. Image via: @saungangklungudjo

Baca: review wisata alam Sanghyang Heuleut yang masih alami

Pada atraksi orkestra, angklung dimainkan bersama oleh para pementas sehingga menghasilkan suara yang indah. Suara alunan musik tersebut ditampilkan berbarengand negan tarian Jawa Barat yang luwes.

Lagu yang akan dibawakan pada pertunjukan orkestra berfariasi. Mulai dar lagu anak anak macam  Balonku dan  Twinkle Twinkle Little Star, hingga lagu dangdut maupun lagu daerah.

Dari kesaksian para pengunjung yang pernah mengikutipertunjukan orkestra, rata rata mereka mengatakan terpesona dan kagum dengan perpaduan musik dan tarian Jawa Barat.

Bermain Angklung Bersama

Bemaina angklung
Bermain Angklung Bersama. Image via: @saungangklungudjo

Selain menonton orkestra, pengunjung juga diajak untuk bermain dalam orkestra. Tentu saja ini bukan orkestra yang tampil untuk pertunjukan. Nmaun orkestra latihan yang memang didesain utnuk sarana pengenaland anpendiikan budaya angklung.

Pengunjung diajak bermain angklung bersama oleh anak-anak didikan Saung Angklung Udjo. Setiap pengunjung akan dipinjamkan sebuah angklung untuk dimainkan dengan mengikuti aba-aba dirigen.

Sebelum bermain angklung bersama, pengunjung diajarkan dahulu bagaimana cara memainkan angklung yang benar.

Menari Bersama

Menari Bersama
Menari Bersama. Image via: @saungangklungudjo

Simak; review kawah gunung Tangkuban Perahu yang memukau

Pada sesi menari bersama, pengunjung diajak menari tarian tradisional khas Jawa Barat. Pengunjung dapat mengikuti gerakan tari yang digerakkan oleh para penari.

Kegiatan ini mengedukasi  pengunjung untuk mengenalkan budaya Sunda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena diiringi musik yang riang. Atraksi ini biasanya ada pada sesi terakhir di jadwal pertunjukan setiap hari.

Wayang Golek

Wayang golek
Wayang Golek. Image via: pointandshootwanderlust.com

Wayang golek verveda dengan wayang kulit yg umum dikenal. Wayang golek lebih mirip boneka kayu. Wayang golek adalah sandiwara boneka kayu khas Sunda yang lengkap dengan kostum tradisional. Pertunjukanw ayang golek ditampilkan pada sesi pembukaan pada seluruh atraksi yang diadakan setiap harinya.

Tari Topeng

Tarian topeng dihadirkan hampir setiap hari di Saung Angklung Udjo. Kisah tari topeng berawal dari seorang pembawa berita dari Majapahit yang sedang menyelidiki situasi Kerajaan Blambangan.

Dalam tarian tersebut, seorang penari berperan sebagai pembawa berita yang menyamar menggunakan topeng. Topeng tersebut digunakan agar sang penari terlihat seperti seorang pria yang gagah guna melawan Prabu Menakjingga.

Wisata Kuliner Dapoer Angklung

Saat waktu makan siang tiba, pengunjung bisa menikmati juga aneka ragam kuliner yang ada di Dapoer Angklung. Makanan yang disajikan bervariasi seperti batagor dan siomai khas Bandung. Ada juga disediakan menu western yang rasanya tak kalah enak.

Belanja Souvenir

Toko Souvenir
Toko Souvenir. Image via: situsbudaya.id

Di saung Angklung Udjo, tersedia toko souvenir yang menyediakan aneka souvenir khas Sunda. Beragam souvenir tersedia, mulai dari benda benda kecil seperti gantungan kunci, kipas, kaus, gelang, sandal, sampai benda fungsional seperti tas. Souvebir utama yang ditawarkan tentu saja adalah replika angklung.

Harga souvenir di saung angklung udjo pun cukup murah meriah dan terjangkau. Pengunjung dapat menjumpai toko souvebir  ini di dekat loket penjualan tiket.

Foto-foto

berfoto di saung
Foto-foto ceria. Image via: traverse.id

Dengan alam yang masih lestari dan asri, Saung Angklung Udjo sungguh menyenangkan dijadikan spot berfoto yang bagus. Pengunjung bisa menikmati lingkungannya yang sejuk sambil mengambil gambar.

Hampir seluruh area dipenuhi dengan pepohonan. Yang dominan adalah pohon bambu. Situasi di sana akan membawa pengunjung menikmati suasana tradisi pedesaan yang tak terlupakan.

Objek Wisata Dekat Saung Angklung Udjo

Jika mengunjungi Saung Udjo pada pagi hari, maka ketika meninggalkan lokasi mungkin masih ada banyak waktu tersisa. Sayang rasanya jika langsung pulang atau balik ke hotel. Mengingat lokasi ini ada di bandung, yang terkenal sebagai salah satu kota wisata, maka jangan khawatir kekurangan objek wisata untuk memenuhi slot waktu seharian penuh.

Ada beberapa tempat yang bisa sekaligus anda kunjungi. Misalnya saja Puncak Bintang Bandung. Untuk menuju ke sini, anda tinggal terus ikuti jalan menuju ke atas dari Saung Udjo. Jaraknya masih lumayan jauh, tapi terbalaskan dengan view Bandung dari ketinggian yang indah.

Untuk yang terlanjur hobi dengan wisata berbau kebudayan, selepas dari saung angkung udjo, bisa meneruskan perjalanan ke Katedral Santo Petrus atau Gedung sate. Kedua objek wisata budaya itu berada dalam jarak 5 km dari saung angklung Udjo.

Atau jika ingin wisata sejarah yang berbau sains, bisa memilih Museum Geologi Bandung, yang ada pada jarak kurang dari 4 km dari saung angklung udjo. Nah yang ingin mengisi hari dengan bergembira ria sambil seru seruan, anda bisa memilih Trans Studio Bandung.

Nah sahabat nativeindonesia, demikianlah informasi tempat wisata budaya Saung Angklung Udjo di bandung timur kali ini, yang mengupas Aktivitas menyenangkan di saung angklung udjo bandung.

Selamat berlibur!

Saung Angklung Udjo, Wisata Konservasi Berbalut Inovasi
4.5 (90%) 6 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment