Taman Kyai Langgeng, Taman Wisata Keluarga Di Kota Seribu Bunga

Taman Kyai Langgeng adalah tempat wisata yang menyajikan konsep berupa pelestarian jejak sejarah perjuangan kemerdekaan, dalam balutan keseruan wisata alam yang menyenangkan di Magelang, Jawa Tengah.

Taman Kyai Langgeng memiliki nama lain, yaitu Taman Wisata Keluarga. Hal tersebut dikarenakan Taman Kyai Langgeng mampu menyajikan keseruan wisata keluarga di dalam satu kawasan.

Selain itu, lokasi Taman Kyai Langgeng yang terletak di jantung Kota Magelang menjadi daya tarik tersendiri, terutama akses jalan, serta waktu tempuh menuju Taman Kyai Langgeng hanya memakan waktu beberapa menit saja.

landmark taman kyai langgeng
landmark taman kyai langgeng. google maps. sumber: Rino Setyo P

Simak juga: lokasi wisata hits di Magelang.

Penasaran dengan daya tarik, dan ragam wahana yang ada di Taman Kyai Langgeng? Inilah informasi Taman Kyai Langgeng yang sudah kami persipakan untuk anda, sebagai sebuah referensi awal menentukan tempat wisata di Magelang, terutama saat akhir pekan, dan libur nasional.

Sejarah Taman Kyai Langgeng Magelang

Taman Kyai Langgeng merupakan taman kota yang memiliki luas sekitar 27,5 ha, yang dipenuhi dengan beragam wahana yang akan membuat suasana wisata anda semakin menyenangkan.

Namun, puluhan tahun sebelum itu, Taman Kyai Langgeng hanyalah sebuah lahan kritis. View yang tersaji saat sebelum dibangun, sangat jauh berbeda.

Taman Kyai Langgeng pertama kali dibangun pada tahun 1981, dan mulai diresmikan pada tanggal 15 September 1987. Pada awal berdiri, konsep taman bunga lebih mendominasi kawasan tersebut.

kereta air
kereta air. google maps. sumber: Taman Kyai Langgeng-Tempat Wisata Magelang

Simak juga: Taman Satwa Taru Jurug Solo.

Taman Kyai Langgeng digagas oleh Walikota Magelang, yang bernama Drs. H. A. Bagus Panuntun, dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu, yang bernama H. Ismail.

Adapun sejarah penamaan, atau asal-usul penamaan Taman Kyai Langgeng merujuk kepada makam yang sangat dihormati. Makam seorang pejuang, dan ulama di bawah komando Pangeran Diponegoro yang bernama Kyai Langgeng.

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng

1. Paru-Paru Kota Magelang

berkeliling taman
berkeliling taman. google maps. sumber: Mariano Berry

Taman Kyai Langgeng keberadaannya sangat penting bagi Kota Magelang. Hal tersebut dikarenakan Taman Kyai Langgeng merupakan paru-paru Kota Magelang.

Sebuah kawasan, ruang terbuka hijau yang sangat luas, tepat berada di jantung pusat kota. Jadi, taman tersebut bukan hanya sekedar taman kota biasa, yang hanya menawarkan keseruan wisata saja.

2. Taman Wisata Keluarga

Daya tarik selanjutnya dari Taman Kyai Langgeng adalah objek wisata yang mampu menjadi sebuah destinasi wisata keluarga yang sangat nyaman.

Salah-satu alasannya dikarenakan banyaknya ragam wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Di antaranya:

  • Kiddi Town
  • Waterboom, atau waterpark
  • 9 Wahana Gratis
wahana kincir kincir
wahana kincir kincir. google maps. sumber: Taman Kyai Langgeng-Tempat Wisata Magelang

Simak juga: Kebun Binatang Gembira Loka.

3. Aneka Satwa

Ragam wahana, atau spot yang ada di Taman Kyai Langgeng sangat bernilai edukatif, sehingga keluarga anda bukan hanya sebatas keceriaan wisata saja yang didapatkan, namun juga nilai edukasinya.

Oh iya, bagi anda yang sibuk bekerja namun ingin sambil liburan, maka di Taman Kyai Langgeng juga terdapat tempat khusus untuk pertemuan formil.

4. Spot Selfie

Konten wisata yang ada di Taman Kyai Langgeng ternyata juga menyisisr kebutuhan kaula muda, yaitu kebutuhan eksis di media sosial.

Keberadaan spot selfie di Taman Kyai Langgeng menjadi sebuah penegasan akan hal tersebut. Spot selfie favorit pengunjung, rata-rata spot yang memiliki latar Gunung Sumbing yang eksotis.

spot kece di taman kyai langgeng
spot kece di taman kyai langgeng. google maps. sumber: Gustav Subagio

5. Wisata Sejarah

Seperti yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya, bahwa di Taman Kyai Langgeng terdapat sebuah makam seorang pejuang, sekaligus ulama, yang sangat dihormati karena ikut dalam perang kemerdekaan, di bawah pasukan Pangeran Diponegoro, yang bernama Kyai Langgeng.

Makam tersebut menasbihkan Taman Kyai Langgeng merupakan objek wisata alam, yang memiliki rekam jejak sejarah yang patut untuk dilestarikan.

makam kyai langgeng
makam kyai langgeng. google maps. sumber: Taman Kyai Langgeng Official

Lokasi & Alamat Taman Kyai Langgeng

Lokasi dan alamat Taman Kyai Langgeng berada di Jalan Cempaka No. 6, Kelurahan Kairirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Dari pusat kota magelang, hanya berjarak 3.5 km saja.

Rute Menuju Taman Kyai Langgeng

Rute menuu Taman Kyai Langgeng jika bergerak dari pusat Kota Magelang kan menempuh jarak sekitar 3,5 km, melalui Jl. Raya Yogyakarta-Magelang ke arah Jl. Letnan Tukiyat menuju Kota Mungkid.

Ketika menemukan Armada Town Square arahkan kendaraanmu menuju Jl. Sarwo Edhi, dari sana terdapat banyak petunjuk arah menuju Taman Kyai Langgeng.

Jam Buka Taman Kyai Langgeng

Jam operasional Taman Kyai Langgeng dibuka setiap hari mulai pukul 08 pagi hingga pukul 16.30 sore.

wahana air
wahana air. google maps. sumber: hengki purnomo

Simak juga: Bukit Simarjarunjung.

Tiket Taman Kyai Langgeng

  • Tiket masuk Taman Kyai Langgeng yakni:

Senin hingga Jumat sebesar Rp, 24.000,- per orang

Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya sebesar Rp. 30.000,- per orang

  • Parkir kendaraan dikenai biaya sebesar :

Sepeda motor Rp. 2.000,-

Mobil Rp. 5.000,-

Bus Rp. 10.000,-

Fasilitas Taman Kyai Langgeng

Fasilitas yang ada di Taman Kyai Langgeng terdiri dari:

  • Area parkir
  • Toko souvenir
  • Mushola
  • Food Court
  • Toilet
  • Wifi gratis

Tinggalkan komentar