Telaga Bleder, Telaga Yang Nyaman Untuk Santai Di Magelang

Telaga Bleder sebuah objek wisata alam yang mampu menjadi destinasi wisata keluarga yang nyaman, serta lokasinya mudah diakses oleh kendaraan.

Asal usul Telaga Bleder sebagai sebuah objek wisata, lahir dari sebuah visi untuk menghadirkan wisata Magelang untuk semua kalangan, tanpa menghilangkan nilai budaya masyarakat sekitar.

telaga bleder
telaga bleder. google maps. sumber : M Hendri

Telaga Bleder terbentuk dari sumber mata air yang ada di kawasan tersebut, yang mengairi sebuah cekungan. Sehingga pada akhirnya membentuk sebuah telaga, atau danau.

Jarak Telaga Bleder dari alun-alun Magelang hanya sekitar 23 kilo meter saja, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Telaga Bleder Magelang? Inilah ulasan lengkapnya.

Daya Tarik Telaga Bleder

daya tarik telaga bleder
daya tarik telaga bleder. google maps. sumber: Efa Anjani

Telaga Bleder secara umum mengusung beberapa konsep atau tema wisata, sekaligus menjadi magnet utama untuk mendatangkan para wisatawan. Dan inilah konsep wisata Telaga Bleder :

1. Wisata Alam

Daya tarik yang pertama dari Telaga Bleder adalah sajian tema wisata alamnya. Telaga Bleder berada di kawasan alam terbuka, dengan panorama gunung Andong yang begitu jelas.

Telaga Bleder memang tidak terlalu luas, namun keberadaan pepohonan yang mengelilinginya semakin menambah nilai keasriannya.

wisata alam telaga bleder
wisata alam telaga bleder. google maps. sumber: Daffa Bagaskara

Air Telaga Bleder berwarna hijau, dan airnya tenang. Di sisi lain, terdapat kolam ikan tepat di depan sebuah gazebo. Anak-anak biasanya sangat senang berada di spot tersebut untuk memberi makan ikan-ikan.

Sebelum masa pandemi, Telaga Bleder pernah mencapai puncak kunjungan di tahun 2018, saat digelarnya sebuah festival yang diisi dengan beragam aktivitas, seperti :

  • Pelepasan seribu lampion
  • Festival musik
  • Pameran UKM / kuliner

Namun, seperti yang dialami sebagian besar objek wisata yang ada di Indonesia, semua terdampak dengan adanya pandemi.

festival malam telaga bleder
festival malam telaga bleder. google maps. sumber: Anioko Pramudya

2. Wisata Keluarga

Telaga Bleder merupakan objek wisata yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, terutama saat liburan tiba.

becak air telaga bleder
becak air telaga bleder. google maps. sumber : Indro Hadiono

Hal itu dibuktikan dengan penataan kawasan objek wisata Telaga Bleder yang mudah diakses, dan jalur trekkingnya sudah tertata baik dari lokasi parkiran.

Saat sampai di lokasi utama Telaga Bleder, keseruan semakin bertambah. Karena di lokasi tersebut terdapat wahana wisata untuk mengelilingi seluruh area Telaga Bleder. Seperti :

  • Becak air dengan berbagai model
  • Perahu mesin

Untuk naik wahana tersebut, para pengunjung dikenakan biaya tiket tambahan. Namun untuk becak air, para pengunjung bisa mengunakannya sepuasnya.

Setelah selesai, para pengunjung bisa duduk di gazebo yang ada di tepian telaga, menikmati keindahan alam sambil menikmati jaanan makanan dan minuman.

kolam renang telaga bleder
kolam renang telaga bleder. google maps. sumber : Fergie Witora

Setelah itu, lanjutkan untuk menikmati keseruan wisata di spot kolam renang yang ada di kawasan Telaga Bleder.

3. Wisata Budaya

nilai budaya di kawasan telaga bleder
nilai budaya di kawasan telaga bleder. google maps. sumber : Arif P Rahman

Desa Ngasinan merupakan desa yang menjunjung tinggi budaya melestarikan alam sekitar yang sudah terkenal dari jaman dahulu, era Kerajaan Mataram.

Tradisi yang bisa dinikmati oleh para pengunjung adalah pesta menangkap ikan di Telaga Bleder, bersama masyarakat sekitar.

Acara tersebut menjadi tanda syukur terhadap anugerah alam yang telah diberikan tuhan kepada manusia. Namun, acara tersebut tidak berlangsung setiap hari ya, hanya momen tertentu saja.

Simak juga: 14 wisata di Magelang

Lokasi Telaga Bleder

Telaga Bleder terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Telaga ini berada di lereng Gunung Andong. Lokasi ini sekitar 10 menit perjalanan dari pasar desa Grabag.

Rute Menuju Telaga Bleder

Rute menuju Telaga Bleder, bisa dimulai dari Magelang. Ambil jalan ke arah Semarang. Sesampainya di pertigaan Secang. Ambil jalan yang lurus lagi, sampai pertigaan ambil ke kanan – Ikuti jalan ini sampai Pasar Grabag.

Di perempatan Pasar Grabag, bisa ambil jalan yang lurus. Sesampainya di jalan berbentuk huruf Y, pengunjung bisa ambil jalan ke kiri. Ikuti jalan ini sampai ketemu pintu masuk Telaga Bleder.

Jam Buka Telaga Bleder

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka kunjungan wisata di telaga Bleder. Karena itu bisa saja dianggap lokasi wisata di Megelang ini buka 24 jam sehari.

Tiket Telaga Bleder

Harga tiket asuk Telaga Bleder :

  • Rp. 7.000 per orang untuk dewasa
  • Rp. 6.000 untuk anak-anak
  • Rp. 10.000 sewa becak air
  • Rp. 20.000 sewa perahu
  • Rp. 5.000 untuk tiket parkir mobil
  • Rp. 2.000 untuk tiket parkir motor

Simak juga: Pantai Natsepa

Fasilitas Telaga Bleder

area parkir telaga bleder
area parkir telaga bleder. google maps. sumber : Dian Haryono

Fasilitas di Telaga Bleder sudah cukup memadai untuk kategori fasilitas primer. Seperti :

  • Area parkir
  • toilet
  • rumah makan
  • gazebo
  • area trekking
  • ragam wahana

Tinggalkan komentar