Air Tagepe, Representasi Dari Pesona Air Terjun Oehala

Air Tagepe, begitulah orang kebanyakan menyebut sebuah wisata yang ada Timor Tengah Selatan Tersebut. Meskipun ada juga yang menyebutnya dengan nama Tebing Tagepe.

Air Tagepe adalah aliran air yang sangat eksotis, bersih, berwarna hijau toska, mengalir indah melalui tebing batu yang tinggi.

air tagepe atau tebing tagepe
air tagepe atau tebing tagepe. google maps. sumber: Umbu Pandaranga

Gambaran sederhana tentang Air Tagepe seperti sebuah wahana river tubing di sebuah waterpark. Hanya saja Air Tagepe berada di alam bebas, natural, dan belum disokong oleh kelengkapan fasilitas.

Perlu diketahui bahwa, rata-rata wisata yang ada di Indonesia Timur, meskipun belum memiliki fasilitas penunjang yang komplit, namun tetap memiliki daya pikat yang luar biasa untuk menghadirkan para wisatawan.

Dan inilah review Air Tagepe Noinbila, yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal untuk menentukan lokasi wisata saat liburan tiba.

Sejarah Penamaan Air Tagepe

Istilah kalimat “apalah arti sebuah nama” di dalam dunia wisata belum tentu berlaku. Penamaan sebuah objek wisata bisa menjadi gamabaran, atau merujuk kepada beberapa hal. Seperti :

  • Legenda
  • Misteri
  • Sejarah
  • Nama lokasi dari objek wisata tersebut
  • Bentuk, serta karakter objek wisata
air tagepe noinbila
air tagepe noinbila. google maps. sumber: Frida Rede

Dan sejarah penamaan Air Tagepe mengacu kepada posisi airnya yang dihimpit oleh dua tebing batu yang tingggi, di ke dua sisinya.

Tagepe sendiri memiliki makna “terjepit, atau terhimpit”. Kata Tagepe sendiri merupakan bahasa Melayu Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Daya Tarik Air Tagepe Noinbila

daya tarik air tagepe
daya tarik air tagepe. google maps. sumber: Jnr Lavigne

Lokasi Air Tagepe Noinbila berada di Kabupaten Timor tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan mayoritas kondisi cuacanya sangat panas.

Namun, saat kaki para pengunjung mulai masuk ke dalam kolam Air Tagepe, maka akan terasa dingin sekali. Tentu saja, hal tersebut menjadi daya tarik yang pertama dari objek wisata Air Tagepe Noinbila.

Selain itu, wisata Air Tagepe, atau Tebing Tagepe cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga, dan wisata alam yang bernilai edukatif.

destinasi wisata keluarga air tagepe
destinasi wisata keluarga air tagepe. google maps. sumber: tham story

Hanya saja, dikarenakan kedalaman Air Tagepe tidak merata, maka para pengunjung yang membawa anak-anak, harus tetap fokus terhadap aspek keselamatan, dan cukup bermain air di lokasi yang tidak dalam.

Berbeda halnya dengan pengunjung yang sudah dewasa (bukan berarti mengabaikan aspek keamanan), bisa melakukan perjalanan menyusuri tebing batu, sambil berjalan di tengah aliran Air Tagepe.

Lebar tebing Air Tagepe berkisar dari 1 hingga 4 meter. Adapun titik kedalamannya bisa mencapa 1,70 meter. Lokasi yang dalam hanya di titik – titik tertentu saja.

Air Tagepe tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang tahunnya. Karena sumber mata air dari Air Tagepe berasal dari Air terjun Oehala.

bersumber dari air terjun oehala
bersumber dari air terjun oehala. google maps. sumber: Didik Setyawan

Bagi anda yang belum sempat membaca ulasan tentang Air Terjun Oehala, maka anda bisa klik link berikut ini : www.nativeindonesia.com

Dan anda juga bisa menyimak 9 Wisata Timor Tengah Selatan, dengan link berikut ini : www.nativeindonesia.com

Lokasi Air Tagepe

Lokasi dan alamat Air Tagepe berada di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rute Menuju Air Tagepe

pesona keindahan air tagepe
pesona keindahan air tagepe. google maps. sumber: Roland Denis

Akses jalan menuju Air Tagepe dari Kota Soe, bisa mengambil arah menuju Kapan.  lokasi Air Tagepe sudah dekat. Hanya berjarak 10 Km di sebelah utara Kota.

Adapun waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit saja. Dari lokasi parkiran, para pengunjung harus melakukan sedikit  trekking, menapaki tangga yang sudah tertata baik.

Jam Buka Air Tagepe

Jam operasional objek wisata Air Tagepe Noinbila :

  • Air Tagepe buka selama 24 jam
  • Air Tagepe buka setiap hari selama seminggu

Walau demikian tidka disarankan untuk datang saat hari sudah gelap. Karena lokasi yang berisikan bebatuan besar dan juga tebing, bisa berbahaya jika dikunjungi saat kondisi kurang pencahayaan.

Tiket Air Tagepe

Untuk memasuki obyek wisata ini, para pengunjung yang datang dengan sepeda motor akan dikenakan tarif masuk Rp 5000.

Sedangkan bagi anda yang mengendarai mobil, akan dikenakan tarif masuk 10.000 oleh masyarakat sekitar yang menjaga obyek wisata ini.

Fasilitas Air Tagepe

Fasilitas penunjang wisata di Air Tagepe terbilang masih sangat mnim. Namun hal tersebut tidak mengurangi hasrat kunjungan para wisatawan.

Penginapan Di Air Tagepe

Tidak ada penginapan di Air Tagepe Noinbila


Leave a Comment