Fatumnasi, Wisata Alam TTS Yang Edukatif, Dan Mempesona

Fatumnasi, merupakan sebuah kecamatan yang secara administratif masuk ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa tenggara Timur (NTT).

Fatumnasi ternyata bukan hanya sekedar kecamatan biasa. Namun, sudah terkenal sebagai sebuah kawasan wisata alam eksotis, destinasi wisata budaya, serta wisata edukasi.

Pemandangan di Fatumnasi didominasi oleh hamparan keindahan alam, bahkan sering disebut sebagai taman wisata. Sebagian besar wilayahnya masih berupa alam yang terjaga kelestariannya.

View Yang Tersaji di Puncak Gunung Mutis
View Yang Tersaji di Puncak Gunung Mutis. google maps. sumber: wahyu prass

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kunjungan wisata ke Timor Tengah Selatan jika tanpa menikmati pesona keindahan Fatumnasi.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari tempat wisata Fatumnasi tersebut? Maka, inilah review Fatumnasi yang sudah berhasil kami rangkum untuk anda.

Daya Tarik Fatumnasi Timor Tengah Selatan, NTT

Fatumnasi adalah wisata TTS yang sangat populer, surga tersembunyi di BTT yang hadir dengan banyaknya pesona keindahan. Berikut beberapa pesona keindahan yang ada di Fatumnasi.

1. Panorama Alam

Fatumnasi memiliki luas sekitar 198,65 kilometer persegi. Kawasan yang didominasi oleh pegunungan, dan perkebunan, serta memiliki udara yang sangat sejuk.

Saat hari mulai sore, jalan menuju Fatumnasi akan sedikit berkabut. Tentu saja, kabut yang ada di sekitar jalan berpadu dengan view alam sekitar, menjadi sebuah suguhan panorama yang sangat eksotis.

Alam Yang Masih Asri
Alam Yang Masih Asri. google maps. sumber: Yohanes Tahoni

Terdapat beberapa objek wisata yang selalu menjadi destinasi wisata utama di Fatumnasi. Yaitu :

Bagi yang sempat membaca tentang Gunung Mutis, jangan bingung ketika lokasi Gunung Mutis ditulis berada di Timor Tengah Utara,maupun di Timor Tengah Selatan.

Karena secara administratif, lokasi Gunung Mutis tepat berada di perbatasan antara dua kabupaten tersebut. Dan Gunung Mutis merupakan gunung yang mempunyai daya tarik sebagai berikut:

  • Salah – Satu gunung tertinggi di Pulau Timor
  • Gunung yang bersejarah tentang raja – raja Timor
  • Gunung yang sangat berperan terhadap keberadaan air, khususnya  bagi masyarakat sekitar
  • Wisata pendakian favorit kaum milenial

2. Suku Dawan

Tempat Hewan Lain Mencari Makan
Tempat Hewan Lain Mencari Makan. google maps. sumber: urang rantau

Suku Dawan, atau juga orang atoni Pah Meto, merupakan suku terbesar yang ada di Pulau Timor. Selain itu, Suku Dawan terkenal sebagai suku penjaga kelestarian Gunung Mutis, serta alam yang ada di sekitarnya, termasuk Fatumnasi.

Ada hal yang sangat unik dari Suku dawan, yaitu saat menggembala hewan ternak, mereka selalu menggunakan seruling, atau disebut juga sebagai Feko.

Meskipun menggembala hewan ternak di alam terbuka, namun hewan-hewan tersebut tidak akan kabur. Salah – satu faktornya karena suara yang keluar dari Feko.

Suara Feko, atau seruling diyakini dapat memberikan rasa tenang bagi hewan ternak yang mendengarnya.

3. Penginapan di Fatumnasi

Daya tarik selanjutnya dari Fatumnasi adalah penginapannya. Jangan dibayangkan penginapan berbentuk seperti hotel ataupun villa.

Penginapan di Fatumnasi berbentuk lopo-lopo, serta memberikan sensasi melebur dengan budaya masyarakat lokal, dalam balutan suasana alam yang menenangkan.

Eksplor Hutan Bonsai
Eksplor Hutan Bonsai. google maps. sumber: Annisa Garmaisa

Lokasi Fatumnasi

Lokasi dan alamat Fatumnasi berada di Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Fatumnasi

Rute menuju Fatumnasi memang tidak gampang. Bagi para wisatawan yang memulai perjalanan dari Kupang bisa langsung berkendara menuju Kota Soe, ibukota Kabupaten TTS dengan waktu tempuh skitar 2-3 jam.

Jarak dari Ibu Kota TTS ke Fatumnasi sekitar 37 kilometer. Jalan menuju Fatumnasi didominasi oleh panorama alam, dan kabut.

Meskipun di beberapa titik masih banyak kondisi jalan yang belum optimal, namun perjalanan menuju Fatumnasi sangat menyenangkan, ditambah keramahan penduduk sekitar.

Jam Buka Fatumnasi

Untuk berwisata di kawasan wisata Alam Fatumnasi NTT ini pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan soal jam buka. Lokasi indah ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi. Apalagi disana ada penginapan, yang dikelola oleh kepala adat/ juru kunci gunung.

Homestay Lopo Mutis
Homestay Lopo Mutis. google maps. sumber: Selamet Joelianto

Tiket Fatumnasi

Umumnya tempat wisata di Fatumnasi tidak memberlakukan tiket masuk, alias gratis.

Fasilitas Fatumnasi

Penginapan yang paling terkenal di Fatumnasi adalah homestay Lopo Mutis. Bangunannya berbentuk lopo-lopo dengan atap terbuat dari alang-alang.

Setiap kamar berisi 3 tempat tidur yang bisa diisi 3 – 6 orang. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 200.000 per kamar per malam.

Di penginapan ini, pengunjung kadang dipersilakan untuk memasak sendiri di dapurnya. Karena memang tidak ada warung apalagi fasilitas restoran di desa itu.

Hal ini pun justru dimanfaatkan oleh pengelola homestay sebagai salah satu aktivitas oleh wisatawan dimana pengunjung akan mendapat pengalaman memasak menggunakan tungku kayu di dapur yang sederhana.