Gunung Mutis, Puncak Mistis Bersemayamnya Para Raja Timor

Bagi yang hobi bertualang, Gunung Mutis bisa menjadi alternatif pilihan wisatanya. Gunung ini memiliki panorama luar biasa indah sehingga membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama di puncak.

Gunung Mutis di NTT adalah Berkah. Gunung memiliki panorama luar biasa indah, membuat betah menghabiskan waktu berlama-lama di puncak
Gunung Mutis. Image via: detik.com

Menurut Legenda yang berkembang, Puncak Mutis merupakan tempat dimana para raja-raja Timor membahas dan membagi wilayah kekuasaan. Ketika semua raja telah mendapat wilayahnya masing-masing maka berkatalah mereka Mutis yang berarti lengkap.

Gunung Mutis sendiri memilki tiga puncak yakni Nuaf Muna, Nuaf Nefomasi dan Nuaf Nupala. Area sekitar gunung ini merupakan kawasan hutan yang banyak ditumbuhi tanaman ampupu dan cendana. Kemudian meskipun tak banayak namun di area ini pun tumbuh tanaman lainnya semisal paku-pakuan serta bonsai.

Secara administratif, Gunbung mutis berada di di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi gunung Mutis, dari kota kupang sekitar 150 km. Untuk mendaki Wisata Timor Tengah Selatan gunung Mutis ini, pengunjung tidak dikenakan Biaya tiket masuk.

Umumnya pendakian menuju puncak Gunung Mutis ditempuh dalam waktu 3-4 jam.
Jalur pendakian. Image via: dtravelers_stories

Lokasi Gunung Mutis

Secara administratif, Gunbung mutis berada di di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokais gunung Mutis, dari kota kupang sekitar 150 km.

Rute Menuju Gunung Mutis

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke gunung Mutis harus menjuju ke Kota Soe dulu. Jika dari Kupang perjalalan akan memakan waktu sekitar 3-4 jam.  Jarak Kota Soe ke Fatumnasi (gunung Mutis) sekitar 40 km. Waktu tempuh kalau tanpa berhenti-berhenti sekitar 3 jam. Waktunya jadi lama, karena medan jalan yang belum baik.

Jalur 4 WD dari penginapan menuju ke Base camp pendakian gunung mutis
Jalur 4 WD. Image via: len-diary.com

Jam Buka Gunung Mutis

Untuk berwisata di kawasan wisata Alam Fatumnasi NTT ini pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan soal jam buka. Lokasi indah ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi. Apalagi disana ada penginapan, yang dikelola oleh kepala adat/ juru kunci gunung.

Tiket Gunung Mutis

Untuk mendaki gunung Mutis, pengunjung tidak dikenakan Biaya tiket masuk.

Fasilitas Gunung Mutis

Fasilitas yang bisa dijumpai kala berkunjung ke gunung Mutis adalah Lopo Mutis, yaitu penginapan berupa rumah-rumah bulat dan di dalamnya ada ranjang-ranjang berkelambu. Penginapan ini berada di Desa Fatumnasi yang memiliki udara cukup dingin. Maka dari itu jangan lupa kenakan jaket, kaos kaki tebal dan kupluk sebagai pelindung.

Daya Tarik Gunung Mutis

  1. Pendakian yang Menyenangkan

Padang 2, yang merupakan camp kedua dalam perjalanan pendakian gunung mutis
Padang 2, di jalur pendakian. Image via: mytrip.co.id

Tingkat kesulitan pendakian Gunung mutis, tergolong  ringan hingga moderat. Siapa pun bisa mendaki Gunung Mutis asal berbadan sehat dan kondisi bugar. Latihan fisik standar sebelum berangkat tentu akan membuat lebih enjoy saat pendakian. Trekking pole tidak terlalu dibutuhkan.

Sebelum mencapai puncak gunung, pendaki akan melalui dataran Leol Fui terlebih dahulu. Di wilayah ini terdapat tanah yang lapang serta padang rumput hijau yang luas. Dengan kondisi itu membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagi tempat mendirikan tenda.

Dan ternyata dari area padang Padang Leol Fui ini, pendaki bisa melihat puncak mutis dengan jelas. Kemudian, di kaki gunung mutis yakni di desa Nenas juga terdapat pemukiman warga yang bisa dijadikan sebagi tempat untuk bermalam. Terlebih warganya cukup ramah dan akan dengan senang hati menjadi guide pendakian.

Tingkat kesulitan pendakian Gunung mutis, tergolong ringan hingga moderat. Siapa pun bisa mendaki Gunung Mutis asal berbadan sehat dan kondisi bugar
Pendakian ringan. Image via: @imoaprilia_th38rothers

Selama, perjalanan menuju puncak Mutis, pendaki akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat eksotis, berselimutkan kabut. Perkebunan serta ladang-ladang penduduk yang tertata dengan apik akan membuat pendakian terasa menyenangkan.

Sesampainya di Puncak pula, para pendaki juga bisa langsung menyaksikan pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Timor. Diantaranya Pulau Alor serta Oekusi Timor Leste. Dan yang paling spesial tentu saja panorama terbitnya matahari yang sungguh mempesona.

  1. Hutan Bonsai

Tinggi pohonnya tergolong normal, walaupun tidak tinggi-tinggi amat. Kalau pas berkabut, berfoto-foto di sini lebih kelihatan mistis dan eksotisnya.
Hutan Bonsai. Image via: travel.detik.com

Hutan di sekitar Gunung mutis, ada yang terkenal dengan nama Hutan Bonsai. Nama itu berasal dari bentuk tanaman di dalam hutan itu. Maka dari itu, banyak yang menyebut hutan di lereng Mutis ini dengan hutan bonsai karena ukuran kayunya. Ada juga yang menyebut dengan hutan Ampupu, karena banyak ditemukan tumbuhan ampupu atau Eucalyptus urophylla.

Saat berada hutan bonsai ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah disetiap sudutnya. Terlebih lokasinya yang berada cukup jauh dari keramaian kota mampu membuat siapa pun merasa lebih tenang serta segar kembali.

Kemudian, pepohonan di area ini memiliki ranting daun yang menjulur bersentuhan satu sama lain. Batang pohonnya pun sangatlah unik dengan bentuk yang meliuk-liuk serta akarnya penuh ditumbuhi dengan lumut hijau. Bila diperhatikan pepohonan yang tumbuh di hutan ini sangat mirip dengan bonsai yang biasa dijual, hanya saja ukurannya jauh lebih besar.

Bahkan, bnyak yang mengklaim jika pepohonan yang unik tersebut diklaim adalah satu-satunya di Indonesia.  Di sisi lain, lumut yang yang tumbuh pada pepohonan ini memiliki tekstur yang cukup kasar serta memiliki ukuran yang lebih besar dari lumat pada umunya.

Jika beruntung, pengunjung yang datang saat musim anggrek berbunga, akan disuguhkan dengan bunga anggrek yang bermekaran di batang-batang pepohonan hutan bonsai ini.

  1. Menikmati Sunrise

Sunrise Di kaki mutis teraa amat menawan, dand apat dikunjungi tanpa harus mendaki.
Sunrise Di kaki mutis. Image via @kartikaarga

Kalau mau melihat sunrise di Padang 1 disarankan berangkat dari homestay maksimal pukul 04.45. Tentu saja dengan mengenakan baju hangat. Pengunjung tidak perlu jalan kaki. Ada fasilitas mobil 4WD yang bisa disewa menuju lokasi.

Perjalanan melewati hutan dengan jalan berkelok dan menanjak, terkadang berupa cekungan yang cukup dalam. Jenis jalur seperti inilah yang enyebabkan kenapa harus mobil 4WD. Perjalnan memakan waktu sekitar 1 jam.

Hingga sampai lah di tempat untuk menyaksikan matahari menyembul dari ufuk timur. Tempat berupa padang sabana luas di kaki Gunung Mutis yang disebut Padang 1.

Perlahan sinar mentari muncul di antara celah perbukitan dan menimpa karpet alam nan hijau yang serasa tak bertepi. Angin dingin menusuk seolah-olah terlupakan demi melihat fenomena pagi yang sungguh spektakuler.

Keindahana lam dis ekitar gunung mutis dapat digunakan untuk latar foto yang instagramable
Foto cantik. Image via: @alenamegasega

Simak juga:

Objek Wisata Dekat Gunung Mutis

Selain Gunung mutis, kabupaten Tomir Tengah Selatan juga memiliki berbagai objek wisata lain. Salah satu yang populer adalah Pantai Oetune. Pantai ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki pasir yang bersih dan terbentang luas di pinggir pantai.

Keindahan pantai ini sering disamakan dengan padang pasir di wilayah Timur Tengah. Pantai ini nampak begitu unik karena lebih menyerupai gurun pasir dari pada pantai. Hal ini disebabkan pasir pantai yang hadir membentuk gundukan -gundukan bukit sehingga membuatnya nampak seolah gurun pasir.

pantai oetune yang laksana gurun pasir timur tengah
Pantai Oetune. Image via: nativeindonesia.com

Walau Pulau Timor terkenal sebagai darah iklim sabana tropis yang relatif kering, namun ternyata Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki air terjun.  Salah satunya adalah Air Terjun Oehala. Tempat ini begitu asri, sehingga membuat betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Dingin air dan sunyi suasana tempat ini membuat pikiran dan hati ini menjadi tenang untuk menikmati masa-masa indah liburan.

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Gunung Mutis ini? Apakah gunung ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya. Berkemas dan langsung saja berangkat!

Baca juga:

Leave a Comment