9 Wisata Timor Tengah Selatan, Kabupaten Indah dan Subur di NTT

Wisata Timor Tengah Selatan (TTS) merupakan salah satu yang paling populer di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten yang ini resmi berdiri pada tanggal 20 Desember 1958 ber-ibukota Kota SoE. Kemudian, Timor Tengah Selatan memiliki luas 3.947 km persegi dengan penduduk 463.980 jiwa.

Wisata Timor Tengah Selatan (TTS) merupakan salah satu yang populer di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten yang ini resmi berdiri pada tanggal 20 Desember 1958 ber-ibukota Kota SoE.
Timor Tengah Selatan. Image via: matalensaku.com

Timor Tengah Selatan atau yang sering disebut TTS berbatasan langsung dengan 3 kabupaten yakni kabupaten Kupang di sebelah barat, kabupaten Timor Tengah Utara  di sebelah utara, dan kabupaten Malaka di sebelah Timur.

Selain itu, Kabupaten TTS juga memilki sumber daya yang melimpah berupa hasil laut maupun hasil buminya. Bila diperhatikan sebela selatan Pulau Timor memang merupapkan Laut Timor yang kaya akan ikan-ikanya.  Kemudian, untuk hasil buminya ada cendana yang terkenal akan aromanya yang harum. Bahkan ternyata pamor cendana timor ini sampai ke luar negeri.

Di sisi lain Kabupaten TTS juga memiliki berbagai objek wisata yang sangat mengagumkan. Para pengunjung tinggal memilih saja lokasi wisata mana hendak didatangi sesuai keinginan, semisal wisata alam ataupun wisata budaya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Timor Tengah Selatan

  1. Pantai Oetune

Wisata Timor Tengah Selatan Pantai Oetune memiliki karakteristik gelombang pecah yang unik. Gulungan ombaknya saling menyusul, sekitar empat kali dalam semenit. Pasir-pasirnya sangat lembut dan mudah bergerak.
Pantai Oetune. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: Objek wisata di Timor Tengah Selatan

Pantai Oetune merupakan salah satu objek wisata favorit karena memiliki hamparan pasir bersih yang terbentang luas disepanjang pinggir pantai. Saking luasnya hamparan pasirnya samapi-sampai banyak orang yang menyamakannya dengan padang pasir yang ada di Timur Tengah.

Selain itu, di sekitar area pantai ini terdapat Pohon Lonatar yang berjejer. Oleh sebab itu tak heran jika banyak anak-anak yang menjajakan buah lontar kepada pengunjung di sekitar pantai. Harganya pun cukup murah sekitar Rp3.000 sampai Rp5.000 per buah.

Pantai Oetune berada di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pulau Timor, Provinsi NTT. Jaraknya sekitar 115 km dari Kota Kupang, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp. 3,000.

  1. Fatumnasi

di tempat wisata timor tengah selatan Fatunasi, pengunjung bsia menemukan objek mulai dari sungai, hutan, bekas tambang, hingga gunung
Fatumnasi. Image via: nativeindonesia.com

Di Fatumnasi, salh satu Wisata Timor Tengah Selatan, pengunjung tidak hanya terpuaskan sebatas mata saja. Tapi juga akal budi yang berfantasi dengan jejak alam dan hati nurani yang berimajinasi dengan kultur luhur mulia. Kesuburan dan kelestarian alam menjadi kegembiraan tersendiri bagi masyarakat Fatumnasi.

Dalam perjalanan ke Fatumnasi, pengunjung disuguhi dengan para penduduk ramah yang mungkin akan tersenyum dan menyapa. Kebun-kebun milik penduduk yang mayoritas berisi pohon jeruk keprok khas Soe membuat ingin sekali memetik jeruk-jeruk segar tersebut.

Di Fatumnasi, pengunjung bisa mengunjungi beberapa spot secara random. Seperti ,isalnya bukit sabana, dimana pengunjung akan mendapat view langsung keseluruh kawasan. Objek lain berupa hutan pinus dan Hutan Bonsai. Lalu ada juga ongokkan batu marmer raksasa.

Desa Fatumnasi terletak di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Wisata alam Fatumnasi ini dari pusat kota Soe, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Umumnya objek di kawasan Wisata Timor Tengah Selatan ini tidak memberlakukan tiket masuk. Kecuali untuk memasuki Natuusu Fatu, tiket masuk adalah Rp20.000 berlaku per orang. Parkir tidak membayar lagi.

  1. Gunung Mutis

Legendanya, di puncak tempat wisata timor tengah selatan Mutis inilah para raja-raja Timor membahas dan membagi wilayah kekuasaan. Ketika semua raja telah mendapat wilayahnya masing-masing maka berkatalah mereka Mutis yang berarti lengkap.
Gunung Mutis. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: Suasana Mistis di Hutan Bonsai Alam NTT

Bagi yang hobi bertualang, Gunung Mutis bisa menjadi alternatif pilihan wisatanya. Gunung ini memiliki panorama luar biasa indah sehingga membuat pengunjung betah menghabiskan waktu berlama-lama di puncak.

Menurut Legenda yang berkembang, Puncak Mutis merupakan tempat dimana para raja-raja Timor membahas dan membagi wilayah kekuasaan. Ketika semua raja telah mendapat wilayahnya masing-masing maka berkatalah mereka Mutis yang berarti lengkap.

Gunung Mustis sendiri memilki tiga puncak yakni Nuaf Muna, Nuaf Nefomasi dan Nuaf Nupala. Area sekitar gunung ini merupakan kawasan hutan yang banyak ditumbuhi tanaman ampupu dan cendana. Kemudian meskipun tak banayak namun di area ini pun tumbuh tanaman lainnya semisal paku-pakuan serta bonsai.

Secara administratif, Gunbung mutis berada di di Kecamatan Fatumnasi dan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi gunung Mutis, dari kota kupang sekitar 150 km. Untuk mendaki Wisata Timor Tengah Selatan gunung Mutis ini, pengunjung tidak dikenakan Biaya tiket masuk.

  1. Bukit Fatukopa

tempat wisata timor tengah Selatan Bukit Fatukopa yang berbentuk seperti kapal ini dipercaya oleh masyarakat di setempat, sebagai bahtera Nabi Nuh pada zaman dahulu yang karam
Bukit Fatukopa. Image via: nativeindonesia.com

Bukit Fatukopa merupakan sebuah bukit yang banayk ditumbuhi tanaman khas hutan hujan tropis. Bukit Fatukopa ini menghadirkan pemandangan alam yang sangat mengagumkan karena masih sangat alami dan asri serta jarang terjamah.

Di sisi lain Fatukopa berasal dari bahasa Dawan yang bermakna batu kapal. Hal ini sesuai dengan bentuknya yang menyerupai sebuah kapal. Tak hanya itu saja, bukit ini juga ternyata dipercaya sebagai bahtera nabi Nuh pada zaman dahulu yang karam usai digunakan sebagai tempat perlindungan umat pilihan Tuhan ketika air bah melanda bumi.

Bukit Fatukopa berada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fatukopa sendiri berjarak 57 km arah Timur Kota Soe. Untuk menikmati keindahan Wisata Timor Tengah Selatan Bukit Fatukopa, pengunjung tidak dikenakan Biaya tiket masuk.

  1. Air Terjun Oehala

wisata timor tengah selatan Air terjun Oehala, air terjun berundak 7 yang menyimpan keindahan yang luar biasa.
Air Terjun Oehala. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: Terjepit dalam Keindahan Air Tagepe

Air terjun Oehala, air terjun berundak 7 yang menyimpan keindahan yang luar biasa. Air terjun dikelilingi dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang, menambah kesejukan di tempat ini. Banyak wisatawan yang datang untuk mandi atau sekedar berfoto maupun duduk menikmati keadaan alam di sekitar air terjun.

Tujuh tingkat atau undakan Air Terjun Oehala seperti membentuk anak tangga raksasa. Aliran air Air Terjun Oehala ini berasal dari Gunung Mutis. Airnya yang terasa masih sangat alami dan bersih dengan warnanya yang hijau kebiru-biruan.

Pengunjung Wisata Timor Tengah Selatan ini dapat menikmati setiap tingkatan kolam alami ini. Mereka bisa sekedar berfoto-foto ria, ataupun berenang dan sekedar bermain air.

Air Terjun Oehala berada di Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Lokasi ini sekitar 11 kilometer dari Kota Soe.

Sesampainya di pintu masuk Air terjun Oehala. Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 3.000. Tiket Wisata Timor Tengah Selatan ini berlaku untuk hari kerja maupun akhir pekan dan libur. Juga tiket berlaku sama untuk semua umur.

  1. Air Tagepe

Obyek wisata timor tengah selatan Air Tagepe menawarkan pesona tebing batu yang berkelok-kelok. Dengan aliran sungai yang mengalir membelah dua tebing batu
Air Tagepe. Image via: nativeindonesia.com

Obyek Wisata Timor Tengah Selatan alam Air Tagepe merupakan aliran sungai yang membelah dua tebing batuan yang cukup tinggi. Mengenai penamaan lokasi wisata ini diambil dari bahasa Melayu Kupang yakni ‘Tagepe’ yang bermakna ‘terjepit atau terhimpit’.

Bila dilihat dari namanya bisa disimpulakan bahwa Air Tagepe artinya air yang terjepit atau terhimpit. Tempat ini dinamakan Air Tagepe karena aliran air mengalir melewati celah barisan tebing batu yang sangat sempit. Areal Air Tagepe ini juga adalah areal hutan. Alam masih hijau dan sejuk karena banyak pohon rindang dan udaranya cukup dingin. Kedalaman air tapege sendiri kurang lebih 1,70 meter. Cukup nyaman bagi anda yang ingin berenang.

Air Tagepe berada di Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Lokasi ini sekitar 10 km sebelah utara kota SoE dengan mengambil jalur jalan menuju Kapan. Untuk memasuki obyek Wisata Timor Tengah Selatan ini, para pengunjung yang datang dengan sepeda motor akan dikenakan tarif masuk Rp 5000. Untuk yang menggunakan mobil 10.000.

  1. Pantai Kalbano

Bila dilihat dengan seksama, bebatuan yang ada di pinggir pantai ini mempunyai warna yang beragam. Tidak hanya putih, da juga yang peach, abu-abu kehijauan, yang jingga, coklat. Bahkan warna pink juga ada.
Pantai Kalbano. Image via: matalensaku.com

Simak juga: Ar terjun tingkat 7, Oehala

Hamparan pasir pantai di Pantai Kalbano Selalu menarik untuk dikunjungi. Tidak bisa dipungkiri, bermain air merupakan sebuah wisata yang paling menyenangkan diantara semua permainan alam yang ada. Tua, muda, laki, dan perempuan selalu tersenyum ceria saat berhubungan dengan air.

Kemudian, pasir yang terdapat di arae pantai ini sedikit berbeda dengan yang ada di pantai lainnya dimana pasirnya sedikit lebih kasar. Hal ini disebabkan karena pantai ini didominasi oleh bebatuan kecil yang menyerupai kerikil. Selain itu bila diperhatikan bebatuan yang ada di sekitar panati memiliki warna yang beragam mulai dari putih abu-abu hingga pink.

Alamat Wisata Timor Tengah Selatan Pantai Kolbano berada di Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Dimana jaraknya sekitar 135 kilometer.

  1. Hutan Bunga Lavender

Tempat ini merupakan tempat yang sangat indah dan banyak direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Hal ini disebabkan karena selain memiliki hamparan ladang ungu yang menggoda.
Hutan Bunga Lavender. Image via: idntimes.com

Taman Lavender memang sangat indah Namun tidak berarti harus ke Eropa untuk menemukan sensasi keindahan itu. Di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT terdapat padang bunga lavender yang juga tidak kalah indahnya. Salah satunya dapat wisatwan jumpai di Noinbila.

Lokasi wisata ini sangatlah cocok dikunjungi bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi wisata yang bebeda. Maka dari itu bagi yang berminat mendatangi area ini dapat datang pada saat musim berbunga yakni di bulan Juni hingga Agustus.

Wisata Timor Tengah Selatan Padang bunga Lavender cantik ini beralamat di Desa Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Timor Tengah Selatan, NTT. Lokasi ini berjarak sekitar 10 km di Utara Kota Soe. Taman ini berdekatan dengan Air Tagepe.

  1. Taman wisata Bu’at

Pada saat musim kemarau Mei-Oktober, Taman Rekreasi Bu’at akan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Pohon mahoni dengan daun berwarna hijau dan oranye menghiasi taman.
Taman wisata Bu’at. Iamge via: pesona.travel

Simak juga: Bukit Kapal terbalik, Fatukopa

Dalam perjalanan menuju Wisata Bu’at, pengunjung akan menjumpai spot-spot menarik dan alami. Sekitar 1 km dari lokasi, pengunjung akan mendapati ribuan pohon mahoni yang berjajar rapi di kiri dan kanan jalan.

Pada saat musim kemarau Mei-Oktober, Taman Rekreasi Bu’at akan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Pohon mahoni dengan daun berwarna hijau dan oranye menghiasi  taman. Juga daun pinus kering yang berguguran menutupi sebagian area taman.

Di lokasi Wisata Timor Tengah Selatan berupa taman rekreasi ini, terdapat tiga jenis rumah tradisional Timor. Tipe perahu terbalik, tipe bulat atau bernama Ato Umeh Kebubuh, serta tipe menara seperti bentuk bagian atas rumah adat Sumba. Model rumah ini dibuat untuk mengenalkan budaya Nusa Tenggara Timur.

Letak taman ini tidak jauh dari Kota Soe, dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi selama sekitar lima menit saja. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk untuk menikmati keindahan Taman wisata ini.

Baca juga:

Leave a Comment