9 Wisata Timor Tengah Selatan, Pesona Wisata NTT Selain Labuan Bajo

Beberapa tahun belakangan ini, saat berbicara Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu identik dengan keindahan Labuan Bajo. Bahkan keindahannya sempat menjadi viral di masyarakat.

Jika melihat dari sisi lain, maka kehadiran Labuan Bajo menjadi sebuah penegasan bahwa sebetulnya di NTT masih banyak keindahan lainnya yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Labuan Bajo hanya satu dari berjuta pesona alam yang terhampar di NTT. Dan keindahan tersebut salah–satunya tersebar di Kabupaten Timor Tengah Selatan, sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

pesona wisata timor tengah selatan
pesona wisata timor tengah selatan. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Mungkin masih banyak pembaca yang belum mengenal Timor Tengah Selatan. Maka inilah saat yang tepat untuk mengetahui lebih dalam tentang kabupaten tersebut, dengan segenap keindahannya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Timor Tengah Selatan

1. Pantai Oetune

Ada petuah lama yang mengatakan bahwa jika kalian berjalan di gurun pasir, kemudian kalian menemukan sumber air, atau laut, maka jangan dulu percaya dengan mata kalian. Karena hal tersebut bisa jadi merupakan fatamorgana.

Namun petuah lama tersebut tidak berlaku bagi Pantai Oetune. Karena pantai tersebut memiliki pesona gurun pasir khas  timur tengah, yang berpadu dengan keindahan alam pantai.

gurun pasir pantai oetune
gurun pasir pantai oetune. google maps. sumber; lh5.googleusercontent.com

Perpaduan keindahan tersebut bukanlah fatamorgana, hal tersebut merupakan kenyataan yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan, atau yang biasa disebut dengan Kabupaten TTS.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, awalnya netizen tidak menyangka bahwa gurun pasir di dekat pantai tersebut berada di Indonesia. Pada akhirnya, keindahan Pantai Oetune mulai ramai dibicarakan.

Air pantai, serta gurun pasirnya sangat bersih. Serta di pinggir pantai terdapat pohon Kasuari, serta Pohon Lontar khas Pulau Timor.

pesona gurun pasir dan pantai di oetune
pesona gurun pasir dan pantai di oetune. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Pantai Oetune terletak di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Harga Tiket Masuknya sangat murah, hanya Rp. 3.000 per orang. Dan Rute dari Kota Kupang berjarak 127 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

2. Fatumnasi

Fatumnasi adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Fatumnasi menjadi sangat terkenal dikarenakan terdapat view alam yang indah, hewan ternak yang banyak, serta hamparan rumput hijau yang sangat luas.

hutan bonsai fatumnasi
hutan bonsai fatumnasi. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Kelestarian alam tersebut dikarenakan nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh oleh Suku Dawan. Dan bukan hanya itu saja, Suku Dawan terkenal sebagai penjaga alam Gunung Mutis.

Pengunjung yang datang ke Fatumnasi, dari pertamakali memasuki kawasan tersebut akan disajikan dengan pepohonan yang tumbuh dengan baik, dan hewan ternak yang banyak, seperti kuda, dan sapi.

Suku Dawan menggembala hewan ternak dengan cara sambil meniup seruling. Suara dari seruling tersebut dipercaya dapat menenangkan hewan – hewan, serta para hewan akan merasa disayang oleh sang majikan melalui suara seruling.

Fatumnasi adalah sebuah view kesadaran tentang cara berharmoni antara manusia dengan alam sekitar. Suku Dawan menjadi tauladan yang patut ditiru dalam urusan menjaga kelestarian, dan keseimbangan alam.

Lokasi Fatumnasi berada Di Kecamatan fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Harga tiket masuknya gratis, yang paling penting saat kalian mengunjungi Fatumnasi, hormati adat istiadat, budaya, keyakinan, dari masyarakat setempat.

3. Gunung Mutis

Gunung Mutis merupakan salah-satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Timor. Kehadiran Gunung Mutis tidak bisa dilepaskan dengan kehadiran penjaga gunung tersebut, yaitu Suku Dawan.

Sebetulnya, Gunung Mutis dengan Fatumnasi adalah paket kunjungan layaknya dua sisi mata uang. Dan kunjungan ke Gunung Mutis, beserta Fatumnasi bisa menjadi wisata edukasi, selain dari wisata alam.

pesona gunung mutis
pesona gunung mutis. google maps. sumber : lh5.googleusercontent.com

Salah-satu yang terkenal dari Gunung Mutis adalah Cagar Alam Gunung Mutis. Selain itu, kawasan Gunung Mutis terkenal juga dengan kekayaan marmernya.

Gunung Mutis memiliki tiga puncak, dengan masing-masing puncak memiliki nama tersendiri, serta view yang berbeda, namun sama-sama indah.

Jika traveler ingin mendaki ke puncak Gunung Mutis, rutenya sama seperti menuju Fatumnasi. Oh iya, satu hal lagi yang paling terkenal di Gunung Mutis dan Fatumnasi yaitu terdapat sebuah kawasan yang sering disebut dengan hutan Bonsai.

Sebetulnya pohon tersebut bukanlah pohon bonsai, tetapi memang mirip pohon Bonsai. Masyarakat sekitar menyebut kawasan itu dengan nama Akuna, yang berarti Hutan Tanaman Kerdil.

4. Bukit Fatukopa

Bukit Fatukopa adalah bukit eksotis yang berbalut dengan nilai budaya, adat – istiadat, serta keyakinan masyarakat setempat. Bahkan Bukit Fatukopa dianggap sebagai bukit yang dikeramatkan.

Nama Fatukopa diambil dari bentuk bukit tersebut, karena istilah Fatukopa bermakna Batu Kapal. View terindah adalah saat melihat pesona matahari yang perlahan mulai terbenam.

fatukopa
fatukopa. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukit Fatukopa tidak bisa dijamah oleh pengunjung. Hal tersebut dikarenakan akses jalannya yang sangat sulit,  serta berbahaya.

Meskipun demikian, keindahan Bukit Fatukopa dapat dinikmati dari spot yang ada di seberang bukit tersebut. Bahkan spot tersebut terkadang dijadikan area camping oleh para pengunjung.

Lokasi Bukit Fatukopa terletak di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan tiket masuk menuju kawasan tersebut gratis.

5. Air Terjun Oehala

air terjun oehala
air terjun oehala. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan selanjutnya bergeser ke Oehala, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tomor Tengah Selatan, Provisi Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana terdapat air terjun eksotis, dengan peseona alam sekitar yang sangat memikat.

Namanya Air Terjun Oehala, sebuah air terjun berundak, memiliki 7 tingkatan, dan rata – rata ketinggian Air Terjun Oehala sekitar 2 meter.

kolam air terjun oehala
kolam air terjun oehala. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolam air terjunnya tergolong sebagai kolam dangkal, atau tidak terlalu dalam. Serta kondisi airnya sangat jernih, dan bersumber dari Gunung Mutis.

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke lokasi utama Air Terjun Oehala, harus rela trekking melalui ratusan anak tangga. Tiket masuk Air Terjun Oehala hanya Rp. 3.000 per orang.

6. Air Tagepe

Keindahan yang tersaji di Kabupaten Timor Tengah Selatan, merupakan keindahan yang berkaitan satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya Gunung Mutis, memiliki sumber air yang mengalir ke objek wisata Air Terjun Oehala. Selanjutnya aliran air dari Air Terjun Oehala mengalir ke objek wisata Air Tagepe.

air tagepe noinbila tts
air tagepe noinbila tts. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan Air Tagepe terletak pada aliran air yang mengalir diantara tebing batu yang kokoh. View air yang sedikit kebiru-biruan, berpadu dengan keindahan alam sekitar yang asih asri, adalah sajian utama saat mengunjungi objek wisata tersebut.

Kedalaman airnya bervariatif, dari mulai 5 cm, sampai dengan kedalaman 1 meter lebih. Lokasi utama Air Tagepe, menjadi spot yang sangat instagramable.

Lokasi Air Tagepe terletak di kawasan hutan yang beralamat di Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dan Harga tiket masuk Air Tagepe sebesar Rp. 5.000 per motor, serta Rp. 10.000 per mobil.

7. Pantai Kolbano

pesona pantai kolbano
pesona pantai kolbano. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Selanjutnya kita menuju ke Pantai Kolbano yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pesona keindahan yang tersaji di Pantai Kolgano merupakan pesona keindahan yang sangat langka terjadi di Indonesia, bahkan dunia.

Pantai selalu identik dengan hamparan pasir, yang berpadu membentuk sebuah sajian keindahan alam. Namun berbeda dengan Pantai Kolbano.

Hal yang menarik dengan Pantai Kolbano adalah keberadaan pasir yang diganti dengan hamparan kerikil, yang berwarna warni.

hamparan kerikil pantai kolbano
hamparan kerikil pantai kolbano. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Tentu saja pesona keindahan yang di luar kebiasaan ini menjadi sebuah daya tarik utama untuk mendatangkan pengunjung ke Pantai Kolbano.

8. Hutan Bunga Lavender

Objek wisata selanjutnya adalah Hutan Bunga Lavender, atau Taman Bunga Lavender yang terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Objek wisata ini memang tergolong sebagai objek wisata musiman. Yaitu sebuah objek wisata yang sangat tergantung dengan musim tertentu.

Keindahan Bunga Lavender dapat dinikmati oleh paSra pengunjung sekitar bulan Juni hingga bulan Agustus. Jadi, bagi traveler yang khusus ingin datang ke lokasi tersebut, harus di waktu yang tepat.

9. Taman wisata Bu’at

taman rekreasi bu'at
taman rekreasi bu’at. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Tidak jauh dari lokasi Taman Bungan Lavender, atau Hutan Bunga Lavender, terdapat sebuah objek wisata yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, dan destinasi wisata edukasi.

Nama objek wisatanya adalah Taman Wisata Bu’at, yang terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Taman Wisata Bu’at terdapat berbagai macam wahana permainan anak, serta spot sefie yang bersifat kekinian. Yang paling indah adalah di lokasi yang dipenuhi dengan deretan balon-balon yang berwarna – warni di bawah pohon mahoni.

Penutup

Itulah informasi tentang 9 wisata Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sangat recommended untuk anda kunjungi bersama keluarga.

Patuhi protokol kesehatan serta protokol keamanan. Dan seperti biasa, jangan membuang sampah sembaragan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar