Air Terjun Oehala, Bertingkat 7 Mencurahkan Kesegaran Air Gunung Mutis

Air terjun Oehala menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Pepohonan rindang yang tumbuh di sekelilingnya mampu memberikan kesejukan kepada para wisatawan. Hal ini membuatnya cukup ramai dikunjungi wisatawan untuk mandi atau sekedar berfoto maupun bersantai.

Air terjun Oehala, air terjun berundak 7, menyimpan keindahan yang luar biasa. Air terjun dikelilingi dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang, yang menambah kesejukan
Air Terjun Oehala. Image via: ttnotes.com

Air Terjun Oehala merupakan merupakan air terjun yang memiliki 7 undakan yang nampak seperti anak tangga raksasa. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa para wisatawan berkunjung ke area air terjun ini.

Selain itu, mengingat sumber air terjun yang berasal dari gunung mutis membuat kesegaran serta kejernihannya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan pengunjung bisa langsung mengetahuinya begitu melihat langsung airnya yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Air Terjun Oehala juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat, karena memang air terjun ini mempunyai 7 tingkatan air terjun yang pada akhirnya bermuara di Samudera Hindia. Meskipun memiliki debit air yang cukup besar, namun kedalaman kolam air alaminya tidak terlalu dalam.

Pengunjung dapat menikmati setiap tingkatan kolam alami ini. Mereka bisa sekedar berfoto-foto ria, ataupun berenang dan sekedar bermain air. Hal-hal ini lah yang membuat objek wisata ini kerap ramai pengunjung terutama pada saat liburan tiba.

Berpose cantik di Air terjun Oehala Bertingkat 7
Berpose di Air terjun Bertingkat 7. Image via: @maria_ellicyafani

Simak juga: Aneka Pilihan Wisata Di Timor Tengah Selatan

Lokasi Air Terjun Oehala

Objek Air Terjun Oehala berada di Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Lokasi ini berada sekitar 11 kilometer dari Kota Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Oehala

Bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Air Terjun Oehala bisa memulai perjalannya dari kota Soe. Bagi wisatwan yang tidak menggunakan kendaraan peribadi bisa menggunakan jasa ojek maupun angkutan umum.

Bagi yang hendak menggunakan jasa ojek setidaknya memerlukan waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke lokasi. Ongkosnya pun relatif terjangkau sekitar Rp. 20,000 saja per orangnya. FYI, pengunjung bisa meminta tukang ojek untuk menunggu di lokasi untuk kemudian mengantar pulang kembali sebagai jaga-jaga kesulitan menemukan kendaraan untuk pulang.

Sementara itu bagi yang hendak menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan kendaraan dengan trayek Soe-Kapan dari terminal Kota Soe. Namun, angkutan ini hanya bisa menjangkau sampai pertigaan jalan menuju lokasi air terjun. Untuk itu, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan sejauh 3 km.

Warung di Air Terjun Oehala.
Warung di Air Terjun. Image via: everdethan.com

Jam Buka Air Terjun Oehala

Wisata air terjun Oehala terbuka 24 jam sehari 7 hari sepekan, dalam menerima kunjungan pengunjung. Dengan demikian, pengunjung benar-benar leluasa mengatur agenda kunjungannya.

Namun demikian, tidak disarankan untuk datang ketika hari sudah gelap. Karena ketiadaan fasilitas penerangan menghambat pengunjung untuk menikmati suasana, dan terutama faktor keselamatan.

Air terjun Oehala memiliki air yang bening hijau tosca dan sangat segar
Air yang Segar. Image via: lakoatkujawas

Simak juga: Bukit Fatukopa, Legenda Nabi Nuh Di Timor

Tiket Air Terjun Oehala

Sesampainya di pintu masuk Air terjun Oehala. Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 3.000. Tiket ini berlaku untuk hari kerja maupun akhir pekan dan libur. Juga tiket berlaku sama untuk semua umur.

Fasilitas Air Terjun Oehala

Fasiliats yang disediakan pengelola di Air Terjun Oehala ini cukup memadai. Paling tidak terdapat Empat kamar toilet yang tersedia bagi pengunjung yang ingin kencing maupun buang air besar. Fasilitas toilet juga disediakan bagi pengunjung yang ingin berganti baju usai basah mandi di lokasi air terjun.

Namun demikian untuk makanan dan minuman di jual di sini dengan harga yang relatif mahal. Mungkin karena memasukkan biaya angkut dalam komponen harganya. Air minum mineral yang dijual harganya bisa dua kali lipat dibandingkan dengan harga di toko.

Untuk itu disarankan, membeli bekal makanan dan minuman saat berada di Kota SoE agar mendapatkan harga yang normal.

Daya Tarik Air Terjun Oehala

  1. Jalan Menuju Air Terjun

Tangga ke Air Terjun Oehala.
Tangga ke Air Terjun. Image via: pariwisatakotaatambua

Bukan hanya air terjun-nya, pejalanan dari loket tiket ke Air terjun, adalah sebuah petualangan wisata tersendiri. Dari tempat parkir ke lokasi air terjun, para pengunjung diminta berhati-hati karena akan menuruni sekitar 132 anakan tangga yang berkelok-kelok.

Jarak antara satu anak tangga dengan anak tangga yang lain juga cukup tinggi sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak terpeleset. Jangan lupa selalu berpegangan pagar anak tangga agar aman saat menuruni satu persatu anak tangga.

Untuk menuruni ratusan tangga itu waktu yang dibutuhkan sekitar sepuluh menit saja. Waktu itu tidak akan terasa lantaran saat turun tangga, pengunjung disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan tua dan bebatuan yang unik.

  1. Air terjun Berundak

Air terjun Oehala berundak 7, sangat mempesona hati.
Air terjun berundak. Image via: @ntagitatanzielia

Simak juga: Air Hangat eka Tirta, Bali

Bila diperhatikan, air terjun Oehala memang tampil berbeda dengan air terjun lainnya, karena memiliki bentuk yang berundak-undak. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarinya dimana pengunjung bisa berenang pada masing-masing dasar undakan yang membentuk kolam.

Segarnya air yang mengalir serta panorama pepohonan besar menjadikan sensasi tersendiri saat mencebur di kolam tersebut. Hal ini tentunya memberikan banyak banyak pilihan tempat bagi pengunjung untuk mandi dan berselfi.

Namun perlu diingat pada saat hendak menuruni masing-masing undakan, harus berhati-hati sebab jalannya cukup licin. Terlebih pada saat musim penghujan tiba, pengunjung harus lebih ekstra hati-hati saat hendak menuruni anak tangga mencapai undakan agar tidak terpeleset.

Sementara itu, beberapa fasilitas lopo yang telah disediakan pun semakin melengkapi area wisata ini. Lopo sendiri merupakan fasilitas yang dibangun Dinas Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Selatan sebagaitempat istirahat khas Timor beratapkan daun jerami.

  1. Kolam Alami

Main air dan berenang di kolam alami di bawah air terjun Oehala.
Main air di kolam. Image via: @kadekraharja

Air terjun Oehala memiliki 3 tingkatan utama yang setiap tingkatnya paling tinggi sekitar 2 m saja. Kemudian, pada setiap tingkatannya terbentuk kolam alami dengan kedalaman yang bervariasi. Air yang mengalirpun sangat segar, tak heran mengingat sumbernya yang berasal dari Gunung Mutis.

Warga lokal pun banyak yang datang dan berenang-renang di kolam yang relatif kecil ini, terutama pada akhir pekan.  Sementara itu, ujung kolam telah diberi pembatas tembok, tapi airnya tetap mengucur ke bawah. Batas tembok ini bisa kita jadikan jalan setapak untuk ke arah kanan air terjun.

Selanjutnya, para pengunjung bisa menaiki gundukan bebatuan, lalu sedikit memutar hingga sampai ke kolam tingkatan kedua, yang loaksinya persis di atas kolam utama.

Air terjun Oehala menjadi Tempat tujuan wisata warga lokal.
Tempat tujuan wisata warga lokal. Image via: kupang.tribunnews.com

Simak juga: Persemayaan Para Raja Kuno, Gunung Mutis

Pengunjung pun tidak akan menemui kesulitan berarti kala menaikinya. Namun begitu, tetap butuh kehati-hatian karena di beberapa bagian cukup licin.

Pada kolam tingkatan kedua ini bagian tepinya dangkal sehingga membuat pengunjung dapat dengan mudah melangkah. Bebatuan yang ada pun relatif tidak licin. Maka dari itu, lokasi ini sangat untuk berfoto-foto ria.

Ramai-ramai di Air terjun Oehala.
Ramai-ramai di Air terjun. Image via: @deeda26880

Objek Wisata Dekat Air Terjun Oehala

Selain Oehala, Timor Tengah Selatan juga memilki air terjun Tegepe. ‘Tagepe’ berasal dari Bahasa Melayu Kupang yang berarti ‘terjepit atau terhimpit’. Dinamakan Air Tagepe karena aliran air mengalir melewati celah barisan tebing batu yang sangat sempit. Lebar kedua sisi tebing bervariasi mulai dari 1 meter hingga 3 meter.

Selain wisata Air Terjun, Timor Tegah Selatan juga memiliki pantai yang Indah. Salah satunya adalah Pantai Kolbano. Pantai Kolbano mempunyai pesona yang luar biasa. Pantai Kolbano mempunyai pasir-pasir yang ternyata berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasir disini tidaklah halus melainkan sedikit kasar karena, ini adalah bebatuan yang bergerombol.

Bagi kalian para penikmat wisata alam, Air Terjun Oehala wajib masuk ke dalam daftar tujuan wisata Anda saat berpetualang menjelajahi alam Pulau Timor, NTT.

Baca juga:

Leave a Comment