Air Terjun Oehala, Kesegaran Air Alami Di Gersangnya Tanah Timor

Alam Timor Tengah Selatan masih sangat asri dan alami, di dalamnya terdapat beberapa potensi alam yang luar biasa. Yakni diantaranya Pantai Kolbano, Pantai Oetune, Air Terjun Oehala, serta Cagar Alam Gunung Mutis. Dimana gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di Pulau Timor.

Timor Tengah Selatan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan Ibu Kotanya ialah Kota Soe. Tak jauh dari kota tersebut terdapat salah satu wisata alam yang mengagumkan, yakni Air Terjun Oehala.

Air Terjun Oehala berada diantara deretan pohon yang menyejukkan, untuk menuju kesana pun tak sulit hingga kamu dapat mengajak seluruh anggota keluarga.

Bentuk air terjunnya sangat indah, karena berundak-undak konon katanya memiliki 7 undakan seperti sebuah anak tangga sehingga sering disebut juga dengan nama Air Terjun 7 tingkat. Air yang dialirkan cukup deras dan bersih, menambah cantiknya Air Terjun Oehala.

aliran airnya sangat bersih
aliran airnya sangat bersih. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Aneka Pilihan Wisata Di Timor Tengah Selatan

Berikut ulasan lengkap mengenai Air Terjun Oehala:

Lokasi Air Terjun Oehala

Lokasi Air Terjun Oehala berada di Desa Oehala, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Air Terjun Oehala

Lokasi Air Terjun Oehala berada sekitar 11 km dari pusat kota Soe, jalan yang dilalui cukup mulus dan dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan.

Untuk menuju Air Terjun Oehala lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, atau jika kamu berasal dari luar daerah sebaiknya menyewa kendaraan. Karena tidak ada akses kendaraan umum yang akan membawamu hingga lokasi.

Transportasi umum hanya akan membawamu sampai di pertigaan jalan kemudian kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki sejauh 3 km.

menyusuri setiap undakan air terjun oehala
menyusuri setiap undakan air terjun oehala. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Air Terjun Oehala

Jam operasional Air Terjun Oehala dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 sore, sedangkan untuk hari Minggu dibuka mulai pukul 10.00 pagi.

Simak juga: Bukit Fatukopa, Legenda Nabi Nuh Di Timor

Tiket Air Terjun Oehala

Saat ini untuk dapat menikmati Air Terjun Oehala belum dikenakan biaya sepeser pun alias masih gratis.

Fasilitas Air Terjun Oehala

Fasilitas umum yang ada di lokasi wisata Air Terjun Oehala diantaranya:

  • Area parkir motor dan mobil yang cukup luas
  • Gazebo atau Lopo yang beratapkan daun jerami
  • Warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi atau Toilet
alam yang sangat menyejukkan
alam yang sangat menyejukkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Air Terjun Oehala

Sebelum menikmati segarnya Air Terjun Oehala kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang dihiasi rindangnya pepohonan.

Sekitar 10 menit kamu akan menuruni tangga yang terbuat dari batu sederhana dan masih alami. Jika basah akan sangat licin, maka kamu harus berhati-hati.

Ada sekitar 132 anak tangga yang harus kamu lewati dengan jalur yang dibuat berkelok-kelok. Hal tersebut tidak akan menyurutkan niatmu untuk menikmati segarnya Air Terjun Oehala, kan?

Ragam Wisata Di Air Terjun Oehala

1. Menikmati Indahnya Air Terjun Berundak

alirannya cukup deras
alirannya cukup deras. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Air Hangat eka Tirta, Bali

Yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Oehala tentu saja bentuk air terjunnya yang berundak-undak, sangat cantik sekali. Apalagi jika ditambah dengan keadaan alam yang dihiasi pepohonan yang menyejukkan.

Banyak yang bilang kehadiran Air Terjun Oehala merupakan oase di tanah Timor yang gersang, hal tersebut bukanlah sebuah hal yang berlebihan.

Segarnya air membuatmu tak sabar untuk segera menceburkan diri ke kolam alami yang ada. Air Terjun Oehala memiliki tiga tingkatan air terjun utama dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Warga sekitar memanfaatkan air yang ada di Air Terjun Oehala untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mandi, mencuci, juga terdapat beberapa saluran air yang akan menyalurkan air ke rumah-rumah warga.

Kamu dapat menyusuri setiap undakan air terjunnya, namun harus sangat berhati-hati. Karena akan melewati bebatuan yang cukup licin.

Dengan duduk di sebuah batu besar sambil mendengarkan suara deburan air yang menenangkan serta alam di sekitar yang masih asri, membuatmu merasa segar kembali. Meluapkan semua kegerahan dalam diri dengan berganti embun yang menyegarkan.

2. Bermain Air

salah satu kolam air terjun oehala
salah satu kolam air terjun oehala. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika berkunjung ke tempat wisata air seperti ini tentulah harus bermain air dan merasakan segarnya air menyentuh tubuhmu. Kolam alaminya memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Terdapat bagian kolam yang sangat dangkal untuk anak-anak bermain segarnya air pegunungan, kedalaman kolam utama dekat dengan aliran air terjunnya sekitar pinggang orang dewasa.

Airnya sangat jernih juga bersih, sungguh menyegarkan sekali. Tak sia-sia kamu menuruni beberapa anak tangga untuk tiba di lokasi yang menyegarkan seperti ini.

3. Hunting Spot Foto

bermain aliran air terun oehala
bermain aliran air terun oehala. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Persemayaan Para Raja Kuno, Gunung Mutis

Setelah puas bermain air, jangan lupa untuk berfoto bersama indahnya Air Terjun Oehala yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Serta siapkan kameramu ketika berada diantara deretan pohon tinggi yang menyejukkan.

Penginapan

Sampai saat ini belum tersedia penginapan di sekitar Air Terjun Oehala, penginapan atau hotel yang ada berada lebih dari 6 km jauhnya dari lokasi air terjun.

Tips Wisata

Jika kamu sedang berencana mengunjungi Air Terjun Oehala, sebaiknya simak beberapa tips wisata berikut:

  • Datanglah ketika pagi hari, suasana akan jauh lebih menyegarkan.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Pegang anak-anak ketika sedang menuruni tangga.
  • Jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Oehala.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di sekitar Air Terjun Oehala.
lopo tempat beristirahat bersama
lopo tempat beristirahat bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Keindahan alam yang telah Tuhan berikan, haruslah kita jaga bersama. Dengan menjaga kebersihan serta tidak merubah alam menjadi tidak baik.

Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Nikmatilah kesegaran Air Terjun Oehala di tengah alamnya yang segar.


Leave a Comment