Wisata Eka Tirta, Pemandian Air Panas Baru di Tabanan Bali

Pemandian air panas Wisata Eka Tirta Tabanan tampil unik sehingga membuatnya berbeda dengan pemandian air panas lainnya yang ada di Bali.

Desain kebun yang tertata rapi dengan tanaman pohon kelapa, pohon pakis dan tatanan rumpu hijau sedikitnya mampu membuktikan itu.

Wisata Eka Tirta atau disebut juga WET, memiliki dua kolam umum untuk berendam yang masing-masingnya memiliki pancuran air panas.

wisata eka tirta (wet)
wisata eka tirta (wet). google maps. sumber: Creative thinking Jaje

Kolam pertama berada di sisi timur dengan kedalaman sekitar satu meter. Sedangkan kolam kedua berada di sisi barat dengan kedalamn 60 cm.

Kemudian, bagi pengunjung yang ingin privasi saat berendam di kolam air panas, Pengelola juga telah menyediakan pondok khusus, sehingga pada saat berendam tidak akan terlihat dari luar.

Jumlah pondok ini ada 7 kolam. Masing-masing kolam yang tertutup dapat menampung maksimal 5 orang.

pemandian air panas di bali
pemandian air panas di bali. google maps. sumber; Wah Ariyuda

Berbeda dengan pemandian air panas umumnya yang berada di daerah agak masuk ke dalam, pemandian ini berada di tepi jalan yang mudah di lalui, Ini karena pemandian ini sebenarnya berjarak 3 km dari lokasi mata air panasnya.

Simak juga: 38 lokasi hits di Bali

Lokasi Wisata Eka Tirta

Pemandian air panas Wisata eka Tirta berlokasi di Jl. Raya Apuan Senganan – Baturiti No.552, Apuan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Rute Menuju Wisata Eka Tirta

Seperti umumnya lokasi wisata di Bali di luar denpasar, lokasi ini juga sulit jika ingin dicapai dengan kendaraan umum.

Karena belum tersedianya trasportasi umum untuk menuju lokasi pemandian air panas Wisata Eka Tirta Tabanan ini, sebagian besar wisatawan untuk menuju lokasi kolam air panas kan menggunakan kendaraan pribadi.

nuansa alam di wisata eka tirta
nuansa alam di wisata eka tirta. google maps. sumber: Made Noviyanthi

Untuk praktisnya, pengunjung yang akan mengunjungi kolam air panas Wisata Eka Tirta Tabanan, dapat mencari jasa sewa mobil murah di Bali.

Namun Bagi anda yang tidak ingin ribet dalam mencari lokasi, tidak ingin ribet mencari tempat parkir dan ingin istirahat di mobil saat menuju lokasi pemandian air panas Angseri  Tabanan, ada alternatif yaitu mencari jasa sewa mobil plus supir di Bali.

Simak juga: Pesona Gunung Mutis di NTT

Jam Buka Wisata Eka Tirta

Pemandian air pAnas Wisata Eka Tirta Bali ini buka setiap hari sepanjang pekan. Mulai buka di pagi hari jam 08.00 dan tutup di sore hari jam 18.00.

Tiket Wisata Eka Tirta

Tarif yang dikenakan bagi pengunjung untuk menikmati fasilitas Objek Air Panas WET ini terbilang cukup murah. Bagi pengunjung lokal, dikenakan tiket masuk Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Jika mau tempat khusus, mereka dikenakan biaya tambahan sewa pondok privat, sebesar Rp 20.000 per unit.

Fasilitas Wisata Eka Tirta

Sarana penunjang dan fasilitas pengunjung pemandian air panas wisata eka tirta Bali telah dilengkapi dengan ruang ganti, toilet, kantin dan restoran.

Daya Tarik Wisata Eka Tirta

1. Kolam Berendam yang Tertata

kawasan yang tertata baik
kawasan yang tertata baik. google maps. sumber : Admin Media Batukau Management

Wisata Eka Tirta memiliki dua kolam umum untuk berendam yang masing-masingnya memiliki pancoran air panas.

Kolam pertama berada di sisi timur dengan kedalaman sekitar satu meter. Sedangkan kolam kedua berada di sisi barat dengan kedalamn 60 cm.

 

wisata eka tirta tabanan bali
wisata eka tirta tabanan bali. google maps. sumber; Diana Rianti

Kemudian, saat ini sedang dibangun satu kolam lagi di ujung barat. Kedalamannya sekitar 140 meterdan dijadwalkan akan selesai pertengahan bulan Maret 2020. Namun, kolam ini akan menggunakan air dingin, bukan air panas.

Selain itu, juga sedang dibangun tempat panglukatan di sisi barat laut, yang dijadwalkan pula akan selesai bersamaan dengan kolam air dingin tadi.

Panglukatan ini dibangun untuk melayani pengunjung khusus yakni kategori pendeta/ pemangku. Sehingga para pendeta ini mandinya tidak bercampur dengan khalayak umum.

2. Pondok Berendam Privat

Simak juga: Fatumnasi, Timor Tengah Selatan NTT

Objek wisata Eka Tirta ternyata juga memiliki tempat khusus berupa pondok-pondok berbahan bambu. Pondok tersebut disediakan khusus bagi pengunjung yang ingin berendam secara privasi dan terpisah dari pengunjung lainnya.

kolam rendam privat
kolam rendam privat. google maps. sumber: Creative thinking Jaje

Pondok-pondok tersebut memang dibuat sedemikian rupa supaya kesan alami serta tradisionalnya terasa. maka dari itu dinding serta atapnya pun dibuat dari bambu. Di dalam pondok tersebut telah disediakan kolam dengan ukuran 2 meter x 2 meter dengan kedalaman 60 cm.

Objek Wisata Eka Tirta memiliki 7 pondok yang berjajar di sebelah utara. Uniknya, pondok-pondok tersebut diberi nama berbeda-beda berdasarkan nomor urut kelahiran krama Bali yakni, Pondok I Gede, Pondok Putu, Pondok Made, Pondok Kadek, Pondok Komang, Pondok Koming, dan Pondok Ketut.

3. Debit dan Suhu Air yang Stabil

Tidak seperti umumnya pemandian air panas, yang berada tepat di mata air, pemandian Wisata eka tirta ini berlokasi sekita 3 km dari sumber air panasnya.

Sebelum ditata dan beroperasi seperti saat ini, sempat dilakukan 4 kali percobaan untuk mengalirkan air panas dari sumbernya di Munduk Lumpang, Desa Angseri.

suhu air yang stabil
suhu air yang stabil. google maps. sumber: Wet Bali

Percobaan yang berulang kali itu dilakukan untuk memperoleh debit dan suhu air yang stabil dan tidak banyak berubah, dibandingkan dengan panas saat di sumbernya sampai tiba di lokasi.

Hal ini menjadi krusial karena air disalurkan menggunakan pipa sejauh 3 kilometer dari sumbernya, sehingga debit dan suhunya pun rawan anjlok.

Setelah melalui 4 kali percobaan, pengelola akhirnya bisa membangun Objek Air panas Wisata Eka Tirta ini. Mereka berhasil memperoleh debit air cukup dan suhunya konstan di angka sekitar 46 derajat Celsius.

4. Pembatasan Waktu Berendam

Simak juga: Museum Dirgantara Jogja

Objek Wisata Eka Tirta  memiliki sebuah ketentuan khusus bagi pengunjungnya yang menyewa pondok untuk berendam.

Ketentuan itu adalah pembatasan berendam maksimal 30 menit. Ketentuan ini dibuat dengan alasan sisi kesehatan. Pasalnya, jika pengunjung beredam lebih dari 30 menit, maka bisa lemas karena pengaruh belerang.

peraturan di wisata eka tirta
pesona wisata eka tirta. google maps. sumber : Creative thinking Jaje 

Mengingat beberapa pengalaman yang pernah terjadi di Objek Air Panas WET sebelumnya. Salah satu keluarga sempat pingsan karena berendam terlalu lama.

Maka dari itu, pembatasan waktu itu dibuat bukan karena kepentingan komersil saja, akan tetapi mempertimbangkan sisi kesehatan.


Tinggalkan komentar