Wisata Eka Tirta, Pemandian Air Panas Baru di Tabanan Bali

Pemandian air panas Wisata eka Tirta Tabanan memiliki keunikan tersendiri dari pemandian air panas alami di Bali yang lain. Keunikan pertama terlihat sangat jelas pada desain kebun yang tertata rapi dengan tanaman pohon kelapa, pohon pakis dan tatanan rumpu hijau.

Pemandian air panas Wisata eka Tirta Tabanan memiliki keunikan tersendiri dari pemandian air panas alami di Bali yang lain. Keunikan pertama terlihat sangat jelas pada desain kebun yang tertata rapi dengan tanaman pohon kelapa, pohon pakis dan tatanan rumpu hijau.
Wisata Eka Tirta. Image via: porosinformatif.com

Di kolam air panas alami Wisata eka Tirta terdapat kolam untuk orang dewasa yang jumlahnya 1 dan kolam air panas untuk anak-anak yang juga jumlahnya 1 kolam.

Jika anda ingin privasi saat berendam di kolam air panas, di pemandian air panas ini juga tersedia bilik yang dibatasi tembok bambu, jadi saat anda berendam tidak terlihat dari orang luar. Jumlah bilik tertutup ini ada 6 kolam. Masing-masing kolam yang tertutup dapat menampung maksimal 5 orang.

Berbeda dengan pemandian air panas umumnya yang berada di daerah agak masuk ke dalam, pemandian ini berada di tepi jalan yang mudah di lalui, Ini karena pemandian ini sebenarnya berjarak 3 km dari lokasi mata air panasnya.

Di kolam air panas alami Wisata eka Tirta terdapat kolam untuk orang dewasa yang jumlahnya 1 dan kolam air panas untuk anak-anak yang juga jumlahnya 1 kolam.
Kolam yang asri. Image via: rentalmobilbali.net

Simak juga: 38 lokasi hits di Bali

Lokasi Wisata Eka Tirta

Pemandian Air pAnas Wisata eka Tirta berlokasi di Jl. Raya Apuan Senganan – Baturiti No.552, Apuan, Kecamatab. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Objek Air Panas Wisata Eka Tirta (WET) yang dibangun di atas lahan seluas 57 are ini, baru dioperasikan sejak September 2019 lalu. Walau secara administratif berada di Apuan, namun secara faktual, lokasi wisata air panas ini berada di perbatasan tiga desa bertetangga pada dua kecamatan berbeda.

Yakni Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, dan Desa Senganan, Kecamatan Penebel.

Posisinya persis di sebelah barat tikungan jalan raya rute Desa Senganan-Desa Apuan, tepatnya hanya sekitar 500 meter arah timur laut dari pusat Desa Senganan dan 1 kilometer arah barat daya dari pusat Desa Apuan.

Objek Air Panas WET ini berjarak sekitar 6 kilometer arah timur dari Objek Wisata Jatiluwih, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel.

spot foto di wisata eka tirta
Lokasi berfoto. Image via: @adel_amel_

Rute Menuju Wisata Eka Tirta

Seperti umumnya lokasi wisata di Bali di luar denpasar, lokasi ini juga sulit jika ingin dicapai dengankendaraan umum. Karena belum tersedianya trasportasi umum untuk menuju lokasi pemandian air panas Wisata Eka Tirta Tabanan ini, sebagian besar wisatawan untuk menuju lokasi kolam air panas kan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk praktisnya, pengunjung yang akan mengunjungi kolam air panas Wisata Eka Tirta Tabanan, dapat mencari jasa sewa mobil murah di Bali. Namun Bagi anda yang tidak ingin ribet dalam mencari lokasi, tidak ingin ribet mencari tempat parkir dan ingin istirahat di mobil saat menuju lokasi pemandian air panas Angseri  Tabanan, ada alternatif yaitu mencari jasa sewa mobil plus supir di Bali.

Spot Foto  di pemandian air panas wisata eka tirta
Spot Foto indah. Image via: @geg_tyani

Simak juga: Pesona Gunung Mutis di NTT

Jam Buka Wisata Eka Tirta

Pemandian air pAnas Wisata Eka Tirta Bali ini buka setiap hari sepanjang pekan. Mulai buka di pagi hari jam 08.00 dan tutup di sore hari jam 18.00.

Tiket Wisata Eka Tirta

Tarif yang dikenakan bagi pengunjung untuk menikmati fasilitas Objek Air Panas WET ini terbilang cukup murah. Bagi pengunjung lokal, dikenakan tiket masuk Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Jika mau tempat khusus, mereka dikenakan biaya tambahan sewa pondok privat, sebesar Rp 20.000 per unit.

Fasilitas Wisata Eka Tirta

Sarana penunjang dan fasilitas pengunjung pemandian air panas wisata eka tirta Bali telah dilengkapi dengan ruang ganti, toilet, kantin dan restoran.

Daya Tarik Wisata Eka Tirta

  1. Kolam Berendam yang Tertata

Kolam di wisata eka tirta yang tertata rapi.
Kolam yang rapi. Image via: nusabali.com

Kendati baru beroperasi sekitar 5 bulan, namun penataan dan fasilitas yang ada di objek Air Panas Wisata Eka Tirta ini terbilang cukup menarik untuk memanjakan pengunjung.

Saat ini, ada 2 kolam umum untuk berendam, masing-masing berisi beberapa pancoran air panas dengan suhu 46 derajat Celsius. Kolam yang di sisi timur dengan kedalaman sekitar 100 sentimeter, khusus untuk dewasa. Sedangkan kolam sisi barat dengan kedalaman sekitar 60 sentimeter, khusus untuk anak-anak.

Saat ini, sedang dibangun satu kolam lagi di ujung barat, dengan kedalaman sekitar 140 meter. Kolam yang sedang dalam pengerjaan ini dijadwalkan akan selesai pertengahan bulan Maret 2020. Hanya saja, nantinya kolam ini akan menggunakan air dingin, bukan air panas. Hal ini karena faktor teknis keselamatan, akibat dipilihnya Keramik sebagai bahan dinding kolam.

Selain itu, juga sedang dibangun tempat panglukatan di sisi barat laut, yang dijadwalkan pula akan selesai bersamaan dengan kolam air dingin tadi. Panglukatan ini dibangun untuk melayani pengunjung khusus. Yaitu pengunjung yang masuk kategori pendeta/ pemangku.

Pengelola menjelaskan, Jika ada pamangku yang ingin mandi, nanti diarahkan ke panglukatan tersebut. Sehingga para pendeta ini mandinya tidak bercampur dengan khalayak umum.

  1. Pondok Berendam Privat

di wisata eka tirta terdapat 7 Pondok berendam privat.
Pondok berendam privat. Image via: porosinformatif.com

Simak juga: Fatumnasi, Timor Tengah Selatan NTT

Untuk melayani keinginan pengunjung yang ingin berendam secara privasi dan terpisah dari pengunjung lainnya, pengelola wisata Eka Tirta menyediakan tempat khusus berupa pondok-pondok berbahan bambu. Di dalam pondok tersebut di dalamnya berisi kolam ukuran 2 meter x 2 meter dengan kedalaman 60 sentimeter.

Pondok-pondok ini berdinding bambu dan beratap bilah bambu yang dirakit sedemikian rupa. Arsitektur pondoj dibuat sangat alami dan artistik. Di sela-sela deretan pondokan ini, ada beberapa tempat untuk mandi dan ganti pakaian.

Ada 7 unit pondok yang berjejer di sisi utara Objek Air Panas WET. Pondok-pondok tersebut cukup untuk berendam satu keluarga beranggotakan 4 orang. Menariknya, pondok yang berjejer dari arah barat ke timur ini diberi nama berbeda-beda, mengambil nomor urut kelahiran krama Bali. Misalnya, Pondok I Gede, Pondok Putu, Pondok Made, Pondok Kadek, Pondok Komang, Pondok Koming, dan Pondok Ketut.

Menurut salah satu pengelola, penamaan ini tidak ada kaitannya dengan nama para pengelola Objek Air Panas Wisata Eka Tirta. Penamaan ini hanya untuk memudahkan bagi pengunjung dalam mengenali pondok yang digunakannya.

Bagi pengunjung domestik yang pilih pondok untuk berendam, mereka dikenakan biaya tambahan Rp 20.000 per unit pondok yang disewanya. Sedangkan untuk wisatawan asing, tarif sewanya lebih mahal lagi. Nah, mereka yang sewa pondok dibebaskan jika ingin keluar melanjutkan berendam di kolam umum.

  1. Debit dan Suhu Air yang Stabil

debit dan suhu air di kolam wisata eka tirta selalu dijaga stabil
Kolam dengan air yang stabil. Image via: @sofia110398

Tidak seperti umumnya pemandian air panas, yang berada tepat di mata air, pemandian Wisata eka tirta ini berlokasi sekita 3 km dari sumber air panasnya. Sebelum ditata dan beroperasi seperti saat ini, sempat dilakukan 4 kali percobaan untuk mengalirkan air panas dari sumbernya di Munduk Lumpang, Desa Angseri.

Percobaan yang berulang kali itu dilakukan untuk memperoleh debit dan suhu air yang stabil dan tidka bnayk berubah, dibandingkan dengan panas saat di sumbernya sampai tiba di lokasi. Hal ini menjadi krusial karena h, air disalurkan menggunakan pipa sejauh 3 kilometer dari sumbernya, sehingga debit dan suhunya pun rawan anjlok.

Setelah melalui 4 kali percobaan, pengelola akhirnya bisa membangun Objek Air panas Wisata Eka Tirta ini. Mereka berhasil memperoleh debit air cukup dan suhunya konstan di angka sekitar 46 derajat Celsius.

  1. Pembatasan Waktu Berendam

waktu berendam di kolam ini dibatasi 30 menit.
Berendam 30 menit. Image via: @geg_tyani

Simak juga: Museum Dirgantara Jogja

Ada ketentuan khusus bagi pengunjung yang pilih sewa pondok untuk berendam. Mereka dibatasi berendam maksimal 30 menit. Jika mau lebih dari itu, juga ditoleransi, tapi ada risikonya.

Menurut salah satu pengelola, ketentuan maksimal 30 menit ini berkaitan dengan sisi kesehatan. Masalahnya, jika beredam lebih dari 30 menit, pengunjung bisa lemas karena pengaruh belerang.

Ini belajar dari beberapa pengalaman yang pernah terjadi di Objek Air Panas WET sebelumnya. Pernah ada rombongan keluarga berjumlah 3 orang beredam di dalam pondok. Baru berendam sekitar 25 menit, 2 dari 3 orang itu jatuh pingsan.

Jadi, pembatasan waktu itu bukan karena kepentingan komersil saja, tapi mempertimbangkan sisi kesehatan, sehingga disarankan berendam maksimal 30 menit di dalam pondok.

kolam anak di wisata eka tirta didesain aman untuk anak
Kolam anak. Image via: @geg_tyani

Objek Wisata Dekat Wisata Eka Tirta

Berbicara soal lokasi wisata di dekat air panas Wisata eka tirta, tentu tidak kesulitan. Seperti umumnya tempat wisata di Bali lainnya, wisata di tabanan juga sangat banyak dari segi jumlah maupun variasi.

Salah satu yang terkenal dan terbesar di Tabanan, tentu saja Kebun Raya Bali. Kebun Raya seluar 157 hektar ini juga dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul karena berada di kawasan pegunungan Bedugul, Tabanan. Kebun raya ini mengkombinasikan konsep konservasi, tempat penelitian, sarana edukasi, sekaligus tempat rekreasi bagi pengunjung.

Unutk pantai, tabanan punya pantai Belian. Pantai dengan pemandangan yang begitu asri dan alami ini menyajikan keindahan yang luar biasa. Hamparan pasir hitam di sekitar pantai terlihat eksotis di bawah sinar mentari. Sementara di tepi pantai rerumputan hijau dengan deretan pohon nyiur yang melambai turut menambah suasana asyik.

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan sensasi segar dari berendam air panas di pemandian Wisata Eka Tirta ini? Kalau iya, langsung saja siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya. Berkemas dan langsung saja berangkat ke pulau Wisata, Bali.

Baca juga:

Leave a Comment