Bukit Fatukopa, Perahu Nabi Nuh dari Tanah Timor

Bukit Fatukopa adalah sebuah bukit karang mistis di Timor Tengah Selatan. Bukit ini merupakan bukit batu dengan vegetasi khas hutan hujan tropis. Nama ‘Fatukopa’ sendiri berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal.

Bukit Fatukopa adalah sebuah bukit karang mistis di Timor Tengah Selatan. Bukit ini merupakan bukit batu dengan vegetasi khas hutan hujan tropis. Nama 'Fatukopa' sendiri berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal.
Bukit Fatukopa. Image via: @ntt_tours

Terlepas dari hal itu, Bukit Fatukopa ini memang masih sangat alami dan asri serta jarang terjamah. Apalagi, bila pengunjung melihatnya dari posisi yang pas maka akan nampak bukit yang menyerupai sebuah kapal.

Sementara itu, banyak masyarakat setempat yang meyakini bahwa bukit ini merupakan bahtera Nabi Nuh pada zaman dahulu yang karam. Maka dari itu, bukit ini pun kerap dianggap sebagai tempat yang keramat karena legenda yang menyelimutinya.

Namun, terlepas dari itu semua wilayah bukit Fatukkopa memang salah satu objek wisata yang sangat recommended sekali untuk didatangi bagi mereka para pecinta alam. Keindahan alamnya yang hijau nan elok sangat lah pas untuk merilekskan kembali badan sehingga menjadi segar kembali.

Senja di Batu Kapal Bukit Fatukopa.
Senja di Batu Kapal. Image via: @id_dalla

Simak juga: Keindahan Timor Tengah Selatan, NTT

Lokasi Bukit Fatukopa

Bukit Fatukopa berada di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Fatukopa sendiri berjarak 57 km arah Timur Kota Soe. Pengunjung bisa berkunjung ke bukit ini dengan waktu tempuh 1 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute Menuju Bukit Fatukopa

Bagi wisatwan yang hendak berkunjung ke Bukit Fatukopa bisa memulai perjalan dari Kota Soe yakni Ibukota Kabupaten TTS. Sementara itu, jarak yang akan ditempuh sekitar 57 km menuju arah timur kota Soe dengan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Memandangi bukit Fatukopa dari kejauhan
Memandangi dari kejauhan. Image via: @el.bastel

Jam Buka Bukit Fatukopa

Untuk berwisata di kawasan wisata Bukit Fatukopa NTT ini pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan soal jam buka. Lokasi indah ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi.

Tiket Bukit Fatukopa

Untuk mendaki Bukit Fatukopa, pengunjung tidak dikenakan Biaya tiket masuk.

Fasilitas Bukit Fatukopa

Fasilitas wisata untuk menunjang kegiatan pengunjung di Bukit Fatukopa belum begitu lengkap. Namun paling tidak jalan menuju lokasi sudah tersedia dengan baik. Pada beberapa titik juga disediakan lopo-lopo unuk tempat berteduh dan bersantai menikmati panorama.

Daya Tarik Bukit Fatukopa

  1. Bukit Yang Asri

Bukit Fatukopa yang diselimuti hutan hijau.
Bukit yang berhutan hijau. Image via: @like_ntt

Simak juga: Menikmati Air Panas Privat di Eka Tirta Bali

Bukit Fatukopa merupakan sebuah bukit karang dengan ciri khas vegetasi hutan hujan tropis. Tanah sekitar bukit karang tersebut adalah tanah numpang yang mudah longsor. Setiap tahun pemandangan yang biasa adalah reruntuhan tanah putih di sekitar bukit yang berdiri tegak kehijauan.

Akibat dari medan yang sulit itu, manusia sangat jarang yang mendekati bukit keramat ini, Yang naik ke puncak bukit, hanya para tetua. Itupun setahun sekali untuk keperluan upacara adat.

Hal ini menyebabkan ekosistem di bukit sangat terjaga, tetap lestari. Pengunjung yang ingin menikmati bukit, bisa melihat dari kejauhan sosok bukit yang seperti kapal terbalik itu. Bentuk ini yang menyebabkan Bukit Fatukopa kerap dikaitkan dengan legenda nabi Nuh.

  1. Bukit Keramat

Ritual suku Dawan di sekitar bukit Fatukopa.
Ritual suku Dawan di Fatukopa. Image via: @el.bastel

Bukit Fatukopa merupakan tempat yang dianggap keramat. Maka dari itu, tak sembarang orang boleh mendaki ke sana. Konon, bagi siapa pun yang memiliki niat untuk pergi kesana harus melalui jurang yang sangat dalam, yang bisa jadi adalah belahan palung di bukit tersebut.

Dikisahkan jika di area jurang tersebut terdapat seekor ular yang sangat besar yang akan menjelmakan dirinya menjadi sebuah jembatan. Singkatnya, bagi orang tersebut harus melewati jurang tersebut dengan berjalan di atas badan ular.

Kemudian, ular tersebut juga dipercaya sebagi penjaga bukit Fatukopa. Legenda tersebut tak ayalnya membuat masayarakat lokal takut untuk pergei ke bukit tersebut. Hingga kini, hanya tetua ada yang setiap setahun sekali berangkat ke sana untuk urusan adat.

  1. Titik Kedatangan Manusia Pertama

suku dawan, suku asli yang mendiami kawasan di sekitar bukit fatukopa
Suku Dawan. Image via: magdalenasapay

Simak juga: Gunung Mutis yang Mistis di NTT

Bukit Fatukopa tetap tegar dan menjadi salah satu tempat kebanggaan dan juga keramat bagi orang-orang Amanuban. Untuk itu ada pula legenda lain yang mengatakan bahwa bukit Fatukopa merupakan tempat pertama pendatang dari Madagaskar.

Pendatang generasi awal itu menetap untuk kemudian berbaur dengan penduduk lokal. Pencampurana tau pendatang Madagaskar dan,penduduk Timor ini lan yang konon sekarang menurunkan orang-orang Dawan yang menempati sekitar bukit Fatukopa.

  1. Sulit didaki

Untuk kepentingan wisata, warga sekitar biasanya hanya membawa pengunjung untuk memandang bukit tersebut dari kejauhan. Memang dengan pandangan jauh, bukit batu tersebut akan nampak mirip sekali dengan kapal yang karam.

Selain itu, wilayah bukit ini pun pernak diteleiti oleh para ahli. Mereka melakukan ekspedisi dengan mengelilingi bukit tersebut menggunakan helicopter. Dan hasilnya mereka tak menemukan satu pu tempat yang cocok untuk pendaratan karena hampir semua wilayah bukit ini tertutup pepohonan yang lebat. Hingga akhirnya mereka pun kemungkinan hanya berputar-putar saja mengelilingi wilayah ini.

Berkemah menikmati malam sembari memandangi keagungan bukit fatukopa.
Berkemah menikmati malam. Image via: @rafikiardiansah

Objek Wisata Dekat Bukit Fatukopa

Bagi pengunjung yang memang suka apda panorama lam. Di kabupaten Timor tengah selatan ini juga terdapat Fatumnasi. Fatumnasi merupakan kawasan wisata alam yang sangat luar biasa diamana pengunjung akan mendapatkan ketenangan pikiran selain alamnya yang memanjakan mata. Kultur dengan nilai yang luhur beriringan selaras dengan kesuburan serta kelestarian alam menjadi hal yang tak ternilai yang bisa didaptkan di sini.

Dalam perjalanan ke Fatumnasi, pengunjung disuguhi dengan para penduduk ramah yang mungkin akan tersenyum dan menyapa. Kebun-kebun milik penduduk yang mayoritas berisi pohon jeruk keprok khas Soe membuat ingin sekali memetik jeruk-jeruk segar tersebut.

Bagi yang menyukai wisata laut, Timor tegah selatan memiliki pantai yang unik. Pantai yang memiliki pemandangan layaknya gurun pasir timur tengah. Pantai Oetune nama pantai itu. Pantai ini nampak begitu unik karena lebih menyerupai gurun pasir dari pada pantai. Hal ini disebabkan pasir pantai yang hadir membentuk gundukan -gundukan bukit sehingga membuatnya nampak seolah gurun pasir.

Pantai Oetune di timor tengah selatan
Pantai Oetune. Image via: nativeindonesia.com

Gundukan pasir tersebut bisa digunakan para pengunjung sebagi arena sandboarding mengingat konturnya yang membentuk bukit.  Selain itu, keindahan Pantai Oetune semakin lengkap dengan berjejernya pohon kasuari di sepanjang batas pantai.

Demikianlah keindahan dari bukit FAtukopa di Kabupaten timor tengah Selatan Nusa Teggara Timur. Jadi jika berkesempatan mengunjungi Pulau Timor, pastikan menjadwalkan kujungan ke bukit mistis ini untuk merasakan sensasi alam nya yang agung dan sekaligus anggun.

Baca juga:

Leave a Comment